counter create hit

Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic

Bagikan:

Bagi orang yang gres pertama kali mengendari mobil matic akan kebingungan wacana cara mengendarai kendaraan beroda empat matic tersebut. Namun kamu jangan cemas sebab ada beberapa langkah mudah yang mampu kau terapkan dikala berkendara.

Mobil keluaran tahun-tahun terakhir ini, banyak yang menggunakan teknologi matic yang ialah singkatan dari automatic. Dengan teknologi yang canggih, sederhana dalam pengoperasiannya dan tingkat keselamatan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Berbeda dengan mobil manual yang mungkin sedikit butuh waktu untuk mengetahui tuasnya, di kendaraan beroda empat matic kau bisa dengan segera memperlajarinya.

Banyaknya mobil dengan transmisi matik, menciptakan beberapa orang yang ingin belajar mengemudi memilih kendaraan beroda empat matic untuk jadi kendaraan pribadinya. Sebagian orang menganggap cara mengemudi mobil matic tergolong gampang, sebab kendaraan beroda empat jenis tersebut cuma ada dua pedal ialah gas dan rem. Dikarenakan hanya ada dua pedal, kendaraan beroda empat matic dianggap tidak menciptakan cepat lelah, utamanya bagian kaki kiri alasannya adalah tak perlu menginjak pedal kopling secara terus menerus.

Tips Berkendara yang Baik

Untuk menjadi pengendara yang bagus, seharusnya kau mengamati beberapa hal berikut :

Fokus

Sebelum kau mulai mengendarai mobil matic, pastikan bahwa kau sudah konsentrasi dengan situasi yang ada di jalan raya. Hindarkan diri kamu dari kelelahan ataupun rasa ngantuk. Karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain.

Memahami Transmisi

Hal yang harus dipahami bagi pemula saat memakai kendaraan beroda empat matik ialah posisi dan urutan pada tuas transmisi. Hal ini harus kamu pahami hingga di luar anggapan, sehingga tidak ada salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya.

Baca Juga:   Mengembalikan Data Memory Card Hilang Menggunakan Easeus Data Recovery Wizard

Kenali Fitur Mobil

Yang perlu kau pelajari juga yaitu fitur-fitur yang ada di mobil kamu. Tidak cuma tuas transmisi, namun kau juga harus mengetahui letak dan fungsi tombol lampu sign, klakson, dan beberapa tombol lainnya.

Pahami Rambu Lalu Lintas

Nah sebelum menggeluti ke jalan juga kamu harus memutuskan diri kamu siap. Siap dalam artian kamu telah memahami arti dan makna tiap rambu kemudian lintas yang ada. Untuk mengurangi kecelakaan yang ada dan juga pelanggaran kemudian lintas yang terjadi.

Semangat Berlatih

Hal yang selanjutnya yang harus kau amati adalah kau mesti semangat dan giat dalam berlatih mengemudi kendaraan beroda empat matic. Agar kamu bisa dengan segera menguasai kendaraan beroda empat dan suasana di jalan raya.

Jangan Panik!

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula ketika berguru mengemudi kendaraan beroda empat matic adalah cemas. Bertemu dengan truk atau bis besar, ketakutan dan timbul perasaan khawatir ataupun cemas.

Begitu juga saat salah injak rem atau memindahkan transmisi, jangan cemas! Tetap damai, rasa khawatir justru mampu menciptakan konsentrasimu buyar. Ambil napas dalam-dalam dan konsentrasi dengan langkah-langkah yang mesti dilakukan.

Cara Mengendarai Mobil Matic

Cara Mengendarai Mobil Matic - Cara Mengendarai Kendaraan Beroda Empat Matic
Cara Mengendarai Mobil Matic

Bagi kau yang ingin menjajal mengendarai kendaraan beroda empat matic namun tidak mengenali cara mengendarai mobil matic. Kami punya solusi yang bisa kamu coba untuk mulai belajar mengendarai mobil matic.

