May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Kamera Dlsr

Cara Merawat Kamera DSLR 200x112 - Cara Merawat Kamera Dlsr

Jika Kamu mempunyai kamera DLSR, tentu saja harus tahu cara merawat kamera DLSR itu sendiri. Hal ini dikarenakan, kamera ini ppun perlu perawatan yang bagus semoga lensanya tetap bersih dari kotoran dan abu. Di samping itu, dengan merawat kamera DLSR dengan baik tentunya menciptakan kamera tetap infinit. Dengan demikian, mampu memperpanjang usia penggunaan kamera itu sendiri.

Kamera DSLR memang diketahui tangguh sekali karena dapat melakukan pekerjaan di suhu dan lingkungan ekstrem. Akan namun, perawatan yang terencana bisa membantunya mampu melakukan pekerjaan dengan lebih andal dan lebih lama penggunaannya. Mulai dari membersihkan kamera dari kotoran atau bubuk, menjaga kelembaban sampai memakai embel-embel yang bermutu. Nah, untuk lebih jelasnya Kamu bisa cek cara merawat kamera DSLR berikut ini!

Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR 200x112 - Cara Merawat Kamera Dlsr
Merawat Kamera DSLR

Panduan Merawat Kamera DSLR dengan Praktis

Bagi Kamu yang gres memiliki kamera DSLR, maka Kamu bisa mencoba cara merawat kamera DSLR dengan benar berikut ini :

1. Hindari Paparan Air dan Suhu Terlalu Lembab

Bagaimanapun kamera DSLR termasuk salah satu alat elektronika yang juga tak boleh terkena air. Bahkan walaupun sudah dilabeli waterproof, Kamu tetap mesti membatasi kontak antara kamera dengan air semoga kameramu tidak gampang rusak. Apalagi bila air berupa uap, seperti misalnya kamera DSLR diposisikan di area atau lingkungan yang memiliki kelembaban tinggi.

Adapun kelembaban tinggi ini artinya udara mempunyai kanduangan uap air sungguh tinggi, sehingga jikalau kontak dengan kamera bisa memasuki bab internal perangkat kamera. Dampaknya bisa mengakibatkan aneka macam kerusakan bahkan mampu menumbuhkan jamur pada kamera itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Merawat Laptop Asus

Pastikan untuk selalu membawa wadah kamera supaya Kamu tetap mampu menyimpannya dengan baik setelah tidak digunakan. Kamu bisa menempatkannya pada tas kamera agar terhindar dari paparan uap air pada kamera.

2. Merawat Baterai Kamera Dengan Tepat

Cara merawat kamera DSLR selanjutnya yaitu Kamu mesti merawat baterai kamera dengan benar. Biasanya kamera DSLR memakai baterai litium, sehingga mampu diisi ulang secara terus menerus, tetapi jumlahnya terbatas. Sesudah melakukan recharge sekitar 500 kali lebih, kemampuan baterai kamera dalam menyimpan dayanya menjadi semakin menurun.

Wajar kalau pada umumnya produk kamera usang umumnya baterainya menjadi lebih singkat habis meskipun foto yang sudah diambilnya tak terlalu banyak.

3. Membersihkan Lensa Kamera DSLR

Kamu juga mesti memperhatikan lensa kamera DSLR. Pastikan lensanya senantiasa jernih serta dapat menghasilkan foto dengan jernih. Adapun dalam cara merawat kamera DSLR terutama pada bab lensanya ini, Kamu harus membersihkannya menggunakan cairan pembersih secara khusus untuk lensa. Sebaiknya jangan pakai air biasa, karena biasanya kandungan mineral pada air mampu merusak kamera.

Selain itu, hindari menyemprotkan cairan pembersih secara eksklusif ke permukaan lensa. Alangkah baiknya semprotkan cairan ke lap mikrofiber sebelum menyekanya memakai lap khusus.

Bahkan tak sedikit orang yang kerap melaksanakan kesalahan dengan memegang lensa menggunakan jari tangan. Sebab lazimnya jari tangan mempunyai mempunyai kandungan minyak, sehingga bisa membuat kejernihan pada lensa kamera berkurang.

Langkah terakhir, kau harus selalu memakai tutup lensa kamera ketika sedang tak dipakai. Tujuannya agar abu tidak melekat di bab luar lensa kamera serta membuat gambar kamera menjadi buram.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara merawat kamera DSLR selanjutnya, sebaiknya hindari paparan sinar matahari eksklusif pada kamera. Walaupun kamera DSLR bergotong-royong tahan kepada cuaca dan lingkungan ekstrem, tetap aja kalau terpapar sinar matahari secara eksklusif mampu menciptakan kamera cepat rusak. Sebab bisa merusak lapisan pada kamera.

