May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Bunga Aglonema

Cara merawat Bunga Aglonema1 200x112 - Cara Merawat Bunga Aglonema

Jika Kamu tergolong pencinta tanaman hias, maka jangan lewatkan flora aglonema selaku salah satu flora hias terkenal. Bunga aglonema mempunyai corak daun khas yang bisa menciptakan halaman rumah maupun ruangan di dalam rumah lebih indah untuk dipandang. Sebenarnya cara merawat bunga aglonema sendiri cukup mudah dan Kamu bisa menjumpainya di aneka macam macam tempat. Makara wajar apabila tanaman ini banyak diincar orang.

Apabila Kamu memutuskan merawat bunga aglonema untuk dijadikan flora hias, pastinya mesti mengetahui cara merawat bunga aglonema dan karakteristiknya. Tanaman hias populer ini juga mempunyai banyak sekali jenis dilihat dari perbedaan bentuk daun, corak warna dan yang lainnya.

Kamu tak perlu cemas alasannya bunga aglonema mampu dibilang sebagai tumbuhan hias dengan perawatan yang sungguh gampang.

Mengenal Tanaman Hiasa Bunga Aglonema

Tanaman bunga aglonema tergolong sejenis tanaman hias yang mempunyai keunggulan dilihat dari corak daun berupa unik serta khas yang mampu mempercantik hunianmu. Bahkan beberapa negara menganggap bahwa flora aglonema sebagai sebuah simbol keberuntungan.

Pada prakteknya, aglonema memiliki sejumlah manfaat untuk kehidupan manusia, diantaranya sebagai suplai oksigen, hingga pengurang stres saat Kamu menjadikannya sebagai flora hias.

Cara Merawat Bunga Aglonema

Cara merawat Bunga Aglonema1 200x112 - Cara Merawat Bunga Aglonema
Merawat Bunga Aglonema

Panduan Merawat Bunga Aglonema

Cara merawat bunga aglonema yang juga disebut selaku bunga Sri Rezeki sangat mudah. Sebenarnya ada banyak jenis bunga aglonema yang bisa Kamu peroleh, diantaranya bunga aglonema moonlight, aglonema harlequin, aglonema widuri merah, aglonema bidadari, aglonema red cochin, dan yang lain. Jika Kamu penasaran ingin merawat tanaman bunga aglonema, berikut ulasannya :

1. Media Tanam Harus Gembur dan Subur

Supaya aglonema yang Kamu rawat berkembang biak, maka Kamu dapat merencanakan media tanam dari tanah yang gembur dan subur. Dengan media tanam yang baik tentunya bisa kuat pada kemajuan tanaman, seperti tanaman aglonema yang mampu berkembang baik. Media tanam yang subur mampu membuat lebih mudah penetrasi pada akar maupun taunas flora untuk tumbuh baik.

Baca Juga:   Cara Login Npwp

Pasalnya media tanam untuk aglonema yang subur harus memiliki komposisi yang lengkap, tidak menahan terlampau banyak air namun tetap lembab. Selain itu, tanah selaku media tanam bunga aglonema mesti mengandung nutrisi yang cukup biar tanaman hiasa mampu berkembang optimal serta gampang bertunas.

Adapun komposisi dari beberapa media tanam biar aglonema tumbuh dan cepat beranak adalah sebagai berikut :

  • Campuran tanah, cocopeat, kompos dan arang lewat perbaandingan komosisi 2:1:1:1 atau juga bisa 1:1:1:1.
  • Sekam padi, pupuk sangkar dan tanah lewat perbandingan 1:1:1.
  • Sekam padi, tanah dan kompos melalui perbandingan 1:2:1.

Kamu mesti menyesuaikan komposisi media tanam menurut bentuk atau wadah potnya. Pastingan jangan mengisi media tanam sampai sarat , Kamu bisa menerka-ngira kebutuhannya.

2. Jangan Memasukkan Media Tanam Sampai Penuh Pada Pot

Cara merawat bunga aglonema selanjutnya, sehabis merencanakan media tanam aglonema, Kamu harus menciptakan media tersebut melakukan pekerjaan dengan cara maksimal. Adapun caranya seharusnya tidak memasukkan tanah atau media tanam terlalu sarat pada pot atau wadah yang ditanami aglonema. Pastikan media tanam tak hingga mendekati bab verbal pot flora. Kamu tinggal memasukkan media tanam sampai 1/2 pot saja.

Kamu harus mengerti, penempatan media tanam terlalu penuh justru mampu menciptakan tumbuhan akan sukar sumbuh balasan buruknya sirkulasi udara yang menimbulkan aglonema kekurangan oksigen.

