May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Meniadakan Akun Shopee

Cara Menghapus Akun Shopee - Cara Meniadakan Akun Shopee

Apakah kau sedang kebingungan bagaimana cara menghapus akun Shopee? Apakah boleh meniadakan akun Shopee milikmu? Tak perlu resah lagi, postingan kali ini akan membantumu meniadakan akun Shopee dengan sungguh mudah.

Apa Itu Shopee?

Shopee yakni salah satu situs belanja elektro paling disukai saat ini. Kemudahan dalam bertransaksi menciptakan situs ini menjadi salah satu yang paling disukai termasuk di Indonesia. Kawasan yang dijangkau oleh situs yang berpusat di Singapura ini pun meraih Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam dan Filipina.

Pertama kali diluncurkan di tahun 2015, situs yang berwarna dasar jingga ini sekarang sudah memiliki 93 juta pengguna aktif tiap bulannya. Catatan ini tentu menjadi buah dari usaha Shopee memperlihatkan pelayanan yang mempesona konsumen, khususnya di Indonesia. Situs belanja ini tak takut menawarkan potongan harga besar-besaran dan promo berbentukgratis biaya kirim hampir setiap bulannya. Tersedianya fitur live chat bersama pedagang pun menjadi nilai tambah situs ini di mata pelanggan. Belum lagi, Shopee menyediakan fitur bagi para pelanggan yang ingin menawarkan unek-unek yang direspon dengan segera.

Mengapa Seseorang Ingin Menghapus Akun Shopee?

Namun, layanan semenarik itu pun masih belum cukup untuk menahan semua penggunanya. Faktanya, masih banyak masalah yang belum tertuntaskan di Startup e-commerce yang satu ini. Seiring dengan bertambahnya pengguna, bertambah pula risiko terjadinya kejahatan yang dilaksanakan lewat situs Shopee. Hal semacam ini mampu menjadi penyebab seseorang ingin meniadakan akun Shopee miliknya. Adapun beberapa masalah yang mampu menjadikan orang menghapus akun Shopee antara lain:

  • Banyak spam seller di Shopee. Mudahnya melaksanakan transaksin jual beli di Shopee ternyata menjadi pedang bermata dua. Di segi lain, ada saja orang yang mempergunakan kesempatan ini untuk meraup untung sebesar-besarnya dengan perjuangan yang minimal. Salah satu yang mengusik adalah spam seller. Penjual yang bekerjsama yakni dropshipper membuat produknya tidak berkaitan dengan yang dipesan. Hal ini pasti sungguh tidak nyaman bagi konsumen dan membuat mereka ingin menghapus akun Shopee miliknya.
  • Banyaknya syarat dalam promo. Meskipun populer dengan kode promo nya, nyatanya Shopee tetaplah sebuah lembaga bisnis. Dalam setiap instruksi promonya, tak semua dapat digunakan tanpa syarat. Terkadang, ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi sehingga kode promo dapat dipakai. Apabila tidak teliti dalam menggunakan instruksi promo, bisa jadi justru kamu mengalami kerugian dalam bertransaksi dan bermaksud untuk meniadakan akun Shopee milikmu.
  • Banyaknya pedagang yang mendustai. Hal ini merupakan akibat buruk dari akomodasi bertransaksi di Shopee. Seperti masalah sebelumnya, fasilitas bertransaksi ini dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Tidak jujur dalam memasarkan barang, membuat konsumen mengalami kerugian dan bisa menurunkan iktikad konsumen. Hal ini pasti bisa menjadi penyebab seseorang meniadakan akun Shopee miliknya.
  • Aplikasi yang mulai berat. Akhir-simpulan ini, aplikasi Shopee semakin membawa beban berat kepada perangkat penggunanya. Hal ini tentu ialah pengaruh tak pribadi dari bertambahnya fitur di dalam aplikasi. Namun, bagi beberapa konsumen yang tak terlalu mementingkan fitur tersebut, hal ini justru menjadi faktor yang menciptakan mereka mencari cara menghapus akun Shopee miliknya.
Baca Juga:   Transfer File Dari Hp Ke Pc Via Wi-Fi Direct Cepat & Mudah

Syarat-Syarat Sebelum Menghapus Akun Shopee

Sebelum dapat meniadakan akun Shopee milikmu, ada beberapa syarat dan keadaan yang harus kau penuhi. Syarat dan keadaan ini pasti menjadi usulanpihak Shopee untuk menyetujui atau tidak pengajuan pembatalan akun Shopee milikmu. Hal ini dikarenakan menghapus akun Shopee tidak mampu dikerjakan sepihak oleh pengguna, namun mesti menerima persetujuan dari pihak Shopee. Adapun syarat dan ketentuan menghapus akun Shopee yaitu sebagai berikut :

