May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic - Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Matic

Bagaimana cara mengemudi mobil matic? Kamu mampu melaksanakan beberapa langkah untuk mengawali mencar ilmu mengemudi. Dan kamu juga perlu mengamati beberapa hal ketika ingin memulai mengemudi.

Jika kau baru pertama kali mengemudi mobil matic pasti akan sedikit merasa resah alasannya adalah beberapa hal berlawanan dengan kendaraan beroda empat manual. Apalagi kalau kamu belum pernah mengemudi sebelumnya. Namun hal itu tidak akan mengurungkan niatmu untuk memulai belajar mengemudi.

Lantas bagaimana cara mengemudi kendaraan beroda empat matic jikalau kita ingin mencar ilmu? Tentunya ada beberapa hal terlebih dahulu yang mau kamu amati dan pelajari sebelum memulai berguru mengemudi. Kamu perlu memahaminya agar dikala kamu memasuki jalan raya, kamu bisa mengatasi semua hal yang ada.

Tips Berkendara yang Baik

Untuk menjadi pengendara yang baik pastinya kamu akan memerlukan dan memperlajari ini. Hal ini bermaksud untuk menyingkir dari hal-hal yang tidak diharapkan dikala kamu di jalan raya.

  • Fokus dengan jalanan
  • Memahami transmisi
  • Kenali fitur mobil
  • Pahami rambu lali lintas yang ada
  • Semangat dalam berlatih berkendara
  • Jangan pernah panik

Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara Mengemudi Mobil Matic - Cara Mengemudi Kendaraan Beroda Empat Matic
Cara Mengemudi Mobil Matic

Mengemudi kendaraan beroda empat matic untuk sebagian orang yakni hal mudah, tetapi bagi sebagian orang yang gres belajar mengemudi mungkin akan sedikit sukar. Lantas, bagaimana cara mengemudi kendaraan beroda empat matic? Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk mengawali mengemudi.

1. Pahami Lalu Lintas

Sebelum kamu berguru cara mengemudi kendaraan beroda empat matoc, alangkah baiknya kau belajar untuk memahami lalu lintas yang ada. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan selaku pengendara yang bagus kau bukan cuma akan memahami lalu lintas tetapi juga akan mematuhi rambu yang ada.

Baca Juga:   Cara Peroleh File Terbesar Di Google Drive Dengan Cepat

2. Fokus ke Jalan

Setalah kau mengerti kemudian lintas yang ada, pastikan kalau kamu akan konsentrasi ke jalanan. Jika kau merasa ngantuk ataupun letih, sebaiknya kau urungkan niat untuk mencar ilmu mengemudi. Karena bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga akan membahayakan orang lain.

3. Pastikan Tuas di Posisi P atau Parkir

Sebelum kau mengawali mengemudi di kendaraan beroda empat matic, pastikan dahulu bahwa tuas berada diposisi yang benar sebelum mulai starter dan mengemudi. Sebelum menyalakan kendaraan beroda empat, posisi tuas ini mesti ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. Jika posisi tuas berada di posisi selain P dan N bisa ditentukan bahwa kendaraan beroda empat tidak akan bisa dinyalakan.

4. Jangan Langsung Starter

Jika kamu sudah meletakkan kunci pada tempatnya, tentukan jangan menyalakan mesin terlebih dahulu. Namun, tentukan dulu untuk menanti sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada berbagai jenis kendaraan beroda empat matic umumnya untuk memberi indicator sudah menyala dan kelistrikan telah hidup maka mobil akan memberikan bunyi. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka kau telah mampu menyalakan mesin mobil tersebut.

5. Injak Rem Sebelum Starter

Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jikalau kamu tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh karena itu, sebaiknya dikala sedang menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan dahulu kau mengetahui jenis kendaraan yang kamu gunakan.

6. Injak Rem Saat Pindahkan Tuas

Jika mesin telah menyala dan kau sudah menentukan langkah-langkah sebelumnya sudah aman. Kamu sudah bisa mengawali untuk memindahkan tuas ke posisi R atau ke posisi D. Tergantung darimana kamu akan keluar.

Pada mobil matic mempunyai beberapa pengaturan transmisi mirip P, D, R, N, dan juga M. Namun dikala kamumemindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk disertai dengan menginjak pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

Baca Juga:   Cara Melepas Aki Kendaraan Beroda Empat

7. Pahami Fungsi Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut selaku perseling ialah komponen yang sangat penting pada kendaraan beroda empat. Pastikan kamu sudah mengetahui secara betul setiap fungsi dari transmisi sebelum mengendarai kendaraan beroda empat matic. Selain menawarkan rasa aman ketika berkendara jikalau kau telah memahaminya, kamu juga akan terhindar dari kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi.

8. Gunakan Mode Berkendara

Kini banyak sekali mobil matic bahkan telah dilengkapi dengan riding mode. Kamu mampu memilih mode yang sesuai salah satunya yaitu mode irit. Mode yang satu ini cocok sekali untuk kau yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matic. Jika kau ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, mampu memakai mode sport. Mode yang satu ini akan membuat performa mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih optimal.

9. Gunakan Transmisi Manual

Biasanya mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, kau tidak butuhuntuk melaksanakan perpindahan gigi serta menginjak kopling. Kamu hanya perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi M atau manual. Jika telah dan kamu ingin berpindah gigi, kau cukup memindah tuas (+) untuk memperbesar gigi dan juga tuas (-) untuk meminimalkan gigi.

Untuk memperbesar ataupun meminimalisir gigi pada sistem manual mobil matic ini kamu hanya perlu menginjak rem. Makara cukup gampang untuk kau gunakan dan berkendara dengan tenteram.

Demikian tadi beberapa langkah cara mengemudi kendaraan beroda empat matic yang bisa kamu pelajari dikala kau mulai mencar ilmu mengemudi kendaraan beroda empat. Terkhusus mobil matic. Walaupun berlawanan dengan mobil manual, namun kamu juga perlu mengamati hal-hal yang begitu penting.