May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Mendaftarkan Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food 200x112 - Cara Mendaftarkan Grab Food

Bisnis masakan hingga dikala ini masih menjadi bisnis yang paling banyak digemari. Apalagi semenjak kehadiran Grab Food, yang makin memberikan angin segar bagi para penggiat bisnis kuliner. Jika Kamu mendaftarkan usaha masakan di Grabfood, tentu saja masakan yang Kamu jual dapat menjangkau pasar lebih luas dan lebih banyak. Bahkan selain cara mendaftarkan Grab Food yang gampang, Kamu juga mampu mendaftarkannya secara gratis.

Persyaratan Untuk Mendaftarkan Bisnis Kuliner di GrabFood

Sebelum melanjutkan cara mendaftarkan Grab Food mudah, ada beberapa syarat yang mesti Kamu penuhi beserta dokumennya, di bawah ini :

1. Informasi Restoran

Untuk informasi kedai makanan sendiri, terdiri dari beberapa poin berikut :

  • Nama bisnis/restoran, mesti diadaptasi nama perjuangan yang Kamu miliki di banner Toko.
  • Alamat restoran yang dilengkapi dengan titik koordinat pada Google Mapps. Kamu bisa melampirkan alamat lengkap berikut RT/RW. Apabila lokasi usaha ada di dalam pergedungan atau mall, sertakan pula nomor kios dan lantai.
  • Nomor telepon bisnis kuliner, Kamu mesti menambahkan nomor telepon kedai makanan yang terdaftar dan masih aktif.
  • Email kedai makanan.
  • Foto bagian terlihat depan/luar kedai makanan. Dengan menentukan banner harus tampakdi foto. Selain itu, lampirkan pula foto owner ada di depan banner.
  • Foto bagian terlihat dalam usaha resto. Pastikan Kamu memperlihatkan kasir, dapur dan meja makan. Lampirkan pula foto owner dan masakan yang Kamu jual di dapur berdasarkan ketentuan daerah yang harus sesuai foto KTP. Foto juga harus terlihat terperinci.
  • Foto logo kedai makanan, bersifat opsional.
Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Ovo Di Zalora Begini Langkahnya

2. Menyertakan Informasi Pemilik

Selain gosip kedai makanan atau perjuangan masakan, Kamu juga harus menyertakan info pemilik. Ada beberapa dokumen terkait informasi pemilik resto yang harus dipersiapkan :

  • Foto KTP, pastikan informasi pada KTP terlihat terperinci. Sedangkan untuk WNA mampu memakai foto passport.
  • Foto Selfie bersama KTP. Kamu mesti memutuskan isu pada KTP telrihat lengkap dna terperinci, tanpa tertutup objek lain atau tangan. Wajah juga harus terlihat terang. Bagi WNA, mampu menggunakan foto bareng passport.
  • Foto NPWP, untuk NPWP mampu dipakai berupa fotokopiannya.

3. Informasi Rekening Bank

Untuk berita rekening bank, meliputi :

  • Nomor rekening simpanan
  • Foto buku tabungan maupun penampilan e-banking. Dengan menentukan nomor rekening simpanan yang dilampirkan tampak terperinci. Apabila info rekening bank berlawanan dari nomor rekening pihak penanggung jawab utama, Kamu harus menyertakan surat kuasa.

4. Informasi Menu Kuliner

Untuk informasi hidangan masakan yang tersedia, Kamu harus menambahkan daftar hidangan, foto daftar sajian dan foto masakan. Pada foto daftar hidangan, sebaiknya foto yang dibuat terlihat terperinci serta menampilkan harga dan makanan sesuai yang ditampilkan pada aplikasi Grab Food. Sedangkan untuk foto kuliner sendiri, makanan harus sesuai hidangan yang tersedia. Ambil foto masakan dengan jelas, dengan kualitas foto yang bagus tentu saja mampu meningkatkan ketertarikan pembeli.

Cara Mendaftar Grab Food

Cara Mendaftarkan Grab Food 200x112 - Cara Mendaftarkan Grab Food
Mendaftarkan Grab Food

Mendaftar Grab Food Mudah

Adapun cara mendaftar Grab Food sendiri, ada beberapa langkah yang harus dilaksanakan di bawah ini :

1. Buat Profil Pebisnis dan Lakukan Verifikasi Akun

Tutorial pertama yang mesti dilakukan, kalau Kamu belum memiliki profil pada GrabFood Merchant, silahkan menciptakan profilnya lebih dulu. Ada beberapa isu yang mesti diisi, diantaranya nomor hp, alamat restoran, nama bisnis/kedai makanan dan alamat email.

Lakukan pengisian formulir yang dibutuhkan pada halaman www.grab.com Jika telah tekan “Daftar”. Selanjutnya tim dari GrabFood pribadi mengantarkan email untuk verifikasi yang wajib tertuntaskan selama 72 jam. Selain itu, pastikan akun email restoran atau bisnismu terdaftar dan sudah terverifikasi.

