May 22, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pakai Google Meet

Cara Pakai Google Meet - Cara Pakai Google Meet

Bagaimana sih cara pakai Google Meet? Ya, tak dapat disangkal jika sekarang ini ada banyak platform tatap paras secara virtual yang makin meningkat . Melalui aplikasi virtual ini, maka seseorang dapat menyelenggarakan meeting, video conference atau yang lainnya dengan gampang.

Apa Itu Google Meet?

Google Meet ialah aplikasi video conference gratis yang dapat dipakai oleh pengguna, entah itu lewat ponsel pintar atau memakai browser lewat perangkat desktop. Pada awalnya, acara ini bernama Hangouts, baru kemudian namanya diubah serta makin terkenal.

Pada aplikasi yang satu ini, ada banyak fitur unggulan yang mampu diperoleh secara gratisan. Adapun salah satunya ialah, Google Meet mempunyai layanan meeting dalam waktu lebih lama yakni 60 menit yang pesertanya mampu mencapai 100 akun untuk sekali penayangan saja.

Layanan Google Meet

Google Meet sendiri sesungguhnya telah menunjukkan banyak penawaran layanan bagi para pengguna. Beberapa layanan tersebut mampu diubahsuaikan dengan keperluan pengguna demi memaksimalkan fitur pada aplikasi ini. Beberapa layanan dari Google Meet itu sendiri, ialah sebagai berikut :

1. Google Workplace Essentials

Google Workplace Essentials ialah salah satu fitur yang disediakan oleh Google Meet. Ini ialah layanan berbayar yang ongkosnya berkisar $8 setiap bulan. Melalui layanan ini, pengguna pun mampu menambahkan jam meeting hingga 300 jam yang total pesertanya meraih 150 orang.

Baca Juga:   Cara Munculkan Kembali File Yang ‘Hidden’ Di Windows

2. Layanan Gratis

Aplikasi Google Meet menawarkan layanan gratis bagi seluruh pengguna. Melalui layanan yang satu ini, pengguna mampu mempergunakan banyak fitur mempesona dari Google Meet dan melakukan layanan video conference yang terbatas cuma pada 100 akseptor sampai 60 menit lamanya.

3. Google Workplace Enterprise

Layanan lain Google Meet yang ditawarkan adalah Google Workplace Enterprise. Melalui layanan ini, pengguna mampu mendapatkan durasi meeting selama 300 jam dengan jumlah peserta total mencapai250 orang.

Selain itu, fitur Google Workplace Enterprise pun menawarkan fasilitas berupa kapasitas Google Frive Unlimited yang dapat menyimpan hasil recording. Pada paket ini, Kamu juga mampu menerima fitur live streaming sampai jumlah total 100.000 penonton dan layanan sampai 24 jam full.

Melalui layanan ini, Kamu sebagai pengguna tentu mampu menentukan layanan yang ideal untukmu. Selain itu, layanan yang sudah tersedia juga bisa menunjang kebutuhanmu, khususnya yang berafiliasi dengan usaha sehingga mampu terpenuhi.

Cara Pakai Google Meet

Cara Pakai Google Meet - Cara Pakai Google Meet
Pakai Google Meet

Menggunakan Google Meet via Perangkat Desktop

Seperti yang sudah kita singgung bahwa aplikasi Google Meet mampu dipakai melalui perangkat desktop, entah itu laptop atau PC. lalu, bagaimana cara pakai Google Meet via desktop? Kamu bisa mengikuti beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi Google Meet via device desktop. Berikut petunjuknya :

1. Buka Google Meet

Cara pakai Google Meet pertama ialah buka laman Google Meet lewat browser. Kamu mampu menggunakan web browser yang sering digunakan.

2. Masuk ke Akun Google

Langkah berikutnya, login ke Google Account yang digunakan. Pastikan akun email beserta password yang dipakai telah sempurna.

3. Pilih Opsi New Meeting Untuk Video Conference Baru

Jika Kamu ingin menggunakan Google Meet dalam pembuatan video conference yang baru, Kamu tinggal ketuk opsi new meeting. Opsi tersebut biasanya tersedia dalam tatap paras platform Google Meet eksklusif.

4. Inputkan Kode Meeting Jika Ingin Bergabung

Bagi Kamu yang tidak mau membuat conference gres, tetapi ingin bergabung dalam video conference lain, tinggal inputkan isyarat meeting pada kolom yang telah tersedia. Selanjutnya, tekan join jika ingin bergabung.

