May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Meniadakan Akun Youtube

Cara Menghapus Akun Youtube - Cara Meniadakan Akun Youtube

Apakah kau bosan dengan Youtube? Apakah kamu mencari cara menghapus akun Youtube milikmu? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Youtube dengan cepat dan mudah.

Akun Youtube

Jika kita mengatakan ihwal akun Youtube, maka akan ada 2 makna berlainan. Istilah tersebut mampu diartikan sebagai akun yang dipakai untuk menonton Youtube, atau mampu juga selaku akun yang dipakai untuk mengunggah video di Youtube. Di artikel ini, akan dibahas cara untuk kedua makna tersebut.

Di kelompok Youtuber – para pembuat konten di Youtube, telah bukan hal baru lagi untuk meniadakan akun Youtube. Pada tahun 2019, seorang Youtuber dengan nama Channel VNGNC menetapkan untuk menutup Channel Youtube miliknya. Baru-gres ini, sedang ramai gosip wacana Youtuber Skinny Indonesian 24 yang menetapkan untuk menghentikan acara mereka sebagai Youtuber. Pasangan kakak beradik Jovial dan Andovi da Lopez ini bahkan menciptakan rangkaian video perpisahan selama 1 tahun sebelum jadinya resmi menutup Channel mereka.

Dari segi seorang Youtuber, meniadakan akun Youtube salah satunya ialah bentuk protes kepada keadaan yang sedang terjadi saat ini. Algoritma yang tak sesuai asumsi, menaikkan video berdasarkan rating suka dan komentar menciptakan Youtube tak seindah saat dulu lagi. Dengan algoritma yang mirip itu, para kreator yang memburu kepopuleran dan jumlah subscriber pun melakukan segala cara untuk memperoleh itu semua. Membuat konten yang sama, tanpa ada yang berani menonjolkan kreativitas. Hal ini berimbas pada para penonton yang mulai bosan dengan kondisi Youtube dikala ini.

Dari segi penonton, menghapus akun Youtube bantu-membantu bukanlah sebuah solusi. Karena penonton mampu menentukan dan menyeleksi jenis konten yang masuk ke dalam berandanya. Lagipula dari sisi penonton, tidak ada laba apa apa yang didapat dari meniadakan akun Youtube. Hanya saja, dengan meniadakan akun Youtube, seorang penonton Youtube dapat menemukan nasehat video yang bermacam macam alasannya mereka mengerjakan youtube secara anonim.

Baca Juga:   Xiaomi Mi 10: Harga, Spesifikasi Dan Review Resmi Di Indonesia

Cara Menghapus Akun Youtube

Cara Menghapus Akun Youtube - Cara Meniadakan Akun Youtube
Cara Menghapus Akun Youtube

Seperti yang diterangkan sebelumnya, di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana meniadakan akun Youtube dalam 2 versi. Yakni akun Youtube yang mempunyai Channel dan akun Youtube yang cuma berfungsi untuk menonton video di Youtube.

Cara Menghapus Akun Youtube bagi Youtuber

Bagi Youtuber, meniadakan akun Youtube mampu diartikan menghapus channel Youtube yang telah dibangun dari permulaan. Hal ini pasti membutuhkan pertimbangan yang matang, dikarenakan membangun channel Youtube bukanlah hal yang gampang. Adapun tindakan meniadakan akun Youtube beserta channel Youtube yaitu sebagai berikut :

  • Masuk akun Youtube milikmu lewat web browser di laptop/PC
  • Akses hidangan di sebelah kiri, klik Setelan
  • Di bagian Channel Anda, klik Lihat Setelan Lanjutan
  • Klik Hapus Channel.
  • Kamu akan diarahkan untuk ke laman gres, dan akan diberi dua pilihan. Pertama menyembunyikan channel, atau menghapus secara permanen. Tentukan pilihanmu untuk hapus permanen, atau sekadar menyembunyikan
  • Klik opsi Anda, dan konfirmasi sesudah hidangan dropdown dengan mengisi email yang terasosiasi dengan Youtube Anda
  • Klik Hapus Konten Saya.
  • Channel Anda akan secepatnya terhapus. Jika konten Anda banyak, penhapusan akan memerlukan waktu lebih usang.

