May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop - Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara menonaktifkan keyboard laptop? Penggunaan laptop dikala ini sangat penting untuk kegiatan sehari – hari, maka tidak heran jikalau banyak orang memilikinya. Laptop selain bisa dipakai untuk menulis berbagai jenis laporan, juga mampu digunakan untuk editing foto maupun video. Jika dilihat dari sarana hiburannya, laptop juga bisa dipakai untuk menonton film dan menyimak lagu.

Khusus bagi kamu yang sering mengetik dengan memakai laptop, tentu merasa sangat terbantu oleh adanya keyboard bawaan dari laptop itu sendiri. Namun, jikalau kamu tidak tenteram dengan memakai keyboard bawaan dan lebih bahagia memakai keyboard eksternal dengan argumentasi ukuran keyboard bawaan terlalu kecil, maka solusinya adalah memakai keyboard eksternal.

Untuk menggunakan keyboard eksternal, lebih baik kamu menonaktifkan terlebih dulu keyboard internalnya. Cara menonaktifkan keyboad laptop bekerjsama cukup mudah dijalankan. Karena Kamu hanya tinggal mengikuti langkah demi langkah untuk menonaktifkan keyboard internal.

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop - Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop
Menonaktifkan Keyboard Laptop

Menonaktifkan Keyboard Laptop

Untuk mematikan keyboard laptop, ada 3 opsi cara menonaktifkan keyboard laptop yang bisa kau lakuka. Cara ini sungguh efektif untuk mengubah keyboard bawaan dengan keyboard eksternal. Kamu bisa menonaktifkan keyboard memakai tombol, memakai device manager dan menonaktifkan keyboard secara permanen. Berikut ulasan lengkapnya :

1. Menonaktifkan Keyboard Laptop Secara Manual

Cara yang pertama ini ialah cara yang sederhana sehingga kamu bisa menonaktifkannya dengan sangat gampang. Meskipun demikian, tentu saja harus menggunakan keyboard internal dengan kondisi yang masih baik. Sebab kalau keyboard internal yang tertanam di laptopmu telah rusak dan ada banyak tombol yang tidak berfungsi kembali, maka cara ini tidak dapat diterapkan.

Dari berbagai jenis laptop, tentu cara menonaktifkan keyboard laptop memakai keyboar mempunyai cara tersendiri, yang mampu Kamu praktekkan di bawah ini :

  • Untuk tipe perangkat laptop tertentu, silahkan cek tombol F1 maupun tombol F12 di dalam keyboard internal. Silahkan lihat apakah ada logo keyboard atau tidak. Apabila Kamu sudah menemukannya, tinggal tekan saja pilihan tombol Fn + logo keyboard atau bisa juga dengan Ctrl + Alt + logo keyboard.
  • Jika pada tombol F1 hingga F12 tidak ada logo keyboard, kau tinggal cari logo keyboard di sebelah kiri dan sebelah kanan laptop. Jika telah ada maka caranya kerjakan variasi mirip pada langkah sebelumnya.
  • Pada laptop jenis tertentu, ada tombol khusus yang langsung mampu menonaktifkan perangkat keyboard dengan segera.
Baca Juga:   Cara Menyaksikan Password Wifi Di Laptop

2. Tutorial Menonaktifkan Keyboard Laptop via Device Manager

Cara menonaktifkan keyboard laptop kedua yaitu memakai Device Manager. Di dalam device manager ini semua aktivitas yang Kamu kerjakan memakai laptop, bisa terdeteksi tergolong kegiatan keyboard laptopmu.

Dengan opsi Device Manager ini, kamu mampu menonaktifkan keyboard internal dengan mudah dan hampir semua jenis laptop langkah – langkah nya sama, berikut penjelasannya :

