May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Meniadakan Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook - Cara Meniadakan Akun Facebook

Apakah kau lelah dengan segala ketidaknyamanan di dalam Facebook? Apakah kamu tahu bagaimana cara meniadakan akun Facebook? Artikel kali ini akan membahas tuntas bagaimana meniadakan akun Facebook dengan cepat dan mudah.

Apa itu Facebook?

Pertanyaan di atas pasti terdengar sungguh klise. Siapakah di wajah bumi ini yang tidak tahu apa itu Facebook? Sosial media yang lahir dari inspirasi asing seorang Mark Zuckerberg ini telah merajalela. Berawal cuma menjadi sosial media dalam lingkup kampus, kini Facebook menjadi sosial media yang dimiliki hampir siapa pun. Tua, muda, anak kecil pun bahkan telah tahu cara menciptakan akun Facebook. Meskipun tak semua dari mereka, tahu cara meniadakan akun Facebook miliknya.

Tak ada yang menduga sebelumnya, bahwa sosial media yang satu ini mampu sebesar kini. Dahulu, Facebook hanyalah sebuah situs biasa. Dengan fitur menyebarkan cerita dan perpesanan, Facebook makin disukai penduduk yang abad itu belum terlalu familiar dengan fitur Chatting. Kemudahan akses dan konsumsi data yang ringan menciptakan layanan ini diminati di banyak sekali kelompok. Ditambah lagi, waktu itu tak banyak kompetitor sosial media lain yang mampu membuat pengguna facebook berpindah hati dan meniadakan akun Facebook miliknya.

Seiring dengan perkembangan zaman, Facebook mulai meluncurkan berbagai inovasi dan fitur-fitur baru demi memanjakan penggunanya. Mulai adanya fitur game online, grup dan fanpage membuat Facebook menjadi sosial media paling disukai era itu. Beramai-ramai orang orang mulai menciptakan akun Facebook, dan menggunakan sosial media ini seolah olah ialah taman bermain gres mereka. Namun, kepopuleran Facebook justru menjadi senjata yang memiliki potensi membuat penggunanya mulai bermaksud meniadakan akun Facebook mereka.

Penyebab Seseorang Menghapus Akun Facebook

Masalah yang muncul di dalam situs Facebook, lebih banyak disebabkan oleh kelakuan para penggunanya. Merasa mendapat kemudahan dan keleluasaan, menciptakan sebagian orang memakai hak tersebut untuk hal buruk. Penipuan, pencurian data, tindak kejahatan cyber hanyalah salah satu dari sekian dilema yang ditimbulkan alasannya kelalaian para pengguna Facebook. Hal ini tentu menciptakan beberapa orang tidak nyaman dan berencana mencari cara meniadakan akun Facebook miliknya.

Baca Juga:   40+ Hp Xiaomi Yang Mendapatkan Update Miui 11 Pertama Kali

Beberapa penyebab seseorang menghapus akun Facebooknya yaitu :

  • Isu jual beli data. Isu jual beli data dalam situs Facebook bahwasanya telah berlangsung sejak lama. Bagaimana tidak, situs sosial media ini memang terkesan membuka lebar-lebar data pribadi penggunanya. Kamu mampu memilih untuk tidak memberikan identitas pribadimu, hanya bila kau menutup profilmu. Apabila tidak, maka orang lain akan dengan mudah mengenali identitasmu.
  • Banyaknya masalah penipuan. Merasa memiiki hampir seluruh dunia di dalam genggamannya, beberapa orang mempergunakan jaringan luas ini untuk melakukan agresi penipuan.Ditambah dengan fitur marketplace yang ditambahkan oleh Facebook baru gres ini, banyak orang mempergunakan peluang melakukan penipuan berkedok perdagangan. Hal ini menjadikan banyak orang menetapkan untuk meniadakan akun Facebook mereka.
  • Akun Facebook diretas. Tindak kejahatan manipulasi data tak cuma dalam tindak perdagangan saja, namun telah merambah hingga tindak peretasan. Tak jarang akun yang diretas dimanfaatkan pula untuk laba langsung si pelaku. Tak cuma mengambil data identitas, foto dan video eksklusif milik korban, tak jarang pelaku memakai akun Facebook korban selaku tameng ketika melakukan tindak kejahatan.
  • Hadirnya para kompetitor. Meskipun terdengar begitu berat untuk mengalahkan nama besar Facebook, namun hal ini tetap mungkin. Apalagi, melihat masalah yang terus muncul di dalam situs ini, bukan tak mungkin akan ada sosial media lain yang mampu membius para pengguna Facebook untuk meniadakan akun mereka dan berpindah hati.

