May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menghapus Akun Tokopedia

Cara Menghapus Akun Tokopedia - Cara Menghapus Akun Tokopedia

Apakah kau sedang kebingungan mengenai cara menghapus akun Tokopedia milikmu? Tak perlu resah lagi karena artikel berikut ini akan membantumu menghapus akun Tokopedia dengan segera dan gampang.

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik yang didirikan dari tahu 2009. Hingga saat ini, Tokopedia masih menjadi favorit masyarakat di tengah maraknya perusahaan e-commerce yang bermunculan. Perusahaan lain tersebut seperti Lazada, Shopee, JD ID, dan masih banyak lagi. Layanan-layanan baru yang potensial mensugesti para pengguna untuk menghapus akun Tokopedia mereka.

Sebenarnya, untuk permasalahan kompetitor bukanlah hal yang baru bagi perusahaan ini. Di awal kehadiran dan perjuangannya, Tokopedia telah memiliki pesaing yang cukup berat masa itu, berjulukan Bukalapak. Ditambah lagi dengan status Bukalapak sebagai perusahaan yang diresmikan oleh anak bangsa, membuat Tokopedia mesti berupaya lebih keras. Usaha tersebut pun berbuah hasil dan menimbulkan Tokopedia ketika ini sebagai Unicorn yang besar lengan berkuasa tak cuma di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Mengudara dengan slogan kebanggaan “mulai aja dahulu”, e-commerce yang satu ini membanggakan lengkapnya produk dan jasa yang dijual di dalam aplikasi mereka. Hal ini pasti disokong dengan banyak dan bermacam macam nya pedagang di situs Tokopedia. Dengan lengkapnya produk, diperlukan dapat memudahkan pengguna dalam berbelanja, dan mencegah mereka untuk meniadakan akun Tokopedia miliknya.

Kenapa Seseorang Menghapus Akun Tokopedia

Apabila kau menggunakan aplikasi Tokopedia, maka kamu bisa menentukan 2 status. Apakah kau ingin membeli produk di Tokopedia atau kamu ingin menjual produk di sini. Kedua status akun ini, sama sama mampu memiliki potensi membuatmu memperoleh problem di e-commerce ini dan memutuskan untuk meniadakan akun Tokopedia milikmu. Adapun beberapa penyebab seseorang menghapus akun Tokopedia adalah:

  • Aplikasi sering error. Aplikasi e-commerce memang memerlukan proses kinerja yang lebih berat dari aplikasi lain di HP. Namun, aplikasi e-commerce juga dituntut untuk bisa menghemat error dan gangguan di dalam aplikasi. Karena lancarnya aplikasi e-commerce akan meningkatkan minat masyarakat untuk membuat akun di layanan tersebut
  • Perang harga. Banyaknya pengguna Tokopedia, menimbulkan huruf pedagang di dalamnya sangat bermacam-macam. Keberagaman pedagang tersebut menciptakan kesemrawutan yang dinamakan perang harga. Sebuah kondisi dimana sebagian pedagang menurunkan harga barang secara ajaib-gilaan cuma untuk menarik perhatian pelanggan. Hal ini pasti mampu dikategorikan selaku persaingan yang tidak sehat dan berpotensi menyebabkan banyak penjual menghapus akun Tokopedia mereka
  • Fitur pengelolaan toko rumit. Seorang penjual tentu menghendaki fitur pengelolaan toko yang gampang. Sayangnya, pengelolaan toko di Tokopedia terbilang cukup sukar. Hal ini berbahaya alasannya akan ada banyak e-commerce lain yang memudahkan pengelolaan toko dan menarik para pengguna Tokopedia.
  • Banyak produk spam. Tokopedia mengijinkan siapapun untuk berdagang dengan gampang. Hal ini menyebabkan banyak produk serupa yang direupload oleh pengguna lain dengan memaksimalkan atau menurunkan harganya. Alhasil. pembeli kadang bingung untuk memperoleh penjual yang kredibel dan pedagang yang ‘bodong’.
  • Kualitas gambar menurun. Poin yang satu ini sangat berpengaruh bagi pedagang alasannya adalah kualitas gambar yang diupload ke Tokopedia untuk mendeskripsikan produk mereka menurun. Hal ini menciptakan display dari produk mereka tidak cukup menarik untuk membuat orang membeli produk tersebut. Hal ini sangat merugikan bagi seller di Tokopedia.
Baca Juga:   Cara Mengganti No HP di Tokopedia Agar Tokocash Tidak Hangus

Cara Menghapus Akun Tokopedia

Cara Menghapus Akun Tokopedia - Cara Menghapus Akun Tokopedia
Cara Menghapus Akun Tokopedia

Menghapus akun Tokopedia bekerjsama bisa dikerjakan dengan beberapa perangkat, yakni :