  • Silahkan buka pilihan Device Manager di perangkat laptop dengan cara klik start. Selanjutnya cari sajian Device Manager. Jika kamu kesusahan, mampu ketikkan Device Manager lewat kolom penelusuran, untuk memudahkanmu menemukan menu Device Manager dengan cepat. Setelah terbuka, lanjut ke proses selanjutnya.
  • Jika sudah masuk pada layanan Device Manager, kau akan di perlihatkan berbagai pilihan hidangan yang memperlihatkan perangkat aktif pada laptop. Diantaranya mirip audio, baterai, bluetooth, camera, driver, firmware, memory, hingga keyboard.
  • Double klik goresan pena keyboard sampai muncul sub menu diantaranya : HID keyboard device dan standard PS/2 Keyboard.
  • Pilih keyboard internal adalah standard PS/2 Keyboard, kemudian klik kanan dan nantinya akan timbul hidangan lanjutan. Menu tersebut diantaranya ada update driver, uninstal device, scan for hardware changes hingga properties.
  • Pilih sub hidangan update driver kemudian akan muncul layar gres yang menerangkan langkah berikutnya. Biasanya ada dua opsi ialah mencari driver keyboard secara otomatis dan mencari driver keyboard secara manual.
  • Untuk menonaktifkan keyboard, pilih penelusuran driver secara manual dengan klik browse my computer for driver software.
  • Selanjutnya pilih pilihan let me pick from a list of device yang terletak pada bab bawah.
  • Jika sudah, kau akan di sajikan sajian gres ialah untuk memilih driver secara manual. Setelah itu, langkah selanjutnya yaitu dengan menetralisir centang pada hidangan show compatible hardware.
  • Selanjutnya, kamu akan ditampilkan beberapa perangkat yang tidak ada pada laptop alasannya tidak kompatibel dengan laptop itu sendiri.
  • Berikutnya kamu tinggal pilih salah satu opsi yang drivernya memang tidak ada atau tidak cocok dengan spesifikasi laptop.
  • Langkah terakhir nanti akan muncul pesan yang menginformasikan bahwa keyboard perangkatmu akan dinonaktifkan. Silahkan pilih Yes untuk mengonfirmasinya.
  • Selesai.
Baca Juga:   Cara Kerja Laptop

Kamu mampu melakukan langkah cara menonaktifkan keyboard laptop di atas step by step hingga Kamu sukses mematikan keyboard bawaan di perangkat laptopmu. Kamu tidak perlu cemas perihal langkah – langkah menonaktifkan keyboard internal melalui Device Manager alasannya semua merek laptop mampu kau praktekkan.

3. Tutorial Menonaktifkan Keyboard Laptop dengan Cara Permanen

Jika kedua cara menonaktifkan keyboard laptop di atas hanya dilaksanakan dengan disable saja, sekarang untuk menonaktifkan keyboard laptopmu secara permanen, Kamu bisa mengikuti cara ini. Ini dilakukan jika Kamu telah benar-benar tidak inginmenggunakan keyboard bawaan dari laptop karena aneka macam argumentasi.

Adapun cara menonaktifkan keyboard laptop dengan cara permanen, berikut langkah-langkahnya :

  • Klik sajian utama yang berada di pojok kiri bawah, lalu masuk ke kolom penelusuran dan ketikkan kata kuncigpedit.msc kemudian klik jikalau telah timbul gpedit.msc tersebut.
  • Jika telah timbul menu gpedit.msc kemudian masuklah ke computer configuration file, selanjutnya bukalah administrative template pada sub sajian nya.
  • Masuk ke system lalu carilah device intsallation kemudian klik tulisan tersebut.
  • Pada sub menu berikutnya, buka device installation restrictions lalu lihatlah di sebelah kanan tulisan tersebut.
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan beberapa opsi pilihan yang cukup banyak, kamu hanya tinggal menentukan prevent installation devices.
  • Jika telah di klik, berikutnya kau akan mendapatkan kembali jendela baru, disana silahkan klik enabled kemudian klik OK.
  • Ulangi kembali langkah – langkah nya sehingga dikala kamu melaksanakan restarting laptop, keyboard internal tetap dalam kondisi disable.

Kesimpulan

Itulah cara menonaktifkan keyboard laptop secara permanen, akan tetapi bila kamu ingin sekali mengembalikan keyboard laptop, maka tak perlu khawatir lagi. Yang kamu butuhkan adalah dengan memakai keyboard eksternal sebagai alat bantunya.

Caranya yakni dengan mengikuti langkah – langkah seperti di atas, kemudian pada jendela tertentu kau pilih Standard PS/2 Keyboard tepatnya pada jendela select the driver you want to install for this hardware.

Jika kamu sudah memilih opsi tersebut selanjutnya tiggal klik tombol next pada bagian bawah dan terus ikuti langkahnya hingga final. Jika sudah maka keyoard internal kamu akan kembali mirip semula.

Baca Juga:   Cara Transfer Mandiri Ke Bri

Nah, demikianlah 3 cara menonaktifkan keyboard laptop yang bisa Kamu gunakan kalau Kamu tidak ingin memakai keyboard laptop bawaan, melainkan ingin menggunakan keyboard eksternal. Dengan cara di atas, kau mampu menggunakan keyboard laptop portable tanpa mesti memakai keyboard bawaan dari laptop. Semoga berguna dan selamat mencoba!