May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Ngelamar Kerja Melalui Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email 200x112 - Cara Ngelamar Kerja Melalui Email

Bagaimana cara ngelamar kerja melalui email? Email memiliki sebutan lain adalah surel (surat elektro), ini yaitu salah satu platform media komunikasi. Platform ini umumnya penting sekali untuk kebutuhan verifikasi ponsel pintar, media umum, sampai untuk kegiatan pekerjaan. Dengan adanya email, semua kegiatan kita menjadi lebih mudah, dan bukan cuma sekedar untuk aktivitas surat menyurat secara elektronik semata.

Walaupun mungkin sebenarnya kemajuan sosial media sekarang ini makin meningkat bisa menggeser penggunaan email, justru peranan email tetap tidak tergantikan. Apalagi untuk menciptakan akun dan melaksanakan verifikasi akun media sosial, sekarang kita memerlukan akun email. Email juga dikategorikan selaku salah satu media umum gratisan dan gampang dipakai.

Fitur yang Terdapat Pada Email

Fitur arsip yang terdapat pada email biasanya sering dipakai selaku sebuah tanda bukti terhadap kejadian yang dialami oleh antar pekerja, balasannya akuntabilitas email tak bisa diragukan kembali. Kebanyakan orang masih menggunakan email untuk media komunikasi dan saling bertukar dokumen dan file, seperti dokumen Ms. Words, video, foto, maupun dokumen sejenisnya. Dengan email, kita pun tidak perlu terusik dan khawatir adanya notifikasi bersifat spamming saat ada pesan masuk meskipun time zone-nya berbeda.

Inilah yang membuat kehadiran email cukup urgen untuk setiap kalangan sampai instansi. Terlebih bagi perusahaan yang biasanya lebih menekankan pemakaian email untuk persoalan pekerjaan atau bisnis. Bahkan email sangat bagi suatu bisnis, sebab lewat email inilah suatu bisnis tak hanya mampu berkomunikasi bersama customer-nya melainkan juga dapat membentuk akun pada channel penjualan digitalnya.

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email

Cara Ngelamar Kerja Lewat Email 200x112 - Cara Ngelamar Kerja Melalui Email
Ngelamar Kerja Lewat Email Mudah

Panduan Melamar Pekerjaan Lewat Email

Salah satu pentingnya email juga bisa dipakai untuk melamar pekerjaan. Bahkan cara ngelamar kerja lewat email juga sungguh mudah dan praktis. Memungkinkan surat lamaranmu eksklusif sampai ke pihak HRD dan eksklusif diseleksi dengan cepat. Hal ini berbeda dengan mengantarkan surat lamaran via ekspedisi yang memerlukan waktu cukup lama untuk tiba ke kantor tujuan.

Baca Juga:   Review Xiaomi Redmi Note 5A Prime (Harga Dan Spesifikasi)

Selain itu, melamar pekerjaan melalui email juga mampu dikatakan cukup terjangkau alasannya Kamu tidak perlu mencetak surat lamaran, CV dan sertifikat yang diperlukan selaku syarat melamar kerja. Kamu cukup menguploadnya saja dalam bentuk soft copy dan semua dokumen atau berkas lamaranmu eksklusif diterima oleh pihak HRD perusahaan.

Oke, untuk lebih jelasnya Kamu bisa mengikuti cara ngelamar kerja melalui email berikut :

1. Cek Kembali Alamat Emailnya

Sebenarnya tak persoalan kalau Kamu mempunyai alamat email yang namanya cenderung kurang formal, seperti akun email yang kerap dijumpai pada akun belum dewasa muda lazimnya . Misalnya saja mirip, Annagirls27@gmail.com atau yang lain. Untuk kebutuhan privasi, mungkin alamat email mirip itu tidak persoalan. Namun jika ingin melamar kerja, seharusnya hindari pemakaian alamat email yang namanya sulit dibaca. Pastikan akun email hanya berbentuknama lengkapmu saja.

Kalau mau, Kamu memisahkan antara email langsung dengan email khusus untuk pekerjaan. Pemakaian nama email kurang formal dan terlalu rumit bisa menjadi pertimbangan seorang recruiter atau HRD. Lain halnya dengan memakai akun email sesuai namamu, maka pihak HRD pun menjadi lebih gampang mengenalimu.

2. Cek Kapasitas Berkas Lamaranmu

Apabila file berkas lamaranmu mempunyai kapasitas melampaui 1 MB, maka penting sekali untuk mengecilkannya hingga kapasitasnya tidak melebihi 1 MB. Karena penggunaan berkas lamaran yang kapasitasnya tidak hingga 1 MB membuat lebih mudah pihak HRD untuk mendownload file lamaranmu. Selain itu, hal ini juga dapat menyingkir dari banyaknya waktu yang tersita yang dimiliki pihak HRD perusahaan.