  • PC/Laptop
  • Browser HP
  • Aplikasi Tokopedia

Cara Menghapus Akun Tokopedia Menggunakan PC/Laptop

Bagi kamu yang menjalankan Tokopedia dari PC atau Laptop milikmu, atau kamu sedang tidak bisa mengakses HP milikmu, kamu mampu menghapus akun Tokopedia dengan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, silakan login ke akun Tokopedia kamu melalui https://www.tokopedia.com
  • Selanjutnya cari ikon rumah dan pilih pengaturan toko.
  • Masuk ke info toko kemudian pilih status toko.
  • Pada bagian atur agenda toko silakan di ceklist checkbox “tutup toko kini”.
  • Isi juga argumentasi mengapa kau ingin menutup toko kemudian klik atur.

Dengan melakukan langkah tersebut kamu telah keluar dari Tokopedia.

Cara Menghapus Akun Tokopedia Menggunakan Browser HP

Menghapus akun tokopedia memakai PC/Laptop dilaksanakan pada browser. Karena HP ketika ini mempunyai fitur yang sama, maka tidak tidak mungkin bagi kita untuk meniadakan akun Tokopedia memakai browser di dalam HP. Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut :

  • Pertama silakan buka dulu website Tokopedia di https://m.tokopedia.com kemudian login menggunakan akun yang kamu miliki.
  • Berikutnya, silakan pilih ikon garis tiga.
  • Masuk ke pengaturan toko.
  • Silakan atur jadwal toko untuk ditutup, ceklist, dan jangan lupa isi alasan mengapa kau ingin menutup toko tersebut.

Menggunakan cara ini kamu tidak perlu lagi menggunakan PC/Laptop untuk menghapus akun Tokopedia milikmu.

Cara Menghapus Akun Tokopedia Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Menghapus akun Tokopedia memakai aplikasi tentu mungkin dijalankan. Mengingat aplikasi juga merupakan interpretasi dari laman di web. Adapun cara untuk meniadakan akun Tokopedia menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut :

  • Login apalagi dahulu ke akun Tokopedia lewat aplikasi
  • Pilih tab akun yang ada di bagian bawah
  • Lalu klik ikon pengaturan di bab pojok kanan atas.
  • untuk meniadakan atau menutup toko silahkan pilih sajian toko
  • Lalu kalian pilih hidangan informasi.
  • Pilih status toko lalu klik toko ditutup.
  • Terakhir klik simpan untuk menyelesaikan.

Menghapus Akun Tokopedia Permanen

Jika diamati, ketiga langkah di atas bergotong-royong cuma bermaksud untuk menutup toko di situs Tokopedia. Yang menjadi persoalan yaitu apakah mampu untuk meniadakan akun Tokopedia secara permanen? Tidak ada isu resmi dari pihak Tokopedia terkait abolisi akun secara permanen. Seperti halnya e-commerce Shoppe, untuk menghapus akun Tokopedia kamu harus menelepon CS Tokopedia. Tapi tak perlu khawatir, karena postingan kali ini akan memberikanmu cara menghapus akun Tokopedia lewat CS.

Baca Juga:   Cara Memasukkan Tanda Tangan Digital Di Dokumen Word

  • Melalui browser mu, buka situs ini.
  • Temukan dan tekan tombol Tulis Kendala
  • Tuliskan detail berupa alasan mengapa kamu ingin menutup akun tokopedia. Pastikan untuk mengisinya dengan terperinci.
  • Siapkan foto KTP milikmu untuk dijadikan lampiran dalam pengajuan peniadaan akun Tokopedia milikmu.

Setelah melengkapi persyaratan, pihak Tokopedia akan meninjau pelaporanmu, dan akan melakukan proses abolisi. Proses peniadaan akun secara permanen ini mampu ditolak oleh beberapa hal, ialah :

  • Masih mempunyai transaksi. Seperti halnya meniadakan akun e-commerce lain, kau pasti mesti mengosongkan transaksi milikmu terlebih dahulu sebelum menetapkan untuk meniadakan akun secara permanen. Akun yang dihapus sedangkan masih memiliki transaksi, maka prosesnya akan dibatalkan dan akun tidak jadi dihapus.
  • Salah memasukkan data penunjang. Karena bersifat pengajuan, maka proses abolisi pun memerlukan beberapa data penunjang sebagai syarat untuk menghapus akun Tokopedia. Syarat tersebut ialah alasan dan foto KTP. Pastikan selalu melengkapi keduanya dengan benar sehingga proses pembatalan akun Tokopedia milikmu berjalan tanpa hambatan.

Demikian adalah artikel perihal cara menghapus akun Tokopedia dengan segera dan mudah. Selalu berhati hati dalam berteknologi, sekian, agar berguna.