May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Mesin Cuci

Cara Merawat Mesin Cuci - Cara Merawat Mesin Cuci

Dewasa ini, penggunaan mesin cuci memang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Terutama bagi kaum wanita atau ibu rumah tangga yang juga bekerja. Untuk memudahkan pekerjaan rumah, khususnya mencuci baju, mesin basuh sangat bisa dipercaya. Hanya saja, tidak sedikit orang yang kesusahan terkait cara merawat mesin cuci dengan benar. Karena kebanyakan dari mereka, asal memakai saja tanpa tahu bagaimana perawatan mesin basuh agar tidak cepat rusak.

Cara Merawat Mesin Cuci

Cara Merawat Mesin Cuci - Cara Merawat Mesin Cuci
Tips Merawat Mesin Cuci

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Karena peranan mesin cuci sungguh besar untuk membantu merenggangkan peran rumah tangga, Kamu mesti tahu cara merawat mesin cuci dengan sempurna agar lebih kekal dan tahan usang. Di bawah ini, ada beberapa kiat untuk mempertahankan agar mesin cuci dalam kondisi yang tetap prima. Pastikan untuk senantiasa menyelidiki buku manual dari mesin cucimu sebelum membersihkannya. Selain itu, pastikan Kamu untuk menggunakan pakaian pelindung dikala bersentuhan dengan pembersih.

Metode 1 : Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Dalam cara merawat mesin cuci, tahap pencucian mesin basuh ini sangat penting untuk diketahui. Ada beberapa langkah yang mesti Kamu ikuti untuk membersihkan mesin basuh dengan benar. Nah, pada tahapan pertama ini kita akan membersihkan mesin basuh takjil depan dengan langkah-langkah berikut :

Baca Juga:   Cara Merawat Aglonema

1. Jalankan Pencucian dengan Air Panas

Silahkan kosongkan mesin cuci apalagi dulu, Kemudian kerjakan pembersihan menggunakan air panas. Pasalnya proses ini mampu membersihkan semua sisa detergen atau produk pencuci yang menumpuk dan tertahan di mesin cuci.

2. Menuangkan Cuka Putih Pada Laci Detergen

Cara membersihkan mesin basuh berikutnya, tuangkan 2 cangkir cuka putih pada laci detergen. Tujuannya agar bau pada mesin cuci mampu dihilangkan dan silahkan laksanakan mesin cuci di suhu 40 derajat.

3. Membersihkan Laci Detergen Mesin Cuci

Jika mesin cucimu memiliki laci detergen, silahkan lepas kemudian rendam pada ember besar atau wastafe. Apabila sungguh kotor, silahkan rendam pada adonan karbol dan air panas seperlunya. Kamu mesti tetap ikuti isyarat penggunaan karbol pada label yang tersedia dan ikuti instruksi keselamatannya.

4. Lap Seluruh Bagian Pintu Mesin Cuci

Sembari menanti perendaman laci detergen, Kamu bisa membasahi kain menggunakan air panas, dipakai untuk mengelam semua bab pada pintu mesin cuci. Silahkan tarik pinggiran pada karet penyegel pintu dengan hati-hati, maksudnya biar lapisan kerak sabun serta kotoran yang ada di bawahnya mampu dibersihkan.  Selain itu, lap juga bagian saluran penghubung antara tabung dan laci detergen pada mesin cuci. Kamu mampu menggunakan sikat gigi bekas dikala membersihkan bagian sisa-sisa atau residu yang yang terdapat pada laci yang sedang direndam tadi.

5. Pasang Kembali Laci Detergen

Setelah membersihkan laci detergen dengan sempurna, silakan bilas, lalu keringkan laci detergen mesin cuci. Jika telah, tinggal pasang laci detergen kembali.

Metode 2 : Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Bagi Kamu yang memiliki mesin cuci kudapan atas, proses pencucian dan cara merawat mesin cuci pastinya sedikit berlainan. Berikut metode pembersihannya :

1. Jalankan Program Pencucian dengan Air Panas

Silahkan jalankan pembersihan dengan air panas untuk mesin cuci kudapan atas yang telah Kamu kosongkan.

2. Program Pencucian Dilakukan Sekali Lagi

Pada mesin cuci bukaan atas, Kamu harus melaksanakan program pembersihan memakai air panas yang kedua kali. Ketika mesin basuh telah terisi serta mulai berguncang, silahkan tambahkan campuran abu soda kudapan manis sebanyak 60 gram dan cuka putih 750ml.

Baca Juga:   Vivo Y11 2019 Harga Dan Spesifikasi Lengkap

3. Biarkan Larutan Teraduk

Selanjutnya Kamu tinggal mendiamkan biar larutan cuka putih dan soda kudapan manis teraduk merata hingga 30 detik lamanya, kemudian matikan program pencucian mesin cuci. Biarkan sampai 1/2 hingga 1 jam lamanya.

