counter create hit

Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Bagikan:

Salah satu duduk perkara yang sering dialami dikala memakai laptop dengan sistem operasi Windows 10 yaitu laptop yang menjadi hang atau freeze. Kondisi mirip ini terjadi dikala laptop tiba-datang berhenti bekerja dan tidak mampu diapa-apakan lagi. Semua perangkat seperti mouse dan keyboard jadi tidak mampu digunakan dan pointer tidak mampu digerakkan lagi.

Masalah laptop hang atau crash mirip ini biasanya terjadi saat laptop diberikan beban kerja yang terlalu berat sehingga tidak bisa lagi untuk melakukan tata cara. Secara biasa penyebab laptop hang terbagi ke dalam dua faktor, pertama karena adanya bug pada program atau metode yang dijalankan, kedua alasannya spesifikasi laptop yang tidak mencukupi untuk menanggung beban kerja yang terlalu berat.

Pada kesempatan kali ini kami akan coba berbagi bagaimana cara mengatasi laptop yang hang, crash, atau freeze di Windows 10 sehingga Anda mampu mengurangi kerugian yang ditimbulkannya. Karena bila problem ini terus terjadi maka pekerjaan Anda akan terganggu, apalagi dikala ada pekerjaan yang belum sempat disimpan lalu tiba-tiba laptop hang. Hal ini pastinya akan sungguh mengganggu.

Berikut adalah beberapa langkah yang mampu Anda lakukan untuk mengatasi laptop hang di Windows 10.

1. Hentikan program yang menjadi penyebab hang

Program yang berhenti melakukan pekerjaan mampu menjadi penyebab keseluruhan tata cara pada Windows 10 menjadi crash. Saat ini terjadi lazimnya ditandai dengan indikator loading yang terus berputar tanpa henti atau kursor mouse tidak mampu digerakkan.

Apabila Anda mengalami hang saat sedang menjalankan acara tertentu yang terlalu berat, maka mampu dicurigai jikalau acara tersebutlah yang menjadikan Windows 10 menjadi crash.

Untuk menangani persoalan ini Anda bisa menghentikan secara paksa program tersebut dengan menggunakan Task Manager yang ada pada Windows.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama tekan tombol CTRL+ALT+DELETE untuk mengakses user menu
  2. Pilih Task Manager, jika mouse tidak bisa digerakkan maka Anda mampu memakai panah pada keyboard untuk menentukan
  3. Setelah sukses membuka Task Manager klik pada tab Processes
  4. Temukan acara yang menjadi penyebab laptop menjadi hang
  5. Klik kanan pada acara tersebut kemudian pilih End Task
  6. Tunggu sampai acara tertutup
cara mengatasi laptop hang 1 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Setelah Anda berhasil menutup acara yang menjadi sumber problem, maka lihat reaksi yang terjadi. Apakah Windows 10 telah kembali wajar lagi? Jika iya, maka bisa ditarik kesimpulan program tersebut memang yang menimbulkan laptop Anda menjadi hang.

Mengatasi layar Windows yang blank setelah menghentikan paksa acara

Pada ketika menghentikan paksa sebuah acara dengan Task Manager terkadang menyebabkan layar Windows menjadi blank. Ini terjadi karena File Explorer juga ikut berhenti sehingga tidak ada penampilan apapun di layar Anda.

Untuk menanggulangi hal ini Anda bisa menggunakan Task Manager untuk melakukan ulang File Explorer.

Caranya:

  1. Jalankan Task Manager dengan klik kanan pada Taskbar kemudian pilih Task Manager. Bisa juga dengan menekan CTRL+ALT+DELETE
  2. Pada Task Manager pilih sajian File > Run new task
  3. Ketik explorer.exe
  4. Tekan tombol OK
  5. Tunggu sampai File Explorer kembali berjalan
Baca Juga:   Cara Bayar Pdam Bekasi Lewat Atm Bank Bjb
cara mengatasi laptop hang 2 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Setelah melaksanakan ulang File Explorer dengan cara di atas maka Windows 10 Anda akan kembali normal lagi seperti semula.

2. Force shutdown laptop dengan tombol power

Saat laptop hang dan tidak bisa diapa-apakan lagi karena mouse dan keyboard tidak berfungsi maka untuk mengatasinya mesti dengan cara force shutdown atau mematikan paksa laptop menggunakan tomobl power.