1. Pastikan Tuas di Posisi P atau Parkir

Sebelum kamu memulai mengemudi di mobil matic, tentukan dahulu bahwa tuas berada diposisi yang benar sebelum mulai starter dan mengemudi. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. Jika posisi tuas berada di posisi selain P dan N bisa dipastikan bahwa kendaraan beroda empat tidak akan bisa dinyalakan.

2. Jangan Langsung Starter

Jika kau sudah meletakkan kunci pada tempatnya, tentukan jangan menyalakan mesin apalagi dulu. Namun, tentukan dahulu untuk menanti sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Pada beberapa macam kendaraan beroda empat matic lazimnya untuk memberi indicator telah menyala dan kelistrikan telah hidup maka kendaraan beroda empat akan menunjukkan bunyi. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka kamu sudah bisa menyalakan mesin mobil tersebut.

Baca Juga:   5 Cara Mengetahui Daya Listrik Prabayar Dengan Gampang

3. Injak Rem Sebelum Starter

Untuk beberapa kendaraan beroda empat matic tertentu mesin kendaraan beroda empat tidak akan berada pada posisi hidup kalau kau tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh karena itu, sebaiknya saat sedang menstarter kendaraan beroda empat pribadi saja menginjak rem. Namun pada beberapa kendaraan beroda empat matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi tentukan dahulu kau mengenali jenis kendaraan yang kamu gunakan.

4. Injak Rem Saat Pindahkan Tuas

Jika mesin telah menyala dan kamu telah menentukan tindakan sebelumnya sudah kondusif. Kamu telah bisa memulai untuk memindahkan tuas ke posisi R atau ke posisi D. Tergantung darimana kau akan keluar.

Pada mobil matic memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, dan juga M. Namun saat kamumemindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk disertai dengan menginjak pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk menghalangi terjadinya resiko kerusakan pada mesin kendaraan beroda empat matic.

5. Pahami Fungsi Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling adalah bagian yang sangat penting pada mobil. Pastikan kau sudah memahami secara betul setiap fungsi dari transmisi sebelum mengendarai kendaraan beroda empat matic. Selain memberikan rasa aman dikala berkendara kalau kamu telah memahaminya, kamu juga akan terhindar dari kesalahan dikala memindahkan gigi pada transmisi.

6. Gunakan Mode Berkendara

Kini berbagai kendaraan beroda empat matic bahkan telah dilengkapi dengan riding mode. Kamu bisa menentukan mode yang cocok salah satunya yakni mode hemat. Mode yang satu ini cocok sekali untuk kau yang ingin berkendara dengan lebih kalem menggunakan mobil matic. Jika kau ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, bisa menggunakan mode sport. Mode yang satu ini akan menciptakan performa mesin kendaraan beroda empat menjadi lebih maksimal.

7. Gunakan Transmisi Manual

Biasanya mobil matic juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara pengoperasiannya pun cukup gampang, kamu tidak perlu untuk melaksanakan perpindahan gigi serta menginjak kopling. Kamu cuma perlu memindahkan tuas transmisi ke posisi M atau manual. Jika telah dan kau ingin berpindah gigi, kamu cukup memindah tuas (+) untuk memperbesar gigi dan juga tuas (-) untuk menghemat gigi.

Baca Juga:   Cara Kredit Pulsa Di Akulaku

Untuk memperbesar ataupun meminimalkan gigi pada tata cara manual kendaraan beroda empat matic ini kau hanya perlu menginjak rem. Kaprikornus cukup mudah untuk kamu gunakan dan berkendara dengan nyaman.

Itulah beberapa cara mengendarai mobil matic yang mampu kau gunakan untuk mencar ilmu. Namun sebelum kamu mulai berkendara di jalan raya, tentukan bahwa kamu sudah mengetahui betul rambu-rambu lalu lintas dan juga tetap senantiasa berhati-hati.


Bagikan:
close