May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Bagaimana cara menonaktifkan kartu Indosat? Dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk mendaftarkan kartu SIM, mau tak ingin pastinya membuat kita mesti mengikuti himbauan tersebut. Tujuan dari registrasi nomor kartu SIM dikerjakan guna melindungi data para pengguna sekaligus memonitor acara dari pengguna kartu. Pasalnya imbauan tersebut telah diterapkan semenjak usang. Selain itu, seluruh operator seluler harus mengikutinya.

Namun, masih karena argumentasi santunan info data langsung pengguna, Kamu cuma diperbolehkan mendaftarkan optimal 3 kartu saja. Ini tentu saja berlaku bagi seluruh operator seluler, tak terkecuali Indosat. Jika Kamu ingin memakai 3 kartu SIM, maka Kamu perlu menonaktifkan kartu Indosat yang lain terlebih dulu.

Menonaktifkan kartu Indosat sendiri dilaksanakan semoga Kamu mampu meregistrasikan dan menggunakan kartu Indosat yang lainnya. Oleh sebab itu, Kamu tak perlu cemas, jikalau sudah mendaftar tiga kartu lalu ingin menggunakan kartu lainnya alasannya adalah Kamu bisa melakukan unreg kartu.

Keuntungan Memakai Kartu Indosat

Sebelum membahas cara menonaktifkan kartu Indosat, Kamu harus tahu bahwa kartu Indosat memiliki banyak keunggulan. Berikut ulasannya :

1. Menawarkan Banyak Piluhan Paket

Kartu Indosat menunjukkan banyak opsi paket yang mampu diadaptasi keperluan para penggunanya. Sebenarnya fitur ini tidak cuma ada dalam kartu Indosat, melainkan juga beberapa provider yang lain. Namun, bisa dikatakan paket yang ditawarkan kartu Indosat lebih banyak dan lengkap.

Salah satunya, Indosat menawarkan paket Mentari Aura. Walaupun kartu yang Kamu pakai yaitu kartu IM3. Tapi dengan menggunakan kartu IM3 atau Mentari, pengguna mampu mengubah paketnya, entah dari Mentari ke IM3 atau sebaliknya dari IM3 ke kartu Mentari.

Baca Juga:   Cara Memperbesar Kurun Aktif Indosat

2. Menawarkan Jaringan Cukup Luas

Provider Indosat juga bisa dikatakan selaku jasa telekomunikasi yang ada di Indonesia dengan jaringan cukup luas hingga di seluruh nusantara. Apalagi berdasarkan pengalaman pengguna yang ada di daerah Pulau Jawa, sinyal Indosat sangat mudah didapatkan. Sebab hampir seluruh di semua kecamatan sudah tercover oleh sinyal Indosat.

3. Masa Aktif Kartu Indosat Akumulatif

Kelebihan kartu Indosat yang lain adalah abad aktif kartunya panjang. Ini sungguh penting bagi Kamu yang mampu dikatakan jarang melaksanakan pengisian pulsa. Misalnya untuk pengisian pulsa Rp. 10 ribu saja, Kamu sudah memperoleh era aktif selama 14 hari.

4. Progam Senyum Indosat

Inilah salah satu kelebihan kartu Indosat, dimana setiap pengguna yang melakukan pengisian pulsa lazimnya akan memperoleh poin. Poin yang Kamu dapatkan ini dapat ditukar dengan paket gratis SMS, gratis bicara, perpanjangan era aktif, gratis paket internet dan gratis SMS.

5. Menyediakan Aplikasi Terkait Informasi Kartu

Indosat juga menunjukkan aplikasi penunjang untuk memudahkan para pengguna mengetahui aneka macam berita terupdate perihal kartu yang pakai. Aplikasi tersebut adalah Indosat Assistant, yang menawarkan kemudahan wacana gosip kartu Indosat mirip paket yang Kamu pakai ketika ini, pulsa Indosat, hingga info tentang CS. Di samping itu, melalui aplikasi ini para pengguna pun bisa mengganti layanan paket Indosat Sahabat.

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara Menonaktifkan Kartu Indosat 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu Indosat
Menonaktifkan Kartu Indosat

Tutorial Menonaktifkan Kartu Indosat

Ada beberapa bimbingan cara menonaktifkan kartu Indosat yang bisa Kamu coba, baik melalui Telepon, SMS, maupun Customer Sevice. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya :

1. Menonaktifkan Kartu Indosat via SMS

Cara menonaktifkan kartu Indosat yang pertama yaitu dengan menggunakan layanan SMS atau pesan singkat. Untuk memakai layanan ini, pastikan terlebih dahulu Kamu mempunyai pulsa reguler di Hp-mu. Ini ia langkah-langkahnya :

