May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil - Cara Oper Gigi Mobil

Gimana sih cara oper gigi kendaraan beroda empat manual? Bagi pengendara kendaraan beroda empat transmisi otomatis mungkin nggak dilema dikala mengoper gigi. Karena langkah-langkahnya sangat praktis dan gampang, lain halnya dengan mengoper gigi mobil manual. Namun, Kamu tak perlu cemas alasannya kita akan mengembangkan tutorialnya di artikel ini.

Biasanya saat mengemudi kendaraan beroda empat manual, kita mungkin pernah merasakan proses perpindahan gigi yang bergairah serta terasa menghentak. Bagi pengemudi mungki biasa-lazimsaja, tapi justru kondisi perpindahan gigi yang bergairah bisa menciptakan penumpang tidak tenteram. Mobil mengalami hentakan khususnya sesudah kopling terhubung kembali ialah hal masuk akal, terlebih bagi pengemudi pemula.

Nah, kalau Kamu ingin mengoper gigi mobil manual secara halus serta tidak menghentak, Kamu mesti melatih feeling untuk mengemudi terlebih dulu. Terutama pada posisi gigi, putaran mesin sampai kecepatan kendaraan.

Misalnya saja, mobil terasa begitu menghentak saat kita melepas kopling tiba-datang atau dengan segera. Atau, saat gres melaju perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2, Kamu terlambat melaksanakan pengaturan putaran mesin. Alhasil, terjadilah hentakan ketika bertemunya mesin putaran dan transmisi.

Cara Oper Gigi Mobil

Cara Oper Gigi Mobil - Cara Oper Gigi Mobil
Panduan Oper Gigi Mobil Manual

Tutorial Oper Gigi Mobil Manual

Supaya proses perpindahan transmisi gigi menjadi lebih halus, ada beberapa tutorial cara oper gigi mobil manual yang bisa Kamu ikuti petunjuknya berikut :

1. Menginjak Pedal Kopling Penuh

Untuk mengoper gigi mobil lebih halus, Kamu mesti menginjak pedal kopling secara sarat . Lakukan pijakan pedal kopling secepat mungkin walaupun posisi pada pedal gas ditekan sedikit. Umumnya, menekan pedal kopling secara penuh dengan cepat tak terlalu berpengaruh pada kamas kopling keseluruhan. Cukup dengan menekan kopling tersebut, maka tenaga yang telah disalurkan dari bagian mesin ke tata cara transmisi akan diputus cepat.

Baca Juga:   Cara Transfer Pulsa Axis Ke Telkomsel

Pada keadaan ini lazimnya kendaraan beroda empat akan melaju dan meluncur menurut metode gaya inersia yang sudah terjadi sebelumnya. Kamu akan merasakan laju kendaraan beroda empat terasa lebih halus mengingat getaran mesin dan sistem transmisi yang seakan menghilang.

2. Melepas Pijakan Pada Pedal Gas

Langkah cara oper gigi kendaraan beroda empat berikutnnya yaitu melepas pijakan pada pedal gas. Kamu bisa mengangkat kaki sebelah kanan sepenuhnya pada pedal gas tetapi tetap tahan pada posisi tersebut. Apabila Kamu telah sudah biasa, biasanya proses pelepasan pijakan pedal gas tersebut akan terjadi secara bersamaan dengan cara menekan peda kopling secara sarat .

Melepas pijakan pedal gas dengan sementara menciptakan putaran pada mesin menurun. Dengan demikian munculnya getaran saat proses tersalurnya tenaga antara tata cara transmisi dan mesin tak terlalu besar serta tak menghentak. Dalam posisi ini, tentukan kaki kiri tetap menekan kopling secara sarat .

3. Menggeser Tuas Persneling Sesuai Gigi yang Diperlukan

Berikutnya sesudah melepas pijakan pedal gas ialah menggeser tuas perseneling pada posisi transmisi gigi yang diharapkan, misalnya mirip ke tingkat gigi lebih tinggi demi meningatkan laju kendaraan. Selain itu juga, mampu ke posisi gigi lebih rendah kalau ingin menurunkan posisi gigi. Ketika menggeser bagian tuas perseneling, pastikan gigi transmisi sudah masuk.

4. Menambahkan Sedikit Pijakan Pedal Gas

Cara oper gigi kendaraan beroda empat berikutnya, setelah gigi transmisi benar-benar masuk, Kamu bisa memberikan pelengkap pijakan sedikit ke dalam pedal gas. Tujuannya supaya putaran mesin mampu menyesuaikan putaran transmisi serta beban putaran roda. Adpaun tolok ukur terutama ialah rmp mesin mampu Kamu cek di bagian dashboard pengemudi.

Ketika sebelumnya Kamu menginjak kopling kemudian melepas pijakan ke dalam pedal gas, putaran rpm mesin pun selanjutnya akan turun sendirinya pada posisi rpm idling. Sementara, putaran transmisi tetap mengikuti arah putaran pada roda mobil.

