May 20, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Print Invoice Tokopedia Melalui Hp

Cara Print Invoice Tokopedia Lewat Hp - Cara Print Invoice Tokopedia Melalui Hp

Bagaimana cara print invoice Tokopedia melalui Hp? Tokopedia ialah marketplace terpercaya di Indonesia yang beroperasi semenjak bertahun-tahun kebelakang. Keberadaannya memungkinkan bertemunya penjual dan pembeli secara online. Bahkan tokopedia menawarkan banyak keunggulan dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Sekarang ini Tokopedia bukan hanya sebagai daerah perdagangan secara online saja. Sebab marketplace ini juga memberikan layanan finansial agar bisa mempermudah pelanggannya melaksanakan pembayaran secara digital.

Saat ini Tokopedia terus berinovasi berbagi fitur dan layanannya dengan tetap mengamati kebutuhan masyakarat Indonesia. Tentu saja hal ini dalam bentuk upaya menuju abad digitalisasi sekaligus dapat mengembangkan tata cara perekonomian secara menyeluruh.

Bagi kau seorang penjual, pastinya ingin mempermudah dalam pelacakan penjualan dan bukti penjualam barang yang dijual. Kini Tokopedia sendiri telah menyediakan layanan cetak invoice. Pada pembahasan kali ini, kita akan membicarakan perihal cara print invoice Tokopedia lewat hp. Namun sebelumnya, Kamu harus tahu dahulu apa itu invoice di Tokopedia.

Apa Itu Invoice Tokopedia?

Invoide Tokopedia yaitu salah satu bukti atau faktur dikala melaksanakan transaksi jual beli baik berupa barang ataupun jasa dari penjual ke pembeli. Adapun detail dari invoice tokopedia yaitu selaku berikut :

  • Terdapat nomor atau instruksi invoice terhadap barang yang dijual.
  • Rincian nama dan alamat penerima barang yang telah di beli.
  • Nama toko pedagang barang dan tanggal pesanan barang yang telah dibeli.
  • Nama barang yang diadaptasi berdasarkan nama yang tercantum pada penjualan barang di Tokopedia.
  • Nominal harga barang dan jumlah barang yang dibeli.
  • Rincian informasi tentang asuransi barang dan jumlah nominal pembayaran yang mesti diselesaikan oleh pembeli.
Baca Juga:   Cara Transfer Saldo OVO ke GoPay dan DANA

Sepeti yang sudah dikenali bahwa label pengantaran tokopedia yaitu label yang berisi cetakan alamat peserta barang dari penjual barang terhadap pembeli. Tujuannya digunakan untuk membuat lebih mudah proses penjemputan oleh kurir biar sampai ke alamat tujuan.

Label pengiriman tokopedia di sisipkan barcode pengangkutan, kemudian jenis pembayaran pengantaran barang, toko penjual dan alamat pembeli. Oleh sebab itu, kau yang berencana ingin mengklaim barang sebab kesalahan jumlah barang yang dipesan tidak akan keliru untuk mengembalikan barang terhadap pedagang .

Cara Print Invoice Tokopedia Lewat Hp

Cara Print Invoice Tokopedia Lewat Hp - Cara Print Invoice Tokopedia Melalui Hp
Mencetak Invoice Tokopedia

Mencetak Invoice Tokopedia Bagi Penjual

Sebenarnya untuk cara print invoice Tokopedia sendiri mampu dilakukan melalui berbagai cara. Namun jikalau tidak mau repot, lebih baik memakai hp hanya sekedar print inovice. Kelebihan menggunakan hp ialah bisa dikerjakan dimanapun.

Selain itu, Tokopedia melakukan koordinasi dengan kawan untuk membuat lebih mudah tugas dalam penyususnan maupun formating data invoice pemasaran dan tanda surat jalan berbentukbarcode.

Perlu dimengerti bahwa untuk melihat invoice penjualan barang tokopedia mampu dilakukan oleh penjual dan pembeli. Bagi kamu yang hanya membeli barang dari tokopedia bahwasanya tidak perlu sukar-sukar mengenali invoice pembelian barang. Hal ini dikarenakan, nanti invoice tersebut juga akan diantarkan oleh pedagang . Akan tetapi bila kau tetap ingin mencetaknya mampu dikerjakan hanya beberapa tahapan saja.

Bagi kamu seorang penjual harus mencetak invoice sebagai bukti transaksi jual beri barang maupun jasa pada tokopedia. Adapun cara print invoice Tokopedia tersebut ialah selaku berikut :

1. Buka Browser yang Digunakan

Cara print invoice Tokopedia pertama, bukalah browser yang tersedia di perangkat hpmu, lalu ketikkan alamatnya pada kolom pengisian web yaitu : www.seller.tokopedia.com. Ada banyak browser yang mampu kamu coba, tetapi sebagai anjuran , sebaiknya pakai browser bawaan dari HP seperti Google Chrome. Sebab telah otomatis terintegrasi dengan alamat emailmu secara default.