Baca Juga:   Kumpulan Cara Merubah JPG Hasil Scan Menjadi 1 File PDF

2. Unggah Informasi Restoran/Bisnis

Jika email sudah terverifikasi, maka tim GrabFood eksklusif menelepon pemilik usaha resto dan menjelaskan ihwal langkah selanjutnya terkait informasi toko. Kamu akan dikirimkan pesan email, lalu diminta untuk melengkapi isu bisnis atau kedai makanan yang dijalani, mirip foto menu, foto restoran dan sebagainya.

3. Menandatangani Kontrak

Sesudah melengkapi info ihwal toko. Kamu akan diantarkan kembali email dari GrabFood yang isinya penandatanganan kesepakatan bersama GrabFood. Kamu mesti memutuskan kontraknya telah dibaca dengan terang sebelum menandatangani.

4. Melakukan Verifikasi Email Outlet

Sesudah menyelesaikan proses penandatanganaan perjanjian . Selanjutnya Kamu akan diminta memverifikasi email outlet dan pihak GrabFood akan menunggu sampai 72 jam. Oleh hasilnya, pastikan akun email telah terverifikasi sebelum waktu 72 jam. Namun kalau lebih dari 72 jam, maka verifikasi akan gagal dilaksanakan. Jika ingin verifikasi ulang, seharusnya hubungi customer service dari GrabFood apalagi dulu.

5. Memverifikasi OVO

Cara mendaftar Grab Food selanjutnya yakni tahap verifikasi OVO. OVO merupakan layanan digital wallet dan sudah berhubungan bersama Grab maupun GrabFood untuk pembayaran lewat aplikasi. Oleh sebab itu, kalau ingin menjadi merchant atau mitra Grabfood, Kamu akan diminta mendaftar dan melaksanakan autentikasi akun OVO untuk pembayaran antara pebisnis dan pelanggan.

Selanjutnya tim OVO, menelepon Kamu untuk validasi sekaligus verifikasi berita mengenai bisnismu. Adapun info yang hendak divalidasi umumnya ialah alamat dan nama kedai makanan.

6. Tahapan Training

Jika seluruh proses cara mendaftar Grab Food di atas sudah dilakukan dna sudah tervalidasi, Kamu akan pribadi dikirimi email dari Grab Food yang isinya perihal bahan pelatihan menggunakan aplikasi bagi merchant bisnis. Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan informasi perihal cara mengaktifkan Grab Food merchantmu.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Merchant di Grabfood?

Dengan mendaftar Grab Food, maka Kamu akan menikmati banyak keuntungan sekaligus bisa menambah omset bisnismu sesudah bergabung selaku mitra Grabfood. Berikut keuntungan menjadi merchant di Grabfood :

1. Dapat Menjangkau Konsumen Lebih Luas

GrabFood telah mempunyai banyak pengguna bahkan jumlahnya hingga jutaan orang. Jika Kamu menjadi mitra atau merchant GrabFood, telah tentu Kamu akan memiliki peluang dapat menjaring calon pembeli yang jangkauannya lebih luas.

Baca Juga:   Cara Cancel Grab

2. Dapat Meningkatkan Penghasilan

Jika pembeli yang tahu restomu bertambah banyak dan luas, secara otomatis laba yang diperoleh juga akan makin meningkat. Namun hal ini juga bukan jaminan, sebab penentu laku dan tidaknya jualanmu tergantung dari mutu produkmu.

3. Media Promosi yang Hemat

Saat foto warung kuliner atau restoranmu terpampang pada aplikasi GrabFood, maka secara tak langsung dapat memperluas ekstensi rumah makanmu itu sendiri. Terlebih jika review dan rating yang telah diberikan pembeli tinggi, mampu jadi restomu akan kian populer.

4. Tak perlu Lagi Repot Mengantar Pesanan

Keunggulan yang sangat terasa pastinya Kamu tak perlu lagi mengirim makanan jualanmu sendiri jauh-jauh. Sebab para driver mitra Grab akan siap mengantarkannya ke tempat pembeli sesuai pesanan.

Nah, itulah pembahasan terkait cara mendaftarkan Grab Food dan keuntungan menjadi kawan Grab Food yang bisa Kamu dapatkan. Selain itu, Kamu mesti tahu bahwa dengan bekerjasama bareng Grab Food, Kamu harus membagi hasil laba. Biasanya pihak grab akan mengambil 30% dari total harga makananmu. Ini artinya bila harga penjualan menu Rp. 20 ribu, maka 30%-nya atau Rp.6000 yakni milik Grab Food sedangkan Rp. 14 ribunya adalah duit yang diterima.

 

 

 

 

 

 

close