May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird 200x112 - Cara Merawat Lovebird

Lovebird ialah sejenis burung yang banyak disenangi dan sering dipelihara. Burung asal Afrika ini memang diketahui karena mempunyai bulu yang berwarna-warni sangat indah. Jika Kamu tergolong salah satu pencinta burung, tak ada salahnya menjajal cara merawat lovebird di rumah.

Tak cuma dilihat dari warna dan bentuk bulunya yang beragam serta indah, ternyata burung yang satu ini juga memiliki bunyi kicauan yang begitu nyaring dan merdu.

Mengenal Lovebird Lebih Dekat

Lovebird ialah sejenis burung yang berparuh bengkok dengan bentuk fisik yang menawan serta banyak diminati orang. Di samping fisiknya mempesona, lovebird memiliki bunyi cukup unik, yang terdengar mirip ngekek panjang. Cara merawat lovebird juga cukup gampang, asalkan Kamu mesti sungguh-sungguh teliti. Karena ketelitian merawat lovebird secara harian bisa memiliki dampak kepada mental dan dirasi lama ngekeknya.

Lovebird dikala ini dipelihara peternak atau penghobi burung yang ada di seluruh kelompok. Bahkan banyak yang belum tahu terkait cara merawat lovebird secara harian semoga ngekek panjang. Apabila Kamu mempunyai lovebird dengan durasi ngekek yang panjang, sehingga harga jualnya menjadi tinggi.

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird 200x112 - Cara Merawat Lovebird
Tutorial Merawat Lovebird

Tutorial Merawat Lovebird

Kamu mesti tahu bahwa burung lovebierd bisa dibilang sebagai burung beo kecil dengan tubuh gempang yang berskala sekitar 13-17 cm. Akan tetapi, mareka bisa dibilang tergolong burung beo karena termasuk ke dalam jenis ordo Psittaciformes, mencakup seluruh burung beo.

Burung ini mempunyai bentuk paruh yang bengkok dengan kaki zygodactyl, yakni memiliki 2 jari mengarah ke bagian depan serta 2 poin ke belakang. Sementara kisaran hidup rata-rata sekitar 10-12 tahun, namun beberapa burung lovebird mampu hidup dalam waktu yang usang.

Berikut ini, ada beberapa cara merawat lovebird yang mampu Kamu lakukan diantaranya :

Baca Juga:   Cara Kompres Video Di Hp

1. Perawatan Kandang Burung

Tak jauh berlainan dengan perawatan burung yang lain, Kamu juga mesti memperhatikan kondisi sangkar maupun sangkar burung lovebird. Tidak sedikit orang yang kurang rutin mempertahankan kebersihan kandang atau kandang burung. Padahal mempertahankan kebersihan pada sangkar burung sangat penting, alasannya jika tidak bisa mempengaruhi kondisi kesehatan burung lovebird itu sendiri.

Sebaiknya bersihkan kandang secara rutin, seperti merawat kebersihan alas untuk menampung sisa masakan, maupun kotoran burung. Sebab bila kurang mengamati kebersihan sangkar, bisa memicu sang burung terkena penyakit snot atau mata.

Kebanyakan sangkar burung ini dikelilingi kawat dengan didasari plastik. Selain itu, Kamu bisa menunjukkan beberapa aksesoris suplemen seperti daerah minum dan daerah pakan. Kamu juga mesti memperhatikan tempat bertenggernya lovebird, tentukan ukurannya tidak terlampau besar serta menggunakan material kayu alami.

2. Pakan Lovebird

Hal yang tak kalah penting dalam cara merawat lovebird adalah harus mengamati pakan burung. Sebaiknya jangan asal-asalan memberikan pakan lovebird, seperti menunjukkan pakan biji-bijian. Tambahkan pula sayuran mirip kangkung, terlebih ketika lovebird dalam periode perkawinan, sungguh direkomendasikan untuk menawarkan pakan jagung.

Hindari memberikan pakan berlebihan pada lovebird, karena lovebird termasuk burung yang gemar atau doyan makan. Jika menawarkan pakan berlebihan bisa menjadikan gangguan pencernaan pada lovebird kesayanganmu.

3. Proses Pengembunan Lovebird

Biasanya proses pengembunan pada lovebird dilaksanakan di pagi hari pada jam 04.00 pagi sempurna sebelum terbitnya matahari. Di pagi hari, Kamu tinggal menggantung lovebird di luar rumah biar menerima emmbun pagi dan udara segar. Lovebird yang mendapatkan udara segar mampu lebih rileks dan damai serta tak menjadikannya gampang tertekan.