3. Rutin Memberikan Pupuk

Agar bunga aglonema tumbuh subur serta cepat bertunas, maka Kamu mesti memberikan pupuk flora secara rutin. Pupuk yang diberikan tak perlu terlalu sering, tetapi cukup 3 bulan sekali biar kesuburan tumbuhan aglonema tetap tersadar. Kamu bisa menunjukkan jenis pupuk kandang atau kompos agar bunga aglonema ternutrisi secara maksimal.

Pupuk yang diberikan dengan cara rutin tersebut bisa menolong flora aglonema tumbuh subur dan lebih segar. Kamu tak perlu mesti memberi pupuk terlalu banyak, berikan secukupnya saja.

4. Menyemprotkan Larutan Vitamin B1

Pemberitan vitamin B1 juga mesti dilakukan untuk merawat bunga aglonema. Kamu mampu memakai larutan air dari bekas cucian beras agar menerima kecukupan vitamin B1 dengan mudah bagi bunga aglonema.

Baca Juga:   Cara Merawat Keladi

Namun Kamu harus tahu bahwa bekerjsama bukan air dicampur berat, melainkan air yang Kamu gunakan untuk membersihkan atau mencuci beras. Nah, larutan ini memiliki kegunaan untuk menumbuhkan dan menyuburkan tumbuhan aglonema. Larutan air hasil cucian beras biasanya mengandung zat hara cukup tinggi, seperti vitamin B1 untuk kemajuan bunga aglonema.

Dalam cara merawat bunga aglonema, pinjaman larutan air beras dapat dilakukan tiap 2 minggu sekali. Jangan terlampau banyak dan sering pemberiannya, seperlunya saja.

5. Pakai Pot yang Sesuai

Tak cuma memperhatikan pemilihan media tanam aglonema saja, Kamu juga mesti menggunakan pot yang cocok untuk tanaman aglonema. Adapun alasannya adalah karena beberapa macam tumbuhan aglonema memiliki persyaratan pot tertentu yang berbeda. Karena ada jenis aglonema tertentu yang tak dapat tumbuh baik pada pot dengan genangan air. Perhatikan pot yang Kamu pilih sesuai, ialah harus mempunyai lubang drainase mencukupi biar penyiraman air dapat terkontrol dengan baik.

Adapun jenis pot paling ideal untuk menanam aglonema adalah pot yang berbahan dasar tanah liat dengan pori-pori, balasannya mampu menyerap air agar tak berlebihan.

6. Penyiraman Secukupnya dan Secara Berkala

Kamu juga harus berkala menyiram tumbuhan aglonema. Hal ini dikerjakan biar tanaman ini cepat beranak, tetapi tetap mesti fikirkan takaran yang diberikan seperlunya. Fungsi penyiraman air tersebut ialah untuk melarutkan zat hara dari dalam tanah kemudian menyebarkannya sampai ke seluruh bab pada tanaman aglonema selaku nutrisi. Pemberian air sangat diharapkan biar tanaman dapat bertunas dengan segera.

Hindari menyiramnya berlebihan, apalagi jikalau sampai menggenang bahkan keluar dari lubang drainase. Karena hal ini bisa membuat flora aglonema menjadi lembab, sehingga gampang bacin. Selain itu, kamu bisa menyiramnya tiap 3-4 hari sekali semoga tanamna aglonema tumbuh baik.

7. Proses Penggemburan Media Tumbuh

Cara merawat bunga aglonema lainnya yakni tentu saja Kamu mesti melaksanakan proses penggemburan pada media tumbuh aglonema. Penggemburan ini dapat dilakukan tiap 2-4 minggu sekali. Tahapan penggemburan tanah wajib dilakukan secara berkala , biar tak merusak akar maupun tunas pada tumbuhan. Tujuannya yaitu untuk memecahkan media berkembang yang sudah menggumpal, memadat serta mengeras.

Baca Juga:   Cara Merawat Bunga Matahari

Kamu harus tahu bahwa aglonema ialah flora yang membutuhkan media tanah yang bertekstur gembur, sehingga Kamu mesti memperhatikan media penanamannya dnegan rutin. Makara jangan hingga cuma menyiramnya secar arutin saja, alasannya adalah tanah pun mampu kekurangan zat hara serta perlu diperbaharui hingga digemburkan kembali.

8. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Kamu juga harus tahu bahwa flora aglonema membutuhkan kecukupan asupan cahaya matahari, cuma saja jangan sampai tanaman ini terpapar sinar matahari pribadi. Sebab bahu-membahu tumbuhan ini mampu bertahan hidup pada ruangan yang paparan sinar mataharinya minim sekalipun. Selain itu, sinar matahari berlebihan mampu merusak corak pada daun bunga tanaman ini,khususnya warna daunnya bisa memudar bahkan mengering serta layu.

Nah, itulah 8 tahapan cara merawat bunga aglonema dengan baik biar berkembang subur dan cepat bertunas. Semoga berguna dan selamat mencoba!

close