May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pasang Gps Di Mobil

Cara Pasang GPS di Mobil - Cara Pasang Gps Di Mobil

Jika Kamu memiliki kendaraan roda empat, tentu Kamu ingin melengkapi tata cara keselamatan atau mungkin ingin melacak kemana saja mobilmu dipakai oleh pasanganmu. Cara pasang GPS di kendaraan beroda empat memang tidak sulit. Sebenarnya beberapa orang biasanya lebih menentukan untuk memasangnya di bengkel-bengkel profesional. Tapi, tak ada salahnya jikalau Kamu mencobanya sendiri.

Adapun alasan cara pasang GPS di mobil sendiri tentu saja lebih ekonomis jika dibandingkan memilih jasa pasang GPS mobil. Peranan GPS ketika ini memang sangat penting. Misalnya saja, dikala mobilmu dicuri, maka Kamu akan lebih mudah melacak posisi kendaraan beroda empat tersebut. Mengingat pentingnya peranan GPS, pastinya memasang perangkat GPS dilarang dilakukan asal pilih. Tujuannya yakni biar alat tersebut mampu bekerja secara maksimal dan efektif.

Cara Pasang GPS di Mobil

Cara Pasang GPS di Mobil - Cara Pasang Gps Di Mobil
Pasang GPS di Mobil Praktis

Tutorial Pasang GPS di Mobil Mudah Bagi Pemula

Jika Kamu ingin memasang GPS di mobilmu, ada beberapa langkah cara pasang GPS di kendaraan beroda empat yang bisa dilaksanakan berikut ini :

1. Mendaftarkan Kartu SIM

Cara pasang GPS di kendaraan beroda empat pertama, ialah persiapkan kartu seluler atau kartu SIM. Kamu bisa mengunakan provider apapun tergantung keinginanmu. Pastikan memilih provider yang mempunyai jankauan sinyal terbaik, akhirnya lebih gampang terhubung internet. Sehingga kartu SIM tersebut mampu dipasangkan ke perangkat GPS di kendaraan roda empatmu.

Daftarkan SIM Card dengan paket kuota internet. Sebab alat GPS tersebut nantinya mesti terkoneksi dengan acara atau aplikasi yang sudah terinstal di smartphone.

Baca Juga:   Xiaomi Mi 10: Harga, Spesifikasi Dan Review

2. Memasang Kartu SIM di Perangkat GPS

Setelah paket kuota data didaftarkan, SIM Card mampu dipasang langsung di perangkat GPS. Namun sebelum memasang di perangkat GPS, sebaiknya pastikan perangkatmu dalam keadaan mati atau off terlebih dulu. Setelah kartu SIM terpasang dengan baik dan benar, nyalakan perangkat.

Tujuannya untuk menangkal supaya sinyal tidak terusik. Lalu amati GPS tersebut. Ketika ditemukan stiker hologram, tentukan stiker tersebut pribadi menghadap ke bumi. Dengan cara tersebut, yakin atau tidak bisa membuat tangkapan sinyal lebih baik.

3. Persiapkan Komponen-Komponen yang Dibutuhkan

Cara pasang GPS di mobil selanjutnya ialah persiapkan seluruh komponen yang dibutuhkan. Dengan kata lain, Kamu tidak hanya mempersiapkan GPSnya saja, melainkan juga membutuhkan bagian pendukung yang lainnya. Sebut saja seperti aki, kabel dan lain sebagainya. Selain itu, kalau ingin memasang perangkat GPS sendiri, sebaiknya pahami perihal kelistrikan. Sebab dalam pemasangan perangkat GPS, Kamu akan berhadapan pribadi dengan ilmu kelistrikan.

4. Merakit Seluruh Komponen

Setelah semuanya disediakan, cara pasang GPS di mobil selanjutnya yakni tinggal merakit seluruh komponen. Silahkan pasang GPS dan rakit dengan baik, karena bila ada kesalahan bisa merusak GPS secara langsung. Ini ia bimbingan proses merakit GPS di kendaraan beroda empat :

  • Silahkan amati kabel GPS yakni kabel (-) yang berwarna hitam dan kabel (+) yang berwarna merah. Kabel (+) diketahui juga sebagai power langsung, sementara kabel (-) disebut selaku  ground.
  • Hubungkan kabel (-) GPS ke dalam kabel (-) aki. Lalu teruskan dengan cara menghubungkan kabel (+) perangkat GPS menuju kabel (+) aki.
  • Pastikan pula jikalau kabel (+) GPS telah tersambung pada sakering. Biasanya dalam perangkat sudah ada sekering pribadi. Dengan begitu, dapat menangkal konsleting listrik terjadi yang mampu menghancurkan GPS itu sendiri.

5. Setting Perangkat GPS di Mobil

Apabila seluruh bagian tadi telah dirakit sedemikian rupa, cara pasang GPS di kendaraan beroda empat berikutnya yakni memasangkan perangkat GPS di kendaraan beroda empat. Namun sebelumnya lakukan pengaturan atau setting-an terlebih dahulu. Tujuannya semoga perangkat GPS mampu dilaksanakan secara online.