Di samping itu, kalau kamera terkena sinar ultra violet secara terus menerus, maka lapisan pada cat kamera menjadi lebih gampang pudar. Selain itu, warnanya tak akan lagi mulus seperti semula. Maka dari itu, jika Kamu bermaksud untuk melakukan pemotretan di luar ruangan, seharusnya pastikan untuk membawa tas kamera agar suhu kamera tetap cuek setelah dipakai selama beberapa dikala.

Baca Juga:   Cara Merawat Ikan Louhan

5. Melengkapi LCD Kamera Menggunakan Pelindung Layar

Tak jauh berbeda dengan merawat ponsel, bahu-membahu untuk merawat LCD DSLR juga mampu dipasangi pelindung layar atau screen guard. Pasalnya pelindung ini bisa mempertahankan biar layar tak tergores serta terkena sidik jari. Screen guard biasanya akan mempertahankan biar layar LCD tetap terlindung dari abu atau air.

Kamu tak perlu khawatir, alasannya adalah harga screen guard untuk kamera cukup terjangkau, namun kebanyakan fotografer malas atau lupa memasangnya. Justru pelindung layar kamera ini ialah satu-satunya tata cara untuk tetap mempertahankan biar layar LCD pada kamera tetap bersih dan tetap mulus.

6. Membersihkan Bodi Kamera Rutin

Cara merawat kamera DSLR berikutnya selain merawat LCD kamera, ialah membersihkan bagian bodi kamera. Kamu bisa memakai minyak kayu putih untuk membersihkan kamera. Alasannya alasannya adalah lazimnya minyak kayu putih akan lebih mudah kering dan kandungan airnya sangat sedikit.

Namun kini ada banyak cairan pemberish yang tersedia bila ingin membersihkan bodi kamrea. Kamu bisa menggunakan cairan tersebut dengan meneteskannya ke kain halus, kemudian poles kain ke seluruh bagian bodi kamera. Ingat, jangkau karet ring konsentrasi dan ring zoom pada lensa, karena bab-bab tersebut lazimnya terlupakan dikala seseorang membersihkan bab bodi kamera.

7. Memasang Filter Untuk Melindungi Lensa

Kamu juga bisa memasang UV filter ke dalam lensa kameramu. Pemasangan filter lensa kamera tak dapat meminimalkan mutu hasil bidikan kamera ini. UV filter inilah yang nantinya mampu menjaga supaya lensa terhindar dari efek buruk sinar UV dari matahari. Di samping itu, fungsi filter ini yakni untuk menghalangi kotoran dan abu melekat pada lensa.

Selain itu, filter juga wajib dibersihkan secara rutin saat Kamu membersihkan lensa kamera. Akan tetapi, Kamu tak perlu melakukannya secara hati-hati dalam bebersihkan filter tersebut, cukup dengan menggosoknya saja memakai kain halus.

8. Memasang Lens Hood ke Dalam Lensa Kamera

Lens Hood ini berfungsi untuk menangkal biar cahaya berlebih tidak masuk ke dalam sensor kamera. Kamu harus tahu jikalau cahaya berlebih masuk pada sensor kamera untuk jangka panjang dapat meminimalkan kepekaan sensor kamera itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Saluran Google Drive

Maka dari itu, dikala Kamu membidik foto pada ruangan terbuka dikala siang hari, tentukan untuk selalu menggunakan UV filter dan lens hood.

9. Memakai Shoulder Strap Ketika Mengambil Foto

Meskipun terkesan simpel, tetapi poin ini juga cukup penting dalam cara merawat kamera DSLR. Kamu harus memakai shoulder strap saat membidik foto dimanapun Kamu berada. Pasalnya tali tersebut berkhasiat untuk menggantung DSLR di leher dikala Kamu melaksanakan pengambilan foto.

Ini sangat penting semoga kamera DSLR kesayanganmu tidak terlepas atau jatuh dari genggaman. Kamu tak perlu khawatir alasannya harga tali kamera ini cukup terjangkau. Meskipun demikian, strap shoulder mampu melindungi kamera secara maksimal.

Nah, itulah 9 cara merawat kamera DSLR yang perlu Kamu lakukan semoga kamera DSLR tetap kekal dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

close