May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil 200x112 - Cara Merawat Kucing Kecil

Bagaimana cara merawat kucing kecil? Merawat kucing memang hal yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Meskipun Kamu belum mampu membeli Anggora atau Persia, Kamu mampu memulainya dengan merawat kucing kampung terlebih dahulu. Bahkan tak sedikit orang merawat kucing kampung kecil hingga cukup umur. Kucing memang hewan peliharaan yang menggemaskan dan cara perawatannya juga sangat mudah. Kaprikornus masuk akal jikalau banyak orang terpesona merawat kucing.

Cara Merawat Kucing Kecil

Cara Merawat Kucing Kecil 200x112 - Cara Merawat Kucing Kecil
Merawat Kucing Kecil

Merawat Kucing Kampung dari Kecil

Jika dibandingkan kucing lain, pastinya kucing kampung mempunyai sifat sedikit lebih liar. Ini artinya kucing ini selain bermain di rumah juga kerap kali pergi ke kawasan ramai, ke kebun, atau kemanapun. Hanya saja, masih banyak orang yang belum mengetahui cara merawat kucing kecil kampung dengan benar. Namun Kamu tak perlu khawatir, sebab ada beberapa kiat yang mampu dilaksanakan untuk merawat kucing :

1. Rawat Kucing dari Kecil

Jika dibandingkan merawat kucing besar, tentu akan semakin mengasyikkan kalau Kamu merawat kucing kampung dari kecil. Cara merawat kucing kecil sebetulnya cukup mudah. Apalagi kucing kampung yang masih kecil lazimnya sungguh menggemaskan. Di samping itu, Kamu pun dapat membentuk huruf hewan peliharaanmu ini sesuai cita-cita jika merawatnya dari sejak kecil.

Kucing kampung yang berumur 3 bulan lazimnya sungguh ideal sebab umumnya mereka telah mampu minum sendiri, serta tidak tergantung pada air susu induknya. Inilah yang membuat cara merawat kucing kecil kampung tak terlalu sukar.

Baca Juga:   Cara Merawat Hamster

2. Pemberian Makanan yang Cukup

Apapun jenis binatang peliharaanmu, pastinya Kamu mesti memberinya makan. Sama halnya dengan memelihara kucing kampung, penting untuk mengetahui jenis makanannya. Kamu harus tahu bahwa secara naluriah, kucing kampung menyukai makanan berupa ikan serta daging buruannya. Namun kebiasaan makan daging dan ikan mampu diubah kalau Kamu membiasakan kucing memakan masakan rumah dari sejak kecil.

Apabila Kamu berencana merawat kucing kampung, pastinya Kamu wajib menyediakan minuman dan makanan yang cukup dan layak. Seperti mulai menunjukkan nasi yang diaduk dengan ikan halus. Supaya kebutuhan nutrisi kucing terpenuhi, Kamu harus menyediakan makan kucing setidaknya 2-3 kali sehari. Asalkan porsinya tak terlampau banyak agar kucing tidak obesitas.

Selain itu, jika Kamu merawat kucing yang masih cukup kecil, seharusnya beri susu 2 kali sehari agar pertumbuhannya lebih baik dan sehat.

3. Biarkan Kucing Berburu Tikus Namun Jangan Sampai Memakannya

Sebenarnya aksara alami dari kucing kampung ialah berburu tikus. Pasalnya daging tikus dari hasil uruannya kadang kala menjadi kuliner yang mereka senangi. Namun jikalau Kamu ingin merawat kucing kampung, maka semestinya beri makanan kucing yang pantas serta mengandung nutrisi baik bagi kucing. Jadi bukan bermakna harus melarangnya untuk berburu tikus.

Berburu tikus boleh-boleh saja alasannya adalah kita tidak bisa meniadakan sifat alaminya, asalkan jangan sampai kucing peliharaanmu memakannya. Selain itu, berburu tikus juga sengat membantumu untuk mempertahankan agar rumah dijauhi dari hama dan tikus.

4. Buatkan Tempat yang Layak Untuk Kucing

Cara merawat kucing kecil berikutnya yakni buatkan kandang atau daerah kucing. Kucing kampung memang tidak bisa senantiasa tinggal di dalam rumah. Namun Kamu tetap perlu menghalangi waktu bermain kucing di luar serta membuatkannya sangkar untuk daerah tinggal kucing dengan nyaman.

