May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Bagaimana cara menonaktifkan kartu Simpati? Simpati yaitu salah satu produk dari telkomsel selain kartu As yang mampu kau pergunakan untuk kebutuhan telekomunikasi. Misalnya baik untuk mengantarpesan, melakukan panggilan telepon, hingga memakai internet untuk berbagai kebutuhan.

Saat ini, yang paling banyak dilaksanakan oleh kebanyakan orang yaitu sering membuka media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram. Tentu aplikasi tersebut memerlukan internet yang tak sedikit. Oleh sebab itu, dengan memakai kartu Simpati Kamu mampu memilih aneka macam opsi paket internet sesuai kebutuhanmu.

Tentang Peraturan Legalitas Kartu Prabayar atau Pasca Bayar

Saat ini, pemerintah Indonesia mengharuskan semoga setiap pengguna kartu prabayar maupun kartu pasca bayar mesti aktivasi kartu dengan mengisi biodata yang jelas dan nomor KTP atau NIK. Bukan itu saja, setiap orang hanya boleh memiliki kartu maksimal 3 kartu saja.

Dengan demikian, bila kamu temasuk orang yang membutuhkan lebih dari 2 kartu untuk kebutuhan pekerjaan, Kamu mesti bijak memilih kartu. Hal ini dikarenakan alasan kebijakan pemerintah yang memperbolehkan warga negaranya mempunyai maksimal 3 kartu saja. Jika lebih dari 3 kartu maka kau akan terdeteksi sehingga tidak bisa mempunyai kartu yang ke 4.

Bukan tanpa alasana kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini, adalah untuk meminimalkan tindak kejahatan seperti penipuan berkedok hadiah, atau mungkin saja bahaya tanpa dasar. Jadi, sudah cukup terperinci kenapa kebijakan ini mesti dikerjakan dan dipatuhi oleh setiap perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Salah satunya ialah Telkomsel dengan kartu Simpatinya.

Solusi Bagi Pengguna yang Ingin Ganti Nomor

Kebijakan pemerintah pastinya bersifat mutlak harus di patuhi. Namun bagaimana hasilnya bila kamu ingin mengganti nomor HP namun Kamu telah mempunyai 3 kartu yang aktif? Caranya cukup gampang adalah dengan melaksanakan unreg pada kartu kau. Metode ini juga berlaku bagi seluruh kartu SIM, salah satunya produk Telkomsel seperti kartu Simpati.

Baca Juga:   4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel Yang Bisa Kamu Coba

Jika kamu sudah melakukan unreg pada salah satu kartu kau, maka kau mampu melaksanakan penggantian ke nomor kartu yang gres. Perlu ditekankan, cara ini bukanlah cara untuk memperbesar kartu yang ke 4, melainkan mengganti salah satu dari 3 kartu kamu yang aktif. Artinya kamu tetap mempunyai 3 kartu saja.

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati 200x112 - Cara Menonaktifkan Kartu Simpati
Tutorial Menonaktifkan Kartu Simpati

Tutorial Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Pada postingan ini, kau akan diberitahu bagaimana cara menonaktifkan kartu simpati dengan benar. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan kartu, yakni dengan melakukan dial atau panggilan dan dengan menggunakan layanan SMS. Untuk lebih lengkapnya, berikut langkah – langkahnya :

1. Menonaktifkan Kartu Simpati via Layanan SMS

Bagi kamu yang ingin menonaktifkan kartu Telkomsel memakai layanan SMS, berikut cara menonaktifkan kartu Simpati, ialah :

  • Buka ikon SMS pada HP kamu, lazimnya ada di bagian depan berada dibawah.
  • Ketikkan pada layar ponsel dengan mengetikkan format SMS : UNREG#NIK tanpa spasi. Seperti pola berikut ini : UNREG#3939164738987667
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444.
  • Tunggu balasan dari nomor tersebut dan simpulan.

Cara menonaktifkan kartu simpati lewat SMS cukuplah gampang, tetapi perlu dikenang supaya pulsa kau memadai sehingga SMS yang hendak kamu kirimkan ke nomor 4444 bisa terkirim.

Untuk penggunaan huruf, antara karakter kapital dan aksara kecil tidaklah berpengaruh alasannya sistem akan mendeteksi secara otomatis, dan juga pada bab simpulan NIK, kau tidak perlu memberikan tanda pagar lagi.

