May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Ngecas Kendaraan Beroda Empat Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki 200x112 - Cara Ngecas Kendaraan Beroda Empat Mainan Aki

Gimana sih cara ngecas kendaraan beroda empat mainan aki? Ya, mobil mainan aki memang telah sungguh akrab bagi belum dewasa. Apalagi kalau Kamu sering membawa belum dewasa pergi ke mall-mall atau sentra perbelanjaan, lazimnya kita sering menjumpai kawasan penyewaan mobil mainan aki. Karena kendaraan beroda empat mainan aki ini banyak digemari bawah umur, tak heran jikalau setiap tahun kita sering menyaksikan model dan tipe mobil mainan aki yang diluncurkan oleh produsen.

Sebenarnya, bila dibandingkan mesti menyewa mobil mainan aki sebesar Rp.30ribu sampai Rp.35 ribu setiap kali pergi ke mall. Tentu tak ada salahnya Kamu berbelanja kendaraan beroda empat mainan aki sebagai kado untuk bawah umur. Dengan begitu, mereka pun bisa leluasa bermain sepuasnya tanpa terbatas waktu. Apalagi bila main di rumah, selain lebih irit juga lebih kondusif alasannya selalu dalam pengawasanmu.

Tips Membelikan Mainan Mobil Aki

Sebelum kita lanjut ke cara ngecas kendaraan beroda empat mainan aki, Kamu yang ingin membelikan mainan kendaraan beroda empat aki untuk si kecil mesti mengenali tipsnya dengan benar. Ada beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk membelikan mainan kendaraan beroda empat aki pada anak, diantaranya :

1. Kualitas dan Model

Sebenarnya ada ratusan tipe dan versi mobil mainan aki yang dijual di pasaran. Kamu harus pandai memilihkan versi yang sesuai dipakai untuk anak. Seperti dilihat dari sisi feminin, jantan, sporty, classy dan lainnya. Tak hanya itu, pemilihan warna pun cukup penting, sebab secara tak eksklusif warna mampu meningkatkan mood si kecil secara psikologis. Sebaiknya hindari penyeleksian mainan mobil yang norak dan terlalu ramai oleh stiker, karena stiker ini tak bisa bertahan lama serta cuma menciptakan mobilmu menjadi kusam.

Baca Juga:   Cara Top Up Shopeepay

Silahkan pilihkan kendaraan beroda empat mainan untuk anak dengan versi lux serta mirip bentuk aslinya yang bersifat aerodinamis. Makara, telah bukan lagi zamannya bentuk mainan kendaraan beroda empat yang kaku seperti robot.

2. Ukuran

Di dunia mainan kendaraan beroda empat aki sendiri, terdapat beberapa ukuran mobil yang bisa diubahsuaikan menurut usia si kecil. Menurut aturan, kendaraan beroda empat mainan aki mesti dimainkan anak yang berusia di atas 3 tahun. Tapi pada kenyataannya, tidak sedikit yang berusia kurang dari 3 tahun telah dikasih kendaraan beroda empat mainan ini. Karenanya,Kamu harus menyesuaikan ukuran mobil dengan postur badan si kecil. Meskipun pada dasarnya, tak ada tolok ukur usia sekian mesti menggunakan kendaraan beroda empat aki dengan ukuran sekian.

3. Budget dan Fitur

Seperti kita ketahui, semakin mahal mobil mainan aki tersebut, maka fitur yang ditawarkannya pun bertambah banyak. Misalnya fitur shock breaker, tenaga single atau double aki dan lainnya. Di samping itu, ada dashboard, ban karet atau plastik, pintu, bangku dan mutu plastik serta finishing juga sudah dipengaruhi oleh faktor harga serta budget yang Kamu miliki.

Itulah beberapa panduan menentukan kendaraan beroda empat mainan aki yang bisa Kamu ikuti ketika hendak memilihkan mainan ini untuk si kecil. Selain pemilihan mainan kendaraan beroda empat aki, kerap kali bagi yang baru membelinya merasa kesusahan dalam cara ngecas kendaraan beroda empat mainan aki. Kamu tak perlu khawatir, alasannya adalah disini kita akan diskusikan panduannya!

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Cara Ngecas Mobil Mainan Aki 200x112 - Cara Ngecas Kendaraan Beroda Empat Mainan Aki
Ngecas Mobil Mainan Aki Praktis

Panduan Mengecas Mobil Mainan Aki

Untuk mengecas mobil mainan aki, ada beberapa langkah cara ngecas mobil mainan aki di bawah ini :

1. Posisikan Mainan Mobil Aki Dalam Kondisi Off

Saat pengisian daya, tentukan sebelumnya posisikan dulu mainan mobil aki si kecil dalam kondisi off. Tujuannya agar tak terjadi konsleting maupun error dalam tata cara kelistrikan mainan mobil ini. Selain itu, Kamu juga mesti memutuskan semua unsur yang terdapat dalam mainan kendaraan beroda empat aki ini dalam posisi Off.