Apabila memungkinkan, Kamu mampu berbagi tempat latihan buang air dan tempat pup di dalam kandang. Sehingga, kebersihan kandang kucing tetap tersadar. Kamu tinggal membersihkan kandangnya saja secara rutin tiap dua minggu sekali.

Baca Juga:   Cara Mengontrol Jam Digital

Selain itu, pastikan pula kandang kucing tetap hangat dan higienis biar nyaman serta tak menimbulkan bakteri yang menyebabkan penyakit.

5. Sering Mengajak Kucing Bermain

Kamu juga harus meluangkan waktu mengajak kucing bermain. Karena akan lebih menggembirakan kalau kucing kampung tak cuma sekedar sebagai hewan peliharaan saja melainkan juga sebagai teman untuk bermain. Selain itu, kucing kampung lazimnya akan merasa kian tenteram bila majikannya sering bermain bersama mereka. Baik itu di luar maupun di dalam rumah.

Namun pastikan jangan sampai kucingmu terlalu capek alasannya adalah mereka juga butuh wakut untuk beristirahat sekitar 10 jam saban hari. Tentu saja Kamu mungkin tak mau bila kucing peliharaanmu kurus. Namun bukan bermakna kucing terlalu gemuk mampu dikatakan sehat.

Dengan kata lain, Kamu harus mengenali bagaimana cara supaya kucing tetap sehat dan menggemaskan.

6. Pemberian Vitamin

Cara merawat kucing kecil selanjutnya yaitu Kamu bisa menawarkan asupan vitamin di samping menawarkan makanan yang sehat bagi kucing. Karena lazimnya kucing kurus disebabkan oleh nafsu makannya yang sedikit. Agar nafsu makan binatang peliharaanmu ini bertambah, Kamu tentu saja harus memberinya vitamin.

Adapun vitamin yang umum dipakai yaitu minyak ikan. Kamu mampu berbelanja minyak ikan di apotek. Selain itu, ada pula pakan kucing dengan vitamin yang dapat Kamu beli lewat petshop.

7. Pemberian Vaksin

Meskipun Kamu merawat kucing kampung, tetap saja demi kesehatan kucing Kamu harus menunjukkan vaksin. Kucing yang gemuk dan suka makan juga belum tentu dapat terhindar dari yang namanya penyakit. Supaya kucing kecil kampungmu gemuk dan sehat, diharapkan derma vaksin untuk kucing secara khusus.

Dalam bantuan vaksin, kau bisa menenteng kucing tersebut ke dokter binatang. ilahkan ikuti rekomendasi dokter untuk kesehatan kucingmu.

8. Mengelus Kucing Setiap Waktu

Selain cara merawat kucing kecil dari segi makanan dan kandang, pastinya Kamu juga perlu memberikan perhatian lebih pada kucing. Untuk menciptakan kucing lebih jinak. Kamu mampu mengelus kucing kampung yang diadopsi setiap waktu semoga mereka merasa diamati.

Baca Juga:   Cara Merawat Kolam Renang

9. Menggendong Kucing Ketika Memandikan

Supaya kucing tidak takut lagi dengan air, Kamu mampu menggendongnya saat memandikan. Ketika kucing merasa nyaman, maka ia mampu beradaptasi dengan lingkungan gres seperti mandi memakai sabun dan air.

10. Melatih Kucing dari Kecil

Kamu juga mesti melatihnya dari kecil untuk menciptakan kucing lebih jinak. Terlebih lagi bila Kamu mengadopsi kucing kampung tersebut semenjak bayi. Ada banyak cara untuk membuat kucing manja dan jinak yang bisa dilakukan dan sungguh gampang.

11. Melatih Buang Air di Kota Pasir atau Litter Box

Kamu juga bisa melatih kucing kesayanganmu semoga tidak pup dimana saja atau sembarangan. Kamu mampu menyimpan litter box sempurna di akrab kucing. Karena secara insting, mereka akan pup atau buang air kecil di tempat tersebut.

12. Berikan Mainan yang Disukai Oleh Kucing

Kamu bisa menunjukkan mainan unik atau mainan favorit kucing, karena kucing lazimnya suka iseng dan menyukai mainan-mainan tertentu.

Itulah 12 cara merawat kucing kecil kampung yang bisa Kamu coba biar kucing lebih jinak dan tumbuh dengan baik. Selain itu, bagi kucing yang masih bayi, tentukan Kamu senantiasa membersihkan kotoran matanya biar kebersihannya tetap terjaga. Selain itu, ikuti tutorial di atas untuk merawat kucing kampung sejak kecil.

close