Baca Juga:   Cara Absen Di Google Meet

5. Atur Kamera dan Mikrofon

Cara pakai Google Meet lainnya yaitu melaksanakan pengaturan memakai kamera dan mikrofon yang hendak digunakan. Klik tombol pengaturan di bagian bawah pada layar video conference.

Jika ingin mengoptimalkan pemakaian Google Meet dalam video conference, Kamu bisa menggunakan beberapa layanan yang dimaksud, mirip :

  • Whiteboard dengan Google Jam Board.
  • Screen sharing atau penyajian.
  • Transkrip atau caption.
  • Background virtual.
  • Chat di suatu meeting.

Gunakan beberapa detail layanan tersebut kemudian ciptakan video conference lebih mempesona. Di samping itu, agar video conference-mu tanpa hambatan, tentukan sinyal internet di perangkat yang dipakai semoga stabil dan kencang.

Menggunakan Google Meet via Smartphone

Tak hanya memakai laptop atau PC, Google Meet pun dapat dipakai lewat smartphone, entah itu lewa iOS atau android. Untuk menggunakan aplikasi ini di perangkat tersebut, berikut langkah-langkah yang mesti dikerjakan :

1. Install Aplikasi Google Meet

Untuk menggunakan Google Meet, Kamu harus memiliki aplikasi Google Meet apalagi dulu di perangkat yang Kamu pakai. Bagi yang memakai ponsel pintar android, Kamu mampu memperoleh platform Google Meet gratis di Play Store, sementara untuk para pengguna iOS, Kamu mampu memperolehnya di App Store.

2. Buka Google Meet

Jika instalasi telah akhir, Kamu tingal membuka Google Meet Apps saja di perangkat.

3. Masuk ke Google Account

Jika ingin memulai pakai Google Meet, Kamu tinggal masuk saka ke akun Google atau buat Google Account lebih dulu. Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan pilihan untuk menggunakan akun Google. Atau mampu juga masukkan email berikut password-nya dengan cara manual, lalu tentukan keduanya sesuai akun yang dipakai.

4. Izinkan Pemakaian Kamera dan Mikrofon

Sistem aplikasi Google Meet menawarkan pertanyaan terkait kesepakatan wacana pemakaian kamera perangkat dan mikrofon. Jika ingin melancarkan layanan video conference, silahkan beri izin untuk jalan masuk pada keduanya.

5. Pilih New Meeting Jika Ingin Memulai Video Conference Baru

Cara pakai Google Meet berikutnya, jikalau Kamu ingin membuat video conference baru, ketuk new meeting melalui opsi yang telah tersedia di interface Google Meet. Akan namun, bila Kamu hanya kesengsem bergabung di video conference, kemudian inputkan arahan meeting beserta password di bagian kolom yang sudah tersedia. Setelah itu, tekan join kalau ingin bergabung.

Baca Juga:   Cara Setting Apn Internet Semua Operator Di Hp Android

Keunggulan Google Meet

Setelah memahami cara pakai Google Meet, Kamu juga mesti tahu kelebihan menggunakan Google Meet, diantaranya sebagai berikut :

1. Terintegrasi Pada Akun Google

Perbandingan Google Meet dengan aplikasi yang lain yakni integrasi pada akun Google. Pasalnya integrasi ini nantinya mengembangkan pengalaman para pengguna untuk menggunakan aneka macam macam fitur yang telah ditawarkan. Selain itu,  integrasi pada tata cara Google pun menawarkan kegunaan lain. Adapun manfaat tersebut diantaranya fasilitas para pengguna dalam menciptakan acara konferensi atau meeting menggunakan Google Calender, menyimpan rekaman lewat Google Drive, mengantarkan link invitation video conference menggunakan Gmail dan yang lain.

2. Proses Registrasi Sangat Mudah

Keunggulan memakai Google Meet selanjutnya adalah proses pendaftaran akun sangat gampang. Sebab untuk memakai Google Meet, Kamu tinggal menggunakan akun Google saja untuk login. Sehingga, Kamu tak perlu melaksanakan pengisian beberapa data yang terdapat pada formulir pendaftaran yang cukup merepotkan.

3. Aplikasi Cenderung Ringan

Jika Kamu mencari video conference Apps yang ringan, Google Meet merupakan opsi yang ideal. Aplikasi ini umumnya cuma mempunyai ukuran 55 MB saja. Jika dilihat menurut total ukurannya, pastinya Google Meet lebih kecil jika dibandingkan aplikasi lainnya yang serupa. Karena ukurannya lebih kecil, tentu saja aplikasi Google Meet lebih ringan dilaksanakan.

Itulah beberapa langkah cara pakai Google Meet dan keungulan menggunakan Google Meet yang harus Kamu tahu. Semoga berguna!

close