May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pakai Mobil Matic

Cara Pakai Mobil Matic 200x112 - Cara Pakai Mobil Matic

Cara pakai mobil matic bahu-membahu sangat penting bagi tiap pengendara. Maka dari itu, masuk akal kalau kursus menyetir mobil yang ada di lingkungan kota besar saat ini, sarat antrian. Meskipun Kamu belum mempunyai kendaraan roda empat misalnya. Tentu saja, hal ini tidak bisa dijadikan argumentasi untuk tidak mengetahui cara mengemudikan mobil dengan benar, baik pada kendaraan beroda empat matic maupun kendaraan beroda empat manual.

Mengendarai mobil, sekarang selain dijadikan untuk kebutuhan pribadi juga penting untuk kebutuhan yang lain. Misalnya sebagai syarat kalau ingin menjadi sopir taxi, sopir perusahaan, penyedia layanan rental kendaraan beroda empat, hingga permintaan pekerjaan. Sebenarnya cara pakai mobil matic sendiri sangat gampang jikalau dibandingkan dengan kendaraan beroda empat manual. Kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini!

Cara Pakai Mobil Matic

Cara Pakai Mobil Matic 200x112 - Cara Pakai Mobil Matic
Cara Menggunakan Mobil Matic

Panduan Menggunakan Mobil Matic

Ada beberapa langkah cara pakai kendaraan beroda empat matic yang harus Kamu kuasai, bila ingin tanpa gangguan mengemudikan mobil dengan metode transmisi otomatis ini. Berikut ulasannya :

1. Ketahui Komponen dan Fungsi Pada Mobil Matic

Sebelum Kamu mempelajari cara pakai kendaraan beroda empat matic tentu saja Kamu harus mengenali aneka macam macam komponen beserta fungsi tiap-tiap bagian kendaraan beroda empat lebih dulu. Gas berguna untuk memperlambat atau mempercepat laju kendaraan beroda empat, sementara rem digunakan untuk menghentikan atau melambatkan laju mobil.

Ada beberapa isyarat tuas transmisi otomatis yang mesti Kamu pelajari, mirip P, N, R, D, 2, 3, dan L. Selain itu, ada pula posisi + dan posisi – di sisinya, lazimnya tergantung dari tipe kendaraan beroda empat.

Baca Juga:   Lupa Instruksi Jalan Masuk Bca Mobile? Cara Mengatasinya Tanpa Ke Atm

  • Posisi P (Parking), adalah tata cara transmisi pada posisi terkunci serta mobil tak mampu digerakkan. Tujuannya yaitu supaya kendaraan beroda empat tak berjalan sendiri.
  • Posisi R (Reverse) atau mundur, dimana posisi ini dipakai saat ingin memundurkan kendaran, saat masuk garasi atau parkir di pusat perbelanjaan.
  • Dalam posisi N (Neutral), umumnya tak ada kekerabatan pada transmisi dan mesin. Biasanya digunakan dikala berhenti di tengah kemacetan atau dikala menunggu lampu merah.
  • Untuk posisi D (Drive) atau jalan. Pada posisi ini, umumnya digunakan dikala posisi kendaraan dalam kondisi maju. Dimana posisi gigi akan berpindah dengan sendirinya sesuai dengan kecepatan maupun beban kendaraan. Dalam hal ini, Kamu cukup mengatur pedal rem dan pedal gas.

2. Pegang Setir Dengan Benar

Mengemudikan mobil matic mungkin terkesan sangat simpel dan sepele, tetapi bagi pemula sungguh penting sekali mempelajari cara memegang setir dengan benar, alasannya adalah tak sedikit yang merasa belum sudah biasa atau kagok. Adapun langkah pertama yang bisa dikerjakan ialah dengan menggenggam ujung tuas berbentuk benjolan yang memiliki 2 ruas bawah jari telunjuk maupun tengah. Kemudian apitkan jari yang lainnya di samping kiri dan kanan, serta lakukan secara rileks.

3. Menyalakan Mesin Mobil

Ketika hendak mengendarai atau menyalakan mobil matic, semestinya tentukan tuas kendaraan dalam posisi parkir atau P maupun simbol N (Netral). Selain itu, desain transmisi otomatis telah diciptakan produsen matic, kesudahannya mesin mobil tersebut hanya dapat menyala saat posisi tuas sedang berada dalam posisi N (Netral) atau P (Parkir).

4. Diamkan Mesin Sementara Waktu Sampai Beberapa Menit

Saat mesin mobil sudah menyala, tentukan Kamu mendiamkannya hingga beberapa menit apalagi dahulu, maksudnya semoga temperatur mesin dan transmisi bisa tercapai otomatis. Sebab pada mobil matic yang melaksanakan tata cara percepatan perpindahan otomatis masih belum terjadi tepat mengingat temperatur kerja mesin masih belum normal. Karenanya, diharapkan waktu selama beberapa menit saja untuk memanaskan mesin.

