May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Menyetir Kendaraan Beroda Empat Matic

Cara Menyetir Mobil Matic 200x112 - Cara Menyetir Kendaraan Beroda Empat Matic

Bagaimana cara menyetir mobil matic? Saat membeli sebuah kendaraan, Kamu akan dihadapkan pada dua pilihan tipe, adalah kendaraan beroda empat matic dan mobil manual. Mobil matic sendiri ialah kendaraan beroda empat yang sekarang banyak diincar dibandingkan tipe mobil manual. Hal ini dikarenakan cara mengendarainya dianggap lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual. Mengingat dengan kendaraan beroda empat manual, Kamu mesti mampu menyeimbangkan antara pedal kopling, rem dan gas.

Apa Saja Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

Sebelum kita membicarakan cara menyetir kendaraan beroda empat matic, Kamu mesti tahu dahulu apa saja perbedaan antara mobil matic dengan kendaraan beroda empat manual.

Secara lazim dilihat dari transmisinya, mobil dibagi ke dalam dua jenis adalah mobil matic dan kendaraan beroda empat manual, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk mengenali rincian perbedaan kedua tipe mobil ini, berikut ulasannya :

1. Perbedaan Harga

Tidak mampu disangkal bahwa mobil matic adalah tipe kendaraan beroda empat yang dibanderol dengan harga cukup mahal, bila dibandingkan kendaraan beroda empat manual. Adapun alasannya, perawatan mobil transmisi otomatis ini mampu dikatakan cukup mahal. Kamu bisa melihatnya dari sparepart maupun bagian lain pada kendaraan beroda empat matic.

2. Sistem Pengoperasian Mobil

Mobil manual mempunyai 3 pedal yang harus kau operasikan yaitu kopling, gas dan rem. Berbeda dengan kendaraan beroda empat matic cuma memiliki 2 pedal saja yaitu gas dan rem.

Pengoperasian kendaraan beroda empat manual yaitu pertama dengan menginjak kopling kemudian pindahkan tuas gigi yang berada di bagian samping kiri sopir ke gigi 1, 2, 3, 4 atau 5. Biasanya tergantung pada keadaan dan kontur jalanan yang Kamu tinggalkan. Untuk melakukan pengereman, jangan lupa dikerjakan secara perlahan sembari menginjak pedal kopling. Sebab jikalau rem dijalankan secara mendadak tanpa menginjak kopling, membuat mesin mobil menjadi mati.

Baca Juga:   Cara Jumper Kendaraan Beroda Empat

Biasanya pada pengoperasian kendaraan beroda empat bertransmisi otomatis, ketika hendak memindahkan transmisi gigi, secara otomatis dilaksanakan dengan menggunakan alat yang telah disematkan pada kendaraan beroda empat matic, yakni gearbox.

Pada mobil manual akan lebih sering menggunakan kinerja kaki dan tangan jikalau dibandingkan mobil matic. Apalagi bila kondisi jalanan sedang macet, Kamu harus siap-siap saja menyeimbangkan antara pedal gas, rem dan kopling agar kendaraan beroda empat tidak mati. Lain halnya dengan kendaraan beroda empat matic, saat kondisi macet sekalipun, Kamu tak perlu repot-repot lagi melakukan transmisi sesering mungkin.

3. Tingkat Kenyamanan Saat Berkendara

Ketika berbicara perihal kenyamanan saat berkendara, tentu saja penilaiannya sungguh subyektif alasannya setiap orang memiliki pandangan tersendiri. Meskipun demikian, Kamu akan merasa lebih tenteram dan kalem kalau menggunakan mobil matic dibandingkan kendaraan beroda empat bertransmisi manual. Karena mobil ini memerlukan lebih banyak energi dikala mengendarainya. Sehingga masuk akal jika pengemudinya akan lebih gampang mengalami capek.

4. Sistem Perawatan

Mungkin untuk perawatan berkala bulanan, kendaraan beroda empat manual mempunyai laba daripada mobil matic alasannya adalah tidak akan banyak mengeluarkan ongkos. Apabila kendaraan maticmu mengalami problem, setidaknya Kamu mesti mengundang teknisi yang benar-benar hebat. Berbeda dengan kendaraan beroda empat manual, pada keadaan tertentu dikala terjadi problem Kamu mampu melaksanakan sedikit perbaikan dengan mengikuti panduan yang banyak dibahas di internet.

Setelah membicarakan perbedaan kendaraan beroda empat matic dan manual di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa mobil bertransmisi otomatis atau matic memiliki banyak kelebihan yang bisa ditemukan dibandingkan mobil manual. Jika Kamu mempunyai anggaran berlebih, maka tak ada salahnya menentukan mobil bertransmisi otomatis dengan merek sesuai kebutuhan dan keinginanmu.

Kendaraan roda empat bertransmisi otomatis, sungguh banyak ditemukan di setiap merek mobil terkenal, mulai dari pabrikan Toyota, Daihatsu, Honda, hingga Hyundai. Namun diantara semua brand kendaraan beroda empat di pasaran otomotif di atas, lebih baik cari merk kendaraan beroda empat yang memperlihatkan ketersediaan sparepart melimpah. Adapun alasannya adalah, dikala mobilmu mengalami dilema maka Kamu akan lebih mudah mengubah sparepart yang telah rusak. Tentu saja, dengan semakin langka Kamu mencari sparepart mobil, maka harga perawatannya pun akan semakin mahal.

