May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menghubungkan Hp Ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop - Cara Menghubungkan Hp Ke Laptop

Apakah kau ingin menghubungkan HP ke laptop atau PC milikmu? Bagaimana cara menghubungkan HP ke laptop? Artikel kali ini akan membantumu menghubungkan HP ke laptop dengan terperinci dan mudah.

HP dan Laptop

Perkembangan zaman sudah menenteng banyak penemuan yang memiliki kegunaan bagi kehidupan umat insan. Mulai dari alat transportasi, kemajuan industri sampai teknologi info dan komunikasi. Berbagai inovasi tersebut tak lepas dari keperluan manusia yang semakin bertambah. Begitu pula dengan kehadiran dua gadget paling disukai ketika ini, Hp dan Laptop yang di zaman kini bisa saling terhubung.

Memiliki dua fungsi yang berbeda, teknologi HP hadir lebih dahulu dibandingkan dengan Laptop. HP yaitu sebuah alat bantu komunikasi yang merupakan hasil penemuan dari produk lamanya, yakni telepon. Dahulu, telepon benar benar hanya berfungsi sebagai alat komunikasi bunyi. Tidak ada fungsi lain. Tidak ada perpesanan, tidak bisa dibawa kemana mana, hanya berupa alat komunikasi yang mesti senantiasa terhubung dengan aliran listrik. Seiring pertumbuhan dan inovasinya, ditemukanlah HP, sebuah perangkat telepon yang bisa dibawa kemana saja dan memiliki fungsi yang kompleks.

Berawal dari fungsi untuk mengirim pesan teks, fitur yang terdapat di dalam HP menjadi semakin kompleks. Seperti fitur bermain game, memutar musik, sampai mengelola file multimedia mirip gambar dan video. Semuanya mampu dilaksanakan memanfaatkan teknologi yang terbaru. Kemampuan HP untuk mengurus file multimedia inilah yang menciptakan HP memiliki potensi untuk dihubungkan dengan Laptop, yang memiliki kemampuan lebih besar untuk mengurus file.

Berbeda dengan HP yang merupakan teknologi komunikasi, Laptop lebih berfungsi sebagai alat pengolahan data dan kalkulasi. Merupakan hasil penemuan dari teknologi sebelumnya yakni Komputer, Laptop memiliki kelebihan sama seperti HP. Kelebihan laptop dibanding komputer yaitu laptop lebih fleksibel untuk dibawa keluar daripada komputer yang memiliki unsur lebih besar dan mesti tersambung listrik. 

Baca Juga:   Cara Cepat Mencari Nama Di Pdf Tanpa Aplikasi Android

Sama sama fleksibel untuk dibawa keluar, inilah yang membuat laptop dan HP sungguh memiliki potensi untuk saling terhubung. Dengan menghubungkan HP ke laptop, kamu mampu melaksanakan banyak fungsi multitasking dengan lebih efektif.

Manfaat Menghubungkan HP ke Laptop

Seperti telah diterangkan sebelumnya, menghubungkan HP ke laptop mempunyai banyak laba. Salah satunya yakni kau mampu mengolah data multimedia dengan baik. Selain itu, berikut yaitu banyak sekali faedah menghubungkan HP ke laptop.

  • Menyimpan file berukuran besar. Memiliki kapasitas memori yang relatif lebih besar dari HP, menciptakan Laptop sering dijadikan tempat menyimpan file dengan ukuran yang lumayan besar. Bayangkan saja misalkan kamu mempunyai file dengan ukuran 10 GB, pasti akan sangat terasa berat di penyimpanan HP milikmu. Sebesar apapun memori penyimpananmu, akan lebih baik jikalau file kau pindahkan ke laptop dengan cara menghubungkan HP ke laptopmu.
  • Mengamankan file penting. File yaag akan kamu pindahkan ke laptop tidak melulu harus yang berskala besar, file-file yang berukuran kecil juga perlu kamu kerjakan backup di laptop bila file tersebut dirasa ialah suatu file yang penting. Hal ini dikarenakan laptop bersifat lebih pribadi dibandingkan HP yang mobilitasnya lebih fleksibel. Kamu tentu tidak mau foto foto dan dokumen penting milikmu dilihat oleh orang lain.
  • Mengolah file berekstensi khusus. Meskipun ketika ini telah banyak dikembangkan aplikasi mobile yang memungkinkan kamu untuk melaksanakan banyak pekerjaan digital, namun sensasi mengolah file menggunakan laptop tidak bisa tergantikan. File-file mirip dokumen word, akan lebih tenteram kalau dimasak lewat laptop yang memiliki layar lebih besar daripada HP. Begitu pula dengan file desain vektor dan bitmap, yang memerlukan perangkat dengan tenaga yang kuat.
  • Mengisi daya. Jika kau berada dalam suasana low battery dimana tidak ada jalan masuk listrik, kau bisa menjajal menghubungkan HP mu ke laptop. Dengan menghubungkan HP ke laptop, daya baterai HP mua akan terisi walaupun tidak seefektif jikalau kau memakai charger HP milikmu.
Baca Juga:   Bagaimana Cara Daftar Distributor Bukalapak

Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Cara Menghubungkan HP ke Laptop - Cara Menghubungkan Hp Ke Laptop
Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Setelah mengenali beberapa manfaat menghubungkan HP ke laptop, apakah kamu sudah kesengsem untuk memulai menghubungkan HP mu ke laptop? Jika iya, kau bisa menyimak klarifikasi di bawah ini untuk menghubungkan HP milikmu ke laptop. Sebelum mengawali membicarakan perihal langkah-langkah menghubungkan HP ke laptop, ada beberapa hal yang mesti kau siapkan sebelumnya. Antara lain :

  • HP. Sudah pasti kau mesti merencanakan HP mu. Pastikan HP mu mempunyai daya baterai yang cukup. Meskipun dengan menghubungkan HP ke laptop akan mengisi daya, namun kau perlu mempunyai daya yang cukup sekurang-kurangnya20% supaya proses menghubungkan HP ke laptop mampu berjalan tanpa hambatan. Pastikan juga port charge di HP mu tidak mengalami gangguan dan bisa terpasang kabel dengan baik.
  • Kabel data. Kabel data dengan sambungan USB juga perlu kau persiapkan. Pastikan kabel data tidak mengalami kerusakan fisik seperti sobek atau terputus yang berisiko menghancurkan fungsi kabel untuk transfer data. Pastikan juga kamu menentukan kabel yang sesuai dengan port di HP mu, apakah itu USB type C atau Micro USB.
  • Laptop. Setelah menyiapkan HP dan kabel, kau juga perlu menyiapkan laptopmu. Pastikan laptopmu bisa berfungsi dengan normal dan memiliki port USB yang wajar pula. Jika laptop milikmu tidak memiliki port USB yang wajar , kamu perlu melaksanakan perbaikan terlebih dahulu. 

Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel

Setelah semua persiapan tamat, sekarang saatnya untuk membicarakan bagaimana tindakan menghubungkan HP ke laptop yang benar. Sebenarnya, menghubungkan HP ke Laptop sangatlah gampang dan sederhana. Kamu cuma perlu mengikuti langkah-langkah selaku berikut :

  • Masukkan kabel data ke port HP mu dan sambungkan ke port USB di laptop.
  • Perhatikan pada layar HP milikmu, akan timbul notifikasi yang memberimu beberapa pilihan, antara lain :
    • Transfer File. Pilihan ini akan membuatmu mampu melakukan transfer file antara HP dan Laptop.
    • Camera. Pilihan ini akan membuatmu bisa menggunakan HP selaku kamera untuk laptop milikmu.
    • Charging Only. Jika kau mengaktifkan opsi ini, kau cuma akan mengisi daya HP tanpa melaksanakan apa-apa

  • Pilih salah satu opsi yang kamu kehendaki. 
  • Sekarang HP milikmu sudah tersambung dengan laptop
Baca Juga:   Cara Cek Amkkm Bri

Cara Menghubungkan HP ke Laptop Sebagai Modem

Selain berfungsi sebagai alat transfer file, menghubungkan HP ke laptop juga bisa digunakan untuk menunjukkan sinyal internet terhadap laptopmu. Kebanyakan HP di zaman kini sudah dilengkapi dengan fitur mengembangkan koneksi internet seperti itu. Terdapat 2 cara menghubungkan HP ke laptop selaku modem. Kedua cara tersebut yakni :

  • Menghubungkan dengan kabel data. Ikuti proses menghubungkan HP ke laptop dengan kabel di atas. Kemudian, buka Setting > Network & Internet > Hotspot & Tethering > USB Tethering
  • Menghubungkan tanpa kabel data. Ikuti langkah di atas tanpa menghubungkan HP dengan laptop dengan kabel. Setelah membuka menu Hotspot & Tethering, klik Wifi Hotspot. Klik On.

Demikian ialah postingan tentang cara menghubungkan HP ke Laptop. Selain dihubungkan ke Laptop, HP juga mampu dihubungkan ke TV. Lihat caranya disini. Semoga berguna.