May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menggunakan Telegram

telegram logo - Cara Menggunakan Telegram

Di Indonesia terdapat banyak sekali aplikasi chatting mirip Whatsapp, Line, dan juga Telegram.  Aplikasi-aplikasi tersebut  mampu kita gunakan untuk mengirim pesan, telepon, video call dengan orang terkasih. Saat ini Telegram menjadi salah satu  aplikasi terfavorit bagi pengguna utamanya bagi anak muda untuk mengantarpesan. Tidak hanya itu telegram juga bisa mengantargambar dan video. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak klarifikasi bagaimana cara menggunakan telegram selaku berikut.

Secara umum, aplikasi telegram sama dengan yang lain bedanya aplikasi telegram mempunya basis penyimpanan cloud lebih besar.

Jadi pengirim pesan akan menjadi lebih ringan dan lebih cepat dibanding aplikasi chatting lainnya alasannya adalah aplikasi ini mempunyai ukuran yang kecil sehingga tidak boros ruang penyimpanan.

Tidak hanya penyimpanan yang besar tetapi sistemnya juga bisa terbilang kondusif, tidak memberatkan smartphone, sehingga telegram mampu dijadikan selaku chat messenger untuk pekerjaan.

Pengertian Telegram

Apa itu Telegram? Telegram ialah suatu aplikasi layanan pengirim pesan/chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, foto, video, audio juga file dan beberapa dokumen.

kata telegram berisikan dua kata yaitu Tele yang mempunyai arti “jauh” dan gram artinya “goresan pena, tanda atau bentuk”. Secara umu telegram adalah tulisan, bentuk, tanda atau info yang dikirim jarak jauh dengan pertolongan pesawat telegram.

Cara Menggunakan Telegram

telegram logo - Cara Menggunakan Telegram
Cara Menggunakan Telegram

 

  • Cara Menggunakan Telegram Lewat Browser (PC/Komputer dan Laptop)

Umumnya telegram digunkan pada ponsel, ternyata aplikasi juga dapat dipakai pada PC/Komputer atau laptop. Hal ini juga untuk berjaga-jaga kalau ketika-waktu ponsel kamu batreinya habis dan ada dokumen dokumen penting yang segera kamu kirim. Berikut langkah-langkah-langkahya:

Kunjungi halaman telegram masukan saja alamatnya http://web.telegram

Kemudian kamu bisa mendaftar akun dengan memasukan nomor telepon dan juga nama negara kamu. Pastikan nomor tesrsebut masih aktif dan pastikan juga sudah terdaftar di aplikasi telegram yang ada di ponsel kamu.

Baca Juga:   Dua Cara Hapus Aplikasi Android Di Samsung J7

Kemudian muncul jendela verifikasi yang menampilkan nomor telepon kau untuk memasukan aba-aba OTP.

Selanjutnya, telegram akan mengirimkan Kode OTP (one time password)  untuk dimasukan ke jendala verifikasi.

Langkah terakhir, telegram akan mendeteksinya secara otomatis.

  • Tambahkan Kontak

Setelah kamu sukses login, kau sudah mampu melakukan banyak sekali aktivitas di telegram. Seperti mengantarpesan, membuat grup, dan sebagainya. Berikut tindakan menyertakan kontak di telegram via web:

Klik hidangan humburger di pojok kiri atas untuk mampu menampilkan berbagai menu yang lainnya.

Selanjutnya, klik saja sajian kontak. Nah, disini telegram akan menampilkan semua kontak yang ada di phone book kau yang telah terdaftar sebagai pengguna telegram. Nama-nama yang muncul juga diadaptasi dengan nama yang tertera di phone book kamu.

Langkah terakhir kau bisa kilik Save maka secara otomatis kontak telah ada ddi telepon kamu.

Jika untuk menyertakan kontak gres, kamu tinggal pilih New Contact. Isi saja kolom yang sudah tersedia mulai dari tambahkan nomor telepon, nama diawal dan nama diakhir.

  • Membuat Grup di telegram

Aplikasi telegram juga bisa menciptakan grup mealalui web. caranya sama mirip menambahkan kontak, pilihan untuk membuat grup terletak di formasi menu saat kau mengklik ikon hambuger di pojok kiri atas.

Selanjutnya pilih saja daftar kontak yang ingin kau ajak bergabung, kamu mampu memaksukkan anggota grup lebih dari 10.000 anggota.

Setelah itu kau mampu klik Next  untuk dapat mampu menciptakan nama grup sesuai yang kamu kehendaki.

Secara otomatis setiap anggota mampu melakukan chat, mengirim file, mampu juga mengirim video dan sebagainya.

