May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pasang Gps Di Motor

Cara Pasang GPS di Motor 200x112 - Cara Pasang Gps Di Motor

Cara pasang GPS di motor sebetulnya tak bisa asal-asalan. Terlebih lagi, kalau Kamu berniat memasangnya sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa dilaksanakan untuk memasang GPS motor. Namun sebelum kita membahasnya, Kamu mesti tahu dahulu ada berbagai macam perangkat GPS yang dipakai di motor. Simak ulasannya di bawah!

Jenis-Jenis Perangkat GPS Motor

Sama halnya dengan GPS kendaraan beroda empat, ada 2 jenis GPS motor yang mesti Kamu ketahui. Diantaranya GPS tracker dan GPS navigasi. Keduanya pastinya memiliki ciri khas dan kelebihannya masing-masing. Berikut ulasannya :

1. GPS Navigasi

Berdasarkan namanya, GPS navigasi yakni jenis GPS yang kerap dijadikan navigator. Adapun ciri khas dari navigasi ini ialah peta digital untuk memberitahukan eksistensi lokasi motormu. Untuk memaksimalkannya, Kamu hanya perlu memasukkan lokasi atau alamat yang hendak dituju ke dalam peta digital GPS.

Pada beberapa produknya, perangkat GPS navigasi sudah dilengkapi oleh fitur suara. Dimana fitur yang satu ini dapat membantumu menentukan arah yang harus diambil. Sehingga Kamu mampu mengenali kemana saja kendaraan tersebut pergi tanpa perlu melihat GPS apalagi dulu.

Jika Kamu menghendaki GPS navigas dengan fitur suara, sebaiknya beli GPS navigasi setempat. Tujuannya agar Kamu mempunyai GPS navigasi dengan fitur suara menggunakan bahasa Indonesia.

2. GPS Tracker

Jenis GPS motor ini mempunyai fungsi utama untuk mengamankan kendaraanmu. Kekuatan utama dari GPS jenis ini ialah sinyalnya berbasis jaringan GPRS atau GSM. Selain untuk dapat mengamankan motor, GPS jenis ini juga dapat digunakan untuk banyak sekali hal.

Baca Juga:   Cara Merawat Mesin Basuh 2 Tabung

Adapun 2 diantaranya adalah menyadap bunyi dan mematikan mesin kendaraan dalam jarak jauh. Keunggulan tersebut pastinya tak terlepas dari fitur penyadapan suara serta metode GPS dari SMS.

Jika ingin mematikan mesin kendaraan bermotor melalui GPS, Kamu perlu mengantarkan pesan SMS dari hpmu. Untuk selanjutnya, GPS akan langsung merespon SMS dan mematikan mesin kendaraanmu. Bagaimana, canggih kan?

Cara Pasang GPS di Motor

Cara Pasang GPS di Motor 200x112 - Cara Pasang Gps Di Motor
Pasang GPS di Motor Mudah

Panduan Memasang GPS di Motor

Jika Kamu sudah mengetahui jenis-jenis GPS di motor, sekarang Kamu tinggal menjajal cara pasang GPS di motor. Berikut ini langkah-langkah gampang memasang GPS di kendaraan roda dua :

1. Pastikan Perangkat GPS Telah Terpasang Kartu SIM

Kehadiran kartu SIM sebetulnya sangat krusial untuk GPS motor. Karena tanpa hal ini, GPS tak akan memiliki sinyal. Dengan demikian, tidak mampu membantumu melacak keberadaan motormu. Oleh karena itu, tentukan apalagi dulu SIM Card telah terpasang di perangkat GPS sebaai cara yang mesti dikerjakan pertama kali.

2. Memasang GPS di Area Strategis

Cara pasang GPS di motor selanjutnya, bila SIM Card sudah terpasang, Kamu bisa pribadi memasang perangkat GPS yang dimiliki ke motor. Silahkan pasang GPS di area yang strategis di motor. Bagian yang sungguh disarankan untuk dipasangi GPS yakni di dashboard motor. Sinyal GPS di bagian dashboard motor umumnya akan terpancar besar lengan berkuasa dan susah dilacak maling. Asalkan mesti mampu menyamarkan eksistensi perangkat GPS-nya.

Tak hanya tempat, keberadaan perangkat GPS pun harus diamati. Sebainya pastikan memasang perangkat GPS yang posisinya sedikit miring serta menghadap ke arah bawah. Melalui posisi inilah, perangkat GPS mampu menghasilkan sinyal dengan berpengaruh. Agar GPS dapat terpasang berpengaruh di posisi tersebut, Kamu dapat menempeli perangkat GPS memakai perekat berpengaruh yang berwarna gelap. Tujuannya biar GPS dapat tersamarkan keberadaannya.

