May 23, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ulasan

Cara Recall Email Gmail

Cara Recall Email Gmail - Cara Recall Email Gmail

Gimana sih cara recall email gmail? Ya, Gmail ketika ini dapat digunakan untuk banyak sekali hal, seperti pembuatan akun media umum, membuat akun untuk game maupun akun di platform online lainnya. Selain itu, Kamunjuga dapat menggunakan Gmail untuk berkirim pesan.

Untuk mengantarkan pesan melalui Gmail tentu saja sungguh mudah, Kamu tinggal tekan tombol “Send” atau kirim di Gmail saja. Namun bagaimana jikalau ternyata sementara waktu kemudian, Kamu gres menyadari jikalau Kamu salah mengantaremail, entah itu salah mengisi pesan email atau salah alamat email tujuan.

Mungkin bila email yang dikirimkan tersebut ke temanmu, tak akan jadi persoalan. Namun bagaimana kalau ternyata Kamu malah mengantarkan email ke bosmu. Jika hal ini terjadi, tentu akan berurusan. Untuk menyingkir dari hal-hal yang tak diharapkan, Kamu mesti mempelajari cara recall email Gmail. Dengan begitu, mampu terhindar dari dilema balasan salah mengantarkan email.

Mengenal Gmail dan Manfaatnya

Sebelum kita membicarakan cara recall email Gmail, Kamu harus tahu dahulu tentang Gmail. Bagi Kamu yang sering berkirim pesan lewat email, pasti sudah sungguh familiar dengan yang namanya Gmail. Gmail yakni salah satu layanan dari Google yang berupa surat elektronik. Dimana sebagian besar para pengguna surat elektronik ini mengandalkan Gmail. Jika sebelumnya kita mungkin lebih sering menggunakan Rocketmail atau Yahoo. Namun seiring waktu, posisinya kian tergeser oleh Gmail.

Gmail sendiri memberikan sejumlah kelebihanyang memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Selain itu, pemakaian Gmail sendiri sangat luas serta sudah terintegrasi dengan banyak layanan. Wajar jikalau tak mempunyai akun Gmail, mungkin Kamu akan merasa kesusahan memakai banyak sekali layanan. Khususnya bagi para pengguna android yang memerlukan akun Gmail. Lalu, apa saja sih fungsi Gmail itu sendiri?

Baca Juga:   Realme C3 Dibekali Helio G70 Soc Dan Baterai 5.000 Mah, Ini Tanggal Rilisnya!

1. Berkirim Pesan Email

Hal ini tentu saja menjadi fungsi utama layanan Gmail. Meskipun demikian, kegiatan untuk bertukar gemail sendiri ketika ini banyak dilakukan. Entah itu di dalam pekerjaan, pendidikan, bisnis maupun yang lainnya.

Bahkan ada banyak sekali lowongan pekerjaan dengan perysaratan menerima lamaran hanya lewat email saja. Oleh alasannya adalah itu, penting sekali untuk mengerti terkait pemakaian email.

2. Persyaratan Untuk Menikmati LayananU Google Lainnya

Kamu pastinya akan memerlukan Gmail untuk bisa menikmati layanan atau produk lainnya dari milik Google. Seperti Google Meet, Google Drive, Google Map, Google Form, Google Docs dan lainnya.

Saat pertama kali pembelian smartphone android sekalipun, Kamu akan diminta melaksanakan pengaturan Wizard. Dimana pengguna harus mempunyai akun Google bila ingin mendownload banyak sekali opsi aplikasi yang ada di PlayStore.

3. Terintegrasi Dengan Berbagai Aplikasi

Jika Kamu mengunduh sebuah aplikasi, pasti Kamu pernah ditawarkan pilihan login memakai Gmail. Sebenarnya akun Gmail sendiri memang terintegrasi pada banyak platform. Hal ini dikarenakan produk Google yang satu ini memang telah dipakai luas di banyak sekali golongan.

Kenapa Harus Recall Email Gmail?

Sebenarnya, ada berbagai argumentasi kenapa mesti memperhatikan email atau isi email yang dikirim. Kamu harus mengeceknya kembali sebelum sungguh-sungguh dikirim.

Akan tetapi, meskipun sudah dicek berkali-kali, kerap kali ada kesalahan yang diantarpada email, sehingga Kamu harus mempesona atau melaksanakan recall email Gmail terlebih dulu. Ini dia beberapa langkah cara recall email Gmail yang harus diperhatikan.

