May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Mengajukan Kpr

Cara Mengajukan KPR 200x112 - Cara Mengajukan Kpr

Bagaimana cara mengajukan KPR? KPR yakni kepanjangan dari kredit pemilikan rumah yang ialah salah satu program pemerintah untuk pendanaan rumah yang saat ini paling diminati oleh masyarakat Indonesia.

Umumnya salah satu argumentasi memakai pilihan pendanaan dengan bagan kredit pemilikan rumah (KPR) ini karena alasannya adalah kondisi yang mendesak. Karena itu, banyak masyarkaat lebih menentukan sistem KPR, mengingat dana yang dimiliki hanya cukup untuk mengeluarkan uang DP dan tidak sanggup membeli rumah secara kontan.

Sekarang ini berbagai bank yang memperlihatkan KPR dengan bunga yang sungguh mempesona, tujuannya yakni untuk mempesona nasabah semoga mengikuti program KPR di bank tersebut. Bukan mustahil jikalau setiap orang ada yang memahami dan ada yang kurang mengetahui perihal syarat – syarat apa saja yang mesti dipenuhi.

Cara Mengajukan KPR

Cara Mengajukan KPR 200x112 - Cara Mengajukan Kpr
Panduan Mengajukan KPR

Tutorial Mengajukan KPR

Untuk lebih mengerti tentang denah KPR, berikut ada beberapa cara mengajuka KPR sehingga kamu tidak kebingungan. Berikut ulasannya :

1. Memilih Rumah yang Kamu Inginkan

Ini yakni tahapan dasar jikalau kau ingin mempunyai rumah yang kamu kehendaki, pilihlah dengan benar dan pastikan tipe rumah yang kamu kehendaki. Selain itu, pilih pula posisi rumah yang diseleksi apakah dekat dengan jalan raya atau jauh dengan jalan raya. Biasanya posisi rumah mampu mempengaruhi harga jual rumah itu sendiri. Selain itu, apakah kamu membutuhkan aksesori tanah atau tidak.

Bila kamu melaksanakan pembelian rumah pribadi dari pemiliknya atau individual, maka kamu mesti memastikan orang tersebut mempunyai akta dengan lengkap, untuk menyingkir dari problem di kemudian hari. Cek pula keadaan rumah apakah harganya sesuai dengan kondisi dan kondisi rumah itu sendiri.

Satu lagi jikalau Kamu ingin berbelanja pribadi dari developer maka tentukan pihak developer memiliki aneka macam perizinan seperti izin lokasi, izin peruntukan tanah, site plan hingga faktor penatagunaan lahan. Biasanya dengan mempunyai SHGB, HGB atas nama pihak developer dan IMB induk.

Baca Juga:   Hp 2 Jutaan Modern 2021 Yang Bagus Untuk Gaming

Bukan itu saja, fasilitas dan prasarana harap kau amati juga mirip kawasan ibadah, daerah bermain, saluran drainase air, hingga kelangsungan air dan listrik.

2. Booking Fee

Booking fee ini ditujukan untuk menyaksikan sejauh mana keseriusanmu berbelanja hunian eksklusif dari developer. Ini merupakan yang mesti kau bayarkan pertama kali saat tertarik ingin memiliki rumah yang ideal baik tempat maupun anggaran yang kau miliki.

Biaya booking fee cukup bervariasi, ada yang mengeluarkan uang cukup Rp. 500.000,- saja, ada yang mengeluarkan uang Rp. 1.000.000,- saja dan ada yang mengeluarkan uang Rp. 2.000.000. Sesuai dengan tingkat modernisasi perumahan. Namun lazimnya untuk booking fee sendiri tidak akan terlalu mahal, mengenang ini hanyalah selaku bentuk keseriusan saja.

Perlu kamu ketahui bahwa booking fee bukan bab dari DP rumah, meskipun banyak sekali perkara dari pihak developer yang nantinya akan memotong DP sesuai dengan yang dibayarkan.

Jika sebuah saat ternyata kamu membatalkan cita-cita untuk membeli rumah, maka pihak developer tidak akan mengembalikan booking fee yang sudah kamu bayarkan.

3. Pengajuan KPR ke Bank Mitra

Apabila Kamu telah melakukan pembayaran booking fee sesuai dengan ketentuan dari pihak developer, berikutnya Kamu cukup melakukan proses pengajuan KPR pribadi ke bank kawan. Bank kawan ini tentu saja sesuai penugasan pihak developer atau mungkin bisa saja sesuai keinginanmu. Karena memang lazimnya developer perumahan telah bekerja sama dengan pihak bank tertentu. Kaprikornus Kamu tinggal melanjutkan ke tahap selanjutnya, dengan mengumpulkan syarat – syarat yang mesti kau penuhi.