Menghapus Akun Youtube memakai HP

Bila kau seorang Youtuber, meniadakan akun Youtube tidak bisa kamu lakukan memakai HP. Namun jikalau kamu ingin meniadakan konten yang ada di dalam Channel milikmu, kamu dapat melakukannya dengan HP. Caranya sungguh gampang dan praktis, adalah :

  • Buka aplikasi Youtube di HP kau.
  • Klik gambar Foto Profil di pojok kanan atas
  • Klik opsi Your Channel
  • Maka akan muncul halaman Channel milikmu
  • Pilih Manage Videos
  • Tekan dan tahan pada video yang ingin kau hapus, kemudian klik delete

Mudah sekali, bukan? Tapi bagaimana dengan kamu yang bukan Youtuber?

Menghapus Akun Youtube Bagi Penonton

Bagi penonton Youtube, meniadakan akun pasti bukanlah keputusan yang masuk akal. Bahkan jikalau kamu menghapus akun Youtube mu, kau masih mampu menikmati semua konten di Youtube secara anonim. Hanya saja ada beberapa hal yang tidak bisa kamu kerjakan jikalau kau memakai Youtube tanpa akun, ialah :

Baca Juga:   Cara Mudah Screenshot Hp Lenovo

  • Melakukan like dan subscribe. Jika kamu yaitu seorang fans garis keras yang sungguh mendukung keberlangsungan kreatormu di Youtube, tentu kau sangat menyayangkan hal ini. Kamu tentu menghendaki terus mendukung mereka dengan cara memberikan like dan subscribe. Namun, bila kau menghapus akun dan mengerjakan Youtube tanpa akun, kamu tidak bisa melakukan itu dan hanya bisa menonton video saja.
  • Memberikan komentar. Memberikan komentar merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi pengguna Youtube. Dengan berkomentar, para penonton mampu berinteraksi dengan penonton lain, atau bahkan berpeluang dikomentari balik oleh sang kreator. Hal ini tentu nyaris mirip seorang fans yang menerima peluang untuk berjumpa idolanya di layar beling. Namun bila kamu meniadakan akun Youtube mu, jangan harap bisa menunjukkan komentar dan berinteraksi dengan idolamu.
  • Meramaikan Live Chat. Pernah menonton seorang Youtuber melakukan live streaming? ya, fitur live streaming yang memungkinkan kau untuk melihat kegiatan sang kreator secara live tersebut sungguh diminati. Banyak youtuber yang mengisi aktivitas di Channelnya dengan melakukan live streaming. Sedangkan bagi pengguna, mengikuti live streaming menawarkan kau fitur Live Chat, dimana interaksi antar penonton dan kreator terjadi dikala itu juga, seperti sedang berkomunikasi via sosial media.

Cara Menghapus Akun Youtube bagi Penonton

Menghapus akun Youtube bagi kamu yang hanya penonton mampu kamu lakukan melalui 2 sistem, adalah menggunakan HP atau memakai browser. Keduanya sama sama penting alasannya adalah keduanya adalah tempat yang sering kau gunakan untuk menonton video kesayanganmu.

Menghapus Akun Youtube menggunakan Browser (Penonton)

Untuk menghapus akun Youtube dengan browser, ikuti tindakan berikut :

  • Buka halaman Youtube.
  • Pada bagian kanan atas, klik Foto Profil akunmu.
  • Klik logout.
  • Lakukan untuk semua akun.

Dengan begitu kamu mampu menghapus akun Youtube di browser milikmu.

Menghapus Akun Youtube menggunakan HP

Karena akun Youtube di HP terikat dengan akun Google, maka satu-satunya cara untuk meniadakan akun Youtube melalui HP ialah dengan meniadakan akun Google di HP kau. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

Baca Juga:   Cara Meniadakan Akun Whatsapp

  • Melalui ponselmu, buka menu Setelan.
  • Klik Akun, kemudian klik akun yang mau kau hapus.
  • Setelah itu, klik Hapus Akun.
  • Sebagai langkah-langkah pengamanan, mungkin kamu akan diminta memasukkan password perangkat Android milikmu.

Dengan begini, akun Youtube di HP mu akan terhapus. Namun ingat, jika kau menggunakan HP untuk menonton Youtube kamu tetap memerlukan akun lain untuk dimasukkan ke dalam aplikasi Youtube mu. Karena tanpa akun Google, jangankan menonton Youtube. Kamu akan kesusahan untuk mengakses fitur-fitur yang ada di HP milikmu. Untuk itu sebelum menetapkan untuk menghapus akun, tak ada salahnya untk mempertimbangkan urgensi tindakanmu tersebut.

Demikian artikel tentang cara meniadakan akun Youtube. Sekian, semoga bermanfaat.

close