May 16, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Perpanjang Paspor Online

Cara Perpanjang Paspor Online - Cara Perpanjang Paspor Online

Permintaan paspor yang kian banyak, sudah mendatangkan fasilitas cara perpanjang paspor online tanpa mesti mengantri. Paspor merupakan identitas diri seseorang yang hendak melakukan perjalanan ke luar negeri atau antar negara. Dokumen ini dikeluarkan secara eksklusif oleh pihak pejabat berwenang, serta mempunyai abad berlaku tersendiri. Umumnya kala berlaku paspor di negara Indonesia sendiri berlaku hingga 10 tahun.

Sesudah 10 tahun, maka paspor mesti diperpanjang kembali biar bisa digunakan. Inilah yang menciptakan hadirnya layanan cara perpanjang paspor online dengan mudah.

Kamu bisa melakukan perpanjangan paspor online melalui APAPO (Layanan paspor Online) selaku aplikasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM. Aplikasi ini sudah diluncurkan semenjak tahun 2018 kemudian. Melakukan registrasi perpanjang paspor online dapat membantu untuk menertibkan antrean, jadi Kamu tak perlu lagi mesti mennunggu lama.

Cara Perpanjang Paspor Online

Cara Perpanjang Paspor Online - Cara Perpanjang Paspor Online
Perpanjang Paspor Online

Tutorial Perpanjang Paspor Online

Di bawah ini ada beberapa langkah cara perpanjang paspor online lewat aplikasi APAPO, Kamu mesti merencanakan kriteria dan biaya perpanjangan paspor. Oke, untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut :

1. Download Aplikasi APAPO di Hpmu

Sebelum melaksanakan registrasi, download aplikasi APAPO lebih dahulu. Kamu mampu mengunduhnya melalui PlayStore bagi pengguna android maupun AppStore bagi pengguna iOS. Cari aplikasia APAPO di kedua acara tersebut dengan cara ketikkan keyword “Layanan Paspor Online”. Dalam hal ini, masyarakat mesti melakukan registrasi secara daring.

2. Pembuatan Akun di Aplikasi

Untuk melakukan cara perpanjang paspor online, Kamu mesti membuat akun apalagi dulu di aplikasi. Silahkan kerjakan registrais/pendaftaran, caranya klik “Facbeook” atau “Google”. Kemudian isi formulir kelengkapan data diri menurut data yang ada di e-KTP beserta nomor hp aktif.

Baca Juga:   Tarik Tunai Bca Tanpa Kartu, Penyelesaian Saat Kartu Atm Rusak

Jika Kamu mengalami dilema dikala pengisian form, seperti tidak sesuainya NIK, Kamu tinggal mengubahnya dengan 6 digit kedua dari NIK, berbentuktanggal, bulan serta tanggal lahir.

Namun apabila masalahnya nomor hp sudah dipakai, Kamu tinggal mengisinya dnegan nomor hp yang masih belum didaftarkan.

3. Pilih Antrean Paspor

Sesudah Kamu mengisi form, berikutnya akan timbul 2 pilihan, yakni Informasi Panduan dan Antrian Paspor. Ketuk opsi Antrian Paspor bila ingin menentukan layanan Kantro Imigrasi. Saat menentukan layanan Kantor Imigrasi, aktifkan layanan lokasi di smartphone, maksudnya untuk mengatur lokasi yang terdekat dari area tempat tinggal.

Perpanjangan paspor juga dapat dilakukan di kantor Imigrasi dimanapun. Seperti contohnya, paspor lamamu diluncurkan di Bandung, Kamu tetap dapat memperpanjang paspor tersebut di kantor Imigrasi DKI Jakarta.

4. Pengisian Jumlah Pemohon

Cara perpanjang paspor online selanjutnya yakni mengisi jumlah pemohon. Dalam satu akun sendiri mampu mendaftarkan sebanyak 1-5 jumlah pemohon untuk sekali proses. Dengan kata lain, Kamu mampu melakukan pendaftaran anggota keluarga di satu Kartu Keluarga (KK), misalnya mirip anak dan suami.

5. Memilih Waktu Kedatangan

Langkah selanjutnya, Kamu harus menentukan tanggal atau waktu kehadiran, caranya klik tanda berwarna hijau sesuai kuota yang tersedia. Jika tanggal berlatar warna merah, itu artinya kuotanya habus, sementara bila berwarna kuning kuota masih belum tersedia dan abu-abu membuktikan hari libur. Jika tanggalnya telah diseleksi, tinggal pastikan jam kedatanganmu untuk mendatangi Kantor Imigrasi.

6. Mengisi Data Pemohon

Di hidangan ini, Kamu tinggal mengisi datamu sebagai pemohon atau pemilik akun. Silahkan isi di bagian Data Pemohon ke-1, tepatnya di bab teratas. Kemudian, selanjutnya isikan keluargamu yang masih termasuk pada satu KK.

