counter create hit

Cara Merawat Ikan Koi

Bagikan:

Bagaimana cara merawat ikan koi? Ikan koi ialah sejenis ikan hias paling banyak digemari untuk dipelihara, alasannya mempunyai keunikan dari coraknya. Adapun corak yang paling terkenal yakni perpaduan dari warna hitam, perak dan merah. Ikan koi juga populer alasannya harganya sungguh mengagumkan. Selain itu, ikan ini berasal dari Jepang dan mempunyai simbol keberuntungan, cinta dan persahabatan.

Karakteristik Ikan Koi

Sebelum mengetahui cara merawat ikan koi, Kamu mesti mengetahui karakteristik ikan koi terlebih dahulu. Ikan koi mempunyai karakteristik tersendiri adalah masih tergolong family ikan mas dan mempunyai nama ilmiah Cyprinidae. Pasalnya ikan koi mempunyai ciri fisik yang perawakan tubuhnya memanjang sama mirip torpedo.

Ikan ini memiliki sirip pada bagian pinggul, punggung serta sepasang pada bagian ekor dan dada. Sementara bab kepalanya memiliki bentuk mirip ikan mas yang mempunyai kumis kecil memiliki kegunaan untuk mendeteksi adanya masakan di sekitarnya. Selain itu, ikan koi mempunyai lapisan epidermis licin untuk dapat melindungi tubuhnya terhadap serangan parasite.

Banyak orang yang yakin jika warna pada sisik ikan ini menentukan usianya. Selain itu, ikan koi mempunyai indera perasa di bagian urat sarafnya tepatnya di bagian bawah sisik. Inilah yang membuatnya dapat menyerap sekaligus merasakan sel warna, sebab itu tubuhnya bercorak unik. Sementara itu, telinga dari ikan koi sendiri mampu mendeteksi adanya getaran suara melalui bagian tengah kepala sampai ekornya.

Cara Merawat Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi 200x112 - Cara Merawat Ikan Koi
Merawat Ikan Koi

Tutorial Merawat Ikan Koi

Sebenarnya ada berbagai macam jenis ikan koi yang bisa kita peroleh, mulai dari ikan koi Goshiki, Koi Slayer, Saragoi, Tancho, Matsuba, Hikarimono, dan lain sebagainya. Meskipun banyak jenisnya, tetapi cara merawat ikan koi untuk semua jenis kurang lebih sama. Hanya saja, perbedaannya dilihat dari corak warna, ukuran tubuh serta kebiasaannya. Nah, jika Kamu pemula yang berencana merawat ikan koi, berikut ada beberapa langkah perawatan ikan koi yang mampu dicoba :

Baca Juga:   Cara Merawat Jam Tangan

1. Memilih Kolam Ikan Koi

Langkah pertama merawat ikan koi pertama yakni dengan mempersiapkan kolam ikannya terlebih dulu demi memastikan jika ikan koi memiliki kawasan untuk tinggal yang nyaman. Kamu bisa menggunakan jenis bahan material apapun dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm.

Akan lebih baik lagi kalau Kamu membuat sekitar 1 meter supaya bisa menampung air sampai 1100 liter. Sementara untuk lebarnya sendiri, Kamu mampu mengkreasikan sesuai kebutuhan dan keinginannya asalkan ikan koi masih tetap mempunyai ruang gerak mencukupi. Dengan begitu ikan koi ini bisa lebih lama bertahan hidup.

Kamu mesti tahu bahwa meskipun cuma sejenis ikan hias, tetapi ikan koi bisa berkembang lebih besar, lain halnya dengan ikan berskala kecil. Inilah argumentasi kenapa ikan koi tidak akan leluasa jika ditempatkan di akuarium, hasilnya ikan ini membutuhkan kolam untuk tempat pertumbuhannya secara optimal.

2. Pakai Air Bersih Untuk Mengisi Kolam

Setelah menyiapkan kolamnya, Kamu tinggal mengisi kolam memakai air bersih sebelum Kamu memasukkan ikannya. Setelah itu, diamkan air selama 2-3 hari sebelum Kamu memasukkan ikan ke dalamnya agar bacin cat atau semen yang tersisa di kolam mampu hilang.

Kemudian ganti menggunakan air bersih gres agar ikan tidak mati alasannya adalah mampu saja ada materi kimia yang masih melekat pada permukaan kolam. Kamu bisa melakukan uji coba, caranya dengan menempatkan ikan koi keecil biar memeriksa keadaan bak.

3. Membeli Bibit Ikan Koi yang Berkualitas dan Sehat

Cara merawat ikan koi berikutnya yakni pastikan Kamu menentukan bibit ikan koi bermutu dan jangan terpengaruhi berbelanja bibit ikan yang harganya murah. Dengan kualitas bibit ikan yang sehat merupakan kunci utama karena mampu kuat bagi tumbuh kembang ikan koi itu sendiri.