  • Tidak boleh ada transaksi yang belum selesai. Apabila kau ingin menghapus akun Shopee milikmu, pastikan semua transaksi telah kau tuntaskan. Transaksi yang tidak final dapat membuatmu dipandang sebagai pihak yang tidak bertanggung jawab dan kemungkinan besar pengajuan peniadaan akunmu akan ditolak.
  • Tidak mampu memulihkan akun yang telah dihapus. Akun Shopee milikmu yang telah dihapus tidak akan bisa dipulihkan kembali. Itu mempunyai arti, data-data terkait dengan akun Shopee milikmu telah tidak bisa kau saluran lagi.
  • Koin Shopee akan hangus. Hal ini tentu wajar, mengenang koin Shopee ialah data yang terikat dengan akun. Ketika akun dihapus, secara otomatis koin Shopee akan hangus dan tidak mampu dipakai kembali.

Cara Menghapus Akun Shopee

Cara Menghapus Akun Shopee - Cara Meniadakan Akun Shopee
Cara Menghapus Akun Shopee

Sebenarnya, cara meniadakan akun Shopee sangatlah mudah. Kita cuma perlu menyiapkan koneksi internet, aplikasi Shopee yang terpasang di perangkat, dan mengikuti tindakan menghapus akun Shopee sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee, klik Saya > Pengaturan Akun > Ajukan Penghapusan Akun
  • Klik OK pada notifikasi yang muncul lalu klik lanjut
  • Masukkan kode verifikasi yang diantarkan melalui SMS, kemudian klik lanjut
  • Pilih Alasan Penghapusan Akun dan masukkan alamat email yang masih aktif, lalu klik centang untuk menyetujui Syarat & Ketentuan, lalu klik Kirimkan

Praktis bukan? Metode pengajuan untuk menghapus akun Shopee memang terbilang sangat gampang. Mengingat hal ini hanyalah pengajuan, yang belum tentu langsung diterima oleh pihak Shopee.

Alasan Pengajuan Penghapusan Akun Shopee Ditolak

  • Akun dibatasi. Bila terbukti pernah melakukan pelanggaran kepada Syarat & Ketentuan di Shopee akan berakibat pada pembatasan akun. Akun yang dibatasi memerlukan pemulihan akun sebelum karenanya mampu dilaksanakan pembatalan akun Shopee.
  • Nomor handphone dipakai oleh akun lain. Meskipun 1 nomor handphone cuma bisa didaftarkan pada 1 akun Shopee saja, namun dalam beberapa keadaan tidak menutup kemungkinan ada nomor handphone yang serupa dipakai oleh 2 akun berlawanan. Untuk menangani hal ini, kamu bisa menghubungi Customer Service dari Shopee.
  • Akun memiliki pesanan yang belum terselesaikan. Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, akun Shopee tidak dapat dihapus kalau masih ada pesanan yang belum diselesaikan. Hal ini meliputi pesanan yang masih dalam proses atau sedang dalam problem. Transaksi dianggap final kalau seluruh dana sudah dilepaskan.
  • Masih mempunyai saldo ShopeePay. Tak usah takut karena lupa mengosongkan saldo ShopeePay sebelum mengajukan pembatalan akun. Hal ini dikarenakan Shopee tidak akan menyetujui abolisi sebelum saldo ShopeePay terbilang Rp. 0,00. Untuk mengosongkan saldo ShopeePay, kamu dapat melaksanakan transfer ke ShopeePay lain atau melakukan penarikan ke rekening bank milikmu.
  • Telah melalui batas peniadaan akun. Batas abolisi akun untuk 1 nomor yaitu 2 kali. Lebih dari itu, kau tidak diijinkan untuk meniadakan akun Shopee milikmu.
  • Masih mempunyai tagihan SPayLater/SPinjam. Layanan SPayLater/SPinjam merupakan terobosan yang dibentuk Shopee untuk memudahkan penggunanya melaksanakan transaksi dengan metode kredit. Apabila kamu masih mempunyai tagihan SPayLater/SPinjam di akun Shopee milikmu, sudah dapat ditentukan Shopee akan menunggumu melunasi cicilan, sebelum karenanya kamu diijinkan untuk menghapus akun Shopee milikmu.
Baca Juga:   Cara Memperbarui Layanan Google Play

Demikian ialah postingan tentang cara menghapus akun Shopee milikmu dengan mudah cuma dalam 4 langkah. Perlu diperhitungkan standar dan ketentuan yang diberikan Shopee, sehingga tujuanmu untuk meniadakan akun Shopee mampu sukses. Sekian, terima kasih.

close