Cara Menghapus Akun Facebook

Cara Menghapus Akun Facebook - Cara Meniadakan Akun Facebook
Cara Menghapus Akun Facebook

Sebenarnya, cara meniadakan akun Facebook sangatlah mudah. Kamu tak perlu gelisah akan kehilangan akun Facebookmu untuk selamanya. Daripada menghapus akun Facebookmu secara permanen, kamu dapat meniadakan akun Facebookmu untuk sementara. Hal ini tentu berguna bagi kau yang sedang ingin beristirahat sejenak dari hingar bingar dunia Facebook dan ingin menggunakannya kembali di sebuah ketika nanti.

Adapun cara menghapus akun Facebook ialah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam akun Facebook milikmu.
  • Pada pojok kanan atas, klik tanda panah, lalu klik Pengaturan & Privasi > Pengaturan.
  • Di sebelah kiri, pilih Informasi Akun Anda.
  • Pilih Deaktivasi dan Penghapusan.
  • Klik Nonaktifkan Akun, kemudian lanjutkan ke Penonaktifan Akun.
  • Ikuti isyarat untuk menonaktifkan akunmu.
Baca Juga:   Cara Meniadakan Akun Whatsapp

Praktis sekali bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu mampu menghapus akun Facebook milikmu untuk sementara. Tak perlu galau lagi dengan aneka macam problem di dalam situs alasannya dengan ini data pribadimu akan tetap kondusif dari bahaya kejahatan cyber di sosial media yang satu ini. Yang menjadi masalah kini yakni, apa yang akan terjadi sehabis kamu meniadakan akun Facebook milikmu?

Akibat Penghapusan Akun Facebook

Karena dunia berlangsung dalam prinsip karena balasan, tentu dalam setiap perbuatan, teriring konsekuensi yang hendak diterima pelakunya. Semua tindakan, tergolong ketika kamu menghapus akun Facebook milikmu. Beberapa konsekuensi dan balasan yang akan terjadi setelah akunmu dihapus adalah :

  • Profil akan hilang. Setelah kau menghapus akun Facebookmu untuk sementara, maka profilmu akan hilang dari Facebook. Orang tak dapat lagi mencari namamu di kolom penelusuran, sebab profilmu telah tersembunyi seiring dengan akun yang kau hapus sementara. Beberapa orang mungkin akan menerka kamu memblokir mereka, jadi jangan lupa untuk menunjukkan pemberitahuan.
  • Postingan akan tetap ada, Pernah menawarkan ucapan selamat ulang tahun di dinding kronologi temanmu? Atau melakukan percakapan lewat fitur perpesanan di Facebook? Catatan tersebut masih mampu dilihat oleh temanmu, alasannya adalah meniadakan akunmu tidak akan menciptakan catatan tersebut menghilang. Seperti apa yang selalu orang orang gemborkan, ‘Jejak digital itu kejam”, untuk itu berhati hatilah senantiasa dalam bersosial media.
  • Akun masih bisa aktif kembali. Selama masa penonaktifan, tentu akunmu masih aman dan belum terlihat. Namun, kamu dapat mengaktifkan kembali akun Facebook milikmu, hanya dengan melaksanakan login di perangkat manapun. Setelah kamu masuk ke dalam akun Facebookmu, itu memiliki arti kau telah menghentikan hibernasimu dan hadir kembali di dunia Facebook.

Beberapa Kesalahan Saat Menghapus Akun Facebook

Sebagaimana seorang insan, yang tak luput dari kelalaian dan kesalahan, wajar jika seseorang melakukan kesalahan saat menghapus akun Facebook miliknya. Kesalahan yang mungkin terjadi yaitu :

  • Menggunakan akun Facebook untuk mengakses suatu layanan. Berhati-hati ketika kamu menemukan layanan dengan tombol “masuk dengan facebook”, alasannya itu bermakna akan mengaktifkan kembali akun Facebook yang sedang kau hapus sementara.
  • Menghapus akun Facebook secara permanen. Akun Facebook memang bisa dihapus untuk selamanya. Makara, bila kau cuma ingin meniadakan akunmu untuk sementara, berhati hatilah jangan sampai kau menekan tombol yang salah dan malah meniadakan akun Facebookmu untuk selamanya.
Baca Juga:   Cara Mengatasi Lupa Password Facebook dan Email Tidak Bisa Diakses

Demikian artikel mengenai cara meniadakan akun Facebook, supaya bermanfaat.

close