May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Anak Kucing Gres Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru lahir 200x112 - Cara Merawat Anak Kucing Gres Lahir

Bagi penggemar kucing dan kebetulan Kamu mempunyai binatang peliharaan kucing, mempunyai bayi kucing pastinya sungguh menggembirakan. Anak kucing yang gres lahir pasti akan terlihat sangat lucu dan imut. Di samping itu, kucing juga dapat melahirkan hingga beberapa ekor bayi kucing sekaligus dalam satu kali proses kelahiran. Lalu, tahukah Kamu bagaimana cara merawat anak kucing baru lahir?

Agar anak kucing berkembang dengan baik dan sehat, tentu saja Kamu mesti merawat bayi kucing dengan benar. Namun bagi Kamu yang belum berpengalaman mengorganisir atau merawat anak kucing, Kamu mampu ikuti panduan cara merawat anak kucing baru lahir berikut!

Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Baru lahir 200x112 - Cara Merawat Anak Kucing Gres Lahir
Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Panduan Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Kamu harus tahu bahwa bayi kucing yang belum lama dilahirkan lazimnya memiliki kondisi tubuh yang belum begitu berpengaruh. Biasanya mereka tergolong masih lemah, serta beresiko mengalami gangguan kesehatan. Anak kucing gres lahir yang tidak diurus dan terlantar dengan baik, tak jarang mampu mati begitu saja.

Maka dari itu, Kamu harus tahu metode merawat anak kucing gres lahir dengan baik agar tumbuh sehat hingga akil balig cukup akal. Berikut panduannya :

1. Pastikan Suhu Kandang Tetap Hangat

Cara merawat anak kucing gres lahir yang pertama adalah dengan menjaga agar suhu kandang tetap hangat. Temperatur kandang sangat berpengaruh kepada kesehatan bayi kucing-mu. Kita tahu bahwa kondisi anak kucing umumnya masih lemah, oleh alasannya itu tugasmu di sini ialah harus tetap mempertahankan agar temperatur sangkar tetap hangat.

Baca Juga:   Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Temperatur kandang kucing yang hangat dapat mencegah anak kucing tersebut dari suhu yang terlalu cuek. Adapun salah satu teknik yang tepat biar temperatur di sangkar tetap hangat adalah memasang lampu di kandang. Di samping itu, Kamu juga harus menambahkan beberapa kain yang tebal supaya suhu sangkar lebih stabil.

2. Membersihkan Plasenta Induk kucing

Ketika induk kucing sudah simpulan melahirkan, Kamu memang harus merawat bayi kucing secepatnya. Akan namun, Kamu juga perlu melaksanakan perawatan induk kucing. Bersihkan plasenta induk kucing yang tersisa. Pada dasarnya, memang kucing mampu melahirkan sendiri. Akan tetapi, untuk membersihkan bab plasenta ini, mereka memerlukan bantuanmu. Sebenarnya membersihkan plasenta juga mampu membantu bayi kucing baru lahir.

Jika plasenta kucing sudah dibersihkan, maka bayi kucing pun akan mendekat terhadap indukannya dnegan mudah tanpa rasa jijik, akhir wangi wangi sisa plasenta.

3. Menempatkan Anak Kucing Bersama Induk

Cara merawat anak kucing baru lahir berikutnya adalah pastikan untuk menempatkan anak kucing bareng induknya. Ini merupakan hal paling penting yang perlu diamati. Sama halnya dengan insan, tentu saja anak kucing gres lahir ingin menerima kasih sayang dan sentuhan kehangatan sang induk yang mau menjaga mereka.

Kamu mampu memasukkan induk beserta anak kucing di kawasan yang serupa. Pastinya, Kamu mesti tetap memperhatikan ukuran pada sangkar. Selain itu, pasitkan pula ukuran kandang cukup luas supaya induk kucing dan anaknya lebih leluasa. Kamu bisa membiarkan induk kucing tetap bareng anaknya hingga induk kucing bisa menyusui seluruh anaknya.

4. Jangan Terlalu Sering Memegang Anak Kucing Ketika Usianya Belum Genap 1 Minggu

Memang anak kucing memiliki fisik yang menggemaskan juga imut. Mengingat fisiknya itulah, hampir seluruh pemilik kucing ingin tau ingin memegangnya. Akan namun, Kamu harus tahu bahwa ada peraturan yang harus dikerjakan dalam perawatan bayi kucing baru dilahirkan.