4. Nyalakan Lagi Program Pencucian

Sesudah dinding pada tabung mesin basuh telah terendam dengan benar, silahkan nyalakan kembali serta selesaikan pencuciannya.

5. Mematikan Mesin Cuci

Matikan mesin lalu lap pada bab dalamnya menggunakan kain yang telah direndam pada gabungan cuka dan air panas dengan komposisi yang sebanding. Selain itu, tentukan untuk mengelapnya dengan cara menyeruluh, juga bagian langit-langit pada tabung dan pinggiran mesin basuh.

Tips Perawatan Mesin Cuci Lainnya

Selain membersihkan mesin basuh dengan cara di atas, Kamu juga harus mengikuti hukum kiat perawatan mesin cuci yang lain, berikut ini :

1. Pakai Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya

Cara merawat mesin basuh yang pertama adalah jangan pernah memaksakan kapasitas performa atau kinerja pada mesin cucimu. Jika Kamu memaksakan untuk mencuci baju dalam jumlah yang banyak melebihi kapasitas mecin cuci, maka alat ini tidak mampu mencuci pakaian secara efektif. Sebab tidak mampu berotasi tepat.

Selain itu, bukan cuma terlampau banyak, namun terlalu sering menggunakan mesin basuh juga mampu mempunyai efek pada kinerja penggagas dari mesin basuh. Sebagai langkah aman, Kamu harus tahu kapasitas mecin cucimu lebih dahulu dengan menganalisa kapasitas mesin cuci.

2. Jangan Memakai Detergen Terlalu Banyak

Meskipun kelihatannya mampu menciptakan busana lebih bersi, ternyata terlampau banyak memakai detergen pada mesin cuci juga bisa berdmapak buruk bagi mesin basuh itu sendiri. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan detergen dalam kemasan sebab jumlah detergan dikala mencuci juga mesti benar-benar sempurna. Pakai takaran bila perlu. Sebab jika kebanyakan, tak cuma mampu merusak pakaian dan kain, tetapi juga mampu menurunkan tampilan mesin cucimu untuk membersihkan pakaian.

3. Rutin Membersihkan Filter

Cara merawat mesin cuci supaya awet berikutnya, Kamu harus selalu membersihkan filter pada tabung mesin cuci, paling tidak 2 hari sekali. Tujuannya untuk menolong biar tabung mesin basuh tetap bersih serta busana mampu terhindar dari yang namanya kotoran yang mengendap dan tertampung dalam filter.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Vpn Di Android

4. Membiarkan Penutup Mesin Cuci Terbuka

Sebaiknya jangan menutup mesin cuci secara eksklusif segera sehabis Kamu memakainya. Biasanya ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang sesudah mencuci. Tak sedikit orang menduga bila membuka pintu pada mesin basuh dapat menimbulkan kotoran dan bubuk masuk kemudian menumpuk. Mungkin benar, namun pastinya bukan bermakna mesti menutupnya pribadi.

Setelah penggunaan, sebaiknya biarkan terlebih dulu epilog pada mesin cuci sekitar 150-30 menit. Tujuannya untuk menetralisir kelembabannya, agar menghalangi bakteri dan jamur menumpuk di bab dalam. Selain itu, cara yang satu ini juga mampu digunakan untuk mengeringkan tabung pada mesin cuci, sekaligus melindungi bab tertentu yang halus terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban.

5. Cek Selang Mesin Cuci

Untuk melancarkan pemikiran air yang masuk dan keluar dari mesin cuci, seharusnya cek selang mesin cuci. Mesin basuh umumnya memiliki 3 selang, terdiri atas 2 selang inlet dengan 1 selang outlet. dengan kata lain, 2 selang dipakai untuk mengalirkan jalan masuk air ke bab dalam, sedangkan 1 selangnya sebagai penyalur pedoman air dari mesin basuh ke luar.

Pastikan selang inlet mesin basuh telah terhubung dengan baik menuju sumber ajaran air, serta pastika pula tidak ada selang yang bocor atau rusak. Lalu cek kondisi pada selang outlet dengan fungsi untuk membuang air yang kotor, sebab umumnya debu, kotoran dan serat-serat kain akan menumpuk pada pipa selang itu sendiri.

Ya, itulah cara merawat mesin cuci dengan benar yang mesti Kamu pahami supaya mesin basuhmu tetap mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan selalu dalam keadaan prima. Dengan begitu, Kamu tak perlu boros mesti membeli mesin basuh secara rutin alasannya sering rusak balasan pemakaian yang salah atau tidak dibersihkan.