5. Tekan Pedal Rem Mobil

Cara pakai mobil matic berikutnya adalah tekan pedal rem mobil. Ketika ingin menekan rem, Kamu perlu memindah tuas mobil lebih dahulu. Hal ini juga berlaku ketika hendak melaksanakan kendaraa, tentukan rem sudah ditekan sarat . Saat ingin menggeser bagian tuas kendaraan beroda empat dari N ke D atau dari P ke R melalui rem pada pergantian tuas bisa mencegah terjadinya kerusakan mesin.

Baca Juga:   Cara Membuka Kunci Yang Macet

6. Memulai Perjalanan Pada Kondisi Normal

Ketika hendak mengawali perjalanan dalam kondisi normal, seharusnya pastikan tuas di posisi D (drive) fungsinya yakni semoga mobil melaju. Sedangkan tuas pada posisi R digunakan ketika ingin mundur. Saat mengendarai mobil, tentu kita akan menjumpai aneka macam medan jalanan, mulai dari jalanan lurus, berliku, turunan, tanjangan dan licin. Makara, cara pakai mobil matic pun mesti diadaptasi dengan keadaan jalanannya.

7. Memilih Mode Pengoperasian Ekonomis

Memilih mode pengoperasian secara ekonomis mampu dipakai saat sedang melakukan perjalanan kota dikala tak mampu menghindari kemacetan. Tujuannya adalah untuk lebih mengurangi BBM, atau ketika ingin mengendarai mobil dengan santai. Ketika menentukan mode ekonomis ini, mampu dijalankan dengan cara perpindahan mode tata cara percepatan otomatis dikala di awal mengemudi.

8. Menggeser Tuas Mobil ke Posisi 3

Pada mobil matic, ada tombol OD, umumnya disebut juga dengan memindah bab tuas ke posisi 3. Adapun fungsi tombol OD yakni untuk memantu melakukan perpindahan pada gigi 3. Ketika ingin mendahui kendaraan di depan atau Kamu ingin melaju dnegan lebih cepat, Kamu harus memakai kecepatan sekitar 60-80km/jam. Ketika OD menyala, ini artinya metode perpindahan percepatan dibatasi cuma pada gigi 3.

9. Mengemudikan Matic di Tanjakan

Dalam mengemudikan kendaraan beroda empat, Kamu pastinya tak serta merta selalu menemukan jalanan lurus. Maka dari itu, ketika di tanjakan seharusnya Kamu memiliki pola semoga mampu memperkirakan ketinggian area yang hendak dilewati.

Ketika ingin memindahkan transmisi D ke transmisi D1 contohnya, atau dari D2 ke D3 misalnya, seharusnya lepaskan rem secara sarat . Kemudian, Kamu bisa menekan switch pada tombol perseneling. Apabila pengemudi ada di area tanjakan tinggi, semisal di pedesaan atau pegunungan, Kamu tidak mampu menggunakan mode D. Oleh alasannya adalah itu, pakai transmisi D2 biar kendaraan beroda empat lebih gampang melalui tanjakan.

Sementara itu, jika ingin menempuh area jalanan dengan ketinggian curam, misalnya jalanan ke puncak, pakai tuas metode transmisi L. Tujuannya agar mobil mudah menempuh perjalanan saat agar tak macet dikala di pertengahan jalanan.

Baca Juga:   Cara Transfer Saldo Linkaja Ke Rekening Bank

10. Kemudikan Mobil Matic di Turunan

Selain di tanjakan, pastinya Kamu tentu saja akan melalui jalanan menurun. Oleh alasannya adalah itu, semestinya hafalkan fungsi transmisi pada mobil metic terlebih dahulu dengan gampang. Simbol D berguna untuk jalanan bersifat datar atau rata, seperti d area jalanan perkotaan. Di samping itu, untuk simbol D sendiri memiliki kecepatan maksimal. Sedangkan simbol D3 ketika jalanan yang dilewati agak menanjak, D2 dipakai dikala melewati jalanan menanjak seperti pada area pegunungan atau pedesaan. Sementara, simbol D1 digunakan ketika melewati jalanan tanjakan terjal.

Jika Kamu telah memahami fungsi tiap transmisi pada kendaraan beroda empat matic, selanjutnya saat melewati jalanan menurun maka pengemudi harus memutuskan tuas mobil di posisi 2. Tujuanya semoga pengereman mesin bisa beroperasi secara optimal.

11. Kendarai Mobil Matic di Jalanan Macet

Untuk mengendarai matic di tengah kemacetan sendiri bantu-membantu lebih gampang daripada mesti melalui area jalanan terjal dan menanjak. Cara pakai kendaraan beroda empat matic ketika macet tentu saja lebih mudah jika daripada kondisi macet pada kendaraan beroda empat manual. Pada kendaraan beroda empat manual, kita harus menyeimbangkan antara pedal gas, rem dan kopling. Sementara pada kendaraan beroda empat matic sendiri hanya perlu menahan remnya sebentar saja supaya kendaraan beroda empat terhenti.

Itulah 11 cara pakai kendaraan beroda empat matic mulai dari pengenalan isyarat transmisi, sampai beberapa teknik berkendara mobil di area jalanan yang macet. Semoga bermanfaat!

close