May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pasang Alarm Kendaraan Beroda Empat

Cara Pasang Alarm Mobil 200x112 - Cara Pasang Alarm Kendaraan Beroda Empat

Bagaimana cara pasang alarm kendaraan beroda empat dengan benar? Melindungi aset berguna yakni sebuah keharusan, alasannya adalah pencurian lazimnya tak pernah kenal waktu. Memiliki kendaraan roda empat, pastinya menciptakan kita merasa cemas dengan aksi pencurian, apalagi tindakan pencurian kendaraan bermotor yang semakin marak saat ini.

Maka dari itu, sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari agresi pencurian kendaran terjadi, Kamu bisa memasang alarm mobil. Tujuannya iala supaya si pencuri mnjadi kesulitan menjalankan aksinya. Fungsi alarm sendiri selaku tenda peringatan, pastinya alarm akan sungguh berkhasiat untuk manusia. Bakhan seiring waktu, alarm makin mengalami pergeseran.

Hal tersebut bisa dilihat berdasarkan fungsi alarm itu sendiri, yang makin meluas bahkan hingga ke dunia otomotif. Adapun yang sekarang paling banyak dipakai ialah alarm kendaraan beroda empat. Mempunyai remote alarm kendaraan roda empat menjadi kewajiban dalam meningkatkan tata cara keselamatan kendaraanmu.

Meskipun demikian, dalam cara pasang alarm kendaraan beroda empat pun tidak dapat dijalankan sembarangan. Sebab alarm model lama tak mempunyai tata cara keselamatan khusus. Ini artinya, alarm tak mampu mencegah pencuri bahkan para pencuri kadang-kadang lebih lihai menyiasati alarm mobil tersebut.

Dengan adanya banyak sekali pilihan alarm kendaraan beroda empat yang canggih, menciptakan para pemilik mobil mampu menentukan alarm tergantung impian. Ketika Kamu menetapkan memasang alarm, semestinya pilih alarm yang berkualitas dan tentukan kondisi aki mobilmu dalam kondisi prima.

Cara Pasang Alarm Mobil

Cara Pasang Alarm Mobil 200x112 - Cara Pasang Alarm Kendaraan Beroda Empat
Tutorial Pasang Alarm Mobil

Tutorial Pasang Alarm Mobil

Ada beberapa produsen otomotif ketika ini sudah memasang alarm, tapi tidak sedikit pula pengemudi mesti membelinya secara terpisah serta harus memasang alarm sendiri. Biasanya alarm yang dipakai yaitu jenis alarm universal.

Baca Juga:   Cara Pasang Gps Di Hp

Sebenarnya dalam cara pasang alarm mobil universal sendiri membutuhkan ketelitian tinggi, tak siapa pun mampu memasangnya sendiri. Apabila salah pemasangan, bisa dipastikan kalau alarm tak akan berfungsi dengan baik.

Oleh alasannya adalah itu, kalau berniat untuk berbelanja alarm serta Kamu ingin memasang alarm mobil, sebaiknya ikuti tindakan cara pasang alarm mobil universal sendiri. Berikut ini ulasannya :

1. Memahami Wiring Diagram

Pastikan untuk mengetahui apa itu wiring diagram ketika hendak memasang alarm universal sendiri. Adapun wiring diagram yakni gambar kerja yang bentuknya sederhana wacana petunjuk rangkaian kabel dan Kamu harus mengikutinya saat instalasi alarm.

Biasanya alarm aftermarket terdiri atas 4 pistol aktivis atau lock actuator. Ada juga unsur pendukung yang yang lain berupa 4 batang kawat penarik, central lock dengan modul dan 1 set kabel yang diterapkan pada 4 pintu.

2. Menghubungkan Kabel

Komponen utama dari lock actuator itu sendiri adalah 5 kabel yang berwarna-warni, diantaranya ada warna kuning, hitam, merah, putih, biru dan oranye. Dimana beberapa kabel ini dapat dipasang pada pintu pengemudi dengan sisanya dapat dipasang pada pintu lain.

Jika lock actuator telah terpasang, maka berikutnya Kamu tinggal memasang modul di bawah dasbor. Untuk memasang modul alarm itu sendiri yakni dengan menghubungkan kabel powert ke aki dari bagian modul central lock.

Adapun tujuan langkah ini yakni supaya modul memperoleh suplai listrik dan apabila seluruhnya sudah terpasang, bisa dilanjutkan dengan cara membereskan semua kabel.

3. Menyambungkan Dengan Alarm

Cara pasang alarm mobil berikutnya ialah, sebelumnya unsur central lock sudah terpasang pada lock actuator, kemudian Kamu dapat menghubungkan atau menyambungkan dengan alarm. Adapun caranya cukup dengan menghubungkan kabel pada modul central lock menuju modul alarm mobil.