3. Memasang Antena GPS di Area yang Tepat

Di samping GPS, Kamu juga mesti memasang antena GPS di area yang sempurna. Tujuannya biar antena tersebut dapat membantu GPS agar menciptakan sinyal kuat. Area penyimpanan antena GPS yang tepat sendiri adalah di jok motor dan tidak jauh dari lokasi aki motor. Selain itu, pastikan jok motor tersebut minim komponen logam. Sebab terlampau banyak material atau unsur logam umumnya dapat membuat antena GPS menjadi kesulitan mendapatkan sinyal.

Baca Juga:   Cara Pasang Alarm Kendaraan Beroda Empat

Kelebihan Pasang GPS Motor

Setelah membicarakan cara pasang GPS di motor, Kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa keunggulan memasang GPS di motor. Berikut diantaranya yakni :

  • Lebih ringkas dan gampang digunakan jikalau dibandingkan memakai peta konvensional.
  • Dapat melacak keberadaan kendaraan dengan gampang dan cepat.
  • Dapat mengembangkan metode keselamatan sekaligus kenyamanan motormu.

Bagaimana Cara Memilih GPS Motor?

Selanjutnya, jika Kamu kebingungan dikala dihadapkan dengan pemilihan GPS motor, ada beberapa trik yang harus disertai untuk menentukan GPS motor berikut ini :

1. Pilih yang Memiliki Fitur Lengkap

Dari seluruh jenis GPS yang tersedia, semestinya pilih GPS motor dengan fitur lengkap. Mempunyai GPS yang berfitur lengkap mampu membantumu dalam aneka macam hal. Seperti pelacakan keberadaan kendaraan bermotor, mampu mematikan mesin dalam jarak jauh dan membatasi kecepatan kendaraan.

2. Memilih GPS yang Sudah Mempunyai Server Sendiri

Tak cuma berfitur lengkap, Kamu juga mesti menentukan GPS yang sudah memiliki server sendiri. Perangkat GPS dengan server sendiri memiliki kuota yang lebih baik dan bersungguh-sungguh mengupdate servernya sendiri. Hal tersebut telah pasti memperlihatkan keuntungan tersendiri.

3. Pilih yang Menawarkan Fitur Real Time

Walaupu bukan termasuk fitur utama, tapi adanya fitur real time sangat penting dalam menentukan sebuah GPS. Jika Kamu menemukan perangkat GPS motor dengan fitur real time, tak ada salahnya untuk berbelanja GPS pilihanmu tersebut secepatnya.

4. Pilih yang Memiliki Prosesor Berkualitas

Sama halnya mirip berbelanja perangkat komputer, dalam penyeleksian GPS motor juga tetap harus memperhatikan prosesor GPS itu sendiri. Silahkan pilih GPS dengan prosesor berkualitas. Adapun ciri=cirinya yakni tidak mudah ngehang saat GPS dipakai. Ada sejumlah keunggulan yang dapat Kamu dapatkan jika memiliki GPS yang prosesornya berkualias, diantaranya adalah mempermudahmu memperoleh sekaligus memilih jalur tertentu yang ingin dituju.

5. Pilih GPS yang Mempunyai Service Center

Ini juga cukup penting diperhatikan. Karena kehadiran layanan service center sangat penting untuk perangkat GPS-mu. Melalui layanan inilah, memungkinkanmu untuk menenteng perangkat GPS kalau ada kerusakan atau hal-hal tertentu yang tak diharapkan. Seperti kesulitan menangkap sinyal, atau terjadi kerusakan GPS akibat dirusak atau terjatuh.

Baca Juga:   Cara Pasang Gps Di Mobil

Tak cuma itu saja, tentukan pula service center yang disediakan perangkat GPS gampang dihubungi. Sehingga Kamu dapat menghubunginya kapanpun jikalau benar-benar memerlukan.

6. Pastikan Perangkat GPS Motor yang Dibeli Bisa Menangkap Sinyal satelit

Sinyal satelit bantu-membantu sungguh penting untuk perangkat GPS motor. Karena dengannya, perangkat GPS motor mampu mengirimkan informasi tertentu yang akan diterima oleh pemilik motor. Oleh karena itulah, Kamu semestinya memastikan perangkat motormu dapat menangkap sinyal dengan baik. Dengan semakin maksimal menangkap sinyal, maka perangkat GPS kian mudah dalam mengirimkan berita dikala digunakan.

Jika ingin memperoleh GPS ini, Kamu bisa coba meminta rekomendasi GPS dari temanmu yang memahami teknologi GPS.

Itulah beberapa ulasan terkait cara pasang GPS di motor dan kiat untuk menentukan GPS terbaik untuk kendaraan bermotormu. Semoga bermanfaat!