Ini ialah cara paling simpel untuk restart tata cara di dikala terjadi freeze atau crash pada laptop Anda. Untuk melakukannya cukup gampang, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mematikan dan restart laptop hang:

  1. Tekan tombol Power dan tahan selama beberapa detik hingga laptop mati
  2. Setelah laptop mati, diamkan sebentar
  3. Tekan lagi tombol Power untuk menghidupkannya
  4. Bila tombol Power juga tidak berfungsi maka Anda bisa mencabut laptop dari power source kemudian lepaskan baterai
  5. Diamkan sebentar, kemudian pasang lagi baterai dan nyalakan laptop mirip biasa

Setelah melakukan force shutdown semestinya kini laptop Anda sudah mampu menyala dengan normal. Coba gunakan laptop seperti biasa untuk bekerja, editing, atau browsing internet dan lihat apakah masalah hang masih timbul.

3. Cek apakah ada pembaruan pada program yang memiliki bug

Laptop menjadi hang yang menciptakan mouse tidak mampu digerakkan dan keyboard tidak berfungsi sama sekali kadang-kadang juga disebabkan alasannya adanya bug pada acara yang sedang dikerjakan.

Coba Anda amati apakah laptop menjadi crash dikala sedang menggunakan acara tertentu saja? Jika iya maka bisa diasumsika bila acara tersebut adalah sumber masalahnya.

Beberapa program khususnya yang masih versi awal umumnya mempunyai bug yang bisa mengakibatkan banyak sekali persoalan pada sistem komputer. Apabila Anda menggunakan acara dari sumber yang kurang terpercaya atau program tersebut masih model beta maka bisa jadi program tersebut masih mempunyai bug.

4. Uninstall program yang menyebabkan laptop hang

Tips yang keempat ini masih bekerjasama dengan kiat sebelumnya adalah mengenai bug pada acara yang menimbulkan laptop menjadi hang.

Untuk menanggulangi hal ini Anda mampu menjajal untuk menyaksikan apakah ada update tersedia untuk acara tersebut. Biasanya developer acara akan merilis update untuk memperbaiki bug yang banyak terjadi pada pengguna.

Apabila update masih belum tersedia maka untuk beberapa waktu solusi yang mampu Anda lakukan yakni meniadakan acara tersebut dari laptop Anda.

Anda bisa memakai cara meniadakan program sampai bersih ini untuk memutuskan tidak ada leftover file atau file sisa yang masih tersimpan dan berpeluang mengakibatkan hang.

5. Full scan laptop untuk membersihkan virus

Virus dan malware juga mampu menciptakan laptop menjadi hang, not responding, lag, freeze, bahkan menjadi blue screen. Pada ketika Windows terserang virus maka beban kerja yang mesti ditanggung oleh laptop Anda menjadi berkali-kali lipat lebih berat.

Virus akan menggunakan sebagian besar resource RAM dan CPU sehingga laptop akan terasa sangat lambat saat digunakan. Pada tahap permulaan Anda mungkin akan menyaksikan acara-acara yang dijalankan menjadi lebih berat dari biasanya, khususnya saat laptop terhubung dengan internet.

Beberapa tanda lainnya mirip laptop sering mengalami overheat, kipas datang-datang berputar kencang padahal baru digunakan sebentar, metode terasa berat, sering muncul pop up yang tidak terang dari mana sumbernya, disk penyimpanan tiba-tiba penuh, dan masih banyak lagi. Ketika telah parah dan menyebabkan laptop menjadi hang maka Anda harus membersihkan virus tersebut dengan melakukan full scan menggunakan antivirus.

Berikut ini cara full scan menggunakan antivirus Windows 10:

  1. Klik tombol Windows
  2. Pilih Settings
  3. Pilih Update & Security
  4. Klik pada tab Windows Security
  5. Pilih sajian Virus & threat protection
  6. Klik pada Scan options
  7. Pilih Full scan
  8. Klik tombol Scan now
Baca Juga:   Cara Menggunakan Virtual Desktop Windows 10
cara mengatasi laptop hang 3 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Proses full scan ini umumnya akan mengkonsumsi waktu yang cukup lama tergantung dari besar kecilnya kapasitas disk pada laptop secara keseluruhan. Anda hanya perlu menanti saja hingga proses scan simpulan, bila ada terdeteksi virus maka mampu pilih Quarantine atau Remove untuk membersihkan virus dari metode komputer Anda.