Kelebihan yang lain menggunakan file kurang 1 MB yaitu pihak HRD tidak terlampau b0oros kuota. Dengan kapasitas yang rendah, membuat kanal berkas lamaranmu lebih ringan. Sebab Kamu tentunya tak cuma mengurumkan 1 berkas lamaran saja.

3. Jangan Kirim Berkas Lamaran Melalui Format Rar/Zip

Cara ngelamar kerja lewat email selanjutnya, sebaiknya jangan kirim file dokumen lamaran menggunakan format rar atau zip. Sebab bentuk rar atau zip ialah bentuk dokumen hasil kompresi, sehingga memungkinkan banyak file dikumpulkan ke dalam 1 folder dengan ukuran lebih kecil. Hal ini tentu saja kian memperkecil ukuran berkas atau file lamaranmu. Meskipun ukuran file yang kecil direkomendasikan namun bila disatukan ke dalam satu folder berbentuk zip/rar bisa mempersulit HRD untuk mengganti berkas lamaranmu.

Baca Juga:   Cara Ubah Kuota Gamesmax Jadi Flash Reguler

Karena pihak HRD biasanya harus mengekstrak file berkas lamaranmu lebih dahulu, hal ini telah pasti akan sangat menyita banyak waktu. Karena itu, cek file berkas lamaranmu kembali sebelum melampirkan dan mengirimkannya ke email perusahaan tujuan. Selain itu, tentukan juga file berkas lamaran sesuai ketentuan yang telah diberitahukan perusahaan.

4. Memakai Bahasa Formal/Resmi

Cara ngelamar kerja lewat email berikutnya yakni menggunakan bahasa formal atau resmi, entah itu menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia tergantung undangan. Hindari pemakaian bahasa yang tidak resmi atau kurang sopan seperti bahasa sehari-hari bersama teman, contohnya penggunaan kata sapaan “Kamu”, “Aku”, “Lo”, “Gue”, atau yang lainnya.

Penggunaan bahasa tentu saja mesti diamati dalam penulisan setiap kata pada penulisan lamaran kerja. Cek kembali pemakaian karakter kapital dan tanda baca. Misalnya pemakaian abjad kapital nama perusahaan, lalu nama HRD dan namamu. Selain itu, usahakan jangan ada penulisan yang typo, alasannya adalah hal ini terkesan kurang teliti.

5. Menulis Subject dengan Jelas

Subject pada email mampu dikatakan sebagai identitas isi email itu sendiri. Subject memang sangat gampang diketahui sebab letaknya terdapat pada kepala email. Pastinya saat seseorang membuka sebuah email, maka yang dibaca pertama kali adalah kepala email dengan salah satu bagiannya yakni subject.

Umumnya perusahaan sudah memberikan kode seperti ketentuan menuliskan subject email. Biasanya hal tersebut bermaksud untuk menyingkir dari terjadinya kerepotan dikala menuliskan subject, sebab pada penulisan subject itu sendiri mesti dituliskan dengan singkat dan terperinci.

Misalnya saja dengan menuliskan “Mita Mellinda – Customer Service Officer” pada subject.

Dengan penulisan nama lengkap di subject email mampu memudahkan pihak HRD mengetahui tujuan dari isi emailmu. Biasanya sebagian besar utamanya bagi pemula, tak sedikit yang kurang teliti perihal penulisan subject. Dengan begitu mereka pun lupa untuk menuliskan subject selaku lampiran pada lamaran pekerjaannya.

Selain itu, kesalahan yang mesti dikesampingkan yang lain adalah jangan menuliskan subject yang terlalu rumit dan banyak klarifikasi. Sebab bisa membingungkan pihak HRD. Diantara keseluruhan di atas, cermati lagi apakah penulisan berkas lamaranmu dan subject email sudah sesuai ketentuan atau belum. Agar Kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga:   6 Cara Merapikan Goresan Pena Di Word Agar Terlihat Profesional

6. Pemakaian Salam, Pembuka, Isi dan Penutup

Cara ngelamar kerja lewat email selanjutnya ialah, Kamu juga mesti memperhatikan struktur penulisan pada body email. Pastikan struktur penulisan di badan email seperti halnya penulisan pada surat edaran resmi dengan mencantumkan salam, pembuka, isi sampai epilog.

Di sini Kamu bisa menuliskan perkenalan diri, tujuan atau maksud pengerjaan surat lamaran serta klarifikasi terkait lampiran yang telah disediakan.

Ya, itulah 6 langkah cara ngelamar kerja lewat email yang mesti diamati agar lamaranmu mampu langsung terbaca dan diseleksi oleh pihak HRD perusahaan daerah Kamu akan melamar. Semoga berfaedah!