Jika kamu ingin menyertakan anggota, kau bisa pilih pilihan Add member untuk mengundang teman yang telah menjadi kontak kamu. Ada opsi lain, kau mampu kirim link semoga siapapun gak hanya kontak yang sudah ada bisa bergabung ke grup yang kau buat.

  • Cara Memasukkan Bot ke Grup

Telegram juga mempunya fitur Bot loh, apa itu Bot? Bot yakni semacam acara yang bisa meningkatkan sisi fungsionalitas pada grup ataupun chat room.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan 4G Lte Telkomsel

Simak caranya gampang banget, kamu cuma klik nama grup yang sudah kamu buat, pilih Add member lalu ketikkan username dari bot di kolom penelusuran.

  • Cara Menggunakan Telegram di Handphone

Sebenarnya hampir sama cara menggunakan telegram via HP dan via web

Unduh dan install aplikasi telegram via PlayStore atau AppStore

Login ke akun telegram, dan kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang masih aktif.

Setelah itu kamu diminta untuk memasukkan instruksi verifikasi yang sudah diantarkan lewat email atau sms.

Nanti telegram meminta perizinan biar dapat mengakses kontak yang kau miliki. semoga membuat lebih mudah pengguna agar terhubung dengan sahabat yang sudah mempunyai akun telegram.

Kamu tidak perlu memasukkan nomor kontak secara manual dengan mengijinkan perizinan ini. bisa pribadi klik Continue.

Kelebihan Menggunakan Aplikasi Telegram

Berikut yaitu kelebihan telegram yang tidak dimiliki aplikasi chatting lainnya

  • Dapat Mengedit Pesan Yang Telah Terkirim

Aplikasi chatting sudah banyak ya tetapi tidak ada satupun yang dapat mengedit pesan bila pesan telah kadung terkirim. Hanya aplikasi telegram yang mampu mengedit pesan yang sudah terkirim.

Ini yaitu salah satu kelebihan yang dimiliki telegram untuk menghemat kesalahan ketika salah mengirim pesan yang sudah kadung kamu kirim.

  • Dapat Menyediakan Fitur Channel

Fitur ini sungguh berfaedah untuk memberikan informasi pesan kepada sesama pengguna telegram atau umumdisebut “boardcast” .

  • Tidak Menghabiskan Memory

Bagusnya, aplikasi ini tidak menghabiskan memori seperti pada aplikasi chatting whatsapp. Pada aplikasi telegram akan tersimpan pada server selamanya dan tidak akan hilang ataupun terhapus kecuali bila kamu hapus.

  • Dapat Menampung Anggota Grup Yang banyak

Apabila membuat grup pada aplikasi telegram, kau mampu memasukkan anggota sebanyak-banyaknya mampu lebih dari 10.000 anggota. Kelebihan inilah yang membuat telegram menjadi aplikasi chatting yang semputnya untuk media komunikasi baik untun langsung maupun untuk pekerjaan.

  • Telegram Dijamin Aman

Bagi kamu yang pengguna biasa, telegram lebih kondusif daripada yang lain. Karena telegram mempunyai fitur chat yang jauh lebih aman.

Baca Juga:   Cara Kredit Mobil Baru

Aplikasi telegram dapat menggunakan fitur multi profil yang artinya mampu mempermudah dalam mengganti profil untuk mengganti dan menyalin profil.

Anonymous Chat Bot

Tidak semua aplikasi chatting mempunya fitur Anonymous Chat, tetapi telegram menyediakan fitur ini untuk para pengguna. Berikut langkah-langkah memakai Anonymous Chat telegram.

  • Jalankan Aplikasi Telegram.
  • Selanjututnya datangi link Bot Anonymous Chat Telegram Indonesia di https://t.me/anonxbot
  • Masuk ke botnya dan ketik perintah untuk mulai memainkannya.
  • Nanti di telegram akan timbul chat dari bot telegram, maksudnya kamu sedang mencari pengguna lainnya untu melakukan chatting.
  • Tunggu sampai informasi chat dari bot pengguna lainnya membalas.
  • Dengan begitu kalian sudah mampu mulai melakukan chatting

Namun kalau kamu ingin skip partner di Bot Anonymous Chat, kau mampu melaksanakan perintah Stop.

Sebaiknya jikalau kau telah bermain menggunakan chat Anonymouschat kamu mampu langsung menghapus chat tersebut agar history percakapan kau tidak diketahui oleh orang lain.

Begitulah klarifikasi tentang cara memakai telegram beserta penjelasan sedikit perihal Chat Anonymous Chat. Semoga menolong!