May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara Merawat Tanaman Hias 200x112 - Cara Merawat Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias adalah salah satu hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Banyak orang mengoleki tumbuhan hias dengan menanamnya di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Selain dipajang, tentu saja flora hias membutuhkan perawatan yang baik. Merawat tumbuhan hias memiliki banyak faedah untuk tubuh, seperti menghilangkan stres, menemukan sirkulasi udara dengan baik dan mampu menguatkan imunitas badan.

Ada beberapa jenis tumbuhan hias dikala ini yang banyak dikoleksi, diantaranya mirip Monstera, Sirig Gading, Keladi, Aglonema dan Asparagus. Ada beberapa langkah cara merawat tumbuhan hias dengan benar yang harus Kamu lakukan, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara Merawat Tanaman Hias 200x112 - Cara Merawat Tanaman Hias
Merawat Tanaman Hias

Tutorial Merawat Tanaman Hias

Untuk mendapatkan tanaman hias dengan kemajuan yang bagus, Kamu mesti mengikuti tata cara merawat flora hias berikut ini :

1. Harus Mempunyai Komitmen

Jika ingin merawat flora hias tentu saja membutuhkan janji untuk meluangkan waktu dalam merawatnya. Kamu harus membuat agenda, mirip kapan mesti mengairi tanaman, mengganti tumbuhan, memberi pupuk dan yang lain. Inilah argumentasi kenapa Kamu harus meyakinkan dirimu lebih dahulu sebelum Kamu memutuskan membudidayakan tumbuhan hias.

Pastikan untuk tidak malas atau bosan di tengah jalan dikala sedang merawatnya. Ssebab hal tersebut bisa membuat tumbuhan hias pun sia-sia serta tak akan terawat bahkan mampu merusak panorama di rumahmu.

2. Memberikan Pupuk Secara Rutin

Salah satu cara perawatan yang terpenting pada tanaman hias ialah harus memperlihatkan pupuk secara berkala . Walaupun cuma berupa tanaman hias, namun tanaman ini juga tetap memerlukan tambahan masakan dan vitamin semoga berkembang subur. Biasanya tumbuhan hias tersebut memerlukan banyak kalium dan nitrogen kalau ingin bertahan hidup. Maka dari itu, penting sekali memasukkan poin ini ke dalam cara merawat tumbuhan hias.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan Hp Ke Televisi

Di samping menggunakan pupuk kimia, Kamu juga dapat memakai pupuk alami dari hasil sampah dapur yang ada di lingkungan sekitar. Tambahkan pupuk dengan cara berkala , setiap seminggu sekali seperlunya aja sesuai kebutuhan. Cara termudah yang dapat dijalankan untuk perawatan kesuburan pada tanaman hias adalah pemberian pupuk atau vitamin B dari hasil air cucian beras.

3. Ketahui Kebutuhan Tanaman Hias

Cara merawat tanaman hias selanjutnya yakni Kamu mesti lebih mengenali tumbuhan hias yang hendak dirawat, mirip karakteristik hingga kebutuhan nutrisinya. Informasi ini berhubungan dengan bagaimana seharusnya Kamu merawat flora tersebut berdasarkan jenis tanamannya.

Biasanya ada flora yang memerlukan air lebih banyak atau justru sebalik, bahkan ada pula yang membutuhkan kecukupan sinar matahari atau sebaliknya maupun perawatan yang lain. Apabila Kamu mampu mengetahui tumbuhan tersebut, tentu saja akan lebih gampang merawatnya.

Di samping itu, tingkat keberhasilan perawatannya pun lebih optimal ketimbang asal menanam tanpa mengetahui karakteristik dan bagaimana tanaman hias tersebut hidup.

4. Menyentuh Tanaman Sebelum Disiram

Tanaman hias juga mesti disentuh saat perawatannya. Cara ini dilaksanakan supaya Kamu mampu mengerti keperluan dari flora itu sendiri, mirip apakah tumbuhan telah layu atau masih segar. Dengan sentuhan ini, Kamu dapat memperkirakan keperluan air pada tanaman.

Melalui sentuhan inilah, Kamu mampu menikmati kemajuan tanaman hias yang mungkin dapat memperlihatkan mood nyata sekaligus membuatmu merasa lebih rileks dan senang. Terlebih kalau Kamu memang gemar merawat tumbuhan hias, pastinya Kamu tertarik untuk selalu memandang dan menyentuhnya.

