May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api - Cara Naik Kereta Api

Bagaimana sih cara naik kereta api bagi pemula? Kereta api yakni salah satu moda tranportasi darat yang ada di Indonesia. Moda tranportasi ini cukup unik dan akan menyenangkan, alasannya adalah jalan utama kereta api yaitu memakai rel. Tentu saja berlawanan dengan transportasi darat yang lain.

Rel sendiri dibuat hanya satu arah, artinya jikalau kau bepergian dari kota A ke kota B, maka kereta api yang hendak berangkat dari kota B ke kota A mesti menunggu dulu.

Kamu akan memperoleh moda angkutankereta api di stasiun terdekat. Jangan cemas akan keberadaan stasiun karena tidak selamanya stasiun kereta api ada di perkotaan. Kuncinya yaitu jalur rel kereta api menuju ke daerah tertentu dan ada stasiun di daerah tersebut. Bagi kamu yang tinggal jauh dari stasiun kereta api, maka lebih baik atur waktu yang tepat, agar Kamu mampu tiba ke stasiun tepat waktu.

Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api - Cara Naik Kereta Api
Tips Naik Kereta Api

Cara Pesan Tiket Kereta Api

Sebelum membahas cara naik kereta api, bagi Kamu yang gres pertama kali menggunakan moda transportasi ini, tentu saja harus tahu cara pesan tiket kerete api apalagi dahulu. Adapun cara memesan tiket kereta api terbagi ke dalam beberapa tata cara :

1. Pemesanan Tiket Secara Online

Pesan tiket kereta bisa dilaksanakan secara online maupun offline. Jika dikerjakan secara online kamu mampu masuk ke situs pembelian tiket terpercaya atau situs resmi dari PT. Kereta Api Indonesia. Biasanya untuk situs pihak ketiga adalah www.tiket.com.

Untuk lebih jelasnya berikut tata cara membeli tiket kereta api secara online :

  • Masuk ke situs penjulan tiket resmi seperti www.tiket.com atau www.kai.id dari hp atau dari laptop. Selain memakai situs web tersebut, kamu juga mampu memakai aplikasi KAI Access yang ada di google play store maupun app store.
  • Ketika telah berhasil masuk ke halaman utama pada situs resmi pemasaran tiket kereta api contohnya www.kai.id. Cari kolom pemesanan tiket lalu isilah kolom tersebut dengan rinci mirip stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan kereta api, hingga jumlah penumpang yang hendak naik kereta api baik sampaumur maupun anak – anak.
  • Anak – anak meskipun berusia di bawah 3 tahun, tetap harus melaksanakan print tiket kereta api walaupun mereka masih di gratiskan. Untuk anak yang berusia di atas 3 tahun maka tiket nya disamakan dengan tiket orang akil balig cukup akal.
  • Jika data – data telah dipastikan benar, kau tinggal klik saja pesan dan cari kereta.
  • Dengan klik pesan dan cari kereta, maka kereta yang dimaksudkan akan muncul pada layar penelusuran. Adapun rinciannya ialah nama kereta api yang hendak di naiki, jam keberangkatan, durasi perjalanan, perkiraan waktu datang di stasiun tujuan. Bahkan yang paling penting ialah harga tiket kereta api menurut jumlah orang yang akan naik kereta tersebut.
  • Jika kamu telah memastikan kereta yang akan dinaiki, langkah terahkir yakni dengan klik pesan untuk mendapatkan tiketnya. Namun sebelumnya kau harus mengisi beberapa kolom yang tersedia mengenai data penumpang dengan isian yang lengkap.
  • Adapun formulir yang harus diisi tersebut diantaranya yakni title atau panggilan, nama pemesan tiket, tipe identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIM atau paspor. Isilah nomor identitas sesuai dengan tipe identitas yang kan kamu pilih. Ditambah nomor HP pemesan tiket, alamat email yang masih aktif, alamat sesuai KTP atau bisa juga alamat domisili lengkap beserta kota asal kau.
  • Bagi kamu yang akan menyertakan penumpang lainnya maka harus klik kolom kecil yang berada di bab bawah dengan menyertakan daftar penumpang. Sehingga bagi kamu yang daftar pertama kali akan otomatis disebut selaku data penumpang 1, selanjutnya jikalau kau menambahkan 1 orang lagi maka akan disebut dengan data penumpang 2, begitu seterusnya.
  • Pastikan semua data sudah benar, bila telah dipastikan tidak ada kesalahan, langkah terakhir ialah klik tulisan yang berisi penjelasan bahwa Kamu menyepakati kriteria dan ketentuan.
  • Ada kolom isian yang mesti kau centang yang mengambarkan bahwa kamu bukan robot, tulisannya mirip ini : I’m not a robot.
  • Setelah itu akan muncul kotak pertanyaan apakah data sudah diisi dengan benar? Jika kau sudah niscaya tinggal klik Ok, akan tetapi kalau masih ragu tinggal klik Cancel.
  • Nanti akan timbul ringkasan reservasi yang telah kamu isi sebelumnya tentang data – data reservasi.
Baca Juga:   Huawei Nova 6 Se Harga Dan Spesifikasi Lengkap

