May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Cara Merawat Calathea Black Lipstick 200x112 - Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Calathea black lipstick yaitu sejenis tumbuhan hias populer yang sekarang banyak dicari. Tanaman hias ini termasuk keluarga dari marantaceae dan berasal dari negara Amerika Serikat. Akan namun, berdasarkan beberapa sumber, calathea black lipstick tergolong varietas baru dari Papua. Bunga yang juga disebut dengan nama meranti ini mempunyai daun lebar yang bercorak khas pada tiap jenis tanamannya. Lalu, bagaimana cara merawat calathea black lipstick?

Jenis-Jenis Calathea

Bunga calathea di lingkungan yang sejuk dan teduh iala daerah yang ideal untuk tumbuh kembang calathea. Selain itu, tumbuhan ini bila terkena sinar matahari daunnya pribadi menggulung serta kualitas bunganya pun akan menurun. Selain calathea black lipstick, Kamu mesti mengenali jenis-jenis calathea lainnya diantaranya :

1. Calathea Ornata

Merupakan sejenis calathea dari Amerika Selatan. Jenis tumbuhan ini dikenal juga sebagai Pinstripe calathea. Tanaman calathea ornata ini berkembang dengan batang lunak. Memiliki bentuk oval dan elips yang berskala lebar. Daunnya berwarna hijau serta merah keunguan dan bermotif garis-garis yang berwarna putih di area sepanjang tulang daunnya.

2. Calathea Majestica

Ini yaitu jenis calathea yang berukuran besar. Daun tumbuhan ini berwarna hijau renta di bagian atasnya sedangkan warna di bagian bawahnya cokelat keunguan. Memiliki panjang sekitar 60 cm dengan lebar berukuran 26 cm. Adapun bunga calathea majestica ini memiliki warna dasar berwarna kuning muda, di bagian atasnya terlihat berwarna putih serta di bagian bawahnya berwarna hijau muda. Bunga calathea jenis ini muncul dari bab tangkai panjang.

3. Calathea Rose Painted

Tanaman ini berasal dari Brazil bagian barat dan utara. Tanaman ini tergolong tanaman evergreen dan mampu tumbuh pada ketinggian flora 50 cm. Jenis daun calathea ini mempunyai bentuk yang bulat serta bab atas pada daunnya tampak berwarna hijau. Sedangkan pada daun bagian bawahnya berwarna merah.

Baca Juga:   Cara Transfer Atm Bri

Memiliki motif garis-garis yang berwarna cream atau pink pada urat serta permukaan daunnya. Jenis bunga calathea ini lazimnya akan mekar dikala demam isu panas dan berwarna putih serta berwarna ungu dan berskala kecil, tidak mencolok. Meskipun demikian, bunga ini tetap indah dilihat.

4. Calathea Peacock

Tanaman calathea peacock atau calathea bulu merak yakni sejenis calathea dengan daun bermotif menarik dan cantik. Tanaman ini mempunyai daun yang berupa lebar dengan bagian ujungnya yang lancip. Memiliki motif daun seperti bulu merak dengan daunnya yang berwarna kombinasi hijau keputihan, hijau muda dan hijau renta.

Calathea peacock ialah salah satu opsi tanamna indoor yang dipakai sebagai penghias ruangan yang disimpan di sudut rumah. Di samping itu, jenis tanaman calathea ini bisa menyerap paparan radikal bebas di dalam ruangan.

5. Calathea Black Lipstick

Tanaman calathea black lipstick yaitu tumbuhan dari Papua. Tanaman ini umumnya dikenal selaku calathea dottie di luar Indonesia. Akan namun, tanamna ini jarang sekali ditemui di pasaran. Karakteristik calathea black lipstick terlihat dari warna daunnya.

Biasanya daun calathea memiliki warna hijau, tapi pada tanaman ini daunnya tampak berwarna gelap keunguan yang mempunyai garis merah muda. Uniknya lagi, tanaman calathea ini lazimnya lebih cocok kalau diposisikan di dalam ruangan tanpa paparan sinar matahari langsung agar warna daunnya menjadi optimal.

