May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menonaktifkan Bpjs Ketenagakerjaan

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan 200x112 - Cara Menonaktifkan Bpjs Ketenagakerjaan

Banyak orang yang mencari cara menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan, mengingat caranya memang tidak mengecewakan rumit. Kita tahu bahwa BPJS ketenagakerjaan ialah salah satu bentuk “jaminan” yang umumnya didapatkan karyawan atau pekerja sebuah perusahaan.

Peraturan terkait BPJS Ketenagakerjaan sendiri sudah dikontrol dalam Undang-Undang No.24 tahun 2011 mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pada Pasal 15. Undang-undang tersebut menerangkan bahwa perusahaan selaku pemberi kerja mesti mendaftarkan dirinya bareng karyawannya secara sedikit demi sedikit selaku penerima jaminan BPJS sesuai program layanan Jaminan Sosial.

Namun bila Kamu telah tak melakukan pekerjaan lagi di perusahaan tempatmu melakukan pekerjaan sebelumnya, maka BPJS Ketenagakerjaan tersebut harus dinonaktifkan. Kepesertaan atau keanggotaan BPJS ketenagakerjaan bisa dinonaktifkan dikala seorang karyawan telah resign atau mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Adapun alasan kenapa Kamu mesti menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan yakni untuk menyingkir dari pembayaran denda mengingat sudah tak lagi melaksanakan pembayaran BPJS. Perusahaan tak akan menanggung atau mengeluarkan uang lagi ongkos untuk BPJS ketika Kamu sudah keluar dari perusahaan.

Keuntungan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum kita membicarakan cara menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan, Kamu harus tahu apa saja sih keuntungan BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

1. Program JHT

Mungkin kita sudah tahu bahwa program jaminan hari tua diberikan saat tenaga kerja telah memasuki kurun pensiun sehingga mesti berhenti untuk bekerja. Tapi ketika ini, pencairan dana sudah tak lagi mampu diperoleh ketika kala pensiun, melainkan juga ketika tenaga kerja mengalami PHK. Ini umumnya diterapkan alasannya adalah bertahun-tahun ke belakang ada beberapa perusahaan yang mengalami duduk perkara. Inilah yang membuat perusahaan tersebut terpaksa mesti “merumahkan” karyawannya.

Baca Juga:   Cara Ngeprint Lewat Hp

2. Sebagai Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Biasanya acara BPJS Ketenagekerjaan dikhususkan bagi para tenaga kerja riskan tinggi. Melalui manfaat ini pasti diperlukan bisa menolong karyawan yang tak menutup kemungkinan mengalami kecelakaan kerja dikala sedan bekerja. Biasanya iuran program ini akan dibayarkan perusahaan dengan jumlah persentase tertentu.

3. Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan

Selain menunjukkan tunjangan untuk resiko tertentu, jaminan BPJS ketenagakerjaan dibuat untuk melengkapi produktivitas dari tenaga kerja. Adpaun acara Jaminan Pemeliharaan Kesehatan ini yakni program untuk karyawan semoga bisa menikmati berbagai macam layanan kesehatan di kemudahan kesehatan tertentu. Baik itu di klinik kesehatan, puskesmas maupun layanan kesehatan yang lain. Pihak karyawan yang telah terdaftar dalam BPJS ketenagakerjaan biasanya akan diberikan KPK (Kartu Pemeliharaan Kesehatan) selaku bukti bahwa akseptor menerima layanan kesehatan.

4. Program Jaminan Kematian

Selain memberikan pertolongan terhadap resiko ekonomi dan sosial yang terjadi bagi karyawan, BPJS ketenagakerjaan pun diberikan untuk bisa memperlihatkan sumbangan kepada pihak keluarga. Jika tenaga kerja atau karyawan meninggal, secara otomatis pihak ahli waris mendapatkan sejumlah dana pertolongan, entah itu berupa pinjaman uang atau uang pemakaman. Sehingga keluarga yang sudah ditinggalkan akan merasa terbantu.

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan 200x112 - Cara Menonaktifkan Bpjs Ketenagakerjaan
Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum Kamu menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan, Kamu harus melakukan pengecekan status lebih dahulu. Kamu dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi BPJSTKU, caranya dengan registrasi NIK serta mengecek Saldo JHT. Ketika Kamu menemukan tanda centang yang timbul dikala pengecekan, ini artinya Kamu masih aktif sebagai akseptor BPJS TK. Tapi bila sebaliknya, artinya BPJS Taman Kanak-kanak-mu telah tak lagi aktif.

Adapun cara yang umumnya dilaksanakan adalah dengan langsung mengunjungi kantor BPJS yang terdaftar. Sebenarnya prosedur cara menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan di kantor BPJS cukup sederhana. Kamu dapat mengunjungi petugas BPJS secara pribadi kemudian konfirmasikan keinginanmu untuk menonaktifkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi, Kamu mesti tahu berkas-berkas yang wajib disediakan terlebih dulu, berikut ini :

  • Surat informasi telah tak melakukan pekerjaan /resign.
  • Dokumen perhiasan, diantaranya berupa kartu BPJS kesehatan, KTP, KK dan dokumen embel-embel yang lain.
Baca Juga:   Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi DANA

Untuk mempersingkat dan membuat lebih mudah waktu, Kamu mesti menyiapkan beberapa dokumen langsung terkait BPJS Ketenagekerjaan agar mampu menonaktifkannya statusnya.