Baca Juga:   Cara Menciptakan Spasi Line Break Caption Instagram Di Android & Ios

2. Biarkan Selama 10-15 Menit Setelah Dimatikan Sebelum Dicas

Jika Kamu telah mematikan semua perangkat atau unsur dalam mainan mobil aki, berikutnya biarkan mobil tersebut selama 10 hingga 15 menit. Tujuannya semoga residu listrik yang terdapat pada modul di dalam perangkat aki mainan kendaraan beroda empat dikosongkan. Dengan begitu, aki bisa menyimpan sekaligus memperoleh daya listrik yang gres dikala pengisian daya.

Selain itu, tujuan yang lain adalah mengembalikan temperatur komponen mobil mainan dalam kondisi yang wajar setelah digunakan.

3. Mencabut Aki Mainan Mobil

Jika IC modul yang terdapat dalam kendaraan beroda empat aki dalam keadaan tidak panas dan hambar, Kamu mampu membongkar mobil mainan tersebut lalu mencabut akinya. Poin ini bekerjsama opsional, kalaupun tidak dicabut juga tidak persoalan bahwasanya. Hanya saja, tujuan dari pelepasan aki ini ialah semoga proses pengecasan atau pengisian daya aki berlangsung secara optimal.

Namun tentu saja, Kamu harus menyesuaikan dengan perangkat charger mainan mobil. Jika metode yang digunakan berkonsep plug and play, cukup hubungkan saja charger ke dalam lubang charger yang sudah disediakan. Namun apabila charger yang dipakai mempunyai adapter klip lainnya, lepaskan saja aki pada kendaraan beroda empat mainan tersebut.

4. Menghubungkan Kutup Positf dan Negatif ke Klip Adapter

Langkah cara ngecas mobil mainan aki berikutnya, setelah aki mobil mainan dicabut, selanjutnya Kamu perlu merencanakan charger mainan tersebut. Biasanya Kamu akan menjumpai 2 kutub yang terdapat pada aki secara lazim, yakni kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Adapun hal yang perlu Kamu ketahui diantaranya :

  • Posisi kutub aktual (+) perlu dihubungkan pada klip merah.
  • Kutub negatif (-) harus Kamu hubungkan pada klip yang berwarna hitam.

Pastikan untuk tidak tertukar atau salah memasangkan klip. Sebab hal tersebut secara otomatis menciptakan aki menjadi konslet. Hal ini juga bisa menyebabkan resiko aki bocor.

Kamu juga mesti menentukan saat menghubungkan klip, seharusnya keadaan charger aki masih belum tercolok ke stop kontak. Tujuannya semoga tidak mengakibatkan percikan api yang disebabkan oleh konferensi aki dengan klip charger.

5. Mencolokkan Charger ke Dalam Stop Kontak

Setelah memasangkan klip ke kutub yang sesuai pada aki, cara terakhir adalah Kamu cukup mencolokkan charger ke dalam sumber listrik atau stop kontak. Untuk charger dengan klip ini mempunyai indikator lampu LED, yang berfugsi untuk mengenali kondisi pengisian pada baterai aki, apakah sudah terisi atau belum.

Baca Juga:   Cara Membuka Handphone Yang Terkunci

Selain itu, amati pula jenis aki yang digunakan. Pastikan apakah itu jenis aki kering atau aki berair. Hal penting lainnya yang mesti diamati adalah kapasitas ampre dan volt pada aki.

Biasanya waktu yang digunakan untuk pengecasan aki mainan kendaraan beroda empat yakni selama 2 jam. Apabila pengisian daya dirasa melampaui 2 jam namun daya yang terisi belum penuh, kemungkinan aki mengalami kebocoran atau soak.

Tips Jika Tidak Mempunyai Charger Pada Mobil Mainan Aki

Jika ternyata Kamu tidak mempunyai atau tidak diberikan charger ketika pembelian mobil mainan aki, maka cara ngecas mobil mainan aki pun cukup ribet. Karena Kamu harus mencopot aki di dalam mainan mobil kemudian bawa ke tukang atau jasa pengisian aki. Umumnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengecas aki ini berkisar Rp. 10 ribu sampai Rp. 15 ribu. Tarif tersebut tergantung dari voltase dan besarnya daya aki yang dipakai.

Ya, demikianlah ulasan terkait cara ngecas mobil mainan aki yang perlu Kamu coba. Dengan begitu, kendaraan beroda empat mainan aki si kecil lebih tahan usang dan baka digunakan. Bagaimana, gampang bukan?