May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Aglonema

Cara Merawat Aglonema 200x112 - Cara Merawat Aglonema

Tahukah Kamu bagaimana cara merawat aglonema? Aglonema yakni salah satu jenis tumbuhan hias yang cukup terkenal di Indonesia yang berasal dari famili Araceae atau talas – talasan. Julukan yang sangat populer di Indonesia dinamakan Sri Rejeki sedangkan di mancanegara dikenal dengan sebutan Chinese Evergreen. Habitatnya berasal dari hutan hujan tropis yang sungguh ideal untuk berkembang pada intensitas penyinaran yang cukup rendah, flora ini juga menggemari kelembaban yang tinggi untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Ciri – ciri dari aglonema ialah mempunyai akar serabut dan tidak mempunyai kambium pada batangnya, daunnya berbentuk sirip. Selain itu, aglonema mempunyai pembuluh xylem dan floem untuk menyalurkan masakan dari tanah ke daun kemudian disebarkan ke seluruh tumbuhan.

Saat ini sudah aneka macam aglonema hibrida yang bisa kamu jadikan dekorasi rumah. Tanaman hias ini memperlihatkan beraneka macam warna yang begitu mempesona, baik warna daun hingga warna batang pada tanamannya berlawanan dari spesies alaminya.

Jenis-jenis Aglonema Berdasarkan Spesiesnya

Aglonema berasal dari divisi Magnoliophyta, untuk kelasnya berada pada jenis Liliopsida yang berordo Alismatales, sedangkan famili dari jenis Araceae atau talas – talasan. Spesies flora Aglonema sendiri sungguh banyak dan sudah tersebar sampai di seluruh dunia, bahkan tanaman ini memiliki sekitar 30 spesies. Namun yang paling populer cuma 12 jenis spesies saja yang bisa kamu manfaatkan keindahannya untuk dijadikan hiasan rumah.

Untuk lebih mengenal jenis – jenis aglonema, berikut akan diterangkan aglonema yang paling terkenal, diantaranya :

1. Aglonema Pride Of Sumatera

Jenis ini tergolong flora yang harganya cukup mahal, biasanya dibanderol sekitar 95 ribu rupiah, ini pada flora yang berskala kecil. Spesies aglonema Pride of Sumater sendiri mampu dikatakan sebagai generasi aglonema berwarna merah. Tanaman ini populer pertama kali sekitar tahun 1993, bahkan popularitasnya kian meningkat hingga saat ini.

Baca Juga:   Cara Merawat Kulkas

Dilihat dari bentuk fisiknya yang sungguh kuat, bentuk daunnya yang elips menunjukkan keindahan tumbuhan jenis aglonema ini. Belum lagi dipadukan dengan warna tangkai merah muda serta berwarna merah pada bab tulang daunnya.

2. Aglonema Bidadari

Jika dilihat dari variasi warna aglonema bidadari, untuk tangkai nya berwarna merah muda, sedangkan ujung tangkai berwarna kehijauan. Secara keseluruhan warna yang terdapat pada aglonema bidadari yakni warna jingga, kuning, merah muda dan hijau sehingga variasi warna ini menjadi terlihat kompak. Harga di pasaran dikala ini pada rentang seratus ribuan untuk ukuran kecil.

3. Aglonema Moonlight

Aglonema moonlight tergolong aglonema terbaik yang berasal dari Nusantara, bentuk daun agak bulat dan pada bab tengahnya berupa cekung seperti suatu mangkuk. Dari sisi corak sangat indah berwarna merah muda yang dipadukan dengan warna kehijauan untuk setiap helai daunnya. Kisaran harga berada di rentang 100 ribu sampai 150 ribu rupiah.

4. Aglonema Legacy

Bentuk daun dari aglonema legacy berupa menyirip dan runcing pada bab ujungnya. Coraknya dalam setiap helai daun berwarna merah muda yang terdapat pada bagian tulang daun. Sedangkan daunnya sendiri berwarna kehijauan. Untuk batangnya umumnya berwarna putih kehijauan. Harga tanaman jenis ini biasanya di kisaran 95 ribu rupiah.

5. Aglonema Adelia

Penamaan Aglonema Adelia selain cantik juga unik, mengenang namanya disesuaikan dari nama pengumpul aglonema itu sendiri yang berasal dari kota Manila, yaitu Adelia Angeles. Aglonema adelia memiliki bentuk daun di bab ujungnya yang terlihat meruncing, sementara pada panggalnya terlihat melebar. Berwarna kuning kehijauan, sedangkan pada tulang daunnya tampakberwarna merah muda. Tanaman jenis aglonema ini mampu berkembang dengan ketinggian hingga 30 cm. Jika Kamu kepincut membelinya, cukup murah sebab harganya cuma Rp. 60 ribuan saja.

6. Aglonema Claudia

Ciri khas dari Aglonema Claudia yaitu terdapat pada warna daunnya yang berwana putih kehijauan dengan corak daun berwana hijau bintik – bintik. Untuk tulang daun berbeda dari aglonema lainnya ialah berwarna putih. Jenis aglonema ini berasal dari Thailand dengan harga yang cukup mahal hingga meraih 150 ribu rupiah untuk ukuran kecil.

