counter create hit

Cara Mining Dogecoin (2022)

Bagikan:

Harus diakui bahwa Dogecoin menjadi salah satu aset crypto yang mempunyai perjalanan mempesona. Bagaimana tidak, koin yang satu ini menawarkan kinerja yang menjanjikan walaupun tak didukung oleh pondasi yang solid. Mendapatkannya, juga mampu dijalankan dengan cara mining Dogecoin.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mining Dogecoin

Ya, koin berlambang anjing ini bisa didapatkan dengan cara ikut menjumlah transaksi di ekosistemnya. Meskipun masih diistilahkan sebagai mining, nyatanya menambang Dogecoin ini memiliki perbedaan dari mining Bitcoin. Penambangan DOGE dilaksanakan menggunakan algoritma scrypt yang diklaim lebih mudah ketimbang algoritma SHA-256 yang dipakai Bitcoin.

Artinya, cara mining Dogecoin pun relatif lebih ramah bagi lebih banyak orang, dan relatif lebih irit listrik. Ya, walaupun berstatus sebagai meme coin, penambangan koin DOGE tak membutuhkan daya komputasi sebesar mining Bitcoin dan bisa dilaksanakan dari komputer kriteria. Namun demikian, pilihan hardware untuk mining DOGE tetap beragam, adalah memakai penambangan CPU, penambangan GPU ataupun penambangan ASIC.

Penambangan memakai CPU patokan mungkin kurang ideal alasannya adalah akan cukup ‘menyiksanya’. Komputer langsung atau komputer kantor yang digunakan untuk mining menjadi lebih rentan rusak sebab terpapar panas berlebih oleh kinerja yang dipaksakan.

Sementara penambangan memakai kartu grafis (GPU) bisa jadi opsi yang lebih ideal dibanding CPU. Ini alasannya adalah komponen ini dapat diubahsuaikan untuk keperluan penambangan, meskipun terpasang di komputer standar. Namun sepertinya juga membutuhkan ongkos aksesori.

Penambang menggunakan ASIC menjadi pilihan terbaik untuk menambang DOGE. Tentu saja karena bagian ini memang dibentuk khusus untuk menambang dengan algoritma scrypt. Pilihan ini lebih ideal dan menguntungkan bagi pengguna yang memang ingin menambang secara spesifik.

3 Cara Menambang Dogecoin

Pada dasarnya, Dogecoin masih merupakan cryptocurrency proof-of-work (PoW). Dengan kata lain, ia dapat ditambang melalui pendekatan mainstream dikala ini. Anda sebagai penambang pun bisa menentukan pendekatan yang ideal sesuai anggaran dan perlengkapan. Berikut ini opsi cara mining Dogecoin yang mampu Anda pertimbangkan:

Baca Juga:   Kiat Atasi Samsung Galaxy S9 Custom Binary Blocked

1. Solo Mining

Melakukan penambangan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri atau istilahnya solo mining, Anda mesti merencanakan hardware dan software mining dan menjalankannya sendiri. Di sini, Anda mesti bersaing dengan para penambang lain dalam ekosistem Dogecoin. Dengan reward 10 ribu Dogecoin, Anda mesti langgar cepat dalam memecahkan teka-teki algoritma.  

Solo mining Dogecoin memerlukan Dogecoin Wallet untuk menyimpan Dogecoin yang Anda hasilkan. Dalam hal ini, Anda bisa menentukan opsi yang cukup bermacam-macam, mulai dari wallet software (Atomic), light wallet (MultiDoge), Android (Dogecoin Wallet), full node wallet (Dogecoin Core), atau bahkan hardware wallet (Ledger).

Sementara untuk software mining Dogecoin, Anda bisa menyesuaikan dengan perlengkapan penambangan yang dipakai. Misalnya penambang CPU, mampu memakai software CPU Miner bagi pengguna prosesor Intel atau AMD. Sementara penambang GPU, bisa menentukan Easy Miner, sedangkan pengguna ASIC mampu memanfaatkan Easy Miner ataupun CGMiner.

Menambang solo Dogecoin memang terhitung menjanjikan dengan reward yang mampu dikonversi sekitar Rp 100 juta per menitnya. Namun ingat pula bahwa jumlah penambang Dogecoin ini sudah sungguh banyak, sehingga persaingan yang dihadapi pun mampu cukup berat. Penambang personal mesti berhadapan dengan jutaan penambang lain bahkan korporasi penambangan.

2. Pool Mining

Apabila Anda telah memiliki perlengkapan menambang namun enggan bersaing sendirian, mampu menentukan pilihan kedua ini. Dengan bergabung ke mining pool Dogecoin, Anda akan melakukan pekerjaan sama dengan sejumlah penambang lain. Kaprikornus, daya komputasi yang Anda miliki akan digabungkan dengan milik penambang lain untuk mengembangkan peluang mendapatkan reward.