2. Menonaktifkan Kartu Simpati via Panggilan atau Dial Up

Selain cara di atas, Kamu juga mampu unreg kartu Simpati menggunakan tata cara dial up atau panggilan dengan cara berikut :

  • Masuk ke sajian panggilan dengan buka ikon mirip gagang telpon.
  • Ketikkan *444#.
  • Jika telah pilih hidangan nomor 3. Menu tersebut ialah sajian UNREG.
  • Masukkan nomor NIK yang diminta, nomor NIK tersebut merupakan nomor yang dahulu dipakai untuk aktivasi kartu simpati kamu.

Cara di atas ialah cara unreg kartu Simpati baik dengan layanan SMS ataupun dengan melaksanakan panggilan. Pada kedua cara tersebut, nantinya tetap akan menerima akhir melalui SMS dari pihak telkomsel yang menerangkan UNREG kau sukses atau tidak berhasil. Nomor yang akan mengantarkan keterangantersebut yaitu dari 4444.

Baca Juga:   Cara Mengganti Nama Akun Google

Faktor Penyebab Gagal UNREG Kartu Simpati

Walaupun cara di atas terbilang cukup sederhana dilaksanakan, namun ada saja yang gagal ketika sedang proses UNREG. Bagi kamu yang ingin melaksanakan UNREG kartu simpati dan ingin proses UNREG berlangsung tanpa gangguan, berikut gosip yang harus kamu tahu :

1. NIK Harus Sesuai

NIK yang tertera pada kartu keluarga atau pada KTP, berisikan 16 digit. Itu ialah nomor kau yang mesti di isi dikala proses UNREG. Jika salah satu angka saja terlewat tidak diinputkan atau salah memasukkan nomor dan tidak cocok dengan NIK-mu, maka proses menonaktifkan kartu simpati akan secara otomatis tidak berhasil atau gagal.

Pastikan biar kamu mengisi NIK yang benar, jikalau kurang percaya lebih baik dilihat lagi untuk memastikan pengisian NIK sesuai dengan yang tertera pada kartu keluarga atau pada KTP kau.

2. Lupa NIK

Ini terjadi lazimnya alasannya adalah Kamu sedang tidak memegang KTP dan KK (Kartu Keluarga) sebab alasan tertentu mirip hilang. Caranya yakni mengajukan KTP/KK kembali ke Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di tempatmu mendaftarkan KTP atau KK untuk meminta fisik kartu keluarga dan KTP. Setelah itu baru kamu mampu menonaktifkan kartu simpati.

Akan tetapi jika cara pertama membutuhkan waktu yang usang sedangkan kau ingin cepat – cepat memproses unreg kartu, maka caranya mampu datang langsung ke Grapari terdekat. Dengan begitu, Customer Service GraPARI Telkomsel akan membantu memproses penonaktifan kartu Simpati.

Menonaktifkan Nomor Simpati yang Hilang

Ada kalanya kamu ingin menonaktifkan kartu namun kartu tersebut hilang, atau mungkin saja rusak sehingga cara – cara di atas tidak mampu dilaksanakan. Namun tak perlu khawatir, untuk mengantisipasinya, ada dua cara menonaktifkan kartu Simpati yang bisa kamu lakukan, ialah :

1. Kirim Berisi Keluhanmu Ke Customer Care Telkomsel

Isilah pada subyek email dengan isian permintaan UNREG, lalu pada kolom tujuan, isi ke alamat email customer care dengan mengetik cs@telkomsel.co.id.

Adapun untuk isi emailnya, kau ikuti urutan berikut ini :

Baca Juga:   Cara Menerima Voucher Go Food Gratis

  • Tuliskan nomor simpati yang mau kau nonaktifkan.
  • Tuliskan 3 nomor yang pernah kamu hubungi, tiga nomor tersebut usahakan 3 nomor terakhir yang kau hubungi.
  • Sisa pulsa terkahir yang terdapat pada kartu terebut, jikalau lupa maka bisa diperkirakan saja asal berdekatan dengan sisa pulsa yang sebenarnya.
  • Tanggal pengisian pulsa yang terakhir, dan pastikan supaya kau mengingatnya.
  • Nomor NIK yang pernah kamu daftarkan untuk aktivasi.
  • Nama kamu yang lengkap.
  • Jelaskan argumentasi kamu ingin menonaktifkan kartu.

2. Datang Langsung ke Grapari Telkomsel Terdekat

Jika dengan mengirimkan email cukup sulit, maka kamu mampu pribadi datang ke Grapari terdekat supaya dibantu dalam proses menonaktifkannya. Adapun caranya, silahkan datang ke meja customer service dan minta pemberian untuk melaksanakan unreg kartu Simpati yang ingin dihapus. Bagaimana, mudah kan?

Demikian ulasan ihwal cara menonaktifkan kartu Simpati yang mampu Kamu pilih sesuai keperluan. Semoga berguna dan selamat menjajal !

close