counter create hit

Cara Mudah Membeli Saham e-IPO, Resmi Tanpa Ribet

Bagikan:

KichanHelp.com – Cara beli saham e-ipo hingga saat ini masih sering dipertanyakan. Kamu tidak lagi perlu kesulitan untuk melakukan investasi saham, termasuk membeli saham IPO.

Bursa Efek Indonesia telah memberikan kemudahan hingga investor dapat membeli saham yang ditawarkan dalam initial public offering (IPO) secara online melalui platform digital, yaitu e-IPO.

Kamu dapat mendaftarkan diri untuk membeli saham e-IPO melalui link: https://www.e-ipo.co.id/id/register.

Sejatinya, e-IPO semakin memudahkan investor pemula yang ingin membeli IPO. Sebelum membeli saham IPO, sebaiknya Kamu mulai dengan memahami kondisi fundamental calon emiten terlebih dahulu dengan mempelajari laporan keuangannya.

Berikut adalah tahap-tahap membeli saham IPO melalui platform digital:

  1. Registrasi
    Registrasi dilakukan dengan memasukkan alamat email, mengisi tipe investor (individu atau institusi) dan mengisi data dengan benar. Kemudian, Kamu dapat melakukan autentikasi di email yang didaftarkan dan memasukkan OTP. Kamu akan diminta untuk memasukkan password setelahnya.
  2. Verifikasi oleh Broker
    Selanjutnya, Kamu dapat memilih broker atau sekuritas yang dituju. Pilih registrasi Single Investor Identification (SID)7 untuk Kamu yang telah memiliki SID dan Sub Rekening Efek (SRE) bagi Kamu yang belum memiliki SID. Setelah verifikasi broker selesai dilakukan, Kamu dapat melakukan login dan menyampaikan minat atau memesan saham IPO pada sistem e-IPO.
  3. Melakukan Submit Pesanan
    Setelah login di akun e-IPO, Kamu akan melihat informasi perusahaan yang sedang IPO. Selanjutnya, Kamu dapat memilih saham yang akan Kamu beli dan klik More Info. Kamu dapat memilih bagian Place Order, mengisi formulir pemesanan, klik Send dan memasukkan kode OTP.
  4. Sediakan Dana di Rekening Dana Nasabah (RDN)
    Selanjutnya, pihak perusahaan yang IPO akan mendapatkan pemberitahuan melalui email jika terdapat pesanan masuk dari investor. Setelah verifikasi selesai dilakukan, pembelian saham IPO dapat langsung disetujui. Kamu dapat membaca prospektus dan menyetujui prospektus pada masa bookbuilding. Kamu juga sebaiknya telah menyediakan dana di RDN sebelum masa offering.7
  5. Menerima Saham IPO
    Kamu dapat melihat hasil penjatahan dari proses membeli saham IPO melalui menu history. Kamu akan melihat status ‘Alloted’ jika mendapatkan saham sesuai pesanan. Jika7 statusnya ‘Alloted with Scale Back’, maka hal ini berarti penjatahan akan disesuaikan, ‘Not Alloted’ berarti tidak mendapatkan penjatahan dan ‘Not Carried Over’ berarti pesanan tidak diteruskan untuk proses penjatahan.
Baca Juga:   Mengenal Breakout Dalam Trading Saham

 


Bagikan:
close