Hubungkan modul alarm agar mampu bekerja dengan optimal, lazimnya kabel yang berwarna merah dihubungkan pada aki mobil konkret (+). Sedangkan kabel berwarna hitam dihubungkan ke bab negatif atau (-).

Setelah terhubung, Kamu bisa menyambungkan kabel ke sirine beserta perangkat sirine. Sisipkan pada bab bawah dasbor semoga tampakrapi. Lalu ikat kabel supaya tidak acak-acakan.

Baca Juga:   Cara Kerja Heat Exchanger

Tutorial Pasang Alarm Mundur Pada Mobil

Jika alarm kebanyakan untuk sistem keamanan, sedangkan alarm mundur ini berfungsi untuk memudahkanmu memarkirkan kendaraan beroda empat. Terlebih bagi yang masih tidak terbiasa memperkirakan bagaimana jarak aman untuk memarkir kendaraan beroda empat. Apabila ingin memasang alarm sendiri, di bawah ini ada bimbingan cara pasang alarm mobil mundur di bawah ini :

1. Persiapkan Backup Alarm

Kamu harus mempersiapkan backup alarm mobil yang sudah memp0unyai baut bertanda kasatmata (+) dan negatif (-). Tanda negatif (-) ke dalam kabel ground sedangkan tanpa faktual ke dalam kabel +12V maupun 24V. Dimana baut bertanda (+) mampu disambungkan ke dalam jalur kabel dengan tegangan +12V/+24V.

2. Persiapkan Terminal Bulat

Cara pasang alarm kendaraan beroda empat mundur selanjutnya yakni persiapkan terminal lingkaran dengan baut berbentuk 8 dengan sebanyak 2 buah, untuk dipasang pada baut (+) dan baut (-).

3. Pasang Kabel ke Terminal Bulat

Memasang kabel ke dalam terminal bundar dan bentuk baut 8, tentukan pemasangan kabel ke dalam terminal lingkaran menggunakan warna kabel berbeda. Tujuannya semoga lebih gampang membedakan sambungan pada jalur kabel (+) dan (-). Contohnya, kabel berwarna cokelat dipakai untuk (-) dan kabel berwarna merah untuk (+).

4. Menggulung Isolasi di Bagian Sambungan Kabel

Silahkan gulung memakai isolasi di sambungan kabel menuju terminal bulat agar tak terjadi konslet bila kabel baut mengendor.

5. Memasang Kabel

Selanjutnya pasang kabel berwarna merah pada bab (+) untuk backup alarm, serta kabel berwarna cokelat di kutub (-).

6. Memasang Backup Alarm

Pasangkan backup alarm caranya dengan menyambungkna ke jalur kabel lampu mobil mundur di bab belakang dan bawah mobil. Kamu bisa mencari posisi backup alarm bersahabat jalur kabel lampu supaya lebih gampang disambungkan.

Kabel yang berwarna cokelat semestinya dipasang pada terminal lingkaran atau skun ring, kemudian pasang pada ground body kendaraan yang bertanda (-).

Kemudian silahkan cari jalur kabel nyata (+) pada lampu mundur dengan kabel berwarna merah dari kutub nyata (+) backup alarm. Setelah tespen pada aki menyala, jalur lampu mundur (+) pun telah ditemukan serta siap disambungkan pada kabel merah.

Baca Juga:   Cara Pasang Iklan Di Shopee

7. Menyalakan Lampu Mundur

Silahkan nyalakan lampu mobil mundur dan jika timbul suara beep ini artinya pemasangan alarm mundur sudah sukses.

Itulah tindakan cara pasang alarm mobil yang mampu Kamu lakukan. Bagaimana, mudah kan?

Mengenal Jenis-Jenis Alarm Mobil

Selain mengerti cara pasang alarm kendaraan beroda empat, Kamu juga mesti mengenali jenis-jenis alarm mobil, diantaranya :

1. Unlock/Auto Lock

Jenis alarm ini lazimnya bekerja menyesuaikan sensor mesin, dimana saat Kamu ada di dalam mobil, maka otomatis sehabis mesin moibl dinyalakan pintu pribadi terkunci. Ketika mesin dimatikan, maka pintu akan pribadi terbuka kembali.

2. Remote Controlled Sensor ByPass

Alarm jenis ini dapat dikontrol sendiri, kapan waktu pintu mobil harus terbuka atau mesti terkunci memakai remote.

3. Two Stage Shock Sensor

Jenis alarm ini cukup responsif kepada adanya guncangan. Biasanya akan eksklusif berbunyi kalau terdapat guncangan pertama. Apabila guncangan pertama didiamkan sampai terjadi guncangan yang terus menerus, maka alarm kendaraan beroda empat pun bunyinya makin nyaring.

Itulah beberapa macam alarm yang mampu Kamu pilih dan beberapa langkah cara pasang alarm kendaraan beroda empat yang dapat Kamu ikuti dengan gampang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!