May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pasang Aki Mobil

Cara Pasang Aki Mobil - Cara Pasang Aki Mobil

Bagaimana cara pasang aki mobil? Aki mobil merupakan komponen terpenting bagi sebuah kendaraan. Oleh alasannya adalah itu, penting sekali mengetahui bagaimana cara memasang aki kendaraan beroda empat dengan benar. Tujuannya untuk mengantisipasi jika aki kendaraan beroda empat datang-tiba tidak berfungsi dengan baik dan Kamu kesusahan menemukan bengkel.

Fungsi aki mobil itu sendiri sangat penting untuk mengalirkan arus listrik ke mobilmu. Apabila keadaan aki mobilmu telah tak lagi bagus, biasanya akan mempunyai pengaruh kepada performa mobilmu, misalnya kendaraan beroda empat menjadi sulit distarter.

Dalam cara pasang aki mobil sendiri, Kamu mesti mengenali jenis-jenis aki kendaraan yang dipakai, apakah metode yang digunakan non injeksi atau injeksi. Di samping itu, penting sekali untuk mengenali langkah-langkah tepatnya. Terlebih jikalau setiap kendaraan beroda empat mempunyai jenis aki berbeda.

Cara Pasang Aki Mobil

Cara Pasang Aki Mobil - Cara Pasang Aki Mobil
Pasang Aki Mobil Injeksi dan Non Injeksi

Kiat Melepas dan Memasang Aki Mobil Non Injeksi

Cara kerja dari aki mobil non injeksi adalah dihisap dari bab piston. Biasanya jenis aki ini dipakai pada mobil dengan keluaran usang. Adapun langkah-langkah cara pasang aki mobil non injeksi, adalah sebagai berikut :

1. Matikan Mesin Mobil

Sebelum Kamu memasang aki kendaraanmu, tentukan mesin telebih dulu dimatikan. Karena bisa berbahaya jikalau masih terdapat pedoman lstrik saat Kamu hendak mengganti aki kendaraan.

2. Melepaskan Kabel Positif maupun Negatif

Selanjutnya dengan cara melepas kabel negatif dan aktual aki mobil. Adapun caranya, cukup melongarkan baut di bab kabel negatif dan nyata. Kemudian pastikan untuk melepas bagian kabel negatifnya lebih dulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan kabel aktual.

Baca Juga:   Cara Pasang Alarm Kendaraan Beroda Empat

Jika galau perihal letak kabel faktual dan negatif tersebut, lazimnya pada kabel negatif ditandai dengan warna merah dan bertanda (+). Sementara pada kabel negatif lazimnya berwarna hitam dan bertanda (-).

Selain itu, Kamu juga harus waspada saat melepas kabel-kabel ini. Pastikan untuk tidak saling bersentuhan, serta hindari semoga kabel tak menyentuh material logam, sebab mampu mengakibatkan terjadinya korsleting.

3. Melepas Bagian Aki Mobil

Selanjutnya, Kamu bisa melepas bagian aki mobil tertentu yang ingin diganti. Supaya lebih aman, cek bracket kemudian lepas seluruh konektornya. Kamu pun mampu melepas aki dengan benar bila seluruh konektor penahan aki terlepas.

4. Membersihkan Terminal Aki Mobil

Ketika aki mobil telah dilepas, maka Kamu dapat melanjutkan langkah selanjutnya ialah dengan cara memberishkan terminal aki kendaraan beroda empat. Supaya lebih aman, pakai kain emery atau kertas ampas dengan grit 100 untuk membersihkan bagian terminal aki. Pastikan dikala membersihkannya harus waspada. Jangan sampai terkena kulit karena asam aki lazimnya bersifat korosi.

5. Mulai Pasang Aki Baru

Cara pasang aki kendaraan beroda empat selanjutnya, setelah seluruh bagian dibersihkan, sekarang saatnya memasang aki yang baru. Adapun caranya yaitu dengan memasang bagian aki menuju bracket. Selain itu, urutan pemasangan aki ini berkebalikan dari pelepasan aki mobil.

Kamu juga harus memastikan posisi aki mobil yang dipasang agar sesuai posisi aki sebelumnya. Ketika memasang aki, oleskan minyak litium ke setiap terminal tipis-tipis, maksudnya untuk mencegah korosi.

6. Menyambungkan Kabel Negatif dan Positif

Ketika melepas aki, maka urutannya yakni kabel negatif, jadi dalam cara pasang aki kendaraan beroda empat yang gres urutannya yakni menyambungkan bab kabel aktual lebih dulu. Baru kemudian menyambungkan bab kabel negatif. Selain itu, pastikan seluruh baut terkunci. Kamu mampu menggunakan kunci inggris semoga baut lebih kencang. Selain itu, hati-hati pula saat menyambungkan kabel. Sebaiknya, jangan menjamah material logam sebab mampu menjadikan sengatan listrik yang tak diinginkan.

7. Menutup Kap Mobil

Jika cara pasang aki kendaraan beroda empat sudah selesai dijalankan, dan sudah menentukan aki mobilmu terpasang dengan benar di tempatnya, tutup kembali kap mobil kemudian coba nyalakan mobil kembali. Jika tak ada persoalan, ini artinya pemasangan aki kendaraan beroda empat telah benar.