6. Update Windows 10 Anda

Laptop hang mampu juga disebabkan alasannya adalah terdapat bug pada versi Windows 10 yang Anda gunakan. Bug pada Windows biasanya akan menjadikan masalah ketika ada pemicunya, mirip bentrok dengan aplikasi tertentu atau dikala Anda mengerjakan salah satu fitur yang ada pada Windows.

Untuk mengatasi bug seperti ini cukup gampang, Anda hanya perlu memeriksa apakah ada pembaruan terbaru dari MIcrosoft. Apabila bug sudah diketahui oleh pihak Microsoft maka mereka akan secepatnya merilis update untuk memperbaikinya. Yang perlu Anda lakukan yakni melaksanakan update.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hubungkan laptop ke internet
  2. Klik tombol Start lalu pilih Settings
  3. Pilih Update & Security
  4. Pada jendela bagian kanan klik tombol Check for udpates
  5. Tunggu hingga proses update simpulan
  6. Restart laptop Anda
cara mengatasi laptop hang 4 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Setelah final melaksanakan update, tunggu sampai laptop selesai melaksanakan restart dan menginstall pembaruan. Setelah menyala kembali coba gunakan untuk bekerja seperti biasa, jika bug telah berhasil diperbaiki maka laptop Anda tidak akan mengalami hang lagi.

7. Jalankan System Restore untuk memperbaiki kerusakan metode

System restore merupakan tata cara backup and restore yang ada pada sistem operasi Windows 10. Menggunakan fitur ini memungkinkan Anda membuat full backup metode untuk lalu dipakai kembali dikala terjadi duduk perkara.

Ketika laptop mengalami hang dan susah ditemukan solusinya, maka Anda mampu memakai system restore untuk mengembalikan kondisi laptop ke keadaan sebelumnya dikala persoalan belum terjadi menggunakan fitur ini.

Untuk mampu memakai system restore maka sebelumnya Anda mesti sudah mengaktifkannya dan menciptakan backup. Silakan lihat caranya di sini: Cara mengaktifkan dan menciptakan system restore

Ikuti langkah-langkah berikut ini untu merestore Windows 10:

  1. Buka Control Panel
  2. Pada bab View by pilih Small icons
  3. Pilih hidangan Recovery
  4. Pilih menu Open System Restore
  5. Tentukan Restore Point yang ingin digunakan, pilih yang tanggalnya paling baru
  6. Klik tombol Next
  7. Lanjutkan langkah-langkahnya sampai final
  8. Restart komputer Anda
cara mengatasi laptop hang 5 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Jika dilema laptop hang terjadi sebab ada kesalahan sistem atau bug yang muncul setelah Anda menciptakan restore point maka dengan melakukan tindakan di atas semestinya kini laptop sudah mampu berfungsi dengan wajar kembali.

8. Jalankan System File Checker dengan CMD

Windows 10 memiliki suatu fitur yang berjulukan System File Checker atau disingkat dengan SFC. Fitur ini berfungsi untuk melaksanakan scan pada file metode untuk mendeteksi apakah terjadi kesalahan di sana, jika ada maka SFC akan langsung memperbaikinya secara otomatis.

Saat laptop Anda sering hang tanpa penyebab yang jelas maka fitur ini bisa digunakan. Masalah apda file tata cara biasanya mampu menimbulkan laptop hang meskipun baru dinyalakan, dan kadang-kadang juga mengakibatkan kinerja laptop menjadi lemot. Apabila penyebabnya karena kesalahan pada file sistem maka melaksanakan SFC kemungkinan besar akan mampu memperbaikinya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Command Prompt dengan saluran direktur, caranya dengan mengetik: cmd pada search kafe Start hidangan lalu pada jendela bab kanan pilih Run as direktur.
  2. Setelah acara CMD terbuka ketik perintah: sfc /scannow
  3. Tekan Enter
  4. Tunggu hingga proses scan dan perbaikan tamat
  5. Setelah itu restart laptop Anda
Baca Juga:   Harga Oppo R11 Plus dan Spesifikasi Lengkapnya
cara mengatasi laptop hang 6 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Anda tidak perlu melaksanakan apa-apa saat proses scan sedang berjalan, dikala akhir maka perbaikan juga akan dilakukan secara otomatis. Yang perlu Anda kerjakan yaitu menunggu hingga proses final, nanti pada layar CMD akan terlihat informasi error apa yang terdeteksi dan apakah sudah sukses diperbaiki atau tidak.