4. Mandikan Lovebird Secara Rutin

Cara merawat lovebird selanjutnya adalah berkala memandikan lovebird. Sebenarnya ada banyak manfaat yang diperoleh jika burungmu rutin dimandikan. Diantaranya membuat burung lebih sehat alasannya adalah dapat terhindar dari paparan basil, mampu menyebabkan stamina dan burung pun terlihat lebih higienis.

Dalam memandikan lovebird, Kamu bisa melakukannya setiap pagi serta siang hari. Di pagi hari, Kamu dapat memandikan lovebird di jam 07.00 pagi sampai jam 08.00 pagi. Sesudah dimandikan, jemur burung di bawah terik matahari dengan usang waktu mulai dari 15 menit sampai 1 jam, umumnya tergantung dari panasnya matahari.

Baca Juga:   Spesifikasi Samsung Galaxy A7 Hp Modern 2021, Harganya ?

Sesudah menjemur burung atau sesudah bulunya mengering, Kamu mampu mengangin-anginkan lovebird di teras rumah atau di bawah pohon yang tak terkena paparan sinar matahari secara eksklusif.

Selain itu, Kamu dapat memandikan burung di siang hari, pada kisaran jam 12.00 sampai jam 13.00. Cara memandikannya sama saja seperti di pagi hari, setelah dimandikan Kamu bisa menjemurnya biar bulunya cepat kering.

5. Pemberian Vitamin

Cara merawat lovebird harian berikutnya adalah Kamu dapat menawarkan vitamin. Tujuannya yaitu demi menjaga kesehatan burung itu sendiri dan mampu menunjang kemampuan kicauan lovebird. Untuk pertolongan vitamin ini, sebaiknya jangan dikerjakan secara berlebihan.

Apabila Kamu memberikannya berlebihan, justru bisa berbahaya bagi burung itu sendiri. Sebaiknya vitamin hanya dipakai untuk menunjang atau membantu kesehatan, yang paling utama yaitu mempertahankan kebersihan dan memberikan makan.

6. Perilaku Sosial Lovebird

Lovebird bekerjsama tergolong burung yang bisa dikatakan sagat sosial. Umumnya, penting sekali menjaga kebahagiaan dan kesehatan mereka dengan cara memeliharanya dengan berpasangan. Apabila Kamu memiliki satu lovebird, tentu saja Kamu harus membiarkan burung berinteraksi secara sosial. Pasalnya burung-burung tersebut berbagi kesetiaan besar lengan berkuasa terhadap pasangan atau penjaganya.

Lovebird juga mampu lebih agresif dengan burung lain. Sebaiknya jangan memadukan spesies burung sejoli sebab mereka mampu tabrak. Pasalnya pasangan terikat dengan cara kostan dapat merawat antara satu dengan yang lain. Selain itu, biasanya saling memberikan kuliner pada tanamansaat trend kawin serta sepanjang tahun.

7. Aktivitas Burung Sehari-Hari

Burung lovebird lazimnya gemar berdiri pagi, biasanya mereka akan makan, minum, dan segera berkicau. Biasanya mereka akan merasa tenang menjelang waktu tengah pagi serta melanjutkan kicau pada sore hari. Pasalnya burung-burung tersebut sungguh aktif, memanjat dan melayang, serta menggerogoti kayu, dan dapat merawat dirinya sepanjang hari.

Lovebird merupakan penghancur kertas secara alami, sehingga tentukan Kamu menawarkan kertas yang bebas pewarna. Biasanya burung yang ada di luar sangkar, biasanya tak akan tinggal di dalam boksnya.

8. Cek Kesehatan Burung Lovebird

Cara merawat lovebird terpenting ialah mesti menjaga kesehatan burung. Sebagai usulan, semestinya bawa lovebird ke dokter binatang supaa terhindar dari penyakit dan virus berbahaya. Selain itu, bukan hanyasaat pemeliharaan pertama kali tetapi juga arus diperhatikan dikala burung lovebird, tampak pasif, dan tak berkicau riang.

Baca Juga:   Cara Merawat Anak Kucing Gres Lahir

9. Lakukan Pemasteran Pada Burung

Jika tujuanmu merwaat lovebird yaitu agar mereka cepat gacor dan ngekek, maka lakukan pemasteran pada burung. Adapun caranya, bawa lovebird ke tempatsunyi kemudian Kamu bisa perdengarkan bunyi burung masteran. Tapi ingat, untuk tidak melakukannya terlalu sering saban hari alasannya burung bisa mudah capek. Langkah yang satu ini paling tidak dikerjakan setiap 2-3 kali sehari biar ada jeda untuk bisa beristirahat.

Itulah 9 tahapan cara merawat lovebird yang harus Kamu kerjakan agar burung lovebird kesayanganmu cepat gacor.