May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Mengaktifkan 4G Lte Telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel - Cara Mengaktifkan 4G Lte Telkomsel

Bagaimana cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel? Telkomsel adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi, bahkan telah eksis sungguh usang di Indonesia. Dibandingkan dengan kompetitornya, Telkomsel terus melakukan gebrakan gres guna menambah jumlah konsumen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, Telkomsel dengan cepat merajai jaringan telekomunikasi khususnya pada jaringan 4G, bahkan bisa disebut sebagai pioneer kebangkitan jaringan paling cepat. Hal ini tentu saja mengalahkan komtetitor lainnya yang condong bergerak lamban daripada Telkomsel itu sendiri.

Untuk pengguna baru, pastinya masuk ke jaringan 4G LTE tak membutuhkan proses aktivasi, alasannya adalah secara otomatis akan masuk ke dalam jaringan tersebut. Kamu pun tinggal menikmati kecepatan akses berselancar di internet dengan leluasa dan bebas hambatan.

Namun hal ini berlawanan dengan pengguna Telkomsel usang, bagi yang ingin meningkatkna mutu kanal internet ke jaringan 4G LTE, tentu saja ada beberapa langkah yang perlu dijalankan. Namun tak perlu khawatir, sebab cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bagi pengguna usang cukup mudah dilaksanakan.

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Cara Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel - Cara Mengaktifkan 4G Lte Telkomsel
Mengaktifkan 4G LTE Telkomsel

Panduan Mengaktifkan Layanan 4G LTE Telkomsel

Melakukan setting 4G antara android dengan ios sebetulnya panduannya berlainan. Oleh karena itu, Kami akan membagikan cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bagi pengguna android dan iOS. Berikut ulasannya :

1. Mengaktifkan Layanan 4G LTE Telkomsel Pengguna Android

Berikut akan dijelaskan cara setting layanan 4G LTE bagi pengguna android, yang mampu Kamu lakukan di bawah ini:

  • Pertama – tama, kau masuk ke dalam hidangan setting yang terdapat pada tiap perangkat hp. Namun jikalau susah menemukannya, cari saja icon bergambar gear. Gambar tersebut memperlihatkan icon settings.
  • Jika telah masuk ke menu settings, kamu pilih sub menu network, disana ada aneka macam macam pilihan seperti mobile networks, wi-fi, bluetooth, personal hotspot dan more. Kamu cukup klik mobile networks.
  • Ketika kamu sudah klik mobile networks, maka penampilan berikutnya akan menunjukkan sajian baru yang lumayan banyak. Menu tersebut diantaranya mobile data, international roaming, always receive SMS, access point names, preferred network type dan cellular networks. Maka kau cukup klik saja preffered network type.
  • Pada hidangan preferred network type, ada 3 pilihan yang mampu kau pilih yaitu prefer LTE, prefer 3G, dan 2G only (saves battery). Yang mesti Kamu lakukan ialah dengan cara klik saja pilihan pertama ialah prefer LTE.
  • Jika kau sudah melakukan klik prefer LTE maka kau secara otomatis sudah mampu menikmati jaringan 4G LTE.
Baca Juga:   Cara Menerima Kuota Gratis Telkomsel

2. Mengaktifkan Layanan 4G LTE Bagi Pengguna iOS

Bagi kau pengguna ios, berikut langkah cara mengaktifkan 4G LTE yang mampu Kamu coba praktekkan,di bawah ini :

  • Buka menu settings yang terdapat pada hp berbasis ios.
  • Lalu cari bagian cellular dan pilih cellular tersebut dengan cara klik satu kali.
  • Pada menu selanjutnya, seleksilah cellular data options untuk masuk ke sajian selanjutnya.
  • Pada hidangan berikutnya ada dua opsi yang bisa kau pilih adalah voice and data dan data roaming. Yang harus kau pilih yakni voice and data.
  • Pada menu berikutnya, ada 3 opsi jaringan adalah LTE, 3G dan 3G. Kamu klik saja LTE.
  • Jaringan LTE kamu sudah siap untuk dipakai.

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan 4G LTE di perangkatmu? Pada dasarnya setiap kartu Telkomsel telah otomatis bisa memakai jaringan 4G LTE. Hanya saja, kamu tinggal melakukkan opsi pengaturan di hp saja.

Bagaimana Mengatasi Sinyal 4G LTE Tidak Muncul?