Ikan koi bermutu dan sehat umumnya cuma memerlukan waktu sebentar saja untuk menyesuaikan atau mengikuti keadaan dengan kolam yang baru. Namun sebaliknya, mutu dari ibibit ikan yang rendah bisa membuatmu lebih ribet mengurusnya, justri bisa mudah mati. Oleh sebab itu, semestinya beli bibit bermutu dan sehat walaupun Kamu mesti merogoh kocek lebih dalam.

Baca Juga:   Cara Merawat Bunga Aglonema

4. Melakukan Karantina Ikan Sebelum Menempatkannya di Kolam

Cara merawat ikan koi selanjutnya, setelah Kamu berbelanja bibit berkualitas berikutnya Kamu mesti melaksanakan karantina ikan terlebih dulu sebelum ikan tersebut dimasukkan ke bak. Adapun caranya cukup menaruh ikan ke wadah besar atau baskom besar. Kamu mampu membatasi jumlah koi pada satu wadah saja supaya ikan tidak stres.

Tentu saja, proses karantina harus dilakukan tujuannya biar koi tidak terkejut saat dipindahkan pertama kali dari tempat yang sebelumnya. Sebab daerah sebelumnya hampir ibarat kolam ikan dan material bejana tersebut. Kamu mampu melaksanakan karantina ikan di bejana selama 2-3 hari. Lalu Kamu mampu memasukkannya secara perlahan ke bak air bersih.

5. Menanam Tanaman Air

Supaya lebih mirip bentuk habitat aslinya, Kamu mampu menyertakan tumbuhan air ke dalam bak. Tanaman air ini mampu menjadi sumber nutrisi untuk pertumbuhan ikan koi biar lebih maksimal. Kamu mampu menanam air mirip teratai atau alga serta duckweed.

Hal ini dikarenakan flora alga mampu memasok tambahan oksigen pada air agar membuat kolam lebih sehat bagi ikan koi. Tak hanya baik bagi ikan koi, namun flora air tersebut juga dapat memperbesar keindahan bak ikan.

6. Memasang Filter Air

Cara merawat ikan koi selanjutnya, Kamu juga harus memasang filter air. Filter air ini akan sungguh berpengaruh terhadap kualitas air pada kolam sebagai daerah habitat ikan ini. Filter air dapar menyaring berbagai macam kotoran halus serta mampu meminimalisir racun berupa ammania menurut sisa hasil pencernaan ikan, alasannya adalah bisa mengotori bak. Selain itu, filter air ini mampu mempertahankan kebersihan pada air kolam sekaligus dapat meningkatkan mutu hidup ikan koi.

Kamu mesti tahu bahwa ikan koi memiliki abjad yang tak menyukai air keruh atau kotor, pastinya hal ini berbeda dari ikan lele. Memakai filter air mampu sangat membantumu untuk memelihara kebersihan airnya.

7. Memberi Makanan Pelet Berkualitas

Makanan pelet yaitu hal paling penting dalam perawatan ikan, utamanya ikan hiasa yang satu ini. Kamu mesti menunjukkan pakan pelet berkualitas dengan kandungan protein tinggi guna memenuhi kebutuhan masakan dari ikan koi. Adapun pelet berkualitas yaitu yang mengandung protein di atas 30% dan mempunyai kandungan lemak sekitar 5%.

Baca Juga:   Perbedaan Spek & Harga Samsung Galaxy M20 Vs Galaxy M10

Namun sebelum menunjukkan pelet, Kamu sebaiknya merendam pelet tersebut lebih dahulu kurang lebih selama 30-60 detik biar lebih mudah dikonsumsi ikan. Pastikan untuk memberi pakan ikan koi 2 kali sehari, di pagi maupun sore hari dalam komposisi seperlunya. Tak cuma pelet khusus untuk ikan, Kamu juga dapat memberi makan dengan memakai jentik nyamuk, kutu air, dan cacing rambut.

8. Pemberian Nutrisi Tambahan

Di samping harus memberikan makan dengan rutin seperlunya tak terlampau banyak, Kamu mesti menambahkan nutrisi perhiasan bagi ikan koi. Tujuannya agar pertumbuhan ikan mampu berjalan secara optimal. Kamu dapat menawarkan pemanis nutrisi 2 ahad sekali, contohnya dengan sumbangan wortel, selada dan kacang polong.

Itulah 8 cara merawat ikan koi yang bisa Kamu coba kalau Kamu penyuka salah satu ikan hias terkenal ini. Gimana, cukup mudah kan?


Bagikan:
close