May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menonaktifkan Kartu 3

Cara Menonaktifkan Kartu 3 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu 3

Bagaimana cara menonaktifkan kartu 3 (Tri)? Tri adalah salah satu provider kartu seluler yang banyak dilirik masyarakat alasannya adalah ongkosnya yang cukup terjangkau. Selain tarif yang terjangkau, Tri juga memberikan banyak opsi paket internet yang bisa kita pilih sesuai keperluan. Provider Tri memang sudah terkenal alasannya harga paket datanya yang sangat terjangkau.

Bahkan di Indonesia sendiri, pengguna 3 (Tri) sudah meraih jutaan pengguna. Dan tentunya jumlah ini akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi digital yang memaksa siapa pun mesti mengakses layanan internet. Selain itu, Kamu juga mampu memperoleh kartu perdana Tri yang ada di seluruh counter di Indonesia. Selanjutnya, Kamu diwajibkan untuk melaksanakan pendaftaran kartu Tri sebelum menggunakannya.

Sebenarnya proses registrasi kartu 3 (Tri) sendiri sungguh gampang, semudah cara cek pulsa 3 yang sudah Kami diskusikan di artikel sebelumnya. Selain itu, untuk melakukan registrasi kartu 3, perlu mencantumkan NIK KTP dan Kartu Keluarga.

Setiap orang awalnya berhak memiliki beberapa kartu yang serupa atau berbeda, baik kartu Tri maupun yang yang lain. Akan namun, sejak hadirnya peraturan bahwa setiap 1 orang hanya diperbolehkan mempunyai optimal 3 nomor SIM CArd Prabayar pada tahun 2018, pengguna dibatasi. Namun kabar modern menyebutkan bahwa peraturan tersebut sudah dievaluasi.

Kini semua orang mempunyai hak untuk memiliki lebih dari tiga nomor SIM Card Prabayar dengan jumlah tak terbatas. Akan namun, kartu yang dipakai harus didaftarkan lebih dulu supaya dapat dipakai untuk keperluan telepon, SMS sampai mengakses internet.

Keunggulan Menggunakan Provider Tri

Sebenarnya ada beberapa keunggulan yang ditawarkan bila Kamu memakai provider tri, diantaranya :

Baca Juga:   Cara Kirim Duit Lewat Dana Bbm Android

1. Menawarkan Masa Aktif yang Sangat Panjang

Keunggulan pertama kartu tri yakni masa aktifnya sungguh panjang. Masa aktif kartu ialah hal yang mesti diamati pertama kali dikala memilih kartu SIM. Karena tak jarang kita mendapatkan kartu SIM yang era aktifnya tidak usang, jadi saat kurun aktifnya sudah habis tak mampu dipakai lagi. Tapi kalau kau memakai Tri, Kamu tak perlu lagi khawatir dengan abad berlaku kartu.

2. Menyediakan Kuota Super

Setiap orang yang gemar berselancar di internet tentu saja sungguh menyenangkan jika ada bonus atau kuota super dari provider kartu SIM yang mereka gunakan. Apalagi kalau kuota data yang disediakan biayanya relatif murah. Tri memang tak tanggung-tanggung memperlihatkan kuota data yang besar dengan harga relatif terjangkau.

3. Support 4G

Keunggulan yang lain ialah kartu Tri juga menawarkan jaringan yang sudah mendukung jaringan 4G. Tri yakni salah satu opsi kartu SIM yang telah siap serta mampu dipakai dengan stabil dalam jaringan 4G.

Alasan Kenapa Harus Registrasi SIM Card

Sebenarnya tujuan registrasi kartu SIM memakai NIK dan KK sendiri adalah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan atas tindak kejahatan menggunakan SIM Card. Diantaranya seperti hipnotis, spamming, hingga penipuan. Tapi rasanya hal ini memang tidak kuat, sebab faktanya masih ada saja masalah hipnotis dan penipuan lewat telepon. Hal ini artinya, registrasi nomor SIM Card masih belum bisa dikatakan berhasil 100% untuk menangani aksi kejahatan.

Walaupun demikian, penyajian tindak kejahatan melalui telepon perlahan telah menurun drastis kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Namun masalahnya, ketika kita tidak menggunakan salah satu nomor Tri di Hp, pastinya kita harus melakukan unreg atau menonaktifkan kartu Tri. Adapun maksudnya ialah untuk menghapus semua data pendaftaran, seperti nomor NIK dan KK. Ingin tahu, bagaimana sih cara menonaktifkan kartu 3? Simak saja ulasan di bawah ini!

Cara Menonaktifkan Kartu 3

Cara Menonaktifkan Kartu 3 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu 3
Menonaktifkan Kartu 3

Tutorial Menonaktifkan Kartu 3 (Tri)

Sebenarnya menonaktifkan atau unreg kartu sangat penting. Karena dikhawatirkan, kartu SIM tersebut mampu saja dipakai orang tak bertanggung jawab. Parahnya lagi, kartu SIM Kamu bisa dipakai untuk agresi kejahatan, mirip penipuan dan lainnya.