Itulah metode pemesanan tiket secara online, yang paling unik yakni kau mampu menentukan kursi sesuai impian kau dengan ketik pilih bangku dan pilih gerbong yang kau kehendaki.

2. Pemesanan Tiket KAI Secara Offline

Jika secara offline maka kamu harus pergi ke stasiun keberangkatan dan memesan tiket lewat loket yang ada di sana. Kamu harus tahu bahwa batas optimal pembelian tiket adalah 3 jam sebelum keberangkatan menuju stasiun tujuan.

Saat ini, reservasi tiket mesti dilengkapi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) baik untuk penumpang akil balig cukup akal maupun penumpang anak – anak. Bagi warga negara abnormal harus menggunakan nomor identitas yang tertera pada paspor.

Cek Cara Naik Kereta Api Bagi Pemula Disini!

Jika Kamu telah memesan tiketnya, sekarang tinggal mengenali cara naik kereta api dengan benar. Apabila melaksanakan pembelian tiket secara online, simpan isyarat booking pada e-ticket yang diperoleh melalui emailmu. Dimana e-ticket yang memuat kode booking ini nantinya diperlukan ketika Kamu melakukan check in selanjutnya Kamu akan menerika boarding pass.

Setelah itu, lakukan beberapa langkah cara naik kereta api berikut ini :

1. Check In Kereta Api dan Cetak Boarding Pass

Setibanya di Stasiun Kereta Api, dengan kode booking yang telah dipersiapkan sebelumnya, silahkan check in. Caranya tinggal mengunjungi mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) di stasiun ketika keberangkatan. Lalu inputkan instruksi booking tiket KAI yang dimiliki pada kolom yang sudah tersedia di mesin CTM. Untuk berikutnya print out boarding pass. Biasanya boarding pass berisi tanggal keberangkatan, nomor kereta api, nama penumpang hingga nomor kursimu. Simpan dan tunjukkan boarding pass saat petugas melakukan pemeriksaan dikala memasuki peron. Jangan lupa, tiba setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan.

2. Tunjukkan KTP dan Boarding Pass ke Petugas

Seperti yang telah disinggung sebeumnya, sebelum memasuki peron Kamu akan diperiksa apalagi dulu oleh petugas. Cara naik kereta api selanjutnya tinggal tunjukkan Kartu Identitas baik KTP/KK/SIM beserta boarding pass-mu, ke petugas peron. Untuk berikutnya boarding pass-mu akan pribadi di scan lalu dicocokkan dengan KTP. Jika telah OK semuanya, gres Kamu mampu masuk ke peron dan tinggal tunggu saja waktu keberangkatan. Namun tetap simpan boarding pass-nya alasannya adalah lazimnya petugas akan melakukan pengecekan kembali dikala di dalam kereta.

Baca Juga:   Cara Naik Mrt

3. Menaiki Gerbong Kereta dan Duduk Sesuai Nomor Kursi

Cara naik kereta api selanjutnya yaitu Kamu bisa menanyakan ke pihak petugas peron pada lintasan berapa transportasi keretamu akan tiba atau berada. Ketika semua penumpang dipersilahkan naik, langcung cari dan dapatkan nomor gerbong keretamu beserta tempat dudukmu. Silahkan cek nomor bangku atau gerbong atau jikalau kebingungan, langsung tanyakan saja ke petugas. Pastikan untuk menyimpan semua barangmu di kompartemen yang tersedia, kemudian duduk di dingklik dengan tenteram. Biasanya kereta akan eksklusif berangkat sesuai waktu/agenda yang sudah ditetapkan.

Nah, itulah tata cara naik kereta api bagi pemula dengan benar. Ini penting sekali bagi Kamu yang belum pernah menaiki kereta sama sekali. Bagaimana, mudah bukan?

close