5. Angkat Pijakan Kaki Secara Perlahan Pada Pedal Kopling

Sesudah Kamu menyertakan putaran mesin sedikit semoga menyesuaikan putaran roda. Maka langkah berikutnya adalah mengangkat pijakan kaki perlahan. Namun ingat, semestinya jangan mengangkat pijakan ke pedal kopling secara buru-buru dan cepat. Sebab hal tersebut justru dapat menciptakan mobil menghentak saat terjadi perpindahan gigi. Angkat pijakan pedal kopling perlahan, sembari mencicipi proses tersambungnya mesin ke dalam transmisi.

Baca Juga:   Cara Oper Gigi Mobil Matic

Di waktu mirip ini, Kamu dapat menertibkan pijakan kopling perlu dilepas agar lebih naik atau perlu memperbesar lagi pijakan ke pedal gas.

6. Melepas Pijakan Pedal Kopling Secara Penuh

Sesudah Kamu mendapatkan posisi tersambungnya mesin kendaraan beroda empat dengan transmisi, sebagai menandakan tersambungnya aliran energi pada mesin menuju roda. Selanjutnya lepas pijakan penuh ke pedal kopling sebagai tanda berakhirnya perpindahan gigi. Sehingga, Kamu akan menemukan perpindahan gigi yang halus serta tanpa hentakan sesuai kecepatan kendaraan beroda empat, putaran roda, putaran mesin dan seberapa banyaknya penambahan pijakan ke pedal gas.

Jika semakin sering Kamu berlatih, secara otomatis cara oper gigi kendaraan beroda empat pun dapat Kamu kuasai secara cepat.

Mengenal Jenis-Jenis Gigi Pada Mobil Manual dan Cara Operasinya

Selain cara oper gigi kendaraan beroda empat manual semoga lebih halus di atas, bagi pemula pastinya mesti tahu jenis-jenis transmisi gigi pada mobil manual, diantaranya :

1. Gigi Netral

Gigi netral umumnya berada di tengah-tengah. Apabila posisi mobilmu kondisinya netral, Kamu mau menginjak pedal gas sekencang atau sedalam apapun, tentu kendaraan beroda empat tak akan dapat berjalna. Kamu bisa pastikan gigi mobil dalam keadaan netral dengan menggeser bab tuas transmisi baik ke kiri maupun ke kanan. Apaibla tuasnya mampu bergeser ke kiri dan kanan secara leluasa, ini artinya gigi mobilmu dalam posisi netral.

2. Gigi Satu

Jika ingin memasukkan gigi 1, Kamu harus menggeser tuas transmisi ke arah kiri sampai mentok, kemudian mendorongnya ke bab atas. Dengan begitu, kau telah berhasil memasukkan gigi satu.

3. Gigi Dua

Untuk memasukkan gigi dua dan posisi ketika pada gigi satu, Kamu tinggal menahan transmisi pada bagian kiri kemudian menariknya ke bab bawah.

4. Gigi Tiga

Setelah itu, lanjut memasukkan tata cara transmisi ke gigi tiga. Apabila posisi dikala ini sedang di gigi dua, Kamu harus mendorong transmisi ke bab atas sedikit namun tidak terlalu atas, sebab akan masuk kembali ke gigi satu. Atau lebih tepatnya yaitu menariknya ke arah tengah lalu menggeser sedikit transmisi ke kanan dan dorong lagi ke atas.

Baca Juga:   Cara Membatalkan Tiket Kereta

5. Gigi Empat

Aga rbisa masuk ke dalam posisi gigi empat, perpindahan dari posisi gigi 3 cuma dengan mempesona transmisi ke arah bawah. Kamu tak perlu menggesernya ke kiri dan kanan sebab biasanya akan berpindah ke gigi empat secara otomatis.

6. Gigi Lima

Gigi lima ialah gigi tertinggi untuk kecepatan kendaraan beroda empat optimal. Adapun cara memasukkanya adalah jika Kamu pada posisi gigi empat, Kamu tinggal mendorong sedikit transmisi ke tengah pada posisi yang netral. Kemudian geser ke arah bawah lalu dorong kembali ke atas dan Kamu pun akan masuk ke gigi 5.

7. Gigi Mundur

Untuk perpindahan gigi mundur, jika Kamu dalam posisi netral, maka Kamu mampu mendorong transmisi ke arah kanan lalu tarik ke bawah. Apabila mobilmu sudah dilengkapi sensor parkir atau kamera lazimnya setelah gigi mundur masuk maka seluruh sensor eksklusif aktif. Selanjutnya kamera akan langsung menyala dan sensor parkir pun berbunyi.

Ya, itulah berbagai macam gigi pada tata cara transmisi mobil manual yang bisa Kamu pelajari ke dalam cara oper gigi mobil manual. Bagaimana, mudah kan?

close