May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menghubungkan Hp Ke Televisi

82 cara menghubungkan hp ke tv - Cara Menghubungkan Hp Ke Televisi

Apakah kau ingin menghubungkan HP ke Televisi milikmu? Bagaimana cara menghubungkan HP ke Televisi? Artikel kali ini akan membantumu menghubungkan HP ke Televisi dengan gampang.

HP dan Televisi

Perkembangan zaman telah menjinjing banyak penemuan yang berkhasiat bagi kehidupan umat manusia. Mulai dari alat transportasi, perkembangan industri hingga teknologi gosip dan komunikasi. Berbagai penemuan tersebut tak lepas dari kebutuhan insan yang makin bertambah. Begitu pula dengan kedatangan dua gadget paling disenangi dikala ini, Hp dan Televisi yang di zaman kini mampu saling terhubung.

Memiliki dua fungsi yang berlainan, teknologi HP tercipta setelah hadirnya Televisi. HP yakni sebuah alat bantu komunikasi yang ialah hasil inovasi dari produk lamanya, ialah telepon. Dahulu, telepon benar benar cuma berfungsi selaku alat komunikasi suara. Tidak ada fungsi lain. Tidak ada perpesanan, tidak bisa dibawa kemana mana, cuma berupa alat komunikasi yang mesti selalu terhubung dengan aliran listrik. Seiring pertumbuhan dan inovasinya, ditemukanlah HP, suatu perangkat telepon yang mampu dibawa kemana saja dan memiliki fungsi yang kompleks.

Berawal dari fungsi untuk mengirim pesan teks, fitur yang terdapat di dalam HP menjadi kian kompleks. Seperti fitur bermain game, memutar musik, hingga mengorganisir file multimedia seperti gambar dan video. Semuanya mampu dilakukan memanfaatkan teknologi yang modern. Kemampuan HP untuk mengurus file multimedia inilah yang membuat HP berpotensi untuk dihubungkan dengan Televisi, yang mempunyai layar lebih besar untuk memperlihatkan file.

Berbeda dari HP, Televisi hadir lebih permulaan selaku sebuah alat isu dan hiburan. Awalnya, Televisi memiliki fungsi untuk menerjemahkan sinyal analog ke dalam bentuk visual dan audio. Sehingga, dahulu Televisi cuma dicicipi untuk menyaksikan acara-acara yang disuguhkan oleh pihak stasiun Televisi. Meskipun bantu-membantu acara yang disuguhkan telah cukup memberi hiburan, namun tak jarang pula beberapa orang ingin mencari hiburan lain dari Televisi. Hal ini yang memicu beberapa orang mencari cara menghubungkan HP ke Televisi.

Baca Juga:   Cara Memotong Video Di Android

Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan HP ke TV - Cara Menghubungkan Hp Ke Televisi
Cara Menghubungkan HP ke Televisi

 

Setelah mengerti beberapa fitur yang dimiliki oleh HP dan Televisi, sekarang saatnya untuk mengerti bagaimana cara menghubungkan HP ke Televisi. Cara menghubungkan HP ke Televisi bisa kamu lakukan lewat beberapa cara berbeda berikut ini:

  • Menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel. Cara yang satu ini merupakan cara paling dasar untuk menghubungkan HP ke Televisi. Dengan memakai kabel, kamu mampu menghubungkan HP ke Televisi dengan gampang.
  • Menghubungkan HP ke Televisi memakai layanan Chromecast. Chromecast ialah sebuah perangkat yang mampu kau gunakan untuk mengubungkan HP ke Televisi dengan gampang.
  • Menghubungkan HP ke Televisi memakai Miracast. Miracast ialah sebuah fitur bawaan dalam ponsel pintar yang memungkinkan kau untuk melaksanakan cara menyambungkan HP ke layar Televisi hanya dengan koneksi WiFi.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Kabel

Beberapa perangkat Televisi dikala ini sudah mempunyai slot HDMI dan VGA. Slot HDMI dan VGA ini berkhasiat untuk menghubungkan Televisi dengan aneka macam perangkat teknologi yang lain, salah satunya ialah HP. Menghubungkan HP ke Televisi mampu memberimu beberapa manfaat. Salah satu faedah yang mampu eksklusif kamu rasakan yakni tampilan yang lebih besar sehingga lebih nyaman untuk melakukan presentasi.

