May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator 200x112 - Cara Naik Eskalator

Bagaimana cara naik eskalator? Eskalator yaitu tangga berlangsung yang memakai mesin selaku penggeraknya. Keberadaan eskalator cuma berada ditempat – daerah tertentu saja. Yang paling kerap kita temui eksistensi eskalator ini umumnya ada d sentra perbelanjaan seperti mall, hotel bintang 4 dan bintang 5, hingga restaurant mewah.

Sebenarnya fungsi dari eskalator hampir sama dengan lift. Hanya saja bedanya jika lift bergerak naik secara vertikal dengan beban optimal yang sudah ditentukan dan berbentuk kotak persegi. Sedangkan untuk eskalator sendiri berbentuk tangga dan hanya naik 1 tingkat saja dari lantai 1 ke lantai 2.

Keberadaan eskalator lazimnya cuma berada di perkotaan saja, sehingga bagi kau yang tinggal di pedesaan bila ingin merasakan bagaimana naik eskalator maka mesti pergi ke kota untuk menjajal merasakan sensasinya.

Selain untuk membuat lebih mudah jalan masuk dari lantai satu ke lantai lainnya, keberadaan lift menjadi pesona tersendiri untuk mempesona jumlah pengunjung lebih banyak. Jika kamu pergi ke lokasi pusat perbelanjaan yang cuma mengandalkan tangga biasa saja, maka kemungkinan kau kurang kepincut untuk mengunjunginya, apalagi gedung tersebut lebih dari 3 lantai.

Cara Naik Eskalator

Cara Naik Eskalator 200x112 - Cara Naik Eskalator
Tips Naik Eskalator Aman

Bagaimana Cara Naik Eskalator?

Bagi kamu yang ingin menjajal naik eskalator, kamu memperhatikan beberapa langkah cara naik eskalator dibawah ini, diantaranya :

1. Gunakan Eskalator Sesuai Kebutuhan

Di setiap gedung yang mempunyai eskalator, pasti akan selalu ada 2 jenis lift adalah lift untuk naik ke lantai atas dan lift untuk turun dari lantai atas ke lantai bawah. Kamu cukup pilih tujuan kamu akan pergi ke mana, ke atas atau ke bawah. Yang paling penting kau dihentikan melawan arah pergerakan eskalator karena akan membahayakan kau dan juga membahayakan orang lain.

Baca Juga:   6 Arti Warna Jalan Di Google Maps Yang Penting Kau Pahami

2. Pijakan Kaki Yang Benar dan Selalu Pegang Handrail

Kamu yang pertama kali niscaya akan terkejut ketika akan menaiki eskalator, sebab bukan cuma tangga nya saja yang berjalan akan namun pegangan nya juga ikut bergerak. Pegangan tangan tersebut disebut juga handrail. Dalam cara naik eskalator dengan benar, tentukan untuk memegang handrail dan lakukan pijakan kaki yang benar.

Jika kau salah sedikit saja terkait pijakan kaki dan tangan yang tidak sama, maka kemungkinan kamu mampu terjatuh. Oleh alasannya itu antara kaki dan tangan harus seirama. Dahulukan satu kaki dahulu, mampu kaki kanan ata kaki kiri. Posisikan badan kamu erat dengan handrail. Sesuaikan antara kaki dan tangan mesti pegang handrail dengan benar agar tidak terjatuh.

3. Cara Naik Eskalator Berada di Posisi Tengah

Karena eskalator itu lebih lebar bentuknya dari tubuh kita, maka selain erat dengan handrail, tentu saja alasannya adalah situasi dan kondisi memaksa kau berada di tengah- tengah saat naik eskalator. Cara naik eskalator dengan posisi tubuh di tengah – tengah yakni sama mirip dekat dengan handrail, kau harus menginjakan kaki kanan atau kaki kiri apalagi dulu sambil jaga keseimbangan supaya kamu tidak terjatuh.

4. Bersikap Tenang Ketika Sedang Menaiki Eskalator

Bukan bagi orang yang gres merasakan naik eskalator saja yang merasa enggan dan takut dikala turun dari eskalator, tetapi yang telah sering naik eskalator juga sering kali merasa cemas ketika akan turun. Kecemasan tersebut sangatlah masuk akal mengingat antara eskalator dengan lantai setelahnya yang tidak bergerak menuntutmu untuk menjaga keseimbangan badan.