5. Pilih Media Tanam

Cara merawat tumbuhan hias paling penting yakni perhatikan media tanamnya, maksudnya biar flora mampu bertahan hidup dan subur. Silahkan menentukan jenis media tanam tertentu sesuai karakteristik tanamannya. Pasalnya media tanam tersebut pun perlu menyesuaikan penempatan tumbuhan itu sendiri, apakah di dalam maupun di luar ruangan. Kamu dapat memamai media tanam dengan banyak materi organik serta mampu mengikat air secara maksmal.

Sebab media tanam tersebut bisa membuat tanaman lebih tahan lama karena mempunyai kualitas yang bagus pada media tanamnya. Misalnya saja, media tanaman dari adonan pupuk, tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.

Baca Juga:   Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Simpati

6. Lakukan Penjemuran Secara Teratur

Kamu juga harus memperhatikan pencahayaan sinar matahari pada tanaman hias. Walaupun ada berbagai jenis flora hias tertentu yang dapat hidup di area tanpa cahaya mathaari, namun tak ada salahnya bila Kamu menjemurnya sesekali semoga flora tersebut mampu tumbuh optimal. Sinar matahari ini tentu saja menciptakan tumbuhan lebih tahan lama.

Kamu mampu menyesuaikan tanaman hias tertentu yang memerlukan asupan cahaya matahari, diantaranya seperti jenis tumbuhan berwarna hijau. Sebab proses fotosintesisnya akan melambat bila tidak terpapar sinar matahari. Kamu tak perlu menjemurnya terlalu usang alasannya bisa menyebabkan daunnya layu atau kering.

7. Intensitas Air yang Dibutuhkan

Cara merawat tanaman hias selanjutnya yaitu perhatikan intensitas air yang diperlukan. Walaupun di dalam ruangan, Kamu tetap mesti rajin menyiramnya walaupun tak saban hari. Dengan kata lain, Kamu harus menyiram flora hias secara berkala dengan kecukupan intensitas air dan jangan berlebihan. Sebab bisa membuatnya menjadi lebih mudah mati.

Lakukan penyiraman dengan tata cara yang sempurna serta tetap amati tingkat kelembaban tanahnya. Pastikan jangan hingga airnya terlalu berlebihan maupun kurang, apalagi lagi hingga menggenang di pot.

8. Perhatikan Kelembaban Udara

Di samping mempertahankan kelembaban pada media tanam pot, Kamu juga mesti mengamati kelembabannya, terlebih untuk tanaman hias di dalam ruangan. Kamu dapat mengetahui karakteristik dari tumbuhan hias apalagi dulu, apakah dapat bertahan hidup di lingkungan rumah yang memiliki tingkat kelembaban tersebut ataukah tidak.

Kita tahu jikalau tanaman harus bernafas. Inilah argumentasi kenapa flora juga memerlukan mutu udara lewat kelembabannya. Kamu dapat memanfaatkan air humididier demi mempertahankan kelembaban temperatur udara untuk kebutuhan tanaman hias di sebuah ruangan.

9. Perhatikan Agar Suhunya Tetap Stabil

Cara merawat tumbuhan hias selanjutnya yakni tetap memperhatikan kelembaban saat melakukan perawatan tanaman hias, sehingga Kamu juga mesti memperhatikan temperatur di sekeliling tanaman. Khususnya tanaman hias di dalam ruangan.

Selain itu, kelembaban udara berhubungan dengan temperatur yang besar lengan berkuasa dalam kebutuhan tanaman hias. Temperatur yang stabil bisa mempengaruhi keadaan fisik tanamanagar lebih segar, tak gampang kering atau layu.

Baca Juga:   7 Aplikasi Pemberi Pulsa Gratis All Operator, Hanya-Hanya

Misalnya, Kamu memakai AC maupun tidak di ruangan juga dapat berpengaruh terhadap perkembangbiakan flora hias. Kamu mampu menyesuaikan pengaturan temperatur ruangan dengan jenis dari tanaman hias yang diiringi oleh perawatan lainnya, semisal intensitas air dan sinar matahari.

10. Rutin Mengganti Pot

Tak sedikit orang menyepelekan hal ini, padahal rutin mengubah pot bisa mempertahankan kestabilan pertumbuhan pada tumbuhan hias. Tujuan penggantian pot ini mengenang flora hias tentu akan bertambah besar dan terus bertumbuh, terlebih jika tanaman yang Kamu rawat sungguh cepat pertumbuhannya.

Metode ini mampu memaksimalkan perkembangan pada flora hias karena mempertahankan lahannya semoga terus tumbuh sesuai kebutuhan. Apabila flora hias yang Kamu rawat kian tumbuh besar, tentunya membutuhkan pot atau wadah yang makin besar atau luas. Sehingga Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Oke, itulah 10 cara merawat tanaman hias dengan benar supaya tumbuh dengan baik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Semoga berguna!