Baca Juga:   Cara Melepas Aki Kendaraan Beroda Empat

Cara Menyetir Mobil Matic

Cara Menyetir Mobil Matic 200x112 - Cara Menyetir Kendaraan Beroda Empat Matic
Menyetir Mobil Matic

Panduan Menyetir Mobil Matic

Jika Kamu baru memiliki mobil matic, dan ingin mencar ilmu kendaraan beroda empat matic semoga mampu bermanuver dengan mudah di jalan raya, pasti harus mengikuti tutorial cara menyetir kendaraan beroda empat matic dengan gampang. Sebenarnya cara belajar mengemudi kendaraan beroda empat matic sendiri lebih mudah dibandingkan mobil bertransmisi manual. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Posisi Pertama Tuas Dalam Posisi P

Adapun arti dari posisi P ini yaitu Parkir. Dengan kata lain, sebelum menyalakan kendaraan beroda empat, tentukan duli tuas yang ada di samping kiri sopir dalam posisi N (Normal) atau P (parking). Sebagai gosip, jika Kamu menyalakan mesin mobil dan ternyata posisi tuas dalam posisi reverse atau R, maka kendaraan akan bergerak mundur.

2. Memastikan Semua Indikator Kendaraan Menyala Sebelum Menghidupkan Mesin

cara menyetir mobil matic ini terpenting, ialah kalau kamu sudah memasukkan kunci ke dalam lubang kunci kendaraan beroda empat, maka Kamu harus memutar sekali lalu cek seluruh indikator pada kendaraan beroda empat. Pastikan apakah semua indikator berfungsi dengan baik atau tidak. Hal tersebut bertujuan guna memastikan keadaan mobilmu masih dalam kondisi prima. Sehingga bisa menekan resiko terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Setelah memastikan semua indikatornya menyala, putar kembali ke kanan untuk menyalakan mesin kendaraan beroda empat.

3. Saat Starter Mobil Injak Rem

Pada beberapa kendaraan beroda empat matic, ketika ingin menghidupkan mesin maka harus menginjak rem. Dengan kata lain, ketika hendak menyalakan kendaraan tentukan menginjak pedal rem lebih dahulu baru kemudian kerjakan starter mobil.

Pada mobil matic lainnya, hal ini tidak perlu dijalankan. Oleh sebab itu, tentukan untuk menanyakan ke pemilik kendaraan yang sebelumnya apabila Kamu membeli mobil second atau bisa juga ke sales jikalau membeli kendaraan beroda empat baru. Pastikan apakah Kamu harus menginjak rem lebih dulu sebelum starter atau tidak.

4. Menginjak Pedal Rem

Cara menyetir mobil matic selanjutnya saat mobil sudah dinyalakan, maka langkah berikutnya yakni pindahkan tuas yang mulanya dari posisi R atau pada posisi N dengan memindahkannya pada posisi D atau R. Jika ingin memindahkan tuas, sarannya yakni tetap mesti menekan pedal rem agar menyingkir dari kerusakan mesin yang tidak perlu.

Baca Juga:   Cara Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit

5. Fungsi Tuas Transmisi Harus Benar-Benar Dipahami

Transmisi matic dan transmisi manual sangat berlawanan, untuk kendaraan beroda empat matic ada beberapa pilihan pengaturan transmisi adalah P (parkir), kemudian D (maju), kemudian R (mundur), N (netral) dan terakhir adalah M (manual).

Tidak semua jenis kendaraan beroda empat matic memiliki transmisi yang serupa, tetapi setidaknya dasar mobil matic untuk transmisinya seperti yang diterangkan di atas. Pahami setiap fungsi – fungsi nya untuk menyingkir dari kecelakaan akibat ketidaktahuan tentang fungsi transmisi kendaraan beroda empat matic.

6. Mode Berkendara

Seiring dengan pertumbuhan mobil matic, saat ini ada beberapa opsi mode berkendara tergantung dari kondisi jalan yang dilalui. Ada mode kalem yang secara hemat akan lebih ekonomis energi tergolong hemat bahan bakar. Selain itu, ada pula mode sport yang mampu memaksimalkan kinerja mesin biar kendaraan beroda empat yang dikendarai berada pada tampilan terbaiknya.

7. Teknik Berkendara di Tanjakan

Anggapan orang tentang mobil matic lazimnya performanya tidak begitu besar lengan berkuasa dikala bermanuver di tanjakan. Akan namun, anggapan tersebut ternyata salah besar alasannya adalah setiap pabrikan kendaraan beroda empat yang memproduksi kendaraan beroda empat matic tentu saja telah memperhitungkan berbagai jenis medan jalanan. Sebut saja di jalanan lurus, jalan menurun, termasuk menanjak.

Adapun caranya adalah menggunakan mode D untuk tanjakan yang umum. Sementara untuk tanjakan curam mampu memakai mode M. Lalu tambahkan gigi ke posisi D1, D2, maupun D3.

Ya, itulah 7 step cara menyetir kendaraan beroda empat matic yang mampu Kamu coba serta kuasai. Sehingga Kamu pun telah siap bermanuver di jalan raya untuk menikmati kenyamanan berkendara dengan kendaraan beroda empat matic barumu.

close