May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Naik Lift

Cara Naik Lift 200x112 - Cara Naik Lift

Bagaimana cara naik lift? Lift atau disebut juga selaku elevator adalah sebuah alat angkut transportasi vertikal untuk memuat barang atau orang. Biasanya, lift dipakai sebagai alternatif pengganti eskalator atau tangga untuk naik ke lantai atas. Keberadaan lift sering kita jumpai di gedung-gedung tinggi perkantoran, apartemen, hingga di mall-mall atau pusat perbelanjaan.

Dengan adanya lift pastinya sangat membantu siapapun yang ingin menaiki lantai atas tanpa perlu repot-repot menaiki tangga. Kamu tak perlu menguras tenaga untuk menaiki lantai atas sebuah gedung. Karena lift membuatnya lebih mudah dan mudah untuk hingga ke daerah tujuanmu.

Untuk sebagian orang, mungkin kedatangan lift sendiri merupakan hal baru. Maka dari itu, Kamu membutuhkan tutorial khusus untuk naik lift biar tak terjadi kesalahan dikala menaikinya. Misalnya terjebak di dalam lift, kesalahan dalam menekan nomor lantai bahkan mampu mengakibatkan resiko kecelakaan fatal sebab kurang gosip perihal cara naik lift dengan benar. Apalagi jika Kamu harus sibuk-sibuk menaiki tangga hanya alasannya adalah Kamu tidak mengenali bagaimana cara mengoperasikan alat angkut angkutanini.

Mengenal Lift

Sekilas tentang lift yaitu alat untuk mengangkut orang atau benda dari lantai bawah ke lantai atas atau sebaliknya dengan berjalan secara vertikal. Kapasitas beban lift sangat terbatas, sehingga kamu mesti menyaksikan asumsi beban orang atau barang yang hendak masuk ke dalam lift. Biasanya ada tulisan kapasitas optimal pada lift sebagai panduan.

Selain itu, ada banyak tombol yang harus mampu kau operasikan yaitu tombol untuk membuka pintu lift dan tombol untuk menutup pintu lift. Selain itu juga ada tombol angka yang memberikan lantai di setiap ruangan pada gedung tersebut.

Baca Juga:   Cara Naik Pesawat Kini

Cara Naik Lift

Cara Naik Lift 200x112 - Cara Naik Lift
Panduan Naik Lift Praktis

Panduan Cara Menaiki Lift dengan Praktis

Bagi Kamu yang belum mengenali bagaimana cara naik lift, berikut beberapa bimbingan dasar yang harus Kamu ikuti ketika menaiki alat ini di gedung perkantoran atau mall-mall, di bawah ini :

1. Berdiri di Depan Lift/Elevator

Silahkan bangun di depan elevator dan eksklusif tekan tombol bergambar segitiga yang ujungnya pribadi mengarah ke bagian atas atau ke bawah bila Kamu ada di lantai atas. Sementara, kalau kamu ingin ke lantai atas maka harus menekan tombol segitiga yang mengarah ke atas.

2. Tekan Tombol Segitiga

Setelah menekan tombol bergambar segitiga, tunggu terlebih dulu lift tersebut berhenti tepat didepanmu. Misalnya saja, Kamu ada di lantai dasar sementar lift masih ada di lantai teratas, jadi Kamu perlu menunggunya sampai lift datang ke lantai dasar.

3. Masuk ke Dalam Lift Segera

Langkah cara naik lift selanjutnya, sesudah lift berhenti tepat di lantai dasar atau di depanmu, biasaanya lift langsung terbuka secara otomatis. Akan tetapi, tentukan Kamu mesti secepatnya masuk ke dalam lift agar pintung tak tertutup kembali. Silahkan pegang pintu lift selaku antisipasi semoga pintu lift tak tertutup otomatis jikalau orang-orang didepannya belum masuk ke lift tersebut.

4. Tekan Tombol Nomor Lantai Tujuan

Setelah masuk ke dalam lift, selanjutnya tinggal tekan nomor di tombol yang tersedia di dalam lift. Nomor tersebut biasanya memberikan nomor lantai. Apabila gedung keberadaanmu mempunyai 10 lantai, pada lift lazimnya akan terdapat tombol angka mulai dari nomor 1 hingga 10. Hal ini juga berlaku bagi gedung yang mempunyai lebih dari 10 lantai atau kurang, Kamu tinggal tekan nomor lantai yang akan dituju.