  • Silahkan ambil perangkat hpmu.
  • Kemudian buka layanan atau aplikasi SMS.
  • Selanjutnya ketik format SMS : UNPAIR#NomroHP#. Adapun contohnya : UNPAIR#085612345678#.
  • Jika sudah, silahkan kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444. Nomor tersebut merupakan nomor official yang dipakai untuk menonaktifkan kartu Indosat.
  • Apabila telah berhasil, silahkan kirimkan SMS ke 4444, kemudian tinggal tunggu balasan SMS dari operator.
  • Kamu akan membutuhkan waktu selama beberapa ketika untuk melaksanakan tindakan di atas. Jika operator Indosat sedang sibuk, Kamu mungkin akan membutuhkan waktu selama beberapa hari. Tapi jika sedang tanpa kendala, maka Kamu mampu mendapatkan akhir SMS langsung.
Baca Juga:   Cara Cek Identitas Kartu Indosat

2. Menonaktifkan Kartu Indosat

Cara menonaktifkan kartu Indosat selanjutnya yakni lewat layanan telepon kode dial up. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka opsi panggilan di hpmu.
  • Kemudian tekan instruksi dial up di nomor *123*4444# lalu tekan OK.
  • Pengguna selanjutnya akan diminta untuk menentukan pilihan penawaran berupa cek status, registrasi, cek NIK serta hapus data pendaftaran.
  • Pilih kemudian ketikkan angka 4 dan tekan OK.
  • Setelah itu, Kamu akan diminta melaksanakan konfirmasi ulang jika ingin menyepakati proses penonaktifan kartu Indosat dengan mengetikkan nomor 1.
  • Jika sudah akhir, selanjutnya Kamu akan menerima notifikasi yang bertuliskan “UNPAIR Nomor Kamu sukses”.

3. Menonaktifkan Kartu Indosat via Customer Service

Apabila operator Indosat tak mampu memproses penonaktifan kartu atau sedang sibuk, Kamu bisa mencoba alternatif cara lain. Kamu mampu eksklusif pergi ke gerai Indosat dan lakukan unreg SIM Card. Biasanya gerai Indosat sudah tersedia di beberapa kota di Indonesia.

Sebelum Kamu mengunjungi Gerai Indosat, sebaiknya pastikan Kamu mempersiapkan file atau dokumen yang diperlukan. Berkas tersebut dibutuhkan untuk melaksanakan unreg kartu.

Kamu bisa menuju customer service secara eksklusif lalu minta pinjaman unreg kartu. Caranya dengan menawarkan kartu identitas dan dokumen yang sudah dipersiapkan. Selain itu, ceritakan pula ke Customer Service bahwa Kamu sudah melakukan unreg melalui SMS tetapi gagal. Biasanya CS akan pribadi mengurus serta membantu proses unreg kartu Indosatmu.

4. Menonaktifkan Kartu Indosat yang Hilang

Kamu juga mampu melakukan unreg ketika kartu Indosatmu hilang. Hal ini bermaksud biar kartu Indosatmu diblokir dan tidak dapat digunakan orang lain, Kamu cukup menghubungi CS di nomor (021) 30003000.

Kamu juga mampu eksklusif pergi ke gerai Indosat. Akan namun, sebaiknya persiapkan dokumen identitas diri mirip KTP yang digunakan ketika Kamu mendaftar kartu Indosat pertama kali.

Kenapa Harus Unreg Kartu Indosat?

Proses menonaktifkan kartu SIM yakni hal terpenting yang harus Kamu kerjakan jika kartu Indosat tersebut sudah tak digunakan kembali. Tujuannya untuk menyingkir dari terjadinya data ganda di Dukcapil (Direktur Jenderal Kependudukan) dikala ingin mengganti nomor hp.

Baca Juga:   Cara Belanja di Tokopedia Dengan Kartu Kredit atau Debit Online

Terlebih lagi dengan adanya pembatasan optimal hanya 3 nomor ponsel yang mampu diregistrasikan dengan menggunakan dokumen yang sama. Seperti nomor KK dan KTP telah dipakia untuk pendaftaran 3 kartu Indosat maupun kartu operator yang lainnya. Dengan begitu, salah satu SIM Card mesti dijalankan unreg terlebih dahulu bila ingin memakai nomor lain dengan operator berbeda atau sama.

Kini hampir seluruh operator seluler di tanah air telah menawarkan fitur unreg. Dengan begitu sangat mempermudah penggunanya. Akan namun, pastinya dengan cara yang berbeda. Seperti halnya cara menonaktifkan kartu Indosat, yang lewat SMS, via telepon, internet, sampai gerai resmi Indosat.

Selain itu, Kamu juga harus tahu bahwa setiap nomor ponsel yang sudah didaftarkan lalu di unreg, maka Kamu tak akan bisa menggunakannya kembali. Ini artinya, kartu SIM tersebut tak akan mampu diaktivasi lagi menggunakan identitas yang sama.

 

close