7. Pilih Jenis Permohonan

Langkah selanjutnya, Kamu tinggal menentukan jenis permohonan. Mengingat Kamu ingin memperpanjang paspor, tinggal pilih saja informasi penggantian atau perpanjangan paspor. Lalu akan ada pemberitahuan ajakan untuk langsung mengarahkan kamera hp di paspor lama.

Selanjutnya arahkan kamera ke lembar paspor berisi data agar pembacaan data dikerjakan secara otomatis. Sehingga, form isian pun eksklusif terisi sendirinya. Jika sudah akhir semuanya, tinggal ketuk “LANJUT” jikalau ingin mempublikasikan jadwal atau waktu kedatanganmu menuju kantor imigrasi.

Baca Juga:   Cara Setor Tunai Di Atm Bri, Menabung Di Atm Tanpa Ke Bank

8. Menyimpan Barcode Pendaftaran

Setelah semua proses cara perpanjang paspor online tamat dilaksanakan, Kamu akan menerima file PDF yang berisi QR Code anteran online. Kamu tinggal menyimpan PDF-nya atau bukti registrasi screenshot yang nantinya mesti ditunjukkan ke pihak petugas saat kedatangan.

Apa Saja Berkas Perpanjangan yang Harus Dipersiapkan?

Ada hal yang sangat penting dalam melakukan cara perpanjang paspor online, adalah Kamu mesti mempersiapkan dokumen yang diperlukan semoga nantinya dibawa serentak dengan QR Code registrasi ke kantor Imigrasi. Berikut tolok ukur berkas perpanjangan paspor online, diantaranya :

  • KTP orisinil dan fotokopinya.
  • Paspor usang.
  • Surat nikah, sertifikat kelahiran, ijazah terakhir, jika beragama Kristen harus menambahkan surat baptis beserta fotokopinya.
  • Surat Bukti WNI bagi orang aneh.
  • Penetapan ganti nama yang dijalankan oleh pihak pejabat berwenang untuk yang mengubah namanya.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopinya.

Berkas ini berlaku untuk perpanjangan paspor tahun 2009, sementara untuk tahun 2009 dan sesudahnya, mampu menambahkan berkas berikut :

  • e-KTP beserta fotokopinya.
  • Paspor usang.
  • Surat keterangan masih dalam proses bagi warga yang belum mempunyai e-KTP.

Proses Perpanjangan Paspor di Kantor Imigrasi

Setelah memahami dan mengikuti panduan cara perpanjang paspor online dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan, kau tinggal tiba ke kantor imigrasi. Di hari yang telah diputuskan, Kamu harus mendatangi Kantor Imigrasi terdekat sesuai yang dipilih untuk melaksanakan pengurusan perpanjang paspor. Di samping menjinjing serta bukti registrasi berbentuk arahan QR, Kamu juga harus menenteng dokumen syarat pengurusan perpanjangan paspor.

Ada beberapa kiat cara perpanjang paspor di Kantor Imigrasi, mirip memakai busana rapi dan memakai sepatu. Hindari memakai baju yang berwarna putih dalam sesi pengambilan foto. Di samping itu, Kamu harus tiba setidaknya lebih permulaan 30 menit. Berikut ulasan tahapannya :

1. Melakukan Pemeriksaan Berkas

Setelah datang di Kantor Imigrasi, maka petugas akna eksklusif memeriksa kelengkapan patokan berkas. Apabila berkas persyaratannya sudah lengkap, Kamu akan diberikan anteran untuk melakukan sesi foto dan wawancara. Jika ada berkas yang masih kurang, maka perpanjangan psapor pun akan langsung ditolak. Makara sebelumnya semestinya lakukan pengecekan semua berkas beberapa kali sebelum berangkat.

Baca Juga:   10 Game Online Hemat Kuota Di Android

2. Sesi Foto dan Wawancara

Jika namamu telah dipanggil, selanjutnya Kamu akan melalui tahap wawancara, pengambilan sidik jari dan foto. Tahapan tersebut sama persis dengan tahap pembuatan paspor yang gres.

3. Melakukan Pembayaran Paspor

Sesudah simpulan semuanya, Kamu cukup melaksanakan pembayaran dan melunasi ongkos perpanjangan paspor. Biaya perpanjangan paspor 48 halaman yang reguler/lazimsenilai Rp. 350 ribu dan produk paspor elektro sebanyak 48 halaman senilai Rp. 650 ribu.

Kamu juga bisa melaksanakan pembayaran secara tunai, atau pembayaran lewat transfer bank/ATM, marketplace, Indomaret dan PT.pos Indonesia.

4. Pengambilan Paspor

Setelah melakukan pembayaran, Kamu tinggal melakukan pengambilan paspor. Biasanya paspor sendiri akan jadi untuk 4 hari kerja setelah dilaksanakan pembayaran. Kmau dapat melaksanakan pengambilan paspor ke Kantor Imigrasi langsung dengan menunjukkan resi pembayaran atau mampu juga menghubungi pihak PT. Pos Indonesia.

Itulah beberapa tahapan cara perpanjang paspor online di APAPO dan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi. Semoga bermanfaat!