Tutorial Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Jika telah mengerti kriteria menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan, bantu-membantu ada 4 cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari dinonaktifkan oleh perusahaan langsung sampai mengurusnya sendiri. Berikut ulasannya :

1. Menonaktifkan BPJS Taman Kanak-kanak Oleh Perusahaan

Biasanya menonaktifkan kepesertaan BPJS TK dikerjakan langsung oleh perusahaan tempatmu bekerja. Tujuannya supaya perusahaan tak terbebani saat membayar iuran karyawan per bulan yang sudah resign secara resmi. Selain itu, status akan langsung nonaktif jikalau perusahaan melaksanakan pembayaran iuran terakhir serta melaksanakan pelaporan ke pihak BPJS TK.

Jika kepesertaan BPJS-mu ketika ini masih aktif, alangkah baiknya melaksanakan konfirmasi ulang ke pihak HRD Perusahaan.

Adapun caranya yakni sebagai berikut :

  • Melaporkan status BPJS Ketenagakerjaan lebih dulu ke pihak perusahaan.
  • Apabila sudah melaporkan ke pihak perusahaan, selanjutnya tim HRD perusahaan akan langsung memprosesnya.
  • Selanjutnya, Kamu wajib mengisi formulir penghentian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Silahkan tunggu hingga proses nonaktif berlangsung.
  • Selain itu, konfirmasi penonaktifan BPJS Taman Kanak-kanak di perusahaan tersebut.

2. Menonaktifkan BPJS Taman Kanak-kanak Sendiri

Kamu juga dapat menonaktifkan BPJS TK sendiri apabila perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya tak beroperasi kembali. Biasanya hal tersebut dikonfirmasi oleh pihak BPJS Taman Kanak-kanak langsung. Adapun caranya selaku berikut :

  • Pertama-tama silahkan datangi kantor unit/cabang BPJS Taman Kanak-kanak terdaftar.
  • Lalu sampaikan ke petugas BPJS di tempat.
  • Kemudian serahkan standar berupa kartu penerima, KK, KTP dan paklaring.
  • Silahkan tunggu petugas untuk menonaktifkan kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak.

3. Menonaktifkan Kepesertaan yang Bukan Penerima Upah

Jika Kamu bukan penerima yang bukan akseptor upah atau BPU lalu ingin menghentikan kepesertaan BPJS TK, maka Kamu mampu melakukan cara di bawah ini. Cara menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan untuk penerima BPU juga cukup mudah. Tinggal ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Silahkan mengunjungi kantor BPJS ketenagakerjaan yang terdekat.
  • Lampirkan KK, KTP, kartu BPJS Taman Kanak-kanak dan dokumen yang lain.
  • Setelah tiba di lokasi, silahkan mengambil nomor antrian.
  • Jika sudah diundang petugas BPJS TK, Kamu mampu memberikan tujuan dan maksud terkait penonaktifkan keanggotaan BPJS Taman Kanak-kanak.
  • Selanjutnya petugas akan langsung menolong proses penghentian kepesertaan BPJS-mu.
Baca Juga:   Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Mandiri Online Web

4. Beralih ke BPJS Mandiri

Apabila Kamu memutuskan berhenti dari suatu perusahaan, Kamu pun dapat beralih memakai acara layanan BPJS Mandiri. Adapun acara tersebut khusus bagi karyawan yang bekerja secara LHK (Luar Hubungan Kerja). Selain itu, Kamu juga akan tetap mempunyai iuran kepesertaan secara wajib tiap bulannya dengan pembayaran yang dikerjakan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri dan bukan dijalankan perusahaan. Sebab statusmu nantinya menjadi BPU (Bukan Penerima Upah).

Adapun cara beralih ke BPJS Mandiri, yakni selaku berikut :

  • Langkah pertama, silahkan persiapkan surat keterangan berhenti kerja.
  • Kemudian lengkapi tolok ukur dokumen, berbentukfotokopi KK, KTP, kartu BPJS Ketenagakerjaan, pas foto 2 lembar berukuran 3×4 dan Akta Kelahiran.
  • Silahkan kunjungi kantor BPJS Taman Kanak-kanak terdekat.
  • Lakukan pengisian formulir penonaktifan maupun peralihan kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Selanjutnya lunasi tunggakan BPJS bila ada, dan biasanya terjadi kalau Kamu tak lagi bekerja dan telah usang mengundurkan diri, tetapi tidak eksklusif mengurus penonaktifan BPJS.

Nah, itulah 4 cara menonaktifkan BPJS ketenagakerjaan untuk menghentikan kepesertaan BPJS. Dengan demikian, Kamu tidak lagi dibebankan iuran BPJS dikala telah tak bekerja kembali.