6. Calathea Makoyana

Calathea makoyana memiliki corak garis-garis yang warna dasar di bagian bawah daunnya berwarna merah maroon, sedangkan pada bagian atasnya berwarna hijau. Tanaman calathea ini memiliki bunga berwarna putih. Adapun lingkungan ideal tempat flora ini berkembang adalah di lingkungan lembab yang bersuhu ideal 15 sampai 24oC.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Calathea Black Lipstick

Sebelum membahas cara merawat calathea black lipstick, Kamu harus tahu dahulu huruf dan syarat perkembangan calathea black lipstick. Berikut ulasannya :

1. Mempunyai Tampilan Unik

Calathea black lipstick mempunyai keunikan tersendiri dari warna dan corak daunnya. Daun tumbuhan tersebut nyaris sama seperti jenis calathea yang lainnya, tergolong calathea rose painted. Akan namun, tampak perbedaan dari warna daun tanamannya yang unik. Selain itu, calathea rose painted mempunyai daun berwarna hijau yang bercorak warna cream atau putih.

Baca Juga:   Cara Cat Ulang Tembok

Pada calathea black lipstick sendiri memiliki warna daun gelap keunguan yang memiliki corak bergaris merah gampang. Terlihat berwarna gelap bisa memancarkan kesan yang mewah dan kuat, karenanya dapat mempengaruhi karkater ruangan.

2. Tak Boleh Terpapar Sinar Matahari Langsung

Mirip seperti tanaman hias dalam ruangan yang lain, tanaman calathea black lipstick ini sungguh ideal tumbuh di area indoor yang tak terpapar sinar matahari secara eksklusif. Metode ini bisa menciptakan daunnya menampilkan warna secara optimal.

3. Berguna Untuk Menyuplai Oksigen di Dalam Rumah

Tanaman meranti pun mampu menyuplai oksigen di ruangan rumah supaya senantiasa segar. Memiliki daun berwarna keunguan yang menarik sehingga membuat rumahmu kian indah.

Cara Merawat Calathea Black Lipstick

Cara Merawat Calathea Black Lipstick 200x112 - Cara Merawat Calathea Black Lipstick
Merawat Calathea Black Lipstick

Tutorial Merawat Calathea Black Lipstick

Berikut di bawah ini ada beberapa bimbingan cara merawat calathea black lipstick dengan baik yang bisa Kamu coba. Ini beliau ulasannya :

1. Mendapatkan Asupan Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman ini termasuk sejenis tumbuhan hias yang tak bisa mendapatkan paparan cahaya matahari langsung. Dengan demikian, flora ini mesti diletakkan di area yang menerima penyinaran matahari yang terang namun tidak pribadi. Calathea black lipstick lazimnya akan tetap berkembang dengan baik di area yang kurang pencahayaan.

Tanaman calathea sebaiknya ditaruh di dalam ruangan maupun di area yang tak secara eksklusif terpapar sinar matahari. Metode ini bisa mmebuat bagian daunnya menampilkan warna yang maksimal serta memancarkan sisi mewah .

2. Melakukan Penyiraman yang Cukup

Cara merawat calathea black lipstick selanjutnya yaitu melaksanakan penyiramna yang cukup pada flora. Kontrol kepada tata cara kelembaban lingkungan sekitar dan media tanam mampu dilakukan dengan penyiraman yang dengan intensitas yang cukup. Jenis tanaman hias ini memang membutuhkan banyak air namun penyiraman yang dikerjakan setiap hari bisa menciptakan tumbuhan pun akan mati membusuk.

Selain itu, pastikan pot tumbuhan yang digunakan mampu mengalirkan air sisa sehingga air tak menggenang di dalam pot. Lebih baik Kamu menyiram flora calathea dengan tetap memperhatikan kondisi pada media tanamnya. Kamu mampu menyiram tumbuhan saat media tanamnya tampak kering sedikit.

Baca Juga:   Cara Bayar Shopee Melalui Atm

3. Tahap Pemupukan

Untuk tunjangan pupuk lazimnya dikerjakan di permulaan penanaman, sebaiknya diberikan setiap sebulan sekali. Kemudian, pemupukan serta pertolongan obat tanaman calathea ini dilakukan tiap 2 minggu sekali atau 3 bulan sekali tergantung dari kondisi tanaman. Biasanya tumbuhan ini memang tak gampang terkena penyakit dan hama. Namun Kamu dapat memberikannya pupuk NPK, pupuk kandang atau yang yang lain.

Selain itu cara merawat calathea black lipstick lainnya adalah ganti wadah atau pot secara terencana serta mengganti media tanam setiap 6 bulan sekali agar lebih subur dan sehat. Jangan biarkan media tanam calathea bercampur dengan tanah, alasannya mampu membuat tumbuhan membusuk.

Demikianlah ulasan wacana cara merawat calathea black lipstick yang mampu Kamu coba bila Kamu penyuka flora yang satu ini. Semoga bermanfaat!