Baca Juga:   Cara Mengevaluasi Kuota 3

Berikut ulasan perihal cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) untuk menangkal hal-hal yang tak diinginkan saat kartu tidak dipakai, berikut ini :

1. Menonaktifkan Kartu Tri via SMS di 4444

Kamu mampu melakukan unreg kartu Tri melalui SMS di nomor 4444. Adapun cara ini lazimnya banyak dipakai orang untuk menonaktifkan kartu. Berikkut langkah-langkah tepatnya :

  • Silahkan terusan hidangan SMS dan masuk ke pesan gres.
  • Kemudian ketikkan SMS di Hp lewat format ketik : UNREG#NIK#
  • Contohnya yaitu : UNREG#089710101212#
  • Lalu kirimkan ke 4444.
  • Silahkan tunggu balasan SMS dari operator tri yang menginformasikan bahwa kartu tri Kamu telah berhasil dinonaktifkan atau dibatalkan.

2. Menonaktifkan Kartu Tri via Online Melalui Website

Cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) lainnya adalah dengan memakai layanan situs web resmi dari kartu tri. Adapun langkah detailnya yaitu berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan kunjungi situs web resmi di https://registrasi.tri.co.id/unreg.
  • Setelah itu, inputkan nomor kartu 3 (Tri) yang akan diblokir.
  • Inputkan nomor NIK KTP Kamu.
  • Ketuk “kode diam-diam”, dimana instruksi belakang layar tersebut akan dikirimkan pribadi ke nomor kartu Tri Kamu berselang 5 menit.
  • Setelah itu, cek pesan SMS yang sudah dikirimkan ke nomor yang hendak diblokir.
  • Silahkan inputkan arahan belakang layar tersebut yang sudah diperoleh dari SMS provider Tri.
  • Centang pada kotak kecil untuk memberikan bahwa Kamu bukan robot.
  • Setelah itu ketuk tombol “Kirim”, lalu tunggu sampai Kamu menemukan konfirmasi bahwa proses nonaktif kartu Tri Kamu sudah sukses dilakukan.

3. Menonaktifkan Kartu Tri di Grapari Tri

Cara menonaktifkan kartu 3 (Tri) berikutnya selain via SMS dan online, Kamu juga bisa pribadi mengunjungi Grapari resmi dari Tri terdekat di kotamu. Jangan lupa bawah serta dokumen lengkap mirip kartu keluarga dan KTP, berikut nomor kartu Tri yang ingin Kamu nonaktifkan atau blokir.

Selanjutnya minta derma dari customer service di Grapari untuk menonaktifkan kartunya. Dari sini, Kamu juga bisa mendaftarkan kartu perdana 3 (tri) yang baru jika ingin mengganti kartu tri yang lama yang dibatalkan.

Baca Juga:   Cara Ajukan Pengembalian Di Shopee

4. Menonaktifkan Kartu Tri Melalui 3Care

Apabila Kamu tak memiliki banyak waktu bila mengunjungi 3Store atau Grapari Tri, maka Kamu mampu menghubungi layanan Call Center provider tri di 0896-44000-123. Biasanya layanan ini berbayar.

Kamu bisa meminta pinjaman pribadi ke pihak petugas terkait jikalau ingin menonaktifkan kartu provider Tri yang hilang terutama. Dengan begitu, petugas akan pribadi membantumu sampai proses pemblokiran atau penonaktifan kartu berhasil dikerjakan.

Di samping itu, Kamu juga dapat menelepon layanan 3Care melalui platform di bawah ini :

  • Melalui telepon di nomor 132 (dengan biaya Rp. 300 per panggilan untuk layanan prabayar) dan di nomor 0896-44000-123 (berbayar).
  • Layanan via email di 3Care@three.co.id.
  • Melalui layanan WhatsApp di nomor 08999-800-123.

Melalui banyaknya opsi call center, tentu saja pengguna provider 3 menjadi sungguh terbantu dan bisa memilih mana layanan yang tepat sesuai kebutuhan.

5. Menonaktifkan Kartu Tri yang Hangus

Sebenarnya bila kartu tri Kamu telah hangus, maka tak perlu lagi melaksanakan unreg kartu. Tapi bila Kamu merasa kurang yakin apakah mesti dinonaktifkan atau tidak, Kamu bisa pribadi mengajukan pertanyaan pada layanan 3Care melalui contact center yang telah disebutkan di atas.

Perlu Kamu ketahui, lazimnya kartu provider tri yang telah hangus secara otomatis akan terhapus pribadi pada database kominfonya. Makara Kamu tak perlu lagi melaksanakan pemblokiran kartu.

Sementara untuk menonaktifkan kartu Tri yang lupa NIK atau tanpa NIK, tidak akan mampu dikerjakan.

Oke, itulah cara menonaktifkan kartu 3 yang bisa Kamu coba agar Kamu mampu lebih leluasa untuk mendaftarkan kartu 3 yang baru. Semoga berguna!