Saat ini, pool penambangan Dogecoin juga sudah lumayan banyak dan gampang dipakai. Anda cukup bergabung, lakukan software, kemudian terima reward DOGE sesuai kontribusi daya yang Anda berikan. Bisa dibilang pula bahwa pilihan penambangan ini lebih ramah bagi pemula walaupun reward yang didapatkan tak setinggi apa yang dijanjikan pada solo mining.

Sayangnya, beberapa mining pool cuma bisa disertai dengan ongkos keanggotaan. Artinya, untuk bergabung ke salah satu pool, Anda mesti mengeluarkan uang apalagi dulu sebelum mulai menghasilkan. Namun ada pula yang mengenakan potongan berapa persen dari DOGE yang didapat. Penambang pun perlu memperhitungkan biaya-biaya semacam ini untuk mendapatkan profit sesuai impian.

Baca Juga:   Cara Beli Binance Coin (Bnb)

3. Cloud Mining

Pilihan ketiga yaitu dengan melaksanakan cloud mining, ialah menggunakan sumber daya komputasi yang disewakan secara online. Kaprikornus, Anda tidak benar-benar menggunakan perangkat Anda untuk melaksanakan mining. Dalam pilihan ini, yang perlu dilaksanakan hanyalah membayar sewa untuk menjalankan komputasi gemawan dan mulai menambang.

Menggunakan cloud yaitu cara mining Dogecoin tercepat sebab hasil keuntungan tidak perlu dinantikan lama. Keuntungan akan dibagi rata sesuai kekuatan komputasi Anda. Prosesnya tidak jauh berlainan dengan penambangan Bitcoin melalui VPS, tetapi Anda cukup membayar penyewaan perangkat yang diposisikan di cloud.

Memilih cara ini memang terkesan sungguh sederhana dan membebaskan penambang dari banyak sekali risiko kerugian yang tinggi. Cloud mining membebaskan penambang dari ongkos perawatan dan perbaikan hardware yang mampu saja begitu mahal. Menariknya lagi, cloud mining ini juga mampu mendatangkan profit DOGE secara rutin cukup dengan membayar sewa.

Meskipun terbebas dari risiko ongkos hardware, penambang tetap harus memperhitungkan biaya sewa kepada harga Dogecoin yang fluktuatif. Ya, pergerakan kriptokurensi memang cenderung aktif bahkan mampu sangat drastis dalam waktu yang singkat. Ada pula risiko pengelola cloud mining yang menjinjing kabur Dogecoin yang sudah dikumpulkan penambang.

Aspek Yang Perlu Diperhatikan Miner Dogecoin

Tak sekedar pemilihan hardware mining saja, masih ada beberapa aspek lain yang juga memerlukan perhatian penambang Dogecoin. Hal ini untuk memutuskan kinerja penambangan yang optimal dan menekan biaya tak terduga yang bisa sungguh besar. Aspek yang dimaksud antara lain:  

Pendingin

Seperti yang disebutkan di atas, penambangan mampu menyebabkan panas berlebih dan dapat mengurangi kinerja penambangan. Penambangan GPU cenderung memerlukan susunan pendinginan yang lebih kompleks dibanding opsi yang lain.

Kebisingan

Aktifitas penambangan juga bisa menyebabkan suara bising yang mampu mengusik penghuni ruangan yang lain atau ruang-ruang di sekitarnya. Oleh sebab itu, tentukan Anda membangun rig penambangan di lokasi yang sekiranya tak mengusik, utamanya jika menggunakan sejumlah ASIC.

Ruangan

Pastikan Anda menempatkan rig penambangan di ruangan yang sungguh-sungguh kondusif, agak jauh dari ruangan berpenghuni. Pastikan pula metode ventilasi, pendingin maupun peredam dapat bekerja optimal dalam mendukung penambangan.

Baca Juga:   Cara Buat Output Video Grid/Overlay Youtube Via Hp Android

Software Mining

Hal yang tak  kalah penting ialah perangkat lunak penambangan Dogecoin yang mau dihubungkan ke Dogechain. Software juga memiliki kegunaan untuk memungkinkan daya komputasi yang Anda miliki mampu menerima reward dari penambangan yang dijalankan. Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian antara software dan hardware mining.

Kesimpulan

Itulah tadi hal-hal yang perlu diketahui dan apa saja opsi cara mining Dogecoin yang bisa dipilih untuk saat ini. Masing-masing pilihan penambangan memang mempunyai karakteristiknya masing-masing. Setiap pilihan mampu menawarkan keuntungan sesuai dengan tingkat risiko yang dimilikinya.

Setiap penambang pastinya memiliki preferensi dan profil penambangan yang berlawanan. Belum pasti opsi penambang yang satu, juga akan menguntungkan bagi penambang lainnya. Maka dari itu, fikirkan dan perhitungkan secara cermat setiap pilihan penambangan yang hendak Anda pilih nantinya.


Bagikan:
close