5. Menutup Lift Saat Ada Orang Keluar dari Lift

Jika kau kebetulan sedang bareng orang lain yang mau pergi ke lantai berlainan, contohnya ke lantai 20 sementara Kamu akan naik ke lantai 50. Dengan begitu, lift secara otomatis akan berhenti dahulu di lantai 20. Kemudian setibanyak di lantai 20, secara otomatis lift pun akan pribadi terbuka. Setelah simpulan, Kamu bisa menutup lift kembali dengan cara manual menekan tombol yang terdapat pada lift. Jika ingin menutupnya, tekan tombol dua pasang segitiga yang berhadapan satu sama lain.

Baca Juga:   Cara Naik Mrt

6. Keluar Lift dan Pastikan Pintu Lift Tidak Menutup Otomatis

Cara naik lift selanjutnya, kalau Kamu sudah berada di lantai yang Kamu tuju, lift pun akan langsung terbuka sendirinya. Tapi jangan lupa, pegang pintu lift semoga tidak menutup otomatis karena bisa berbahaya apabila hal ini terjadi.

Itulah beberapa panduan cara naik lift yang mampu Kamu kerjakan semoga Kamu merasa lebih nyaman menaiki lift. Selain itu, Kamu juga tidak perlu ketakutan lagi jikalau menaiki lift berbarengan dengan orang lain atau sendirian.

Etika Memakai Lift

Selain mengenali cara naik lift di atas, Kamu juga harus mengetahui etika menggunakan lift dengan benar. Dengan begitu, Kamu merasa lebih tenteram begitupun orang yang bersama-sama naik lift denganmu. Berikut penjelasannya :

1. Masuk Bergantian

Budayakan antri ketika akan masuk ke dalam lift. Jangan sampai saling berebut untuk masuk ke dalam lift karena akan sangat berbahaya bila terjadi hal – hal yang merugikan mirip terjepit pintu lift. Caranya ialah pegang pintu lift untuk menyingkir dari pintu lift tertutup secara otomatis lalu persilahkan orang lain untuk masuk secara bergantian.

2. Dahulukan Orang yang Akan Keluar Lebih Dulu

Apabila Kamu hendak memakai fasiltias lift ke lantai yang Kamu tuju, tetapi di dalam lift ternyata ada orang lain yang mau keluar, tentukan untuk mendahulukan orang yang ingin keluar lebih dahulu. Hal ini sungguh penting sebab bertujuan untuk menyingkir dari resiko terjepit yang disebabkan oleh pintu lift yang tertutup otomatis.

3. Dilarang Merokok

Meskipun Kamu termasuk perokok berat dan aktif, sebaiknya tahan kemauan untuk merokok di dalam lift terlebih dulu. Walaupun Kamu merasa bosan saat berada di dalam lift. Tahan dirimu untuk tidak merokok di dalam litf, di samping dapat mengganggu ketentraman orang lain yang juga sedang menaiki lift bersamamu, hal ini juga mampu menjadikan berbunyinya alarm kebakaran. Kamu pastinya tak mau membuat orang lain panik hanya sebab Kamu merokok ketika berada di dalam lift.

Baca Juga:   Aplikasi Edit Foto Terbaik Di Iphone

4. Dilarang Berisik

Saat menaiki lift semestinya jangan berisik dan tidak menyebabkan kegaduhan sebab bisa mengganggu ketentraman orang lain yang juga sedang memakai elevator. Kamu cuma perlu diam saja sambil menanti lift berhenti di lantai tujuanmu. Selain itu, Kamu perlu tahu bahwa lift biasanyadidesain semi kedap suara biar menghindari kegaduhan mesin dari luar lift.

5. Overload

Setiap lift memiliki pengaturan otomatis dikala beban yang masuk ke dalam lift melampaui kapasitasnya. Jika melebihi kapasitas secara otomatis lift tidak akan jalan meskipun kamu menekan tombol tutup pintu lift atau menekan nomor lantai tujuan. Apabola hal tersebut terjadi, maka harus ada salah satu orang yang mengalah keluar dari lift hingga otomatis overload pada lift tidak berbunyi kembali. Dan orang yang keluar tersebut harus menunggu lift berikutnya menuju lokasi yang hendak dituju.

Beberapa akhlak dan cara naik lift di atas pastinya akan sungguh membantu bagi kau baik yang sering memakai lift atau yang gres memakai lift sama sekali. Hal ini dikarenakan keselamatan yakni faktor yang mesti di prioritskan.