Cara Recall Email Gmail

Cara Recall Email Gmail - Cara Recall Email Gmail
Cara Recall Email Gmail

Tutorial Recall Email Gmail

Bagi Kamu yang ingin melakukan recall email gmail yang sudah kadung terkirim, seharusnya jangan cemas. Sebab Kamu bisa menarik atau membatalkannya dengan cara recall email Gmail berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka gmail di perangkatmu terlebih dulu.
  • Setelah itu, pilih settings berupa ikon roda gerigi sempurna di samping kanan atas.
  • Tekan “See All Settings”.
  • Di tab General, gulir hingga ada pilihan undo send.
  • Lalu tambahkan ke dalam durasi terlama, yakni 30 detik.
  • Silahkan simpan pergantian, caranya dengan menekan “Save Changes” pada halaman bagian bawah.
  • Apabila Kamu sudah mengendalikan durasi untuk undo send, Kamu mampu mempesona pesan email yang sudah terlanjur terkirim. Di opsi pesan terkirim, tekan undo.
  • Pilihan tersebut umumnya tersedia dengan cara otomatis sesudah pengguna mengirimkan email dengan berhasil.
Baca Juga:   Cara Mengelola Izin Impor

Penambahan Waktu Pembatalan

Fitur pengembalian pesan email yang telah salah kirim sudah diaktifkan dengan otomatis di Gmail, alhasil pengguna dapat mempesona email kembali yang telah dikirim dikala menyadari ada kesalahan di email tersebut. Namun, waktu penghapusan email tersebut mampu dibilang sungguh singkat, cuma 5 detik saja. Melalui durasi inilah, Kamu yang menyadari kalau ada yang salah pada email yang dikirim pasti tak mampu berbuat apapun, dikarenakan telah telat menekan pilihan “Urungkan”.

Maka dari itu, penting sekali melaksanakan penambahan waktu pembatalan. Dengan begitu Kamu memiliki banyak waktu untuk mengembalikan pesain email saat menyadarai terjadinya kesalahan. Menambah waktu untuk abolisi email mampu dikerjakan lewat menu settings.

Jika ingin memasuki pilihan pengaturan di Gmail, maka Kamu harus mengklik ikon berupa roda gigi di bagian kanan atas. Baru kemudian pilih opsi “Setelan”. Ketuk kotak yang ada samping kanan dan kirim waktu untuk abolisi. Selanjutnya Kamu akan menyaksikan opsi memperbesar waktu untuk abolisi email.

Memang penambahan waktunya tak terlalu banyak, cuma berjalan selama 30 detik saja. Namun ini lebih baik kalau ketimbang waktu default-nya hanya lima detik saja.

Itulah beberapa langkah cara recall email Gmail yang bisa Kamu coba kalau ingin membatalkan pesan email yang telah terkirim.

Batasan Fitur Unsend dari Google

Walaupun sesungguhnya Gmail memperlihatkan fitur Unsend, sangat penting untuk mengetahui beberapa hal berikut ini :

1. Fiturnya Mesti Diaktifkan

Untuk menggunakan unsend, pastinya Kamu harus pergi ke pilihan Pengaturan lalu mengaktifkannya. Apabila tidak mengaktifkan layanan atau fiturnya, pastinya Kamu tidak dapat menggunakannya.

2. Strict Time Limitation

Kamu harus memilih durasi lamanya pesan bisa batal dikirim hingga 30 detik. Ini artinya, Kamu tak dapat menunggu sehari lalu coba melakukan panggilan ulang pesan yang dikirim kemarin.

Meskipun demikian, fitur unsend masih tetap menjadi opsi terbaik. Kaprikornus, Kami merekomendasikan supaya Kamu mengaktifkannya. Kamu tak pernah mengenali ketika Kamu jendka memanggil pesan Gmail.

Tips Untuk Mengatasi Salah Kirim Email

Keslahan ketika melakukan pekerjaan acap kali memang tak mampu terhindarkan. Walaupun kita telah mengeceknya, kesalahan kecil balasan salah ketik atau menulis di email mampu menjadi masalah yang besar. Oleh sebab itu, seharusnya baca lagi file atau email balasan sebelum Kamu mengirimnya ke klien, bos ataupun rekanmu.

Baca Juga:   Cara Mengubah Kartu Atm Berdikari Usang Ke Chip Tanpa Ke Bank

Pastikan sebelum mengantarpesan email, Kamu menganalisa isi email apalagi dulu, alamat email dan lain sebagainya, supaya tidak terjadi kesalahan ketika pengantaran. Karena walaupun Gmail mempunyai fitur unsend dengan cara recall email gmail, fitur ini tetap memiliki keterbatasan layanan yang harus tetap diperhatikan. Semoga ulasan di atas berguna dan selamat menjajal !

close