Baca Juga:   Cara Campur Cat Tembok

Seperti lewat website atau aplikasi montoring yang telah terkoneksi ke perangkat GPS pribadi di kendaraan beroda empat. Jika telah, kendaraan beroda empat mampu langsung dipantau dengan mudah. Kamu tak perlu khawatir perangkat tak dapat berlangsung baik. Apabila seluruh tahapan cara pasang GPS di mobil di atas telah dilaksanakan dengan benar, mampu ditentukan GPS mampu bekerja optimal.

Tips Pengaturan GPS di Mobil

Selain cara pasang GPS di mobil, Kamu juga harus memperhatikan cara pengaturan GPS di mobil. Berikut tips-kiat yang mesti Kamu ikuti :

1. Pastikan Telah Menginstal Sistem GPS-nya

Sebelum melakukan pengaturan GPS tracker di mobil, seharusnya tentukan jikalau tata cara GPS-nya telah terinstal dengan baik. Kamu dapat mengikuti panduan dalam buku manual GPS. Pastikan juga agar tips ini mampu dilaksanakan dikala Kamu ada di dalam rumah. Jika telah dilakukan, semestinya coba cek GPS berulang kali demi memastikan apakah tata cara GPS sudah terinstall atau belum.

2. Memastikan Pengaturan GPS Sudah Benar

Setelah menginstal GPS, Kamu harus mengendalikan pengaturan GPS-nya secepatnya, Ada hal-hal yang perlu dikelola dalam pengaturan GPS. Seperti penyeleksian rute, volume GPS dan sistem pencantuman lokasi tertentu yang akan dituju.

Pastikan pula untuk tidak mengganti pengaturan yang telah dilakukan. Terlebih lagi, kalau Kamu melakukannya ketika dalam perjalanan. Jika melaksanakan hal ini, maka mampu membuatmu kebingungan memilih rute tertentu untuk tiba ke lokasi tujuan. Jika Kamu ingin mengganti pengaturan GPS, Kamu dapat melakukannya ketika telah tiba di lokasi tujuan.

3. Pastkan Untuk Selalu Membawa Baterai Cadangan GPS

Terkadang baterai GPS acap kali kehabisan, bahkan bocor serta tak dapat digunakan kembali. Adapun untuk mengantisipasinya, Kamu harus membawa baterai cadangan dan charger. Namun untungnya, sekarang ini ada banyak GPS mobil yang telah dilengkapi oleh baterai cadangan dan charger.

Permasalahan Dalam Pemasangan GPS dan Solusinya

Ada beberapa persoalan yang mungkin terjadi setelah memasang perangkat GPS di kendaraan beroda empat. Tapi Kamu tidak perlu khawatir, alasannya adalah ada beberapa penyelesaian yang mampu Kamu kerjakan. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga:   Cara Download Banyak Foto Sekaligus Di Whatsapp Web

1. GPS Tak Kunjung Mati Meskipun Aki Mobil Terlepas

Biasanya daya GPS bergantung sekali dengan daya aki kendaraan. Jika aki kendaraan beroda empat mati atau terlepas, maka perangkat GPS pun ikut mati. Akan tetapi, pada beberapa masalah, beberapa perangka GPS tetap saja tak kunjung mati walaupun aki kendaraan beroda empat sudah dilepas.

Sebagai solusinya, Kamu mesti mengubah baterai perangkat GPS menggunakan baterai cadangan. Adapun fungsi baterai cadangan itu sendiri ialah bisa membuat GPS supaya tetap menyala meskipun tanpa memakai daya aki kendaraan beroda empat.

2. GPS Tak Bisa Melacak Lokasi Dengan Akurat

Mungkin ada kalanya perangkat GPS tidak dapat melacak lokasi dengan akurat. Hal tersebut pastinya membuatmu menjadi kesal. Jika hal ini terjadi, seharusnya jangan langsung kesal. Kamu mampu mencoba langkah solutif di poin selanjutnya.

3. Cek Kondisi Kendaraan Terkini

Cek keadaan mobilmu terkini. Apakah dalam kondisi mati atau menyala. Jika kondisi mobilmu mati serta GPS-mu tidak dapat melacaknya, hal ini pasti sungguh masuk akal. Sebab GPS memang tak mampu melacak eksistensi lokasi mobil dengan akurat, bila kendaraan beroda empat dalam kondisi mati.

4. Cek Sinyal dan Jumlah Satelit GPS

Biasanya GPS yang berkualitas memiliki sinyal kuat, dan mempunyai satelit setidaknya 3 buah bahkan lebih. Jika jumlah satelit dan sinyalnya sudah ideal tetapi GPS masih saja tidak dapat melacak lokasimu, maka cek tempat dimana perangkat GPS-mu berada.

Apabila perangkat GPS tersebut ada di area yang tidak dapat terjangkau oleh sinyal GPS, hal ini wajar. Sebab sinyal GPS tak dapat menyala bila ada di kawasan yang tidak terjangkau oleh sinyal GPS, misalnya di basement atau hutan.

Jika Kamu menemukan hambatan-hambatan di atas, sebaiknya pribadi menelepon penyedia GPS yang Kamu beli.

Ya, itulah ulasan terkait cara pasang GPS di mobil dan setting GPS di mobilmu beserta cara untuk menanggulangi persoalan terkait pemasangan GPS. Bagaimana, mudah kan?

close