Baca Juga:   Cara Bayar Shopee Pakai Linkaja

Itulah berbagai macam tanaman aglonema yang harus Kamu tahu sebelum Kamu membudidayakan tanaman hias yang satu ini. Lalu, bagaimana sih cara merawat aglonema? Bagi pemula, Kamu mesti tahu trik-trik penting dalam merawat flora aglonema. Berikut ini ulasannya!

Cara Merawat Aglonema

Cara Merawat Aglonema 200x112 - Cara Merawat Aglonema
Merawat Tanaman Aglonema

Panduan Merawat Tanaman Aglonema

Untuk memiliki salah satu diantara banyaknya jenis flora aglonema di atas, Kamu tentu mesti mengetahui cara merawat aglonema dengan baik. Karena tanaman ini memang membutuhkan perawatan yang bagus biar mereka dapat tumbuh secara optimal. Berikut panduan lengkapnya :

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Jangan sekali-kali Kamu menyimpan tanaman aglonema-mu tepat di bawah terik sinar matahari secara langsung. Sebab bila terpapar sinar matahari pribadi, menciptakan kemajuan flora ini kurang optimal. Oleh karena itu, tanaman ini cukup menerima asupan sinar matahari dalam waktu yang sebentar, tepatnya di pagi hari. Adapun tujuannya semoga terjadinya proses fotosintesis serta respirasi flora dengan baik.

Sebelum dimanfaatkan menjadi flora hias untuk menghiasi rumah, tanaman aglonema lazimnya berkembang subur di daerah hutan yang tak terpapar cahaya matahari eksklusif. Biasanya aglonema berkembang tepat di bawah pepohonan rindang yang temperatur udara di sekitarnya cukup sejuk.

Tak cuma kecukupan sinar matahari, tanaman aglonema juga tak boleh menerima terlampau banyak air sebab mampu menghancurkan tanamannya itu sendiri. Tempat ideal meletakkan tanaman ini ialah di teras rumah. Namun jika Kamu ingin menempatkannya di dalam rumah, tentu saja Kamu harus siap-siap untuk rutin mengeluarkan tanaman aglonemamu keluar untuk menerima kecukupan sinar matahari cuma di waktu pagi hari saja.

2. Tata Cara Penyiraman Aglonema

Cara merawat aglonema selanjutnya adalah memperhatikan metode penyiraman aglonema. Sebenarnya untuk menyiram tanaman ini tak perlu dilakukan 2 kali per hari, di waktu pagi serta sore hari. Metode penyiraman ini justru mampu menciptakan tanaman aglonema-mu menjadi stres. Hingga menjadikan tumbuhan layu bahkan mampu mati. Penyiraman cukup Kamu lakukan tiap 2-3 hari sekali saja baik di pagi hari atau di sore hari saja. Kaprikornus pada dasarnya, hanya menjaga supaya media tanam aglonema tidak kering.

Baca Juga:   Review Oppo F7 Modern (Harga, Fitur & Spesifikasi)

3. Tahap Pemeliharaan

Pada tahapan pemeliharaan, yang mesti diamati ialah gulma, atau pengganggu tanaman. Pastikan untuk senantiasa membersihkan gulma setiap 1 ahad sekali di area sekitar aglonema. Hal ini bertujuan supaya menjaga kandungan nutrisi media tanam khusus aglonema itu sendiri. Jika malas melakukannya, sebagai alternatifnya permukaan media tanam pada aglonema mampu ditebar memakai bebatuan. Karenanya mampu menghalangi proses perkembangan gulma.

Kamu juga harus memangkas daun yang telah layu. Tujuannya agar aglonema yang Kamu tanam lebih cantik dan indah, alasannya adalah kalau dibiarkan hingga menguning bahkan kering, menciptakan batangnya menjadi kurang indah. Untuk memangkasnya, Kamu mampu menggunakan gunting atau pisau dengan memotong bagian pada pangkal tangkai daunnya.

4. Lap Bagian Permukaan Daun

Mengingat aglonema ialah tumbuhan hias yang kerap disimpan di bab teras rumah, tentu saja Kamu mesti rutin untuk membersihkan bab permukaan daun aglonema dari debu. Agar warna daunnya tampaklebih manis dan tidak berdebu. Kamu mampu melakukan acara ini tiap 2 ahad sekali, bila perlu lakukan seminggu sekali.

5. Menggemburkan Media Tanam

Cara merawat aglonema selanjutnya ialah Kamu harus menggemburkan media tanam. Lakukan tahapan ini dengan mengaduknya sedikit di permukaan sampai berjarak 2 cm ke bab bawah permukaan memakai alat khusus. Adapun maksudnya adalah untuk meremajakan bagian akar aglonema, balasannya dapat menyerap nutrisi secara optimal.

Nah, itulah 5 tahapan cara merawat aglonema dengan baik yang perlu Kamu lakukan semoga flora aglonema-mu senantiasa cantik dan terawat. Semoga berguna!