9. Masuk ke Safe Mode

Masuk ke Safe Mode merupakan salah satu cara untuk mengerjakan metode dengan program yang paling minimal. Saat berjalan pada safe mode, maka Windows akan berada pada mode paling dasar. Semua program pihak ketiga tidak akan dikerjakan pada mode ini.

  1. Klik tombol Start kemudian klik Settings
  2. Masuk ke hidangan Update & Security
  3. Pilih sajian Recovery lalu klik tombol Restart now
  4. Tunggu sampai komputer kembali menyala dan masuk ke menu WinRE
  5. Pilih Troubleshoot
  6. Pilih Advanced options
  7. Pilih Startup settings
  8. Klik tombol Restart
  9. Masuk ke Safe mode
  10. Restart komputer untuk kembali ke mode normal
cara mengatasi laptop hang 7 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Melakukan langkah ini berguna untuk mengetahui apakah laptop hang itu terjadi sebab dilema pada acara pihak ketiga atau malah metode Windows itu sendiri. Apabila ketika berada pada safe mode hang tidak terjadi maka mampu ditarik kesimpulan jikalau program pihak ketiga yang bukan bawaan Windows lah yang menjadi penyebabnya.

Anda bsia meniadakan acara tersebut kalau sudah yakin jikalau itu adalah penyebabnya. Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan beberapa langkah perbaikan yang telah kami jelaskan di atas pada mode ini jika laptop sama sekali tidak bisa berlangsung pada mode wajar .

10. Reset Windows 10 untuk mengembalikan ke setelan pabrik

Melakukan reset Windows 10 ke setelah pabrik merupakan solusi yang tersisa untuk menangani laptop sering hang tanpa harus install ulang. Melakukan reset akan menghapus semua acara pihak ketiga dan mengembalikan semua pengaturan ke keadaan default mirip layaknya baru melakukan install ulang.

Sebelum melaksanakan reset semestinya Anda backup terlebih dulu semua acara yang penting utamanya yang ada lisensinya ke penyimpanan selain C sebab nantinya semua acara tersebut akan terhapus.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih hidangan Update & Security
  3. Pilih sajian Recovery
  4. Pada bagian Reset this PC klik tombol Get started
  5. Pilih Keep my files
  6. Klik Next
  7. Klik tombol Reset
  8. Tunggu sampai proses reset tamat
cara mengatasi laptop hang 8 - Cara Mengatasi Laptop Hang Windows 10

Setelah proses reset final, Anda akan menyaksikan program-progra yang ada pada laptop telah higienis. Tidak ada lagi program pihak ketiga atau acara yang bukan bawaan Windows. Langkah selanjutnya adalah menginstall kembali semua acara-program yang Anda perlukan. Sekarang laptop akan bisa berfungsi dengan normal dan tidak hang lagi.

11. Upgrade laptop kalau memungkinkan

Bila Anda sudah melaksanakan semua langkah-langkah di atas namun laptop tetap saja hang dan lemot maka coba amati dulu, apakah spesifikasi laptop yang sudah tidak bisa lagi mengerjakan Windows 10 dan acara-acara terbaru yang ada sekarang. Lihat spesifikasi minimal Windows 10 ini.

Apabila spesifikasi laptop sudah jauh tertinggal maka tidak ada cara lain yang bisa dikerjakan selain melakukan upgrade. Anda mampu mulai dengan menambah RAM atau upgrade GPU bila memungkinkan. Jika laptop tidak bisa diupgrade maka Anda bisa mulai menabung untuk berbelanja laptop baru dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Itulah beberapa kiat untuk menangani laptop hang yang bisa kami berikan, biar mampu berfaedah.


Bagikan:
close