2. Masuk ke Akun Tokopedia

Selanjutnya log in dengan memakai username beserta password tokopedia. Hati-hati dikala memasukkan password alasannya kalau salah input maka harus diulang lagi dari awal.

Baca Juga:   Cara Aktivasi Ovo Di Tokopedia

3. Akses Seller Tokopedia

Untuk lebih membuat lebih mudah menyaksikan performa situs seller Tokopedia tersebut, semestinya pakai mode desktop. Lalu miringkan hp-mu secara horizontal dengan mengaktifkan rotasi otomatis.

Jika telah memasuki web tersebut, lihatlah segi bagian kiri. Disana ada hidangan pemasaran. Kamu klik sajian tersebut untuk masuk ke jendela berikutnya.

4. Pilih Terima Pesanan Baru di Menu Penjualan

Pada jendela gres, kau akan diperlihatkan dengan berbagai sajian pemasaran. Namun untuk langkah berikutnya tinggal pilih saja menu ‘terima pesanan gres’. Tujuannya semoga Kamu mampu melihat beberapa daftar pesanan yang berasal dari pembeli.

Klik terima pesanan bila barang yang digemari oleh pembeli telah betul-betul kamu siapkan untuk diantarke alamat tujuan.

Nanti kau akan diarahkan ke hidangan selanjutnya yakni hidangan daftar pesanan yang hendak dikirim segera.

5. Pilih Cetak Label Pesanan

Langkah berikutnya klik cetak label dan jangan lupa untuk klik cetak pesanan juga sebagai tahapan untuk mengkonfirmasi pembelian barang.

6. Menghubungkan Hp ke Printer

Cara print invoice Tokopedia selanjutnya, tinggal hubungkan hpmu ke perangkat printer. Jika kau belum begitu paham mengenai cara menghuungkan hp dengan printer. Sebaiknya cari berita biar ke depannya mampu lebih memudahkan dalam pelayanan terhadap pembeli.

Namun jika kondisinya tidak terhubung eksklusif pada printer. Karena argumentasi printer sedang rusak atau memang sedang dalam perjalanan, Kamu pun cukup menyimpan label tersebut. Caranya dengan mengklik titik garis 3 yang berjajar secara vertikal kemudian save label tersebut dalam bentuk pdf.

Mencetak Invoice Tokopedia Bagi Pembeli

Bagi kau selaku pembeli barang yang dibeli di marketplace tokopedia yang ingin mencetak invoice, berikut yaitu langkah-langkanya :

  • Log in apalagi dahulu pada hp kamu dengan masuk lewat browser. Ingat jangan masuk lewat apliaksi sebab invoice tidak ada pada aplikasi melainkan pada website tokopedia.
  • Masukkan username dan password yang sama ketika masuk menggunakan aplikasi tokopedia.
  • Pilihlah hidangan notifikasi lalu lihatlah pada tab pembelian. Kemudain ada pilihan lihat semua. Kamu klik opsi tersebut.
  • Setelah itu akan timbul list yang berisi daftar transaksi semua pembelian yang pernah kau beli di tokopedia. Namun seleksilah satu transaksi apalagi dahulu yaang ingin kau cetak invoice nya.
  • Pada jendela berikutnya, pilih menu ‘lihat rincian transaksi’, setelah itu klik pada bagian kiri dengan menentukan ‘instruksi invoice pesanan’.
  • Jika telah di klik maka secara otomatis akan di arahkan ke halaman selanjutnya dengan cuma menampilkan invoice pesanan barang yang telah kamu pesan.
  • Cetaklah invoice tersebut bila sudah terhubung dengan printer, namun jikalau cuma ingin menyimpannya cukup klik simpan dalam bentuk pdf.
Baca Juga:   Cara Mamasukkan Isyarat Voucher Xl

Bagi pembeli tujuan mecetak invoice yaitu jika barang ingin dikembalikan dengan argumentasi tertentu. Namun hal tersebut harus sudah dikonfirmasi oleh pihak penjual biar retur barang mampu dilakukan dengan tanpa gangguan tanpa ada kendala.

Cara Retur Barang di Tokopedia

Jika Kamu sudah mengerti cara print invoice Tokopedia, dan Kamu ingin melaksanakan retur barang di tokopedia dengan alasan barang tidak cocok, Kamu mampu mencoba sistem ini. Ada beberapa langkah untuk melaksanakan retur barang yang tidak sesuai sebab alasan tertentu, sebagai berikut :

  • Buka beranda tokopedia kemudian lihat notifikasi yang berada di bab atas dan pilihlah status pesanan.
  • Pilih komplain kemudian jelaskan argumentasi abolisi pesanan barang apakah barang tersebut cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi barang.
  • Setelah itu, akan timbul penyelesaian yang kamu harapkan dan unggahlah foto bukti barang yang akan dikembalikan dengan memfoto bab yang tidak cocok.
  • Kirimlah barang tersebut sesuai dengan invoice yang sudah kamu cetak sebelumnya.

Itulah cara print invoice tokopedia lewat hp dan beberapa info tentang invoice tokopedia yang berfaedah untuk dikenali.

close