Sebaiknya jangan terlalu sering memegang si bayi kucing utamanya ketika usianya masih belum 1 minggu. Alasannya dikarenakan induk kucing tentu saja akan murka jika Kamu memegang anak kucing yang kondisinya masih lemah. Di samping itu, umumnya keadaan fisik si bayi kucing yang usianya di bawah 1 minggu masih lemah. Kamu mesti memperhatikan hal ini, alasannya adalah akan berbahaya jika Kamu memegangnya terlalu sering.

Baca Juga:   Cara Merawat Sepatu Kulit

5. Memastikan Anak Kucing Mendapatkan Susu yang Cukup dari Induknya

Cara merawat anak kucing baru lahir selanjutnya yaitu tentukan anak kucing yang Kamu rawat menerima asupan susu yang cukup dari induknya. Susu dari induk secara eksklusif ialah nutrisi yang penting sekali bagi bayi kucing. Pasalnya dengan asupan air susu induknya, anak kucing akan berkembang dengan berpengaruh dan sehat. Sebagaimana dimengerti, biasanya anak kucing masih belum bisa mengkonsumsi makanan lain selain asupan air susu dari induknya.

Kaprikornus kamu mesti tentukan induk kucing mengkonsumsi masakan bergizi. Karena bagaimanapun, jenis asupan masakan yang disantap induk kucing sangat besar lengan berkuasa kepada mutu dan buatan air susu. Selain itu, tentukan Kamu menawarkan kuliner yang kaya nutrisi untuk induk kucing. Pastikan pula induk kucing semoga tidak stres sehingga air susu pun dapat keluar dengan melimpah.

6. Perhatikan Kondisi Buang Air Anak Kucing

Bayi kucing yang baru dilahirkan lazimnya akan mengalami problem kelangsungan saat buang air besar maupun kecil. Sebenarnya hal ini masih mampu dibilang wajar, mengenang organ mereka masih belum mampu melakukan pekerjaan dengan optimal. Oleh karena itu, Kamu di sini mesti berperan aktif. Apabila bayi kucing masih belum mampu membersihkan sisa kotoran buang air, Kamu sebagai pemiliknya mampu membersihkannya memakai tisu lembap.

7. Timbang Berat Badan Bayi Kucing

Hal yang jangan sampai dilewatkan dikala merawat bayi kucing yaitu Kamu mesti menimbang berat badan anak kucing. Ini juga cukup penting, apalagi untuk menganalisa pertumbuhan bayi kucing tersebut. Kamu bisa menimbang anak kucing dikala usianya sudah meraih 2 bulan.

8. Periksakan Kesehatan Kucing

Normalnya, kucing biasanya mengalami pertumbuhan sampai 10 gram setiap hari. Melalui perkiraan ini, Kamu mampu memperkirakan berat bayi kucing ketika berusia 2 bulan. Apabila dalam usia dua bulan ternyata berat kucing kurang, ini artinya terjadi problem dalam kala pertumbuhannya. Kamu harus cek keadaan kesehatan anak kucing .

9. Membersihkan Mata Kucing dengan Teratur

Cara merawat anak kucing gres lahir yang jangan sampai dilewatkan adalah membersihkan mata kucing. Metode ini sungguh penting sekali untuk dijalankan. Dengan rutin membersihkan mata pada bayi kucing secara terencana, pastinya kucing menjadi terlihat lebih higienis. Pastinya menciptakan peliharaanmu ini kian bertambah lucu dan sehat.

Baca Juga:   Cara Menciptakan M Banking Bca

Adapun caranya bersihkan mata kucing memakai air hangat. Sebaiknya persiapkan air hangat di baskom dengan lap higienis. Kemudian kompres mata anak kucing lalu bersihkan beberapa kotoran di mata kucing yang menempel. Di samping mengganggu panorama, kotoran pada mata kucing juga mampu mengakibatkan persoalan penglihatan.

10. Jaga Kebersihan Kandang

Pastikan sangkar pada anak kucing dalam kondisi higienis biar kebersihan dan kesehatan badannya tetap tersadar. Bersihkan kandang kucing setiap hari, tentukan tanpa ada tumpahan susu ataupun masakan.

Itulah 10 cara merawat anak kucing gres lahir yang bisa Kamu lakukan agar anak kucing menjadi berkembang sehat. Pastikan melaksanakan perawatan kepada anak kucing baru lahir dengan baik lewat bimbingan di atas. Semoga berguna dan selamat mencoba!

close