Ada kasus lain dimana kamu sebetulnya telah melakukan penyetalan dengan mengaktifkan jaringan ke layanan4G LTE namun tetap tidak bisa digunakan. Selain itu, notifikasi pada layar hp bagian atas tidak menawarkan jaringan LTE melainkan cuma 3G. Ini disebabkan ada kasus – perkara tertentu yang menjadikan hal itu terjadi. Misalnya mirip dilema pada penangkapan sinyal yang kurang baik hingga hp kamu yang memiliki masalah.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan satu per satu cara menangani duduk perkara yang kerap terjadi perihal tidak hadirnya jaringan 4G LTE :

1. Pindah ke Tempat yang Memiliki Sinyal Internet Stabil

Pada beberapa masalah, ternyata di kawasan terbuka seperti di lapangan atau halaman rumah sinyal yang diterima oleh hp jauh lebih baik ketimbang di dalam ruangan. Hal tersebut terjadi sinyal terhalang sebab adanya tembok sehingga kekuatan sinyal menjadi lemah.

Jika Kamu ingin tau tetap ingin mencoba untuk melakukan pengujian kekuatan sinyal di dalam ruangan. Adapun caranya ialah menjajal untuk melaksanakan pengecekan ke berbagai sudut ruangan di dalam rumah. Cara ini lazimnya lebih efektif alasannya kau akan tahu posisi sinyal paling besar lengan berkuasa di dalam rumah terletak di mana.

Baca Juga:   Cara Memindahkan Foto Dari Hp Ke Laptop

2. Atur Sinyal Hanya 4G LTE Saja

Pada pengaturan hp, kamu akan menerima opsi default untuk mendapatka sinyal jika kau tidak merubah sedikit pun settingan tersebut. Pilihan default mempunyai arti kamu melakukan penyettingan ke jaringan otomatis, yakni kalau ada sinyal 4G LTE maka akan langsung kau gunakan. Akan namun, jikalau ternyata jaringan 4G LTE tidak tersedia, secara otomatis layanan jaringan akan berpindah ke 3G atau 2G.

Untuk menanggulangi hal tersebut, kau cukup pindahkan settingan tersebut cuma 4G LTE saja dengan klik pada jaringan tersebut untuk menikmati layanan 4G LTE dimanapun. Akan tetapi kelemahannya adalah kalau kondisi jaringan 4G LTE tidak tersedia, maka kau tidak akan menerima sinyal tersebut sama sekali. Bahkan kau tidak akan mendapatkan jaringan 3G atau 2G alasannya adalah Kamu hanya melaksanakan pilihan pengaturan 4G LTE saja.

3., Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah salah satu fitur yang ada pada setiap hp baik android maupun iOS yang bertujuan untuk menonaktifkan semua aktifitas pada hp kamu. Tujuannya karena dikala kamu sedang bepergian dengan memakai pesawat dilarang menyalakan hp karenan akan mengganggu sinyal pesawat. Lebih parahnya lagi bisa mengakibatkan kecelakaan hanya alasannya adalah sinyal pesawat terganggu oleh sinyal hp.

Lain kasus untuk meningkatkan jaringan 4G LTE, ternyata mode pesawat ini sangat bermanfaat alasannya fungsinya sama dengan melaksanakan penyegaran atau refresh jaringan. Cobalah untuk melakukannya ketika kau sedang tidak masuk pada jaringan 4G LTE dengan klik sekali saja pada ikon mode pesawat. Sesaat lalu klik lagi ikon mode pesawat tersebut dan lihatlah jaringan 4G LTE-mu. Jika sudah timbul dan Kamu pun mampu menggunakannya untuk melaksanakan berbagai macam aktifitas pada hp dengan jaringan 4g lte.

3. Mengganti Jaringan Sementara

Tujuan mengubah pengaturan jaringan sementara yakni untuk melakukan refresh jaringan di perangkat yang sukar menampilkan layanan 4G LTE Caranya dengan melakukan dial up pribadi dari hp kamu ke nomor *#*#4636#*#* kemudian klik panggil.

Baca Juga:   Cara Cek Iphone Ori

Setelah itu ada 3 sajian pilihan diantaranya gosip telepon, statistik penggunaan dan wi-fi information. Kamu pilih gosip telepon.

Selanjutnya masuk ke setingan jenis jaringan yang digemari, disana akan banyak sekali pilihan jaringan yang mampu kamu pilih. Kamu cari WCDMA only lalu klik. Tunggu sementara waktu hingga jaringan berubah dan setelahnya ganti lagi ke jaringan sebelumnya. Jika berhasil maka sinyal 4G LTE akan timbul.

Beberapa cara di atas tentu saja sudah dalam tahap pengujian yang terbukti sukses. Oleh sebab itu cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel bisa kau ikuti langkah – langkahnya mirip yang telah diterangkan di atas.