May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menciptakan Video Jadi Green Screen

Cara Membuat Video Jadi Green Screen 200x112 - Cara Menciptakan Video Jadi Green Screen

Bagaimana cara mebuat video jadi green screenGreen screen ialah special effect untuk menggabungkan antara 2 gambar pada satu frame. Metode ini juga kerap diketahui selaku  color separation overlay atau CSO, blue screen, color keying, atau chroma key. Biasanya green screen digunakan untuk dijadikan background pengerjaan film maupun proyek komunikasi visual yang lainnya.

Adapun tujuan pemakaian green screen itu sendiri untuk mempermudah penyuntingan atau editing mirip halnya mengubah background, membuat visual effect, dan menciptakan suatu delusi. Kenapa harus menggunakan green screen? Sebab warna hijau sendiri termasuk warna yang unik tidak dimiliki pigmen manusia. Sehingga ketika syuting berkonsep green screen, umumnya artis akan tidak boleh memakai baju yang berwarna hijau.

Cara Membuat Video Makara Green Screen

Cara Membuat Video Jadi Green Screen 200x112 - Cara Menciptakan Video Jadi Green Screen
Membuat Video Jadi Green Screen

Membuat Video Jadi Green Screen

Jika mulanya untuk membuat green screen video, Kamu harus merencanakan background kain yang berwarna hijau, namun sekarang kita bisa mengandalkan aplikasi. Sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi untuk edit video dengan opsi video green screen di iOS atau di Play Store android. Namun untuk lebih jelasnya, berikut cara menciptakan video jadi green screen!

Metode 1 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Unscreen

Salah satu acara yang bisa membantumu untuk menciptakan video green screen ialah Unscreen. Dengan situs web ini, Kamu bisa menciptakan video green screen tanpa harus mengunduh aplikasi. Selain itu, Kamu juga mampu mengubah gambar berformat GIF ke dalam green screen.

Adapun cara membuat video jadi green screen dengan Unscreen ialah sebagai berikut :

Baca Juga:   Cara Menciptakan Intro Youtube

1. Buka Google Chrome di PC atau di Android/iOS

Pastikan cuma memakai browser Chrome di perangkat android atau komputer atau iOSmu. Lalu ketikkan Unscreen di laman pencarian lalu pilih “upload clip” kalau ingin mengambil video di galeri perangkat atau komputermu. Kamu juga bisa memilih “Search GIF” kalau ingin mencari gambar berformat GIF di Unscreen.

2. Pilih Video dari Galeri

Langkah kedua, silahkan pilih video pada galeri hp atau komputermu. Sebagai catatan, tak perlu mencari video berdurasi panjang, alasannya adalah aplikasi Unscreen hanya membuat video dengan waktu 5 detik saja.

3. Menghapus Background Video

Tahapan berikutnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellgence yang tersimpan pada Unscreen web, akan bekerja pribadi untuk menghapus latar gambar GIF atau video.

4. Menambahkan Tampilan Green Screen

Setelah background-nya terhapus, untuk memperlihatkan green screen pada video maupun gambar GIF, silahkan tekan “Color” kemudian tekan “Green Screen”. Selanjutnya tekan tombol “download” kalau ingin menyimpan video.

5. Menambahkan Tampilan Gambar atau Video (Opsional)

Sebenarnya sehabis Kamu menyelesaikan keempat tahapan di atas, cara membuat video jadi green screen sudah final. Namun Kamu juga bisa menambahkan penampilan gambar, warna atau video ke dalam gambar GIF atau video yang sudah dihapus latarnya. Ini bersifat opsional, jadi selamat mencoba!

Metode 2 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Adobe Premiere Pro

Jika Kamu sudah memiliki Adobe Premiere di PC atau komputer, Kamu bisa mencoba cara membuat video jadi green screen menggunakan Adobe Premiere berikut ini :

1. Membuat Video Green Screen

Untuk menciptakan video green screen pada Adobe Premiere Pro, Kamu mesti mengimpor video yang ingin diedit apalagi dulu. Persiapkan 2 buah video yang ingin Kamu impor, yakni video yang mempunyai background hijau serta video yang background-nya berwarna lain untuk penggantinya.

