May 17, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil 200x112 - Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Bagaimana cara pasang relay klakson mobil? Klakson tergolong fitur paling penting bagi kendaraan, khususnya kendaraan beroda empat. Karena salah satu kegunaan klakson adalah untuk keamanan dikala berkendara. Selain itu, klakson ialah tanda yang mampu digunakan pengemudi untuk pengendara lain, entah itu sebagai tanda bertegur sapa atau bahaya.

Mobil pada dasarnya telah disematkan klakson bawaan dengan tipe kriteria, tetapi beberapa pengguna atau pemilik mobil merasa tidak puas oleh bunyi klakson tersebut. Bahkan beberapa pemilik kendaraan roda mepat lazimnya mengharapkan bunyi lebih nyaring dibandingkan klakson kriteria dari pabrikan kendaraan beroda empat.

Adapun cara yang kerap dilaksanakan semoga suara klakson kendaraan lebih nyaring yaitu dengan memasangkan relay ke dalam rangkaian klakson berupa aftermarket. Adapun penambahan relay ke dalam rangkaian klakson sendiri, menyebabkan arus litrik lebih pendek sehingga tidak perlu melalui saklar utama. Tak hanya membuat suaranya lebih nyaring saja, arus pada aki mobil pun tak akan menyusut, sebab akan masuk eksklusif ke dalam horn.

Tentang Klakson

Klakson bisa dikatakan sebagai suatu bagian yang mampu menciptakan suara dikala ada trigger berupa energi angin atau energi listrik. Klakson itu sendiri, terdiri atas 2 jenis adalah air horn dan electric horn. Untuk electric horn sendiri yakni unsur klakson akan menciptakan suara saat dialiri oleh arus listrik. Prinsip kerja jenis ini yakni baja spiral yang hendak bergerak balasan gaya elektromagnet.

Ketika baja spiral bergerak pada titik maksimum, maka arus akan menghilang serta baja spiral kembali lagi ke posisi permulaan dan kembali bergerak serta saat itu juga arus pun dihubungkan. Gerakan inilah yang nantinya menjadikan osilasi dan menghasilkan suara khas.

Sementara air horn mampu bekerja bila menemukan energi berupa tekanan angin. Sebenarnya cara kerjanya sendiri sama seperti terompet, yang mana udara akan mengalir melalui pita bunyi, hasilnya dapat menghasilkan suara. Adapun ciri utama air horn adalah Kamu dapat menertibkan suara dengan cara pengaturan panjang pada selubung terompet.

Baca Juga:   7 Hal Ini Semestinya Dijalankan Bila Membeli Smartphone Baru

Fungsi Relay Pada Klakson Mobil

Sebelum kita membahas cara pasang relay klakson kendaraan beroda empat, Kamu harus tahu dahulu fungsi relay pada klakson mobil itu sendiri. Komponen elektro berupa relay memiliki kegunaan untuk dijadikan sakelar penghubung serta pemutus beban dengan arus besar. Ketika memakai relay, kabel sakelar tentu saja tidak mesti berskala besar, alasannya kabel yang berukuran kecil sekalipun telah cukup.

Jika Kamu ingin melakukan pemasangan relay klakson kendaraan beroda empat, dikala ini ada banyak jenis yang bisa Kamu pilih di pasaran. Akan namun, Kamu juga perlu waspada kalau memilih relay, karena dikala ini ada banyak relay palsu.

Mendapatkan relay yang ada di pasaran sendiri cukup gampang, Kamu dapat membelinya di toko elektro atau bengkel motor terdekat. Selain itu, Kamu juga dapat memesannya secara online melalui marketplace. Namun yang mesti diamati yaitu teknik pemasangan relay klakson kendaraan beroda empat dengan benar.

Bahkan di Indonesia sendiri ada banyak pilihan brand relay yang ada, seperti FIamm, Hella, PIAA, Bosch, Fer, hingga Hadley. Kamu pun mampu memilih merk sesuai anggaran dan kebutuhanmu.

Setiap merek yang ada di pasaran sebetulnya memiliki mutu cukup baik. Hanya saja pada umumnya orang menentukan menggunakan relay dari merek Hella atau Bosch yang populer sebagai produk klakson berkualitas. Melalui relay ini, Kamu dapat menangani klakson mobil bawaan yang sering kali suaranya tidak terdengar atau kecil.

Lalu, bagaimana cara pasang relay klakson kendaraan beroda empat yang benar? Sebelum memasuki langkah-langkahnya, semestinya persiapkan apalagi dulu komponen yang diharapkan untuk memasang rangkaian relay klakson.

