May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Ngeprint Label Permintaan

Cara Ngeprint Label Undangan - Cara Ngeprint Label Permintaan

Mungkin kita pernah menerima ajakan yang labelnya ditulis memakai komputer dan bukan dari goresan pena tangan. Sebenarnya label tersebut dipastikan memakai setting-an dari Excel maupun Microsoft Word. Bagi yang masih awam, mungkin bingung bagaimana cara ngeprint label permintaan tersebut. Tapi Kamu tak perlu cemas, sebab Kami akan membagikan ulasannya dalam postingan ini.

Cara Ngeprint Label Undangan

Cara Ngeprint Label Undangan - Cara Ngeprint Label Permintaan
Ngeprint Label Undangan

Tutorial Ngeprint Label Undangan

Supaya lebih praktis mencantumkan nama beserta alaman dalam kartu undangan, umumnya kita menggunakan kertas label. Adapun kertas label ini ialah kertas stiker tanpa motif alias polos yang mampu dtulis, entah itu memakai goresan pena tangan maupun hasil print atau cetakan. Penulisan pada label permintaan kini ini biasanya sering menggunakan komputer dengan aplikasi Microsoft Word.

Biasanya label yang dipakai pada kartu undangan adalah nomor 121 atau nomor 103, pada selembar kertas label lazimnya terdapat 12 label stiker. Jika ingin mempercepat proses pembuatan, ada cara pengerjaan label undangan secara otomatis di Ms. Word memakai perlindungan dari Ms Exve.

Tahap 1 : Persiapan Pembuatan Label Undangan Otomatis

Kamu mampu memakai Microsoft Office baik versi 2007, 2010, maupun 2016 ke dalam cara ngeprint label usul. Untuk artikel kali ini, kita akan menjajal memakai Ms. Office 2016 dengan OS Windows 10. Namun sebelum Kamu mulai mencetaknya, harus persiapkan apalagi dahulu kertas label undangan nomor 103 misalnya, beserta penggaris.

Baca Juga:   Cara Hemat Kuota

Tahap 2 : Pembuatan Template Label di Microsoft Word

Kamu akan menciptakan template label pada nomor 103, sesuai ukuran label usul aslinya. Kemudian template tersebut akan digunakan selaku kawasan untuk menyimpan tulisan yang ingin dicetak. Namun sebelumnya, Kamu harus memutuskan sudah merencanakan label undangan dan penggaris yang akan digunakan. Buka Ms. Word apalagi dahulu kemudian buat dokumen yang gres. Ketuk di pilihan Ribbon Mailings kemudian pilih Labels, berikutnya di jendela bertuliskan Envelopes and Labels pilih saja Options.

Selanjutnya Kamu keluar dari Label Options dan ketuk “New Label”. Di jendela bertuliskan “Label Details”, Kamu tinggal mengisi tiap kolom berdasarkan ukuran label yang sebenarnya.

Berikut penjelasan setiap kolom yang ditampilkan, diantaranya :

1. Label Name

Pada label name, Kamu bisa mengisinya dengan nama label yang ingin dibuat, misalnya “Label 103”.

2. Top Margin

Top margin sendiri yaitu jarak margin bagian atas, antara bagian pinggir atas pada kertas hingga pinggir label ke dalam 1 bab atas.

3. Vertical Pitch

Merupakan tinggi label yang disertakan dengan jarak vertikal dan label ke-3.

4. Side Margin

Adalah jarak margin bab samping, ialah antara pinggir pada samping kertas sampai pinggir pada label ke dalam 1 bab samping.

5. Horizontal Pitch

Merupakan lebar label yang ditambahkan oleh jarak horizontal serta label kedua.

6. Label Width

Kamu bisa mengisi kolom ini dengan lebar label ajakan yang akan dibuat.

7. Label Height

Pengisian kolom label height sendiri diisi oleh tinggi pada label.

8. Number Down

Number down adalah jumlah baris, lazimnya di dalam label 103 ada 4 baris.

9. Number Accross

Kamu bisa mengisinya dengan jumlah kolom, dimana dalam label 103 ada 3 kolom.

10. Page Height

Merupakan tinggi kertas label keseluruhan.

11. Page Width

Adalah lebar pada kertas label keseluruhan.

Jika seluruh kolom sudah diisi sesuai ukuran label bergotong-royong, Kamu tinggal mengklik OK. Di dalam jendela bertuliskan Envelopes and labels, Kamu bisa mengamati label aktif ialah label yang Kamu sudah buat sebelumnya. Selanjutnya tinggal klik pada pilihan “New Document”.