Baca Juga:   Urutan Prosesor Snapdragon Terbaik (Paling Rendah Ke Tertinggi)

Kiat Melepas dan Memasang Aki Mobil Injeksi

Saat ini, mobil keluaran modern biasanya sudah memanfaatkan teknologi elektronika, yang dikontrol melalui tata cara Electronic Control Unit atau ECU. Selain itu, aki kendaraan beroda empat injeksi juga umumdiaplikasikan pada jenis mobil matic. Untuk mengganti aki kendaraan beroda empat transmisi otomatis maupun manual memakai aki kendaraan beroda empat injeksi sendiri lebih ribet dan cukup berbahaya jika dibandingkan aki non injeksi. Karena bila terjadi kesalahan saja, mampu menimbulkan banyak masalah.

Berikut ini, ada beberapa langkah cara memasang aki mobil injeksi menggunakan pemberian dari charger aki. Tujuannya agar tenaganya tetap stabil untuk menekan terjadinya gangguan listrik.

1. Pasang Aki Mobil Injeksi Memakai Aki Charger

Cara pertama, ialah cara pasang aki mobil injeksi memakai aki charger. Adapun langkah-langkahnya selaku berikut :

  • Pastikan kendaraanmu dalam keadaan menyala.
  • Persiapkan battery charger beserta aki mobil gres untuk mengubah aki yang usang.
  • Silahkan kaitkan kabel untuk battery charger di ujung kabel kepala aki. Tujuanya agar daya listrik pada kendaraan beroda empat tetap kondusif.
  • Kemudian longgarkan baut di kepala aki, lalu lepaskan.
  • Silahkan ganti aki yang lama memakai aki gres menyesuaikan jenis kendaraanmu.
  • Pasang aki yang gres, dan pastikan semua baut yang telah dilonggarkan sebelumnya menjadi kencang.
  • Selanjutnya tinggal lepaskan saja battery charger bila telah digunakan.

2. Pasang Aki Mobil Ketika Mesin Hidup

Selain cara pasang aki kendaraan beroda empat injeksi dengan battery charger, Kamu juga mampu mencoba memasang aki kendaraan beroda empat saat mesin dihidupkan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pastikan mesin kendaraan masih dalam kondisi menyala.
  • Kemudian longgarkan baut di kepala aki, lalu lepaskan.
  • Silahkan lepaskan aki lama lalu pasang aki baru sesuai dengan jenis mobilmu.

Memasang aki kendaraan sistem injeksi sendiri memang sedikit beresiko. Karena jika prosedurnya kurang sempurna, mampu mengganggu komponen yang lain. Jika saat memasang aki sendiri cukup kesulitan, Kamu sebaiknya menelepon bengkel yang terdekat supaya membantumu melaksanakan pemasangan pada aki kendaraan beroda empat.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Zoom Di Hp

Kenapa Aki Mobil Praktis Rusak?

Selain mengenali cara pasang aki mobil di atas, Kamu juga mesti tahu apa saja alasan aki kendaraan beroda empat menjadi mudah rusak. Berikut ulasannya :

1. Mobil Jarang Dipanaskan

Salah satu kebiasaan buruk penyebab cepat rusaknya aki kendaraan beroda empat adalah kendaraan beroda empat yang jarang dipanaskan. Ini pastinya menciptakan aki mobilmu menjadi kekurangan suplai listrik, akibatnya kapasitasnya pun menjadi kurang maksimal kembali.

Adapun solusinya adalah walaupun mobil tak dipakai dalam waktu lama, Kamu tetap mesti memanaskan mesin mobil setidaknya 2-3 hari sekali. Tujuannya biar aki tetap mendapatkan suplai listrik, supaya kapasitasnya menjadi tetap optimal.

2. Tidak Mengisi Air Aki

Pada aki kendaraan beroda empat yang bertipe basah, maka perawatannya mesti dijalankan secara rutin dengan mengisi air aki. Tapi, tak jarang pemilik kendaraan kelupaan untuk mengeceknya, hasilnya aki menjadi kehabisan air bahkan tidak mampu berfungsi baik.

Adapun solusinya yaitu setiap hendak bepergian, tentukan untuk selalu melaksanakan pengecekan ketersediaan air pada aki utamanya pada aki tipe berair. Agar penampilan aki kendaraanmu tetap baka dan optimal.

3. Mobil Terlalu Sering Dipakai

Salah satu penyebab aki mudah rusak ialah pemakaian mobil terlalu sering dijalankan. Dengan begitu, secara otomatis mengakibatkan daya yang dibutuhkan aki menjadi lebih tinggi untuk melakukan pekerjaan . Terlebih ketika memakai kendaraan beroda empat, tentu saja Kamu juga akan menyalakan beberapa komponen lain semisal AC dan aoudio. Oleh sebab itulah daya aki menjadi cepat rusak dan habis.

Itulah beberapa panduan cara pasang aki mobil non injeksi dan injeksi yang mampu Kamu lakukan dengan gampang. Semoga berfaedah dan selamat menjajal !

close