Persiapkan Komponen Untuk Merakit Relay Klakson

Pastikan dahulu semua unsur yang diperlukan sudah tersedia saat Kamu ingin melaksanakan pemasangan relay klakson kendaraan beroda empat. Lebih mudahnya, Kamu mesti menyiapkan socket relay, pilih brand apa saja yang ada di pasaran.

Di samping itu, Kamu juga perlu menyediakan konektor berupa relay, mirip merk Bosch yang memiliki dudukan kaki 5 dan kaki 4. Sementara unsur yang mesti Kamu rencanakan yang lain adalah terminal konektor dan fuse box yang telah menyesuaikan beban arus mobilmu.

Baca Juga:   Cara Pasang Gps Di Hp

Selain itu, jangan lupa menyediakan kabel dengan serabut tebal pada diameter 5 mm dengan ring terminal berukuran 10 mm. Singkatnya, ada beberapa bagian yang Kamu butuhkan diantaranya :

  • Socket relay merk Bosch, Kamu juga bisa memakai merek lain.
  • Relay Bosch berjumlah 5 kaki berjenis 0 332 019 453, atau yang yang lain.
  • Terminal konektor relay dari Bosch.
  • Ring terminal berukuran 10 mm.
  • Kabel berserabut tebal dengan diameter berskala 5 mm.
  • Terminal konektor dan fuse box menyesuaikan beban arus mobilmu.

Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Cara Pasang Relay Klakson Mobil 200x112 - Cara Pasang Relay Klakson Mobil
Pasang Relay Klakson Mobil

Panduan Memasang Relay Klakson Mobil dan Motor

Sebeum mulai cara pasang relay klakson kendaraan beroda empat, ada hal-hal yang mesti diperhatikan. Pada dasarnya Kamu mesti tahu bahwa metode kelistrikan pada relay melewati tegangan negatif dan kasatmata. Pada kabel positif sendiri sama-sama telah dilengkapi oleh 2 buah kabel, dengan 1 kabel ke baigan saklar kendali, sedangkan yang satunya ke ground atau body kendaraan beroda empat.

Sementara metode kelistrikan pada relay sendiri biasanya mengandalkan tegangan negatif atau konkret. Tapi tata cara normalnya memakai 2 kabel, sedangkan tegangan kasatmata menggunakan satu kabel menuju saklar kontrol sementara yang satunya menuju ground atau bodi mobil/motor.

Untuk lebih jelasnya perihal tata cara negatif faktual pada relay, Kamu bisa menyimak panduan cara pasang relay klakson mobil berikut :

1. Pada Sistem Negatif

Adapun cara pasang relay klakson mobil pada tata cara negatif, Kamu mesti mengamati beberapa hal berikut :

  • Perhatikan kaki pada relay bernomor 30 ke kasatmata ACCU, asalkan kabel mesti berskala tebal dan dari ACCU langsung.
  • Lalu kaki relay bernomor 87 disambungkan ke aktual klakson menggunakan kabel yang berskala sedang atau tebal.
  • Sementara pada kaki relay nomor 85 menuju salah satu pada kabel klakson A.
  • Sedangkan kaki kabel bernomor 86 menuju salah satu pada kabel klakson B. Pada pemasangan kaki 85 serta 86 mampu dipilih polaritasnya yang mana dahulu.

Sebagai catatan, bekerjsama ada pula perbedaan lokasi pada kaki relay untuk beberapa merek relay yang ada. Maka dari itu, sebaiknya Kamu menentukan dulu nomor kaki relay sebelum dipasang.

Baca Juga:   Cara Pasang Gps Di Motor

2. Pada Sistem Positif

Pemasangan pada sistem faktual sendiri, bisa mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Pada pemasangan metode kasatmata, Kamu bisa memulainya dari bagian kaki relay yang bernomor 30 ke kasatmata ACCU. Hanya saja persyaratannya sama dengan sebelumnya, yakni kabel harus berukuran tebal serta pribadi ke ACCU.
  • Lalu kaki relay bernomor 87 ke konkret klakson dengan kabel yang digunakan bisa berukuran sedang atau tebal.
  • Pada kaki relay bernomor 85 disambungkan ke salah satu unit kabel klakson A.
  • Sementara bagian hasilnya, pada kaki relay yang bernomor 86 dihubungkan ke dalam salah satu bab kabel klakson B.

Ya, itulah langkah-langkah cara pasang relay klakson mobil atau motor yang mampu Kamu ikuti. Karena intinya memasang relay klakson baik pada motor ataupun mobil sama saja. Jadi, jika Kamu telah tahu ihwal sketsa posisi pada kaki relay, pemasangan semua rangkaian pun menjadi mudah dikerjakan.