Cara ngeprint label ajakan selanjutnya, secara otomatis dokumen gres akan terbuka sesuai format template label. Pekerjaanmu untuk pembuatan template sendiri sudah final, kini tinggal memasukkan data biar Kamu menerima label seruan yang sudah siap untuk dicetak secara otomatis.

Baca Juga:   Cara Cek Imei Oppo Orisinil Atau Artifisial Terdaftar Atau Tidak

Tahap 3 : Pembuatan Data Label di Microsoft Excel

Format penulisan label undangan untuk setiap jenis usul sendiri adalah nama peserta berikut alamatnya. Kamu tinggal menciptakan daftar nama yang menerima seruan di Microsoft Word saja, kemudian save atau simpan.

Tahap 4 : Memasukkan Data Excel ke Template Label

Langkah cara ngeprint label seruan terakhir yakni memadukan data Ms. Excel dbersama template label Microsoft Word. Adapun caranya ialah, ketuk opsi Ribbon Mailings dan pilih opsi Select Recipients kemudian tekan pilih lagi use existing list. Untuk berikutnya tinggal arahkan ke file Excel berisi daftar akseptor permintaan.

Kemudian di opsi Select Table, Kamu bisa memilih sesuai sheet, tempatmu mengetikkan data berupa alamat dan nama peserta permintaan. Contohnya pada sheet pertama, Kamu bisa memilih sheet1$ kemudian tekan OK bila ingin menyimpannya. Lalu letakkan kursor di kolom pertama pada lembar kerja Word. Ketuk pada opsi Ribbon Maillings, pilih opsi Insert Merge Field dan Kamu mampu menentukan drop down Alamat.

Pada kolom berikutnya Kamu tinggal mengisinya dengan cara menyalin pada kolom pertama. Lalu letakkan kursor di kolom kedua, tepatnya sebelum  goresan pena “NAMA”. Ketuk pada pilihan Ribbon Mailings, tekan pilihan Rules dan pilih Next Record. Fungsinya ialah supaya di kolom kedua maupun seterusnya data yang hendak ditampilkan ialah data berikutnya yang dilaksanakan secara berurutan.

Sementara kolom yang lainnya, tinggal salin dari bagian kolom kedua. Kamu juga mampu menertibkan perataan tulisan atau text, ukuran font dan jenis font biar terlihat rapi.

Adapun untuk mengantinya menjadai alamat dan nama yang tepat dengan data yang telah diketik di lembar Excel, Kamu mampu mengikuti cara berikut. Ketuk pilihan Ribbon Mailings kemudian pilih Edit Individual Documents lalu tekan All dan tekan Ok. Jika data dalam lembar Microsoft Excel terlihat cukup banyak seringkali bisa mengakibatkan Ms. Word “Not Responding” selama beberapa waktu. Namun Kamu tak perlu cemas, tinggal tunggu saja hingga kembali lagi menjadi normal serta data yang sudah terekspor telah siap dicetak.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Bagaimana Agar Label Undangan Pas Ketika di Print?

Agar terhindar dari kesalahan pencetakan, seharusnya tentukan untuk menertibkan ukuran pada kertas cetak menurut ukuran kertas label seruan yang dipakai. Untuk pengaturan ukuran kertas umumnya berada dalam hidangan Properties di dalam sajian pengaturan ketika menentukan mesin printer yang digunakan.

Mengenal Ukuran Label Undangan

Seperti kita pahami, ukuran label seruan itu sendiri memiliki banyak jenisnya. Bahkan bentuk label seruan tersebut juga beraneka ragam, mulai daru yang berupa kotak, persegi panjang, hingga persegi panjang kecil. Namun umumnya yang umum dipakai di Indonesia yaitu label undangan berukuran 103 dan ukuran 121

1. Ukuran Label 103

Ukuran label undangan yang sering dipakai adalah nomor 103. Adapun ukuran dalam centimeternya yakni sekitar 3,2 x 6,4 cm.

2. Ukuran Label 121

Selain ukuran 103, ada pula ukuran label 121 jikalau dikonversikan ke dalam cm, ukurannya ialah 3,8 x 7,5 cm.

Oke, itulah beberapa berita terkait ukuran label permintaan yang mampu dicetak dengan memakai cara ngeprint label seruan dengan benar. Pastikan Kamu menentukan ukuran yang sempurna sesuai dengan ukuran undanganmu. Semoga berfaedah dan selamat mencoba!

 

 

 

 

close