Itulah garis besar cara mengajukan KPR dengan mudah. Namun sekedar gosip, bila kau ingin lolos untuk pengajuan KPR ke pihak bank, maka cicilan rumah yang ditentukan maksimal harus 30 persen dari total gaji yang kau terima.

Syarat-Syarat Pengajuan KPR

Sebenarnya untuk kriteria administrasi antara pihak bank yang satu dan lainnya tak jauh berlainan, cuma saja perbedaannya dilihat dari nilai suku bunganya yang mau kuat pada cicilan rumah nantinya.

Baca Juga:   Cara Membuat Filter Aquarium

Adapun untuk syarat – syarat mengajukan KPR adalah diantaranya :

  • KTP istri dan suami jikalau telah menikah, sementara bagi yang masih single maka cukup satu KTP yang bersangkutan saja. Fotokopi KTP tersebut karena nanti akan diminta fotokopi KTP.
  • Kartu keluarga yang telah di fotokopi. Pastikan kartu keluarga modern yang telah menggunakan barcode. Jika tidak, bekerjsama tidak terlalu dipermasalahkan kalau memakai kartu keluarga yang lama. Namun alangkah lebih baiknya kartu keluarga harus di perbarui ke Disdukcapil terdekat untuk berjaga – jaga kalau ada sesuatu yang memerlukan kartu keluarga terbaru.
  • Surat informasi penghasilan atau slip gaji, biasanya slip gaji yang diminta yaitu 3 bulan hingga 6 bulan kebelakang.
  • Laporan keuangan bagi wiraswasta
  • NPWP eksklusif harus dilengkapi jikalau kamu mengajukan kredit di atas 100 juta rupiah.
  • SPT PPh langsung kalau kamu hanya mengajukan kredit di atas 50 juta rupiah saja.
  • Salinan akta induk maupun salinan sertifikat cuilan bila kau melakukan pembelian rumah eksklusif dari developer.
  • Menyertakan fotokopi dari sertifikat rumah bila kamu membeli rumah dari perorangan tanpa campur tangan developer.
  • Salinan izin mendirikan bangunan (IMB).

Trik Agar Lolos KPR

Jika kamu sudah mengetahui beberapa point di atas baik sistem pengajuan kpr dan syarat – syarat dokumentasinya, mungkin kamu akan merasa cemas kalau pengajuan kamu tidak disetujui oleh bank. Oleh sebab itu berikut akan dijelaskan beberapa tips cepat cara mengajukan KPR dengan segera.

1. Syarat Usia

Perhatikan usiamu harus sesuai dengan patokan yang diminta. Tujuannya adalah agar kamu bisa lolos mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah, alasannya adalah bank menetapkan batas usia tertentu. Pada lazimnya untuk batas-batas usia pengajuan KPR sendiri ialah minimal berusia 21 tahun dan maksimal telah berusia 55 tahun.

Yang paling utama yang harus kamu perhatikan yakni batas-batas usia saat pihak pemohon KPR sudah akhir menyelesaikan cicilan yang terakhir. Jika ternyata usia terakhir pensiunmu telah dekat misalnya, maka Kamu mesti mengambil cicilan KPR yang lebih besar, hingga batas optimal usia pensiun.

Baca Juga:   Cara Perhitungan Kpr

2. Persyaratan Dokumen

Sudah terperinci untuk standar dokumen yaitu kamu mesti melengkapinya sesuai dengan ketentuan dari pihak developer. Karena kalau ada salah satunya yang tidak lengkap maka pengajuan KPR-mu akan terhambat.

3. Aman dari BI checking

Inilah kiat agar kamu mampu mengajukan KPR, yakni yang terpenting yakni bebas dari BI checking. Kamu mesti menunggu BI checking simpulan diproses. Karena nantinya akan dilihat apakah kamu mempunyai catatan kredit yang baik dan higienis tanpa adanya hambatan penundaan pembayaran.

Di dalam bi checking nanti akan diperlihatkan semua bantuan yang pernah kamu kerjakan termasuk ketaatan kau dalam melakukan pembayaran cicilan bulanan. Jika pernah menunggak, maka kemungkinan mampu saja pengajuan KPR-mu akan ditolak.

Jika kau ingin mengajukan KPR, maka pastikan dulu apakah kamu aman dari bi checking atau tidak. Adapun caranya ialah kau bisa melaksanakan pengecekkan ke OJK atau bisa ke Bank Indonesia yang menyimpan semua data – data nasabah tergolong data milikmu. Kamu cuma perlu menunjukkan KTP dan mengunjungi kantor OJK terdekat.

Demikian ulasan terkait cara mengajukan KPR dengan gampang dan cepat yang mampu Kamu kerjakan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Semoga berguna!

close