Sebelum mempersiapkan kabel yang akan kau gunakan, alangkah baiknya kau mengecek slot USB apa yang ada pada HP milikmu. Beberapa HP keluaran usang masih memakai slot Micro USB sedangkan beberapa HP keluaran saat ini menggunakan slot USB type-C sebagai slot koneksinya. Selanjutnya, kabel yang mesti kamu siapkan adalah :

  • Kabel HDMI-USB. Dengan memakai kabel HDMI-USB kamu mampu menghubungkn HP ke Televisi hanya dengan 1 kabel saja. 
  • Kabel HDMI-HDMI. Tak usah cemas jika kamu tidak mampu mendapatkan kabel HDMI-USB. Kamu mampu mempergunakan kabel HDMI-HDMI yang lebih gampang untuk kamu dapatkan. Jika kau memakai kabel HDMI-HDMI, kamu membutuhkan perangkat bernama converter USB-HDMI yang juga tidak susah untuk kamu peroleh.

Adapun cara menghubungkan HP ke Televisi memakai kabel yakni selaku berikut :

Baca Juga:   Cara Memakai Dm Instagram Di Browser Pc/Laptop

  • Matikan Televisi yang hendak disambungkan ke HP.

  • Hubungkan smartphone Android ke Televisi menggunakan kabel HDMI.

  • Nyalakan kembali Televisi. Lanjutkan dengan memindahkan terusan ke opsi HDMI.

  • Aktifkan menu HDMI Connection yang ada di smartphone dengan memberi checklist pada opsi tersebut.

Dengan mengikuti langkah di atas, kau telah berhasil menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Chromecast

Berbeda dengan menghubungkan HP ke Televisi menggunakan kabel, untuk menghubungkan HP ke Televisi memakai Chromecast kau tidak perlu memakai kabel. Dengan begitu, kamu mampu memakai HP lebih leluasa dikala terhubung dengan Televisi. Perangkat Chromecast merupakan produk keluaran Google yang berupa suatu Dongle HDMI. Chromecast memiliki 3 fitur yang berfungsi untuk menyambungkan layar HP kau ke Televisi, yakni App CastingTab Casting, dan Screen Casting. Fitur tersebut yang mampu kau manfaatkan untuk menghubungkan HPmu ke Televisi.

Cara menghubungkan HP ke Televisi memakai Chromecast yakni selaku berikut:

  • Install aplikasi Google Home di ponsel pintar Android kau.

  • Aktifkan WiFi di ponsel pintar kamu.

  • Pindahkan saluran Televisi ke HDMI menggunakan remote Televisi yang kamu miliki.

  • Lakukan proses sinkronisasi dengan memasukkan instruksi yang timbul di layar Televisi.

Dengan menggunakan cara tersebut, kau mampu menghubungkan HP ke Televisi tanpa harus menggunakan kabel.

Menghubungkan HP ke Televisi Menggunakan Miracast

Seperti sudah dijelaskan di atas, Miracast merupakan suatu fitur bawaan dalam ponsel pintar yang memungkinkan kamu untuk melakukan cara menyambungkan HP ke layar Televisi hanya dengan koneksi WiFi. Perangkat Android 4.2 ke atas dikenali sudah mendukung teknologi Miracast. Namun namanya berbeda-beda tergantung produsen. Beberapa nama lain Miracast contohnya Play To/ Wireless Display/ Wireless Mirroring /Cast Screen/Screen Casting. Kamu bisa mencarinya di hidangan settings, di bab wireless & network, atau di bagian display.

Untuk menghubungkan HP ke Televisi memakai Miracast, kau perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  • Pastikan HP telah mendukung fitur Miracast atau Wireless Display.

  • Aktifkan pengaturan Miracast / Screen Mirroring pada Televisi.

  • Buka aplikasi Settings pada HP. Klik pada Connection & Sharing, pilih opsi Cast.

  • Aktifkan Cast, tunggu sampai Televisi kau mendeteksi HP atau sebaliknya.

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kamu mampu menghubungkan HP ke Televisi menggunakan Miracast tanpa mesti menggunakan kabel ataupun berbelanja Chromecast. 

Baca Juga:   Cara Perpanjang Era Aktif Kartu Axis

Untung Rugi Menghubungkan HP ke Televisi

Menghubungkan HP ke Televisi memberimu banyak keuntungan, seperti tampilan yang lebih besar. Tampilan yang besar mampu kamu manfaatkan untk menampilkan video, file multimedia, hingga untuk menyampaikan presentasi. Tampilan yang besar juga memungkinkanmu untuk bermain game dengan pengalaman yang lebih.

Namun, menghubungkan HP ke Televisi juga menunjukkan dampak negatif. Dengan terhubungnya HP ke Televisi, privasi di dalam HP milikmu menjadi terlihat. Kamu tidak bisa lagi leluasa dalam memakai HP alasannya adalah mampu tampakoleh orang banyak.

Demikian adalah artikel perihal cara menghubungkan HP ke Televisi. Semoga berguna.

 

close