Berdasarkan survei lapangan, ternyata ada saja yang terjatuh ketika hendak turun dari eskalator, ini disebabkan alasannya adalah kecemasan berlebih yang kesudahannya tidak tenang saat sedang berada di eskalator. Salah sedikit saja, kaki kau mampu terjepit pada eskalator. Tentu kecelakaan seperti ini tak ingin kau alami dan sebisa mungkin mesti disingkirkan. Oleh sebab itu, selalu bersikap tenang ketika memakai eskalator.

Baca Juga:   Cara Naik Pesawat

5. Cara Turun dari Eskalator

Baik eskalator naik maupun eskalator turun, langkah yang harus kau dahulukan adalah salah satu kaki baik itu kaki kanan maupun kaki kiri. Jangan kedua – duanya turun sekaligus karena mampu saja kamu terjatuh. Tentukan momen yang pas pada ketika tangga yang kamu injak akan masuk ke bab dalam eskalator. Di ketika seperti itu, sebaiknya segerakan kaki kanan atau kiri untuk turun dari eskalator dan disertai dengan kaki yang satunya.

Tips Aman Menaiki Eskalator

Cukup mudah kalau kamu betul – betul mengetahui cara naik eskalator dengan benar, dengan begitu Kamu mampu terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Agar kau tetap kondusif dan tenteram, berikut ada tips bagi kamu yang akan naik eskalator :

1. Jangan Bawa Barang Berat

Usahakan tidak membawa barang – barang yang berat, perkirakan saja barang yang kau bawa hanya 1/3 dari berat badan kau. Jika kebetulan kamu menjinjing barang yang banyak dan berat, lebih baik kamu bawa barang bawaan tersebut dengan dicicil. Lebih baik kamu naik turun eskalator ketimbang terjadi kecelakaan yang tidak dikehendaki.

2. Posisi Badan di Tengah Eskalator

Posisi yang terbaik yaitu berada di tengah, terlebih kalau kau sedang menggendong bayi atau balita. Dengan posisi di bersahabat handrail dikhawatirkan mampu terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerugian seperti terjatuh dari eskalator.

3. Harus Konsentrasi

Ketika sedang menaiki eskalator, kau mesti hati – hati dan jangan terlalu banyak bengong atau bercanda jika sedang bersama orang lain.

4. Perhatikan Sepatu yang Dipakai

Bagi kamu yang menggunakan sepatu dengan memakai tali, tentukan agar tali sepatu benar – benar sudah kau ikat, jangan hingga tali sepatumu tidak terikat atau ikatannya kurang besar lengan berkuasa. Bisa saja balasan tali sepatu mampu masuk ke dalam celah pada tangga eskalator yang menimbulkan kakimu terjebak di eskalator.

5. Pegang Handrail Untuk Jaga Keseimbangan

Jika kebetulan kamu kurang mampu menyeimbangkan badan, jangan malu untuk pegang handrail baik handrail sebelah kanan atau handrail sebelah kiri. Atau jikalau perlu silahkan pegang dua – duanya alasannya adalah keselamatan yang bisa dirasakan bukan orang lain melainkan hanya kamu yang mampu merasakannya.

Baca Juga:   Cara Logout Whatsapp

6. Jangan Duduk di Tangga Eskalator

Seberapa pegal badan kau, usahakan tidak duduk di atas tangga eskalator yang sedang berjalan. Karena akan membahayakan kau dan juga orang lain. Tahan sebentar dan jika sudah turun dari eskalator gres kau mampu cari tempat duduk cuma sekedar ingin rehat menghilangkan pegal.

7. Tentukan Momentum Ketika Naik atau Turun dari Eskalator

Kamu harus konsentrasi dan sigap dikala akan naik eskalator dan juga harus hati – hati serta kosentrasi dikala akan turun dari eskalator. Momentum yang pas akan menolong kamu menaiki eskalator dengan sangat nyaman, bila kau merasa kelelahan, jangan terlalu memaksakan untuk naik eskalator. Istirahat sejenak baru mampu melanjutkan perjalanan menuju lantai selanjutnya dengan menggunakan eskalator.

Itulah tips dan cara naik eskalator dengan benar bagi kamu yang mau menaiki eskalator biar kau bisa terhindar dari kecelakaan yang tentunya tak ingin kau alami.

Adanya eskalator tentu akan menciptakan kamu merasa tenteram tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk naik atau turun dari lantai satu ke lantai berikutnya. Bersikaplah seolah kau sudah pernah naik eskalator meskipun belum pernah sama sekali, karena justru hal tersebut mampu membuat kau lebih berfokus.

close