May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menghapus Akun Gmail Di Android

Cara Menghapus Akun Gmail di Android - Cara Menghapus Akun Gmail Di Android

Kebanyakan dari kita pasti menggunakan perangkat Android. Apakah kau tahu bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Gmail di Android dengan segera dan mudah.

Gmail dan Android

Seperti yang kita tahu, Gmail ialah layanan email yang dimiliki oleh perusahaan Google. Uniknya, Gmail bukanlah produk yang diluncurkan Google di tengah nama besar Google dikala ini. Gmail justru lahir jauh sebelum Google mempunyai layanan yang bermacam macam, jauh di kurun itu, saat Google hanya sebatas mesin pencarian. Kerjasama Google dengan sistem operasi Android menciptakan orang beramai ramai mempunyai akun Gmail di Android milik mereka.

Gmail di Android begitu melekat seolah 1 paket yang tak terpisahkan. Bagaimana tidak, apabila ingin memakai fitur di Android secara optimal, pengguna dituntut untuk menautkan akun Gmail mereka ke dalam perangkat sehingga dapat mengakses layanan Google yang lain mirip Google Play Store, Google Drive, Google Contacts, dan masih banyak lagi. Hal ini yang menciptakan nyaris siapa saja tak pernah terpikirkan untuk menghapus akun Gmail di Android miliknya.

Namun, tak mungkin Gmail bisa membuat puas semua penggunanya. Akun Gmail yang tertaut pada suatu ponsel, memungkinkan data-data dalam ponsel tersebut berada dalam pengawasan Google. Bagaimana tidak, hal sekecil berita kontak pun dapat tersimpan di database Google sekali kita menyinkronkan akun Gmail kita dengan aneka macam layanan Google di Android. Belum lagi data-data seperti foto dan video, yang mau tersimpan pada layanan Google Photos, mampu membuat orang-orang yang menjunjung tinggi privasi menjadi tidak nyaman. Tak heran bila akan banyak orang memutuskan meniadakan akun Gmail di Android miliknya.

Kenapa Pengguna Menghapus Akun Gmail di Android

Ada banyak alasan yang menciptakan seseorang bermaksud meniadakan akun Gmail di Android miliknya. Mulai dari problem ketidaknyamanan sampai persoalan privasi bahkan tindak kriminal pun dapat menjadi pemicu seseorang mencari cara meniadakan akun Gmail di Android miliknya. Adapun beberapa argumentasi seseorang ingin menghapus akun Gmail di Android ialah :

Baca Juga:   Cara Mengunci Aplikasi Di Xiaomi

  • Email telah tak digunakan kembali. Email yang tak digunakan kembali dapat menjadi penyebab seseorang ingin meniadakan akun Gmail miliknya. Daripada akun dibiarkan saja mampu berakibat diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan menimbulkan dilema serius ke depannya.
  • Email diretas. Email diretas oleh para pelaku kejahatan cybercrime sesungguhnya telah menjadi hal yang biasa di dunia maya. Tak cuma karena akun Gmail menandung data langsung korban. Hal ini juga disebabkan akun Gmail ialah pintu alternatif untuk memasuki akun sosial media korban di internet.
  • Pindah ke layanan email lain. Fitur Gmail yang berat dan tak terlalu dipakai oleh sebagian besar pengguna menjadi argumentasi bagi mereka untuk meniadakan akun Gmail dan berpindah hati. Di Yahoo Mail misalnya, layanan ini sebab tak menunggulkan fiturnya, terkesan lebih singkat dan mudah ketimbang Gmail. Hal kecil seperti ini bila dibiarkan akan menciptakan banyak pengguna Gmail melaksanakan migrasi akun besar-besaran.

Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Cara Menghapus Akun Gmail di Android - Cara Menghapus Akun Gmail Di Android
Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Sebenarnya, cara meniadakan akun Gmail di Android dapat dijalankan dengan segera dan mudah. Yang menjadi masalah ialah kau harus memilih sejauh mana kamu akan meniadakan eksistensi akun Gmail di Android milikmu. Dalam postingan kali ini, akan diterangkan cara meniadakan akun Gmail di Android dalam 3 tingkatan, yakni :

  • Menghapus akun Gmail dari perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail dari perangkat milikmu.
  • Menghapus akun Gmail melalui perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail milikmu.
  • Menghapus akun Google secara keseluruhan lewat perangkat Android. Tindakan ini akan menghilangkan akun Gmail beserta layanan Google lain milikmu.

Menghapus Akun Gmail dari Perangkat Android

Untuk menghapus akun Gmail dari Perangkat Android disini hanyalah sebatas menghilangkan akun Gmail dari perangkat Android milikmu. Tentu hal ini tidak akan meniadakan eksistensi akun Gmail milikmu dari dunia maya, kau masih dapat masuk ke akun Gmail milikmu kapan pun dengan perangkat apapun. Menghapus akun Gmail dari perangkat Android akan menjadikan hal sebagai berikut :

Baca Juga:   Cara Melihat Akun Google Yang Terhubung

  • Semua layanan Google yang tersinkron dengan akun Google mu akan kembali kosong.
  • Tidak mampu lagi mengakses layanan yang terkait dengan akun Google mu.
  • Apabila kau menyinkronkan kontak dengan akun Google, maka kontak otomatis akan hilang dari perangkat Androidmu.

Tak perlu khawatir, banyak sekali hal tersebut bisa kau kembalikan lagi seperti semula cuma cukup dengan melaksanakan login akun Gmail pada perangkat Android milikmu. Sedangkan cara meniadakan akun Gmail dari perangkat Android adalah selaku berikut :

  • Melalui ponselmu, buka hidangan Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang akan kamu hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai tindakan pengamanan, mungkin kau akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Menghapus Akun Gmail lewat Perangkat Android

Kamu mampu juga menentukan untuk menghapus akun Gmail milikmu melalui Android. Hal ini mungkin kamu lakukan untuk mengamankan email milikmu dari serangan cybercrime yang tengah mengancam jagad dunia maya di periode terbaru ini. Sebenarnya, cara meniadakan akun Gmail melalui perangkat Android seperti dengan cara menghapus akun Gmail. Hanya saja, langkah-langkah kali ini dilaksanakan menggunakan perangkat ponsel cendekia Android. Beberapa hal yang akan terjadi jikalau kamu meniadakan akun Gmail lewat Android adalah :

  • Email akan dihapus.
  • Alamat Gmail milikmu tidak dapat menerima atau mengantarpesan lagi.
  • Alamat Gmail tidak mampu dipakai orang lain di kurun mendatang.

Tak perlu cemas dengan hilangnya akun Gmail milikmu lewat cara ini, alasannya adalah kamu masih dapat menikmati akomodasi Google lain di perangkatmu. Hal ini dikarenakan cara ini tidak meniadakan akun Google milikmu secara keseluruhan. Adapun cara meniadakan akun Gmail lewat Android ialah :

  • Sebelum melakukan abolisi layanan Gmail, alangkah baiknya untuk melaksanakan download data Google milikmu.
  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi sebelah kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus atau buat rencana untuk data anda” lalu klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus layanan google”, klik Hapus layanan.
  • Klik logo tempat sampah di samping Gmail.
  • Ikuti tindakan selanjutnya.
Baca Juga:   Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Oppo Dengan Acuan Atau Pin

Menghapus Akun Google Secara Keseluruhan Melalui Perangkat Android

Cara menghapus akun Google keseluruhan melalui perangkat Android sebenarnya mirip dengan cara meniadakan akun Google keseluruhan pada artikel disini. Bedanya, pada langkah kali ini dilakukan lewat perangkat Android. Adapun cara menghapus akun Google secara keseluruhan melalui perangkat Android yaitu sebagai berikut :

  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus dan buat rencana untuk data Anda” lalu klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus akun Google Anda”, klik Hapus akun Anda.

Demikian adalah artikel mengenai cara meniadakan akun Gmail di Android. Semoga berguna.

close