Saat mengimpor video, sebaiknya posisikan video menggunakan background green screen sempurna di atas video yang lain untuk dijadikan background. Maka dari itu, sebelum mengeditnya, seharusnya pilih video lainnya untuk dijadikan latar nantinya.

Baca Juga:   Cara Menanam Bawang Bombay

2. Menampilkan Menu Effect

Setelah itu, tekan sajian “Effect”. Adapun caranya, tinggal pilih “Window” lalu tekan submenu “effect”. Jika sudah, pilih “Video Effect”. Di dalam menu ini biasanya ada banyak opsi efek yang mampu dipakai.

3. Pilih Chroma Key

Berdasarkan imbas-imbas yang ada, Kamu bisa mencari dan menemukan “Chroma Key” effect. Jika telah mendapatkan imbas Chroma Key, selanjutnya drag atau tarik ke worksheet tempat video green screen berada.

4. Memilih “Effect Controls”

Cara membuat video jadi green screen selanjutnya yakni pilih pilihan “Effect controls” di samping layar performa. Di dalam sajian tersebut, Kamu mampu melakukan drop down caranya klik ikon panah ke arah bawah pada “Chroma Key”. Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan banyak sekali opsi warna untuk dipilih.

5. Pilih “Color” dan Tekan Warna “Hijau”

Langkah selanjutnya, Kamu akan memperoleh beberapa pilihan imbas yang mampu dipakai. Dalam sajian tersebut, pilih “Color”. dari sana, Kamu mampu menyaksikan pipet dan kolom warna berwarna putih. Silahkan pilih menjadi warna hijau.

6. Melakukan Pengaturan Efek Lainnya

Cara membuat video jadi green screen selanjutnya yakni mengontrol imbas yang lainnya pada opsi efek tersebut. Apabila ingin menganti background dari yang berwarna hijau ke background lain, cukup atur di kolom imbas. Adapun efek yang harus diubah yaitu opsi “Similarity”. Sehingga background berwarna hijau pada videomu nantinya akan berubah sesuai background yang sudah dipilih sebelumnya.

Metode 3 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Capcut

Akan namun, bila Kamu ingin membuat video green screen, Kamu mampu menjajal aplikasi Capcut. Dengan aplikasi yang satu ini, Kamu mampu menciptakan video berlayar hijau tanpa memakai batas-batas durasi. Di samping itu, Kamu juga tak perlu mengubah bab video apapun. Hal ini dikarenakan aplikasi ini secara otomatis akan meniadakan background di videomu. Berikut ulasannya :

1. Download Gambar Green Screen

Silahkan unduh gambar layar hijau atau green screen melalui web browser yang tersedia dalam perangkat androidmu.

Baca Juga:   Cara Beli Diamond Ff Pake Pulsa

2. Buka Aplikasi Capcut

Kini Kamu tinggal membuka Capcut Apps yang telah terinstall di androidmu. Silahkan pilih “+ Proyek Baru” bila ingin mengawali pengerjaan video. Silahkan cari, kemudian pilih gambar berlayar hijau yang sudah diunduh sebelumnya. Lalu tekan “tambah”.

3. Tap di Layar Green Screen

Jika ingin memperpanjang durasi atau lamanya video, silahkan tap di layar berwarna hijau, dan tap di samping yang berwarna putih tepat di sebelah kanan kemudian geser ke arah kanan. Lakukan pengaturan durasi sesuai keperluan videomu. Jika telah kembali lagi ke titik awal pada video.

4. Pilih “Overlay” Untuk Tambahkan Video

Silahkan tap pada bab manapun di luar layar yang berwarna hijau tadi untuk memperlihatkan bab hidangan utama. Lakukan tap “overlay” bila ingin menambahkan video. Tap lagi “Tambahkan overlay”, lalu pilih mana video yang hendak Kamu buatkan layar berwarna hijau. Selanjutnya tap “Tambahkan”.

5. Menghapus Latar Belakang

Perbesar ukuran pada video sesuai keperluan, kemudian tap “Hapus Latar Belakang”

6. Tap Export

Selesai, kini Kamu mampu menanti sampai peniadaan background video tamat. Jika telah, silahkan tap pada tombol export jikalau ingin mengkonversi video ke dalam file MP4.

Setelah mengikuti langkah-langkah cara membuat video jadi green screen di atas, videomu pun akan berganti warnanya menjadi green screen.

close